PENGANTAR METALURGI

Disusun Oleh
Ferina Utari (A1C109008) Melia Gustina (A1C10918) Dewi Mutiarani (A1C109035) Dosen Pengampu : Drs. Abu Bakar, M.Pd

unsur kimia yang mempunyai sifat konduktivitas panas. Metalurgi Serbuk Logam . dari serbuk logam melalui penekanan.Metalurgi pemprosesan bahan mentah alam untuk memperoleh bahan mentah unsur dan pengolahan selanjutnya untuk memperoleh / memproduksi logam dengan sifat-sifat yang dikehendaki. suatu kegiatan yang mencakup pembuatan benda komersial. listrik yang baik. buram dan jika dipoles hingga mengkilap akan menjadi reflektor/pemantul cahaya yang baik. baik yang jadi atau masih setengah jadi (disebut kompak mentah).

000 SM. Logam yang paling dini digunakan oleh manusia tampaknya adalah emas. yang bisa ditemukan secara bebas.SEJARAH Diawali dengan teknologi pengolahan hasil pertambangan. sekitar 40. . Sejumlah kecil emas telah ditemukan dan telah digunakan di gua-gua di Spanyol pada masa Paleolitikum.

. semua logam dialam berbentuk senyawa. dan Pt). Au.KEBERADAAN Kecuali logam yang sangat tidak reaktif yang disebut logam mulia (Ag. yang selalu bercampur dengan bahanbahan yang tidak dikehendaki.

METALURGI SERBUK Pembuatan benda komersial. baik yang jadi atau masih setengah jadi (disebut kompak mentah). . Pemanasan selama proses penekanan atau sesudah penekanan yang dikenal dengan istilah sinter menghasilkan pengikatan partikel halus. Proses ini dapat disertai pemanasan akan tetapi suhu harus berada dibawah titik cair serbuk. dari serbuk logam melalui penekanan.

besi . tantalum. dll.PEMBUATAN SERBUK Permesinan  hasilkan partikel yang kasar untuk membuat serbuk magnesium Penggilingan  dengan berbagai jenis mesin yg dapat menghancurkan berbagai jenis logam Pengendapan Elektrolit  mengolah perak. Proses reduksi  reaksikan C2 + O2 yang ada dalam oksida besi. Atomisasi  penyemprotan logam untuk membuat serbuk logam bersuhi rendah Shotting  logam cair dituang melalui saringan kemudian di-dinginkan dengan air .

Dengan Peningkatan Kepadatan Secara Sentrifugal Pemadatan sentrifugal merupakan suatu cara untuk menghasilkan benda dengan berat jenis yang merata khususnya untuk serbuk logam berat. Cetakan diisi dengan serbuk kemudian diputar hingga mencapai tekanan sekitar 3 MPa .CARA PEMBUATAN LOGAM DARI SERBUK LOGAM Cara Penekanan (Pressing) Serbuk ditekan dalam die baja dengan tekanan 20 – 1400 MPa.

PENGOLAHAN LOGAM PENGOLAHAN LOGAM Pemekatan bijih Ekstraksi logam dari bijih (reduksi kimia menjadi unsur) Pemurnian .

Dengan elektromagnetik Cara Kimia Pemanggangan dan Penambahan pelarut .PEMEKATAN BIJIH Cara fisika Pencucian. Pengapungan (flotasi).

EKSTRAKSI LOGAM DARI BIJIH Pirometalurgi • logam diolah dan dimurnikan menggunakan panas yang sangat tinggi. Panas didapatkan dari tanur berbahan bakar batubara (kokas) yang sekaligus bertindak sebagai reduktan. Elektrometalurgi • pengolahan bijih logam menjadi logam murni dengan cara elektrokimia. . Hidrometalurgi • cara pengolahan logam dari batuan atau bijihnya dengan menggunakan pelarut berair (aqueous solution).

Pemurnian (refining) Penyesuaian komposisi bahan kotoran dalam logam kasar disebut pemurnian.  Zat pengotor dalam logam mempunyai nilai ekonomis . Logam perlu dimurnikan dengan alasan:  Zat pengotor dapat menyebabkan logam tidak dapat digunakan dengan baik.

WB .TERIMA KASIH ASSALAMU’ALAIKUM WR.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful