KATA PENGANTAR

Puji syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan nikmatnya sehingga Bahan Ajar Teknologi Tepat Guna untuk peserta Diklat Alih Jenjang PEH Tingkat Trampil ke Tingkat Ahli dapat tersusun. Penyusunan Bahan Ajar ini merupakan langkah yang sangat penting sebagai salah satu pedoman bagi peserta untuk meningkatkan keharmonisan, motivasi yang tinggi dan sikap yang baik khususnya selama mengikuti diklat. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Raswin, S. Hut yang dengan penuh semangat dan tanggung jawab dapat meyusun Bahan Ajar ini. Harapan kami semoga bahan ajar ini bermanfaat dan lebih tepat guna dalam penyelenggaraan Diklat Alih Jenjang PEH Tingkat Trampil ke PEH Tingkat Ahli di Balai Diklat KehutananSamarinda. Samarinda, 8 Oktober 2012. Kepala Balai,

Ir. NATA SUWARYA, M.Si. NIP. 19600415 198603 1 002

Kebakaran Kegiatan Kehutanan Bagi Masyarakat ini dapat tersusun. NIP. Harapan kami semoga bahan ajar ini bermanfaat dan lebih tepat guna dalam penyelenggaraan Diklat Pendamping Kegiatan Kehutanan Bagi Masyarakat Balai Diklat Kehutanan Samarinda.HHBK.KBR. S. Hut yang dengan penuh semangat dan tanggung jawab dapat meyusun bahan ajar ini. Kepala Balai. 19600415 198603 1 002 . November 2011. HKm. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Raswin. HD.Penghijauan Diklat Pendamping Lingkunagan.RHL) untuk peserta Desa.KATA PENGANTAR Puji syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan nikmatnya sehingga Bahan Subtansi Kehutanan (HTR. M. Ir.Hutan Hutan. di Samarinda.HR. motivasi yang tinggi dan sikap yang baik khususnya selama mengikuti diklat. NATA SUWARYA. Penyusunan bahan ajar ini merupakan langkah yang sangat penting sebagai salah satu pedoman bagi peserta untuk meningkatkan keharmonisan.Si.

KATA PENGANTAR Puji syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan nikmatnya sehingga Bahan Ajar Kewirausahaan untuk peserta Diklat Pendamping Kegiatan Kehutanan Bagi Masyarakat ini dapat tersusun. Samarinda. S. Ir.Si. Kepala Balai. NIP. Hut yang dengan penuh semangat dan tanggung jawab dapat meyusun bahan ajar ini. Penyusunan bahan ajar ini merupakan langkah yang sangat penting sebagai salah satu pedoman bagi peserta untuk meningkatkan keharmonisan. November 2011. motivasi yang tinggi dan sikap yang baik khususnya selama mengikuti diklat. Harapan kami semoga bahan ajar ini bermanfaat dan lebih tepat guna dalam penyelenggaraan Diklat Pendamping Kegiatan Kehutanan Bagi Masyarakat di Balai Diklat Kehutanan Samarinda. NATA SUWARYA. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Raswin. M. 19600415 198603 1 002 .

KATA PENGANTAR Puji syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan nikmatnya sehingga Manual Praktek Pendampingan untuk peserta Diklat Pendamping Kegiatan Kehutanan Bagi Masyarakat ini dapat tersusun.Si. Ir. NIP. Desember 2011. S. Samarinda. NATA SUWARYA. motivasi yang tinggi dan sikap yang baik khususnya selama mengikuti diklat. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Raswin. 19600415 198603 1 002 . Hut yang dengan penuh semangat dan tanggung jawab dapat meyusun manual praktek ini. Kepala Balai. Penyusunan bahan ajar ini merupakan langkah yang sangat penting sebagai salah satu pedoman bagi peserta untuk meningkatkan keharmonisan. Harapan kami semoga manual praktek ini bermanfaat dan lebih tepat guna dalam penyelenggaraan Diklat Pendamping Kegiatan Kehutanan Bagi Masyarakat di Balai Diklat Kehutanan Samarinda. M.