BAB 2 TEORI KETIDAKPASTIAN (RALAT

)
TUJUAN PEMBELAJARAN Mahasiswa memahami difinisi ketidakpastian/ralat dalam pengukuran besaran Fisika Mahasiswa memahami ketidakpastian ditinjau dari cara melakukan pengukuran Mahasiswa memahami sumber-sumber ketidakpastian/ralat dalam pengukuran besaran Fisika Mahasiswa memahami pengklasifikasian ketidakpastian/ralat dalam pengukuran besaran Fisika Mahasiswa memahami dan mengerti pencocokan data (datta fitting) dalam mengolah data hasil pengukuran besaran Fisika.

Ralat Ukur :ralat yang terbawa sebagai akibat pengukuran langsung dan berulang pada obyek yang sama menggunakan alat ukur yang sama pula c. Pengukur 3. Ralat hasil ukur :ralat yang disertakan pada hasil ukur d. Ralat Fraksional :ralat yang disertakan pada hasil ukur Sumber-sumber ralat: 1. Alat ukur 4.TEORI KETIDAKPASTIAN ( RALAT ) Ralat / Ketidakpastian adalah perbedaan harga ukur dengan harga sebenarnya atau harga perbedaan antara harga terukur dengan harga rerata sekelompok hasil pengukuran. Obyek ukur 2. Model teoritis . Ralat alat : kemampuan alat dalam melakukan pengukuran secara baik atau batas terkecil atau terbesar dari jangkauan pengukuran alat b. Kondisi pengukur 5. Jenis Ketidakpastian/ralat : a.

3. yang termasuk ralat sistematik ialah: a.Klasifikasi Ralat: 1 Ralat Sistematik. yang termasuk ralat rambang ialah: a.2 Sebab Ralat Rambat: Relasi penjumlahan Relasi pengurangan Relasi perkalian Relasi pembagian Relasi perpangkatan . Ralat kalibrasi c. Ralat penafsiran skala terkecil b. Ralat ketidak teraturan obyek ukur 3. Ralat kebetulan 2 Ralat Rambang (Random). Ralat situasi percobaan/pengukuran d.1 Ralat Rambat Ralat rambat adalah ralat yang diperoleh dari ralat besaran turunan yang diukur tidak langsung. Ralat titik nol b. Ralat pengamatan e.

Metode kuadrat terkecil.Metode Non Liniear. Menggambarkan hubungan tiga besaran pengukuran ( 3 Dimensi ) .  Data dan hasil uji coba.  Analisa data fitting percobaan fisika dengan bantuan program matlab.  Matrix Laboratory  Algoritma.Pencocokan Data ( Data Fitting ) Tujuannya adalah melukiskan secara umum pola hubungan antara satu besaran fisika dengan besaran lainnya dalam bentuk gambar. 1.  Diagram alir ( Flowchart ). Metode-metode yang digunakan dalam pencocokan data adalah : a. b. 2. Data fitting fungsi polinomial. Data fitting fungsi logaritmik. 3.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.