P. 1
TEKANAN

TEKANAN

|Views: 20|Likes:
Tugas kesehatan dan keselamatan kerja
Tugas kesehatan dan keselamatan kerja

More info:

Published by: Muhammad Alfis Budi Sanjaya on May 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/27/2014

pdf

text

original

2012/2013

TEKANAN
Higiene Perusahaan & Kesehatan Kerja

Muhammad Alfis Budi Sanjaya

b). akibatnya tekanan udara semakin rendah. sebaliknya jika temperatur udara menjadi kecil. sehingga tekanan udara menjadi rendah.Tekanan udara di suatu tempat pada umumnya dipengaruhi oleh penyinaran matahari.00 (pagi) dan pukul 22.00 (malam) dan tekanan rendah terjadi pada pukul 04. lapisan udaranya semakin tipis dan semakin renggang.Muhammad Alfis Budi Sanjaya TEKANAN UDARA Higiene Perusahaan & Kesehatan Kerja Sifat dan Karakteristik Tekanan merupakan suatu ukuran yang terdiri dari besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda untuk setiap satu satuan luas permukaan bidang tekan.Temperatur Jika temperatur udaranya tinggi. Pada barograf tekanan udara sepanjang hari tergores pada kertas yang dinamakan barogram. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tekanan Udara Faktor-faktor yang memengaruhi tekanan udara adalah sebagai berikut.00 (sore).00 (pagi) dan pukul 16. Bila hasilnya dibaca secara teliti. maka tekanan udara tertinggi terjadi pada pukul 10. 1 . Alat pencatat tekanan udara dinamakan barograf. a). Satuan tekanan yang lain adalah pascal (Pa) dan bar. Tekanan dapat dinotasikan sebagai simbolP (pressure) dan memiliki satuan SI Nm-2. maka tekanan udara menjadi tinggi. Tinggi Rendahnya Tempat Semakin tinggi suatu tempat. maka volume molekul udara berkembang. Tekanan udara pada suatu tempat berubah sepanjang hari. Daerah yang banyak mendapat sinar matahari mempunyai tekanan udara rendah dan daerah yang sedikit mendapat sinar matahari mempunyai tekanan udara tinggi.

maka kabin harus pressurized atau diatur tekanan udaranya. udara pada telinga tengah tidak berhubungan dengan udara di luar tubuh. Hal ini menjelaskan mengapa penumpang pesawat terbang merasa 'tuli sementara' saat lepas landas. Ketika terbang pada altitude yang tinggi untuk menjaga tekanan yang terdapat di dalam kabin. 2 . Terdapat dua macam dekompressi yaitu slow decompression dan rapid decompression.Muhammad Alfis Budi Sanjaya Pengaruh tekanan terhadap Kondisi Kesehatan Manusia Pada manusia dan hewan darat lainnya. Untuk itu agar kita dapat bernafas seperti biasa. Tekanan udara di sekitar telah turun. Dalam keadaan biasa. maka tekanan udara di luar peswat sangat kecil sehingga kandungan oksigenjuga tipis. Pada saat pesawat terbang hingga 39000 kaki. sedangkan di telinga tengah merupakan tekanan udara daratan. Pada ketinggian di antara ini manusia msih dapat bernafas secara normal. hubungan saluran Eustachius dan telinga tengah tertutup dan terbuka pada saat mengunyah dan menguap. Rasa tuli disebabkan adanya perbedaan tekanan antara udara sekitar. Tiap dekompressi memliki efek tersendiri baik efek terhadap pesawat maupun efek terhadap angota kru dan penumpang. maka tekanan udara yang terdapat di dalam pesawat dikendalikan oleh penerbang atau system di pesawat dan besarannya diatur pada ketinggian antara 5000-8000 kaki. kehilangan tekanan udara di dalam kabin disebut juga dengan Decompression. Saluran Eustachius menghubungkan ruangan telinga tengah ke belakang faring. Perbedaan ini dapat diatasi dengan mekanisme mengunyah sesuatu atau menguap. telinga tengah dan saluran pendengaran akan terisi udara dalam keadaan normal. Tidak seperti pada bagian luar.

Muhammad Alfis Budi Sanjaya MAINTENANCE 3 .

yakni tekanan zat cair yang tidak bergerak (tekanan hidrostatis) dan tekanan zat cair yang bergerak (mengalir). Tekanan Hidrostatik adalah tekanan yang diakibatkan oleh gaya yang ada pada zat cair terhadap suatu luas bidang tekan pada kedalaman tertentu. massa jenis dan percepatan gravitasi. Sedangkan tekanan zat cair yang bergerak akan dipelajari lebih lanjut dalam Mekanika Fluida Tekanan pada zat cair secara umum dibedakan menjadi dua jenis tekanan. 4 . Secara konseptual tekanan hidrostatis adalah tekanan yang berlaku pada fluida atas dasar Hukum Pascal.Muhammad Alfis Budi Sanjaya Tekanan hidrostatik Pengertian dan definisi tekanan Hidrostatik. Tekanan Hidrostatika hanya berlaku pada zat cair yang tidak bergerak. Besarnya tekanan ini bergantung kepada ketinggian zat cair.

namun dihadapi pula oleh pekerja – pekerja ditambang yang sangat dalam. Hiperkes Maritim Pandangan umum Industri maritime adalah khusus oleh karena cara kerja dilaut dan bersangkutan dengan produk – produk laut dan lautan. sehingga tertjadi degenerasi dan kelumpuhan. Pencegahannya adalah menaikkan pekerja – pekerja itu perlahan-lahan kepermukaan. misalnya pengambil hasil laut seperti mutiara. Gejala – gejala nya sakit oleh rendahnya tekanan udara terutama didasarkan atas kurangnya oksigen dalam udara pernafasan Tekanan udara tinggi dihadapi oleh penyelam – penyelam lautan. sesuai dengan hokum Henry untuk keseimbangan gas dengan larutannya. Produk-produklautan sangat banyak ragamnya. yang mungkin pengaruh-pengaruhnya menghinggapi antara lain penyelam-penyelam seperti pengambil mutiara. agar cukup kesempatan untuk tercapainya kesetimbangan gas Nitrogen dengan larutannya dalam tubuh.Muhammad Alfis Budi Sanjaya Penyakit penyakit akibat kerja oleh tekanan udara tinggi dan rendah Penyakit – penyakit oleh rendahnya atau turunnya tekanan udara penting untuk kedokteran penerbangan dan ruang angkasa raya. dan pasti tidak sedikit diantaranyayang dapat mengganggu kesehatan. Jelas beberap jenis ikan laut mengandung racun bagi manusia. Gejala – gejalanya didasarkan atas besarnya tekanan udara. sehingga tidak lagi terjadi emboli – emboli gas nitrogen tersebut. namunpenting pula untuk mereka yang bekerja di tempat – tempat tinggi diatas permukaan laut atau di gunung – gunung atua pendaki – pendaki pegunungan. Penyakit oleh bebasnya Nitrogen dijaringan pada dekompresi terkenal dengan sebutan penyakit “caisson”. Gas Nitrogen dalam tubuh ini dapat menimbulkan penutupan pembuluh darah. sedangkan pada dekompresi didasarkan atas bebasnya Nitrogen dalam tubuh dari larutan menjadi gas. Bagaimanapun industry maritime makin lama akan 5 . Salah satu segi dari hygiene dan kesehatan dalam industry maritime ialah cara kerja diudara bertekanan tinggi.

terjadilah barotitis yang dimulai dengan bendungan pada gendang telinga. Jika tuba Eustachii tertutup oleh jaringan limfoid dan selaput lender yang membengkak. dari perasaa sakit pada jaringan-jaringan yang bersangkutan. Pada waktu menyelam tekanan yang diderita pekerja naik sebagai akibat penambahan tekanan air setinggi dari mulut ke permukaan air. 6 .5% dari semuaorang pada umumnya menderita keluhan atau sakit di bagian sinus-sinus yang disebut barosinusitis atau sakit gigi yang disebut barodontalgia. Hal ini mungkin terjadi pada penyelam-penyelam yang tidak memakai alat-alat perlengkapan untuk menyelam. juga terjadi pengaruh sekunder oleh udara dengan tekanan tinggi. dan sering euphori yang ringan sampai kepada yang berat. yaitu bila paru-paru terktekan lebih kecil lagi dari volume residu paru-paru. Manusia tahan tekanan udaratinggi tanpa suatu akibat buruk apapun hingga 18 atmosfer asalkan udara dapat bebas mengenai dan memasukiseluruh bagian permukaan tubuh dan rongga-rongga seperti sinus-sinus da rongga telinga. Telinga.Muhammad Alfis Budi Sanjaya makin berkembang. Selain pengaruh primer oleh tekanan. yaitu pada saat penyelam-penyelam itu naik dari dasar lautan kepermukaan. Tekanan udara normal ialah sekitar 1 atmosfer. apabila tekanan besar itu tidak sama untuk berbagai bagian tubuh. bahkan mungkin menjadi ciut. Nitrogen yang larut dalam lemak 5 kali jumlahnya daripada air menyebabkan effek nrkse. pendarahan. Sebab sakit telinga ialah perbedaan tekanan udara disebelah luar dan sebelah dalam dari selaput gendang telinga. sebab sakit gigi adalah pembentukan gelembung-gelembung gas dalam pulpa. Paru-paru sendiri akan dipengaruhi oleh tekanan tinggi. sinus-sinus dan gigi adalah bagian-bagian tubuh yang mudah dipengaruhioleh perubahan-perubahan tekanan tinggi. yang menghebat menjadi erythema. sedangkan sakit pada sinus oleh selaput lender yang meradang atau oleh jaringan limfa. Pada tekanan 4 atmosfer effek ini terasa sebagai kemampua bekerja yang mengurang. maka akan terjadilah gejaa-gejala bendungan. oedem. Kira-kira 1. sehingga hygiene perusahaan dan kesehatan kerja dala bidang itupun harus dikembangkan pula. Namun. Kesehatan Penyelam Gangguan kesehatan yang terutamadiderita olehpenyelam ialahsebagai akibat tekanan udara tinggi dan akibat dekompressi. pengerutan gendang telinga dan perubahan padanya yang mungkin diikuti pendarahan dalam rongga telinga tengah. perubahan pada kemauan dan semangat.

Muhammad Alfis Budi Sanjaya Demikian pula oksigen. Pada saat penyelam naik dari dasar kepermukaan mungkin terjadi pengaruh dekompressi udara.sebagai pembentukan gas nitrogen disumsum tulang belakangyang menyebabkan emboli pada buluh darahnya. Jumlah gas yag larut dalamjaringan yang selanjutnya ditentukan oleh tekanan udara 2. cepat menghebat. Gelembung-gelembung gs tersebutterjadi dari gas yang larut dalam jaringan lemak tidak diberi cukup waktu untuk diambil oleh air tubuh dan darah sebagai larutan untuk seterusnya dikeluarkan dalam bentuk gas melewati paru-paru. gangguan kesehatan ini disebut penyakit Caisson. yang dipengaruhi antara lain oleh umur. 7 . Tanda-tanda keracunan adalah gangguan penglihatan. Keadaan aliran darah di dalam tubuh. Cepatnya waktu dekompressi. kelumpuhan otot-otot. dan umumnya terjadi 4-6 jam sesudah dekompressi. tapi biasanya sangat jarang terjadi. biasanya nekrose ini baru terjadi paling sedikit setelah 8 bulan bekerja. vertigo. Keracunan oksigen dipercepat oleh kadar CO2 yang tinggi. Achirnja keracunn oksigen merupakan kejang-kejang epileptic. menjalar dari satu bagian tubuh ke lainnya. kegiatan . atau mnuman keras seperti alcohol 3. Gejala dan tanda-tanda penyakit Caisson adalah ”bends”. Jumlah gelembunggelembung gas yang terbentuk tergantung dari tiga factor. Kelumpuhan biasanya paraplegia atau monoplegia spastis. “Chokes”. yang bila dalam udara pernafasan tekanannya melebihi 2 atmosfer akan menebabkan keracunan yag mekanismenya belum jelas. Selain itu CO2 seniri mempercepat pula effek narkotis dari N2 dan dalam kadar tinggi menyebabkan berhentinya pernafasan. suhu. dan nekrose aseptic padaulang-tulang. Kerusakan otak sangat jarang. yaitu : 1. halusinasi akustik konfusi. Etiologinya adalah pembentukkan gas-gas nitrogen berupagelembung-gelembung dalam jaringa. enek. kontraksi otot-otot diluar kemauan terutama dmuka. “Bends” adalah perasaan sakit yang terdapat di sendi-sendi dan dalam ditulang serta otot. badan. Nekrose tulang-tulang disebabkan penutupan buluh-buluh darahdalam tulang. “Choke” adlah sakit substernalyang terasa pada waktunafas dalam yag diikuti batuk paroxysmal dan bisa selanjutnyadiikuti pula semaput dengan gejala-gejala sindrom shock.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->