P. 1
Sistem Injeksi Bahan Bakar

Sistem Injeksi Bahan Bakar

|Views: 147|Likes:
Published by Dimas Satria
Sistem Injeksi Bahan Bakar pada Mesin Diesel 4 Langkah
Sistem Injeksi Bahan Bakar pada Mesin Diesel 4 Langkah

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Dimas Satria on May 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2013

pdf

text

original

Sistem Injeksi Bahan Bakar

Oleh : Dimas Y. Satria
02/05/2013

Nonton Videonya dulu yukk
02/05/2013

1
2
Sistem
Mesin Diesel

Sistem Aliran Bahan Bakar

Sistem Pelumasan

3 4

Sistem Udara Masuk dan Buang

Sistem Pedinginan

5
6
02/05/2013

Sistem Penggerak Awal Diesel

Sistem Pengaturan

Bagan Aliran Bahan Bakar
1. Tangki bahan bakar (solar) 2. Saringan pada pompa pengalir 3. Pompa tangan (prime pump) 4. Saringan Halus 5. Pompa Injeksi 6. Pipa tekanan tinggi 7. Nozel

02/05/2013

Tangki bahan bakar

Tangki bahan bakar (fuel tank) berfungsi untuk menyimpan bahan bakar, terbuat dari plat baja tipis yang bagian dalamnya dilapisi anti karat. Dalam tangki bahan bakar terdapat fuel sender gauge yang berfungsi untuk menunjukkan jumlah bahan bakar yang ada dalam tangki dan juga separator yang berfungsi sebagai damper (Peredam) bila kendaraan berjalan atau berhenti secara tiba-tiba atau bila berjalan di jalan yang tidak rata. Fuel inlet ditempatkan 2 – 3 mm dari bagian dasar tangki, ini dimaksudkan untuk mencegah ikut terhisapnya kotoran dan air.
02/05/2013

Saringan pada pompa pengalir

Saringan ini menyaring kotoran dan air yang mempengaruhi fungsi dari pompa injeksi dan pompa pengalir
Saringan kasa

02/05/2013

Pompa Tangan (prime pump)
fungsi pompa tangan, yaitu untuk membuang angin pada sistem bahan bakar mobil, setelah elemen diganti atau sempat kehabisan solar.

02/05/2013

Saringan Halus
Saringan ini adalah saringan terakhir yang dipasang antara pompa pengalir dan pompa injeksi, pada pompa injeksi model distributor digunakan saringan yang mempunyai poripori sebesar 0,004 - 0,005 mm. Untuk pompa jenis lain sebesar 0,008 - 0,010 mm. Saringan halus ini harus diganti apabila kendaraan sudah berjalan 30.000 km, atau sekitar 300 - 400 jam kerja. Interval penggatian tergantung besar filter, kwalitas solar dan jumlah solar yang disaring. 1. Rumah saringan 2. Saringan halus 3. Tutup saringan 4. Katup pengalir 5. Nipel keluar 6. Nipel masuk 7. Sekrup pembuang udara

02/05/2013

Pompa Injeksi Bahan Bakar
Apa Fungsi Pompa Injeksi Bahan bakar ?
Pompa injeksi bahan bakar (Fuel Injection Pump) berfungsi untuk mensuplai (menginjeksikan) bahan bakar ke ruang bakar melalui nozzle dengan tekanan tinggi (max 300 kg/cm2). Bahan bakar yang diinjeksikan dengan tekanan tinggi tersebut akan membentuk kabut dengan partikel-partikel bahan bakar yang sangat halus sehingga mudah bercampur dengan udara.

02/05/2013

Posisi FIP
Pompa injeksi bahan bakar (Fueli njection pump) pada diesel engine dengan susunan silinder tipe in-line biasanya terletak di bagian kiri atau kanan dari engine. Sedangkan pada V-engine biasanya diletakkan di tengah. Ada juga V- engine yang menggunakan dua buah pompa injeksi yang masing-masing diletakkan di bagian kanan dan kiri engine.
02/05/2013

Tipe in-line digunakan pada diesel engine kelas menegah dan besar, dimana plunger-nya disusun segaris dengan jumlah sesuai dengan banyaknya silinder.

Pada tipe V, plunger-nya disusun dengan bentuk V.

1.Tipe inline
Pompa injeksi bahan bakar tipe central

3. Tipe V

Pada tipe parallel, dua buah in-line pump disusun secara parallel.

2. Tipe distributor

02/05/2013

Tipe ditributor kadang digunakan pada diesel engine ukuran kecil, dimana pada tipe ini, bahan bakar disuplai oleh satu buah plunger yang melayani semua silinder.

4. Tipe Paralel

Pompa Injeksi Bahan Bakar

In-line type

02/05/2013

Tipe single Pompa injeksi bahan bakar tipe separate Tipe unit injector

02/05/2013

Pompa Injeksi Bahan Bakar Tipe Separate

Pada tipe single, camshaft-nya digunakan untuk memompa bahan bakar. Sedangkan pada tipe unit injector, antara injection pump dan injection nozzle-nya dijadikan satu.

02/05/2013

Pipa Tekanan Tinggi
Pipa tekanan tinggi terbuat dari bahan baja yang berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar bertekanan tinggi dari pompa injeksi ke masing-masing pengabut

Pipa tekanan tinggi
02/05/2013

Injektor
Injector berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar diesel dari injection pump ke dalam silinder pada setiap akhir langkah kompresi dimana torak (piston) mendekati posisi TMA.

tekanan bahan bakar dari injection pump yang bertekanan tinggi membentuk kabut yang bertekanan antara 60 sampai 200 kg/cm², tekanan ini mengakibatkan peningkatan suhu pembakaran didalam silinder meningkat menjadi 600 C.
02/05/2013

Sistem Injeksi Bahan Bakar

Nonton lagi Nyook!!

02/05/2013

Prinsip Kerja Nozzel
• Sebelum Penginjeksian Bahan bakar yang bertekanan tinggi mengalir dari pompa injeksi melalui saluran bertekanan tinggi • Penginjeksian bahan bakar

Bila tekanan bahan bakar naik, ini akan menekan permukaan ujung needle. Bila tekanan ini melebihi kekuatan pegas, maka nozzle needle akan terdorong ke atas dan menyebabkan nozzle menyemprotkan bahan bakar.

02/05/2013

Prinsip Kerja Nozzel
• Akhir penginjeksian
Bila pompa injeksi berhenti mengalirkan bahan bakar, tekanan bahan bakar turun, dan pressure spring mengembalikan nozzle needle ke posisi semula (menutup saluran bahan bakar). Sebagian bahan bakar yang tersisa antara nozzle needle dan nozzle body, melumasi semua komponen dan kembali ke over flow pipe.

Aliran balik Bahan bakar
02/05/2013

Prinsip Kerja Nozzel
Terdapat tiga sistem pengabutan : • Pengabutan Udara • Pengabutan tekan dan • Pengabutan gas.

02/05/2013

Pengabutan Udara
Proses pengabutan udara terjadi pada saat bahan bakar yang bertekanan 60 sampai 85 kg/cm² mengakibatkan tekanan pada rumah pengabut sebesar 60 kg/cm² yang selalu berhubungan langsung dengan tabung udara dengan tekanan bahan bakar dari pompa mencapai 70 kg/cm² pada Volume tertentu akan tertampung pada cincin pembagi dari pengabut tersebut. Tekanan bahan bakar dari pompa tadi juga akan mengangkat jarum pengabut dengan demikian, udara yang bertekanan tadi akan mengalir bersama bahan bakar melalui lubang-lubang halus pada cincin pembagi sehingga membentuk gas bahan bakar dan masuk kedalam silinder. Gas bahan bakar yang terbentuk karena proses persenyawaan antara udara dengan bahan bakar maka akan sangat mudah terbakar bila berhubungan dengan udara panas dan bertekanan tinggi. Dengan plunger pompa injeksi yang digerakan oleh poros bubungan dan distel sedemikian rupa maka pengabutan hanya terjadi pada akhir kompresi.
02/05/2013

Pengabutan Tekan
Pada proses pengabut tekan ini saluran bahan bakar dan ruangan dalam rumah pengabut harus selalu terisi penuh oleh bahan bakar, dengan jarum pengabut yang tertekan oleh pegas sehingga saluran akan tertutup. Namun ketika bahan bakar dari injection pump yang beterkanan 250 kg/Cm² mengalir kebagian takikan jarum pengabut, pengabut akan tertekan keatas sehingga saluran akan terbuka. Dengan demikian, bahan bakar akan terdesak melalui celah di antara jarum pengabut dalam bentuk gas. Untuk memperoleh proses pembakaran yang sempurna didalam silinder maka proses pemampatan udara di dalam silinder diusahakan menghasilkan turbulensi udara.

02/05/2013

Pengabutan Gas
Pengabut ini dikonstruksi sedemikisn rupa dengan komponen-komponen yang terdiri atas rumah pengabut, katup dan bak pengabut yang ditempatkan di bagian bawah dari pengabut dan berada di dalam ruang bakar. Dalam proses pengabutan ini bahan bakar telah berada dalam keadaan bertekanan tinggi dan katup injeksi sudah terbuka sejak langkah pengisapan oleh torak dan pada kondisi demikan ini sebagian bahan bakar telah menetes ke bak pengabut yang di bagian sisinya terdapat lubang-lubang kecil.

Keadaan ini akan mengakibatkan motor menjadi sangat panas sehingga bahan bakar tadi akan berubah menjadi kabut. proses pengabutan dengan cara ini dapat menghasilkan kabut bahan bakar yang memenuhi syarat dalam kebutuhan proses pembakaran.

02/05/2013

Bagian utama Nozzel

02/05/2013

Klasifikasi nozzel injeksi
lubang satu (single hole type)

tipe pintle (pintle type)

klasifikasi
Tipe lubang (hole type) nozzel injeksi tipe pin (pin type)

lubang banyak (multiple hole) 02/05/2013

tipe throttle (throttle type)

Penampakannya

02/05/2013

Kerja nozzel injeksi tipe pin

02/05/2013

Kesimpulan
1. Injector merupakan bagian terpenting karena dapat berakibat pada peforma kendaraan juga, injector harus bisa menembus tekanan hampa yang ada didalam ruang bakar, apabila injector tidak dapat menembusnya maka bahan bakar yang disemprotkan akan sekedar menetes tidak berbentuk kabut, sehingga pembakaran pun tidak sempurna. 2. Tipe nosel injeksi sangat menentukan bagi proses pembakaran dan bentuk ruang bakar. Tipe lubang banyak pada umumnya digunakan untuk mesin diesel dengan injeksi langsung (direct injection), sedangkan tipe pin pada umumnya digunakan untuk mesin diesel yang mempunyai ruang bakar muka (precombustion chamber) dan ruang bakar pusar (swirl chamber)

02/05/2013

Saran
Pada injector baiknya harus sangat diperhatikan karena bahan bakar diinjektorlah sebagai penyemprotkan, oleh sebab itu Mesin Diesel sebaiknya selalu dilakukan pemeriksaan secara berkala sesuai dengan spesifikasi Mesin tersebut.

02/05/2013

Matur Suwun
02/05/2013

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->