P. 1
Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani

Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani

|Views: 75|Likes:
Published by Roolley Abghan
Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani
Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Roolley Abghan on May 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/12/2013

pdf

text

original

NURULLI ABDUL GHANI | XI TEKONGAND | 17

BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI
BAB II SEMESTER 1

Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama. yaitu demos yang artinya rakyat dan kratos atau kratein yang dapat diartikan sebagai pemerintahan berada di tangan rakyat. Anggota-anggotanya dipilih oleh rakyat melalui pemilihan umum yang rahasia. Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi 2. Demokrasi dapat disebut juga sebagai pelembagaan dari suatu kebebasan (institutionalization of freedom). Prof. bebas. Dalam masa sekarang ini. dan reformasi 4. Berpendapat demokrasi adalah suatu Negara yang pemerintahannya dipegang oleh rakyat. Menurut kamus. Pendapat-pendapat tersebut antara lainnya dikemukakan oleh para tokoh seperti berikut. di mana penduduk Negara berjumlah ratusan ribu bahkan jutaan orang. Mr. Demokrasi adalah suatu paham yang menegaskan bahwa pemerintahan suatu Negara di pegang oleh rakyat. 1. suatu system dimana suatu Negara diikutsertakan dalampemerintahan Negara. Abraham Lincoln.Pelaksana demokrasi itu disebut demokrasi langsung (direct democracy). Oleh karena itu. Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari _______________________________________________________________________________ 1. Berdasarkan pendapat dari tokoh-tokoh diatas. by the people. and for the people). 3.Standar Kmpetensi :  Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani Kompetensi Dasar : 1. dan adil. Berpendapat bahwa demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat. karena pemerintahan tersebut pada hakikatnya berasal dari rakyat. oleh rakyat. Berbicara tentang pengertian demokrasi. demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat dengan kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat dan dijalankan langsung oleh wakil-wakilnya yang dipilih melalui pemilihan umum yang bebas. demokrasi seperti ini disebut demokrasi perwakilan (representative democracy). ada beberapa pendapat yang dapat kita jadikan acuan agar kita mudah memahaminya. Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani 3. DEMOKRASI 1. Kranenburg berpendapat bahwa demokrasi terbentuk dari dua pokok kata yang berasal dari bahasa yunani yaitu Demos (rakyat) dan Kratein (memerinyah) yang maknanya adalah “ cara memerintah oleh rakyat”. sehingga dibutuhkan lembaga perwakilan rakyat. dan untuk rakyat. jujur. orde baru. oleh. maka dapat diambil satu kesimpulan tentang pengertian demokrasi seperti berikut. 1 . Koentjoro Poerbobranoto.1 Pengertian Demokrasi Demokrasi berasal dari Bahasa Yunani. oleh rakyat. Demokrasi langsung tidak mungkin dilaksanakan. dan untuk rakyat (Democracy is government oh the people. demokrasi berarti pemerintahan dari. 2. Secara harfiah. dan untuk rakyat. System pemerintahan demokrasi adalah demokrasi langsung. Maksudnya.

berkumpul. kebebasan untuk mengurus nasib sendiri. b. Adanya pengakuan akan kesamaan di anatar warga Negara. kebebasan untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan umum. Adanya pengakuan akan supremasi sipil atas militer 1. 2 . serta kebudayaan. lembaga-lembaga pemerintahan maupun organisasi kemasyarakatan. serta kebebasan utuk menyuarakan ekspresi baik memlalui organisasi. ekonomi. Adanya pengakuan akan supremasi hokum ( daulat Hukum). kebebasan warga negara untuk melakukan partisipasi politik. sebuah bentuk pemerintahan yang memenuhi ketentuan-ketentuan normatif. kebebasan berekpresi dan berbicara/berpendapat berkebebasab untuk berkumpul dan berorganisasi. Adanya kebebasan. seperangkat ketentuan normatif yang harus dipenuhi agar terbentuk sebuah sistem politik tertentu. kebebasan untuk memperoleh berbagai sumber informasi dan komunikasi. Demokrasi memerlukan partisipasi rakyat dan deokrasi yang kuat bersumber pada kehendak rakyat serta bertujuan untuk mencapai kemasalahatan bersama. menyangkut pula adanya pengakuan terhadap kesetraan diantara warga negara. Demokrasi pada masa kini antara lain menyangkut hak memilih dan hak untuk dipilih. hak politik. pendidikan dan hukum. potensi. yaitu: pertama.3 Prinsip-Prinsip Demokrasi Istilah demokrasi mengacu kepada dua hal. dan kedua. Kebebasan tersebut dapat berbentuk dukungan ataupun tuntutan terhadap kebijakan yang diambil atau diputuskan oleh pejabat negara. itukah pengertian demokrasi. berbangsa dan bernegara. Salah satu hak dalam hubungannya dengan Negara adalah hak politik rakyat dalam partisipasi aktif untuk dengan bebas berorganisasi. Kedua dimensi demokrasi ini menunjukkan bahwa lembaga-lembaga politik demokratis yang dikembangkan di barat selama beberapa abad terakhir ini berdasarkan ide para filosof yang membentuk bangunan teoretis dari sebuah sistem politik demokratis. sosial. dan efektif dan lestari tanpa adanya budaya yang memawarnai pengorganisasian bebagai elemen politik seperti partai politik. Adanya partisipasi masyarakat secara aktifd dalam kehidupan bermasyarakat. c. di anataranya. d. berkebebasan beragama. Kemudian diwujudkan dalm ikut seta menentukan arah perkembangan dan cara mencapai tujuan serta gerak poloitik Negara. Keikut sertaannya tersebut tentu saja dalam batas-batas ditentukan dalamperaturan perundang-undangan atau hokum yang berlaku.2 Unsur-unsur Demokrasi Unsur-unsur demokrasi meliputi: a.budaya. e.Inti pemerintahan demokrasi kekuasaan memerintah yang dimiliki oleh rakyat. seni. persamaan hak meliputi. kebebasan untuk mengguagat pemerintah. 1. berkeyakinan. Kedudukan warga negara dalam UUD 1945 adalah sama tidak ada perkecualiaan. dan menyatakan pendapat baik lisan maupun tulisan.

demokrasi dengan kemakmuran. hak-hak minoritas. pemilihan yang bebas dan jujur. setiap warga berhak ikut menentukan kebijakan public seperti penentuan anggaran. demokrasi dengan kecerdasan.Ada sepuluh pilar demokrasi konstitutional. dan politik. demokrasi yang berkedaulatan rakyat. demokrasi dengan otonomi daerah. Prinsip utama demokrasi adalah persamaan dan kebebasan.    Gelombang kesatu mulai abad ke-19 dengan meluasnya hak pilih pada 1890-an (oleh 29 negara). persamaan di depan hukum. dan mufakat. ekonomi. kerja sama. 1984) Demokrasi berkembang di Yunani pada abad ke-6 SM dengan konsep city state melalui pemilihan umum langsung yang diikuti sekitar 300. terhitung revolusi politik yang berlangsung di Uni Soviet dan bagian Afrika. proses hukum yang wajar. Prinsip utama demokrasi menurut Alamudi. maka digunakan prosedur pemilihan wakil. yaitu:           kedaulatan rakyat. memproses serta menjual salak merupakan jaminan tersendiri dalam pembangunan prinsip-prinsip demokrasi di kalangan petani salak.4 Budaya Demokrasi Indicator berkembangnya budaya demokrasi adalah sebagai berikut: Pertisipasi masyarakat dalam kehidupan bernegara. peraturan-perauran dan kebijakan-kebijakan public. pemerintahan berdasarkan persetujuan dari yang diperintah. 3 . Arus baliknya pada 1922 saat berkuasanya Musolini sebagai presiden Italia sehingga pada 1942 negara demokrasi menjadi 12 negara. demokrasi dengan rule of law. Gelombang ketiga tahun 1974 bertambah 30 negara demokrasi baru. Prinsip-prinsip demokrasi sebenarnya tumbuh berkembang dalam masyarakat tak terkecuali di kalangan petani salak. serta nilai-nilai toleransi. demokrasi dengan peradilan yang merdeka. 1. kekuasaan mayoritas. Perlakuan dan kesempatan yang sama dalam mendapat. Sammuel P. Seyogyanya perkembangan prinsip-prinsip demokrasi di kalangan petani salak dapat membawa kesejahteraan kepada petani salak. yakni demokrasi yang berketuhanan. Arus baliknya tahun 1970 menjadi 30 negara demokrasi. demokrasi dengan pembagian kekuasaan negara. Huntington menggambarkan perjalanan demokrasi sebagai berikut. Dalam budaya demokrasi. Para warga Negara memilih wakil-wakil mereka di pemerintahan. pragmatisme. (Sanusi. jaminan hak asasi manusia. Huntington mennjelaskan bahwa gelombang ketiga ini diikuti oleh gelombang keempat pada abad 21. demokrasi dengan hak asasi. Gelombang kedua saat kemenangan sekutu pada Perang Dunia II dan memuncak pada 1962 menjadi 36 negara demokrasi. pluralisme sosial.000 penduduk. Saling menghormati dan menghargai sesama petani untuk menyesuiakan harga jual salak merupakan salah satu prinsip demokrasi yang berkembang. dan demokrasi yang berkeadilan sosial. Namuk oleh karena secara praktis tidak mungkin melibatkan seluruh warga suatu Negara terlibat dalam pengambilan keputusan (sebagaimana halnya pada zaman Ynani Kuno). pembatasan pemerintah secara konstitusional.

Kebebasan berkumpul memungkinkan rakyat berkumpul untuk melakukan diskusi. para calon majlis bahkan mewakili bebagai macam partai politik. Kebebasan berserikat memungkinkan orang-orang untuk bergabung dalam suatu partai atau kelompok penekan untuk mewujudkan pandangan atau cita-cita politik mereka. namun menolak untuk mengakui unsur-unsur lain yang diperlukan agar system itu berjalan secara demokrasi. Pemerintah demokrasi diberi kewenangan membuat kepuusan melalui mandar yang diperoleh lewat pemilihan umum. Selanjutnya warga Negara. Apakah Negara-negara ini. maka warga Negara dapat mengganti pemerintahan melalui mekanisme demokrasi yang tersedia. media tidak dikembalikan oleh penguasa) membantu rakyat mendapatkan informasi yang diperlukan untuk membuat pilihan mereka sendiri. TV) kebebasan memungkinkan demokrasi berfungsi. Pemilu yang teratus (regular) memungkinkan partai-partai turut bersaing dan mengumumkan kebijakan-kebijakan alternative mereka agar didukung masyarakat. dan memungkikan adanya pilihan-pilihan lain. Untuk itu. partisipasi rakyat tidak hanya berupa partisipasi dalam mekanisme lima tahunan (pemilu) itu saja. Khusus bai rakyat yang dipilih. misalkanan para wakir sering diam saja. Akan tetapi. melalui hak memilihnya yang priodik. Unsure kedua dan bahkan lebih mendasar adalah kebebasan yaitu kebebasan berekpresi. benar-benar demokrasi? Jawabannya adalah tidak. Pertama-pertama pemilu harus jujur. pemilihan umum dilaksanakan secara berkala. Negara-negara komunis initelah menyebut sebuah system demokrasi. Pemilihan harus menawarkan kepada para pemilih yang nyata di antarapartaipartai yang menawarkan program-program yang berbeda. Tanpa media yang 4 . Dalam hal kebijakan yang tidak memihak aspirasi rakyat. Kebebasan. berserikat. Para pemilih dijinkan untuk mengambil bagian dalam pemungutan suara rahasia yang untuk memilih anggota majlis local dan nasional. Inilah yang juga disebut demokrasi parstipatoris. demokrasi adalah “pemerintahan dari rakyat. masyarakat tetap harus tetap mengawasi mereka dan tidak hanya tunggu saat pemilu. dan tidak selalu otomatis diperaktekkan bahkan di Negara-negara barat yang lebih maju. Ia mengatakan. dapat terus menjaga agar pemerintahanya bertanggung jawab kepada masyarakat. yang dapat dipercaya untuk menjamin bahwa tidak seorang pun memebrika suara lebih dari satu kali dan bahwa suara-suara di hitung secara jujur dan akurat ini jarang terjadi di Negara-negara komunis Eropa timurtempo dulu. Kebebasan memberikan boksigen agar demokrasi bias bernafas kebebasan berekpresi dan memungkinkan segala masalah bias diperdebatkan. dan media (Koran. Hal ini mengingatkan kenyatan bahwa baik pemerintah maupun wakil rakyat yang mereka pilih bias saja membuat kebijakan yang bertentangan dengan aspirasi mereka. Media yang bebas ( artinya. mereka berhak dan bertanggungjawab menyuarakan aspirasi atau keritik kapan saja terhadap para wakil dan pemerintahan lazim disebut gerakan ekstraparloementer. Dan jika pertanggungjawaban itu tidak diberikan. berkumpul. Pemilihan harus diawasi oleh petugas yang resmi dan tidak memiliki kepentingan pribadi. radio. memungkikan pemerintahdikritik.Para wakil inilah yang diserahi mandar untuk mengelolah masa depan bersama warga Negara melalui berbagai kebijaka dan peraturan perundang-undangan. Ketiga kebebasanini memungkinkan rakyat mengambil bagian dalam proses demokrasi. Atau malah kongkalikong dengan pemerintaha. Pertanyaan berikutnya dalah : pemilu yang bagaimana? Ketika partai-partai komunis berkuasa dieropa timur (1947-1949). oleh rakyat dan untuk rakyat”. di antaranya adanya pemilihan umum yang bebas. Di beberapa negarra. yangmenyebut dirinya “ demokrasi rakyat”. Hal itu sesuai dengan definisi demokrasi sebagai mana dikemukakan oleh Abraham Lincoln. Partisipasi tidak indetik dengan memilih dan dipilih dan dipilih pemilu.

jumlah suara yang sama. seni pahar. Di bidang pertahanan dan keamanan : setiap individu mempunya hak dan kewajiban yang sama dalam pembelaan Negara Pengakuan akan supremasi sipil atau militer. 5 . Supremasi hukum (daulat hukum). seni musik. semuanya sama dihadapan hukum. filemfilem. jenis kelamin. sering kali sulit bagi rakyat untuk mengetahui apa yang sesungguhnya sedang terjadi. Pengalaman banyak Negara menunjukan banyak pengerintik dijebloskan kedalam penjara. Indikator yang telah dijelaskan di atas dapat mengungkapkan bagaimana budaya demokrasi yang berkembang di masyarakat petani salak. bertani. hak pilih yang sama. dan sebagainya. dan bahkan lebih sulit lagi untuk membuat keputusan yang berbobot mengenai apa yanag harus mereka pilih demi mencapai suatu mesyarakat yang mereka inginkan. seni bangunan (arsitektur). Berikut penjelasannya: Di bidang ekonomi : setiap individu memiliki hak yang sama untuk melakukan usaha ekonomi ( berdagang. berperkara di depan pengadilan. akses atau kesempatan yang sama untuk medapatkan ilmu pengetahuan. Kesamaan disini juga termasuk kesamaan di depan hokum. memproses dan menjual salak merupakan implementasi bagaimana budaya demokrasi berkembang di masyarakat petani salak. penuntutan. kedudukan. banyak demonstran yang menentang kebijakan pemerintah dibubarkan dengan cara kekerasan. berkebun. Unsur penting lainnya.tidak ada gunanya pemerintah membiarkan semua kebebasan yang disebut di atas bertumbuh apabila pemerintah menginjak-injaknya. semua warga Negara diandaiakan memiliki hak-hak politik yang sama. dan bahkan banyak di antara mereka ditembak mati secara diam-diam oleh agen-agen Negara. dan bahakan poster-poster dinding). yang seringkali dianggap sudah semestinya ada di Negara-negara yang tradisi demokrasinya sudah lama. Dibidang budaya budaya : setiap individu mempunyai kesaman dalam mengembangkan seni. Budaya demokrasi juga mensyaratkan supremasi sipil atau militer (sipil mengatur militer). dan sebagainya) untuk memenuhi dan meningkatkan taraf hidup. agama. menjual jasa. Dalam demokrasi. dan sebagainya. adalah supremasi hukum (rule of law). yakni setiap individu berhak secara bebas memiliki. seni lukis. Tidak seorang pun mempunyai mempunyai pengaruh lebih besar dari orang lain dalam proses pembuatan kebijakan. Dalam bidang politik : setiap orang memiliki hak politik yang sama. menjadi anggota salah satu partai politikbaru sesuai perundang-undangan yang berlaku.bebas dan tanpa kebebasan berekpresi yang lebih luas (melalui percakapan. Pengakuan akan kesamaan warga Negara. Jaminan hak asasi manusia serta partisipasi rakyat dalam mengolah. Dalam bidang hokum : setiap individu memiliki kedudukan yang sama. Juga memiliki hak dalam pengambilan keputusan baik dalam lingkup keluarga atau masyarakat melalui mekanisme yang disepakati dengan dengan tidak membedakan setatus. dari rakyat jelata sampai pejabat tinggi. buku-buku. misalnya berkreasi dalam seni tari. yakni berhak untuk mengadakan pembelaan.

kritis argumentatif. Masyarakat madani didefinisikan sebagai wilayah-wilayah kehidupan sosial yang terorganisasi dan bercirikan antara lain kesukarelaan (voluntary). demokratis. Istilah masyarakat madani yang merupakan terjemahan dari civil society. yaitu civitas dei artinya kota Ilahi. Masyarakat madani secara etimologis memiliki dua arti. Dalam kaitannya pembentukan masyarakat madani di Indonesia.berani dan mampu menjadi saksi. Kemandirian tinggi terjadi jika berhadapan dengan negara dan keterikatan dengan norma-norma atau nilai-nilai hukum yang diikuti oleh warganya. Dalam perkembangannya istilah civil society dipahami sebagai organisasiorganisasi masyarakat yang terutama bercirikan kesukarelaan dan kemandirian yang tinggi berhadapan dengan negara serta keterikatan dengan nilai-nilai atau norma hukum yang dipatuhi masyarakat. Konsep masyarakat madani merupakan penerjemahan dari civil society yang pertama kali digulirkan oleh Dato Seri Anwar Ibrahim dalam ceramahnya pada acara Festifal Istiqlal. 2. Masyarakat madani (civil society) sering disebut masyarakat warga. Pertama. berani tampil dan kemasyarakatan secara profesionalis. masyarakat sipil. masyarakat peradaban yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai civility atau civilization. masyarakat kewargaan. maka warga negara Indonesia perlu dikembangkan untuk menjadi warga negara yang cerdas. memahami daerah Indonesia saat ini. menyikapi mass media secara kritis dan objektif. memilih calon pemimpin secara jujur-adil. keswasembadaan (self generating). mengenal citacita Indonesia di masa mendatang dan sebagainya. berfikir dan berperasaan secara jernih sesuai dengan aturan. Akar perkembangannya dapat dirunut mulai Cicero. Kedua. Istilah civil society berasal dari bahasa latin. dan keswadayaan (self supporting). Bangsa Indonesia berusaha untuk mencari bentuk masyarakat madani yang pada dasarnya adalah masyarakat sipil yang demokrasi dan agamis/religius. 26 September 1995 di Jakarta. beradab. masyarakat kota karena madani adalah turunan dari kata dalam bahasa Arab. dan religius dengan bercirikan imtak. MASYARAKAT MADANI 2. mampu dan mau silih asah-asih-asuh antara sejawat. madinah yang berarti kota. atau masyarakat berbudaya. Civil society secara sederhana dapat diartikan sebagai masyarakat beradab. menerima semangat Bhineka Tunggal Ika. memiliki pengertian kesejagatan. dan kreatif.1 Definisi Masyarakat Madani Istilah masyarakat madani dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah civil society pertama kali dikemukan oleh Cicero dalam filsafat politiknya dengan istilah societies civilis yang identik dengan negara. Menurut Anwar Ibrahim masyarakat madani adalah sistem sosial yang subur berasaskan kepada prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan perorangan dan kestabilan masyarakat.2. Asal kata civil adalah civilization yang artinya peradaban.2 Ciri-Ciri Masyarakat Madani 6 . Cicero adalah seseorang yang mulai menggunakan istilah societes civilis dalam filsafat politiknya. apabila ditelusuri berasal dari proses sejarah masyarakat barat. berorganisasi secara sadar dan bertanggung jawab. Konsep yang diajukannya hendak menunjukkan bahwa masyarakat yang ideal adalah kelompok masyarakat yang memiliki peradaban maju.

Free public sphere (ruang publik yang bebas). Toleransi. Demokratisasi.      3. sehingga masyarakat memiliki kedewasaan dan kemandirian berpolitik yang bertanggungjawab. serta mempublikasikan informasikan kepada publik. dan kemandirian serta kemampuan untuk berperilaku demokratis kepada orang lain dan menerima perlakuan demokratis dari orang lain. bahwa kemajemukan sebagai nilai positif dan merupakan rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. berserikat. Pluralisme. yaitu partisipasi masyarakat yang benar-benar bersih dari rekayasa. yaitu sikap mengakui dan menerima kenyataan mayarakat yang majemuk disertai dengan sikap tulus. sikap saling menghargai dan menghormati pendapat serta aktivitas yang dilakukan oleh orang/kelompok lain. Kualitas SDM yang belum memadai karena pendidikan yang belum merata Masih rendahnya pendidikan politik masyarakat Kondisi ekonomi nasional yang belum stabil pasca krisis moneter Tingginya angkatan kerja yang belum terserap karena lapangan kerja yang terbatas 1. atau civil society sebagai berikut.Karakteristik masyarakat madani adalah sebagai berikut : 1. yaitu proses untuk menerapkan prinsip-prinsip demokrasi sehingga muwujudkan masyarakat yang demokratis. mereka berhak melakukan kegiatan secara merdeka dalam menyampaikan pendapat. Supremasi hukum. 2. artinya setiap orang memiliki kedudukan dan perlakuan hukum yang sama tanpa kecuali. 4. Untuk menumbuhkan demokratisasi dibutuhkan kesiapan anggota masyarakat berupa kesadaran pribadi. 3. Partisipasi sosial. kesetaraan. yaitu keseimbangan dan pembagian yang proporsiaonal antara hak dan kewajiban. 7. 6. Demokratisasi dapat terwujud melalui penegakkan pilar-pilar demokrasi yang meliputi : 2. yaitu masyarakat memiliki akses penuh terhadap setiap kegiatan publik. serta tanggung jawab individu terhadap lingkungannya. yaitu upaya untuk memberikan jaminan terciptanya keadilan. berkumpul. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pers yang bebas Supremasi hokum Perguruan Tinggi Partai politik 4. 2. 5. Keadilan harus diposisikan secara netral. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak dalam jumlah yang besar Kondisi sosial politik yang belum pulih pasca reformasi Adapun Nurcholis Madjid memberikan beberapa karekteristik bagi masyarakat berperadaban. intimidasi. ataupun intervensi penguasa/pihak lain. Adapun yang masih menjadi kendala dalam mewujudkan masyarakat madani di Indonesia diantaranya : 1. masyarakat madani. yaitu kesediaan individu untuk menerima pandangan-pandangan politik dan sikap sosial yang berbeda dalam masyarakat. 7 . Keadilan sosial (social justice).

Apakah cirri-ciri ini pun muncul dalam masyarakat petani salak di Cineam. Dari beberapa ciri yang dikemukakan oleh para tokoh tersebut. tidak terkungkung oleh kondisi kehidupan material. Masyarakat yang memiliki pengetahuan dan kompetitif dalam suasana kooperatif dan penuh persaudaraan dengan bangsa-bangsa lain dengan semangat kemanusiaan universal (pluralis). dan tidak terserap di dalam jaringan-jaringan kelembagaan politik resmi yang di dalamnya tersirat pentingnya suatu ruang publik yang bebas (the free public). Masyarakat yang menghargai Hak Azasi Manusia (HAM) Masyarakat yang tertib dan sadar hukum dan direfleksikan dari adanya budaya malu apabila melanggar hukum. Tentu saja ciri-ciri masyarakat madani ini telah muncul di kalangan petani salak. Masyarakat yang demokratis dan beradab yang menghargai perbedaan pendapat.       Masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Artinya sebuah masyarakat yang memiliki keberdayaan secara intelektual. Penghargaan kepada orang berdasarkan prestasi. Sedangkan Muhammad A. sosial dan spiritual. serta mempunyai kemampuan dan kemauan untuk maju dan mandiri tanpa intervensi dari negara dengan senantiasa memegang teguh hukum (aturan).     Adanya semangat egalitarianisme. Keterbukaan Partisipasi seluruh anggota masyarakat. masyarakat madani mempunyai karakteristik sebagai berikut. Pancasilais. 2. tindakan dan refleksi mandiri. Kehidupan tradisional serta kuatnya nilai-nilai agama khususnya Islam dalam menjalankan kehidupan menjadi pijakan dalam membangun masyarakat madani di petani salak atau masyarakat Cineam. atau ras. Secara intelektual social dan spiritual mereka mampu hidup untuk saling menghormati dan menghargai. bukan keturunan. kesukuan. Sebagai tempat di mana transaksi komunikasi yang bebas bisa dilakukan oleh warga masyarakat. dan memiliki cita-cita serta harapan masa depan. Penentuan kepemimpinan melalui pemilihan.S. bukan berdasarkan keturunan. Hikam menyebutkan bahwa masyarakat madani memiliki ciri-ciri sebagai berikut.      Kesukarelaan (voluntary) Keswasembadaan (self generating) Keswadayaan (self supporting) Kemandirian tinggi berhadapan dengan negara Keterkaitan dengan norma-norma atau nilai-nilai hukum yang diikuti oleh warganya. Menurut Hidayat Syarief apabila diaktualisasikan dalam masyarakat Indonesia yang berbhinneka tunggal ika. nampak bahwa bangunan masyarakat madani adalah masyarakat yang ideal. Civil society adalah suatu wilayah yang menjamin berlangsungnya perilaku.3 Pemberdayaan Masyarakat Madani 8 . Masyarakat yang memiki kepercayaan diri dan kemandirian.

terutama pada golongan menengah yang makin luas. LSM. keterlibatan kaum cendekiawan. Sedangkan menurut Ryas Rasyid. pelaksanaan demokrasi liberal hanya akan menimbulkan konflik sehingga menjadi sumber instabilitas politik. Sejak awal dan secara bersama-sama diperlukan proses demokratisasi yang pada esensinya adalah memperkuat partisipasi politik. sebuah masyarakat madani (civil society) haruslah mandiri. Barangkali.Secara esensi dibutuhkan pemberdayaan dan penguatan masyarakat secara komprehensif agar memiliki wawasan dan kesadaran demokrasi yang baik serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia. Jika kerangka kelembagaan ini diciptakan. Dengan demikian. Untuk keperluan itu. persatuan dan kesatuan bangsa lebih diutamakan daripada demokrasi. Ketiga model strategi pemberdayaan civil society (masyarakat madani) tersebut dipertegas oleh Hikam bahwa pada era transisi lebih mementingkan prioritas pemberdayaan dengan cara memahami target yang paling strategis serta penciptaan pendekatan yang tepat di dalam proses tersebut. serta mahasiswa adalah mutlak adanya karena mereka mempunyai kemampuan dan sekaligus tokoh utama pemberdayaan tersebut. Saat ini yang diperlukan adalah stabilitas politik sebagai landasan pembangunan. ormas sosial dan keagamaan.  Strategi yang lebih mengutamakan reformasi sistem politik demokrasi. Bagi penganut paham ini. akan dengan sendirinya timbul civil society yang mampu mengontrol terhadap negara. maka diperlukan pengembangan masyarakat madani dengan menerapkan strategi pemberdayaan untuk mencapai hasil secara optimal.  Strategi yang lebih mementingkan integrasi nasional dan politik Strategi ini berpandangan bahwa sistem demokrasi tidak mungkin berlangsung dalam masyarakat yang belum memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara yang kuat. Strategi ini muncul akibat kekecewaan terhadap realisasi dan strategi pertama dan kedua. karena pembangunan membutuhkan resiko politik yang minim. Strategi ini berpandangan bahwa pembangunan demokrasi tidak perlu menunggu rampungnya tahap pembangunan ekonomi. strategi ini lebih mengutamakan pendidikan dan penyadaran politik. dapat melahirkan ketidakseimbangan antara posisi serta peran pemerintah dan 9 . tidak begitu terntung pada peran pemerintah atau negara.  Strategi yang memilih pembangunan masyarakat madani sebagai basis yang kuat ke arah demokratisasi. Dengan begitu. Dengan demikian. Dalam hal ini Dawam Rahardjo mengemukakan tiga strategi yang salah satunya dapat digunakan sebagai strategi pemberdayaan masyarakat madani Indonesia. diantara organisasi sosial dan politik yang patut dicatat dan meiliki kemandirian cukup tinggi adalah organisasi yang termasuk dalam kelompok lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau Non-Governmental Organization (NGO) yang di Indoneisa jumlahnya mencapai ratusan. Perubahan paradigma yang berorientasi kepada perwujudan masyarakat madani perlu dilakukan sebagai koreksi terhadap kekeliruan yang secara umum berpangkal pada kurangnya konsistensi dalam memelihara dan menegakkan prinsip serta semangat yang telah disepakati bersama. Untuk itu.

Adapun fungsi dari nilai-nilai tersebut di antaranya sebagai berikut. Demokrasi parlementer / liberal (RIS dan UUDS 1950). 1) Ketuhanan 2) kemerdekaan 3) hak azasi dan martabat manusia 4) kebangsaan 5) demokrasi 6) kemajemukan 7) kebersamaan 8) persatuan dan kesatuan 9) kesejahteraan bersama 10) keadilan dan supremasi hukum 11) keterbukaan 12) partisipasi 13) kemitraan 14) rasional 15) etis 16) perbedaan 17) pendapat dan pertanggungjawaban 18) akuntabilitas. CARA KERJA: 1. Ketidakseimbangan posisi serta peran pemerintah dan masyarakat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini. Nilai-nilai masyarakat madani tersebut harus melekat pada setiap individu dan institusi yang memiliki komitmen untuk mewujudkannya di wilayah Cineam dan Indonesia. Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia 3. Ditandai dengan matinya oposisi Sikap tabu terhadap perbedaan pendapat Tidak terdapat kontrol sosial Pelaksanaan fungsi legislatif yang tidak bermakna Penegakan hukum yang lemah Adapun nilai-nilai dasar yang menandai masyarakat madani pada petani salak Cineam. pada masa ini Indonesia memakai. Kekuasaan legislatif dijalankan oleh DPR. Kekuasaan eksekutif dijalankan oleh kabinet/Dewan menteri dibawah pimpinan Perdana menteri dan bertanggung jawab pada parlemen. 3. baik secara individual maupun institusional Menjadi dasar acuan penyusunan kebijakan dalam membangun Indonesia Baru sebagai landasan perjuangan panjang untuk mewujudkan masyarakat madani.1 Masa Orde Lama : a. 10 .       Sistem politik. 2. dan perilaku politik yang tenggelam dalam kehidupan demokrasi semu. partai politik yang menuasai suara mayoritas di DPR membentuk kabinet.  Menjadi pedoman perilaku alam bersikap. berpikir dan bertindak. budaya. SISTEM DEMOKRASI PARLEMENTER.masyarakat dalam penyelenggaraan negara juga pembangunan. di antaranya sebagai berikut.

Dalam UUD 1945 indonesia juga adalah negara hukum. oleh karena itu presiden wajib tunduk dan bertanggung jawab kepada MPR. Kebijakan beberapa perdana menteri cenderung menguntungkan partainya. 7. Presiden hanya sebagai kepala negara. Sebagian condong ke kabinet Wilopo sebagian condong ke Presiden Soekarno. DI/TII 5. dengan mamakai UUD 1945 oleh sebab itu demokrasi ini didasarkan atas Pancasila dan UUD 1945. 2.3. 6. 6. HAL-HAL POSITIF YANG TERJADI DIMASA DEMOKRASI PARLEMENTER : 1. Badan peradilan menikmati kebebasannya dalam menjalankan fungsinya. maka menteri harus meletakkan jabatannya. Jumlah sekolah bertambah 4. selama kurun waktu 1950 -1959 telah terjadi tujuh kali pergantian kabinet. MPR harus berfungsi sebagai lembaga tertinggi negara yang memilih dan mengangkat presiden. Masa kampanye jadi panjang (1953-1955). 2. Minoritas Tionghoa mendapat perlindungan dari pemerintah. Penyimpangai itu antara lain : 11 . Jika kabinet bubar maka presiden menunjuk formatur kabinet untuk menyususn kabinet baru. 3. Perdebatan terbuka antara Soekarno dengan tokh Masyumi yaitu Isa Anshary tentang penggantian dasar negara yang lebih Islami apakah akan merugikan umat agama lain atau 4. Ketidak serasian hubungan antara dalam tubuh angkatan bersenjata. sistem pemerintahannya adalah Demokrasi. 7. Nama baik indonesia di Internasional dan berhasil melaksanakan Konferensi Asia Afrika di Bandung April 1955. 6. Presiden dibantu para menteri dalam menjalankan kekuasaan Eksekutif dan Kekuasaan Yudikatif dijalankan oleh Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya secara independen bebas dari pengaruh lembaga lainnya. Pemerintah pusat mendapat tantangan dari daerah seperti pemberontakan Permesta dan PRRI. 4. 7. 3. 3. Dari kenyataannya demokrasi terpimpin ini menyimpang dari prinsip negara hukum dan demokrasi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Kekuasaan yudikatif dijalankan oleh badan pengadilan yang bebas. 5. Jika DPR atau parlemen mengajukan mosi tak percaya pada kabinet yang baru. Sedikit ketegangan diantara umat beragama. Usia atau masa kerja kabinet rata-rata pendek.2 Demokrasi Terpimpin 5 Juli 1959-1966: Mulai dijalankan sejak dekrit presiden 5 Juli 1959. Presiden bersama DPR membuat UU. maka DPR atau parlemen dibubarkan dan diadakan pemilihan umum. sehingga meningkatnya ketegangan di masyarakat. tidak.pemerintahannya adalah Republik. Pers bebas dan banyak kritik di surat kabar. HAL-HAL NEGATIF YANG TERJADI SELAMA BERLAKUNYA SISTEM PARLEMENTER : 1. kepala pemerintahan dipegang Perdana Menteri. Kabinat dan ABRI berhasil mengatasi pemberntakan RMS. Jika DPR atau parlemen menilai kinerja menteri kurang bauik maka parlemen mengajukan mosi tak percaya. 5. Pada waktu itu sesuai dengan UUD 1945 maka bentuk negara adalah Kesatuan.

Berhasil menyatukan Irian Barat kepangkuan Indonesia dari phak Belanda. 2. pers bebas tetapi pemerintah dapat membreidel penerbitan Pers 12 . Anggota MPR yang diangkat dari ABRI adalah dibawah presiden sebab presiden sebagai panglima tertinggi ABRI.antara lain : 1. 4. Pengutamaan fungsi Presiden seperti :  Pimpinan MPR. Pelampauan batas wewenang presiden. yaitu ulasan surat kabar dibatasi atau tidak boleh menentang kebijakan pemerintah. tetapi dipimpin oleh presiden selaku panglima tertinggi ABRI. sebab demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang dijiwai oleh pancasila terutama sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.  Demokrasi tidak dipimpinhikmat kebijaksanaan. Kehidupan politik di masa orde baru terjadi penyimpangan-penyimpangan dari cita-cita Pancasila dan UUD 1945. Demokrasi Pancasila di Masa Orde Baru 11 Maret 1966 . bila DPR tidak menyetujui angaran yang diajuka n pemerintah maka pemerintah menggunakan anggaran tahun lalu. I yang merupakan bagian dari pemerintah daerah sebagai bawahan presiden. 19 tahun 1964 menyatakan demi kepentingan revolusi. 3. DPR. ber Ketuhanan Yang Maha Esa. yang berkemanusiaan yang adail dan beradab. Keberhasilan yang capai di masa Demokrasi terpimpin. Presiden berhak mencampuri proses peradilan. Pemusatan kekuasaan di tangan presiden. Pembentukan lembaga negara Ekstrakonstitusional ( diluar UUD 1945) seperti pembentukan Front Nasional yang dimamfaatkan oleh partai komunis sebagai ajang mempersiapkan pembentukan negara komunis indonesia. Berhasilmenumpas pemberontakan DI/TII yang telah berlangsung 14 tahun. Banyak hal yang seharusnya diatur dalam UU namun hanya ditetapkan lewat Penetapan Presiden. secara formal kekuasaan negara dibagi ke beberapa lembaga negara seperti MPR.1. dll). 2. 3. Dan hal ini bertentangan dengan ketentuan UUD 1945. DPR dan lembaga lainnya di setarakan dengan menteri dan berada di bawah Presiden. 5. berkumpul. taoi dalam praktik nya presiden dapat mengendalikan lembaga tersebut. 2.  Pembubaran DPR tahun 1960 oleh presiden setelah menolak Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diusulkan pemerintah. 1. dan mengeluarkan pendapat. Pembatasan hak-hak politik rakyat. Pengekangan hak di bidang politik yaitu berserikat. Padahal dalam UUD 45 menyatakan Presiden tidak dapat membubarkan DR. Golkar. MA. Hal-hal yang terjadi di masa orde baru adalah : Pelaksanaan demokrasi di indonesia baik di masa Orde baru maupun reformasi sermua menamakannya demokrasi Pancasila. persatuan indonesia dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Sehingga peradilan sering dijadikan untuk menghukum lawan politik dari pemerintah. Pelanggaran prinsip kebebasan kekuasaan kehakiman : dimana UU No. Anggota MPR dari Utusan daerah dapat dikendalikan oleh presiden karena dipilih oleh DPRD Tk. PDI). Sejak tahun 1973 jumlah parpol di indonesia hanya 3 (PPP.21 Mei 1998.

Tidak ada anggota keluarga yang merasa ditinggalkan Semangat kekluargaandan kebersamaansemakinkokoh. Kepala keluarga selalu menyerap aspirasi dan pendapat dari anggota keluarga untuk mencapai kata mufakat. untuk mengamankan pihak-pinak yang pootensial nejadi oposisi penguasa. Pegawai negeri dan ABRI harus menmdukung Golkar (partai penguasa). Editor. 4. kepercayaan. Kolusi dan Nepotisme (KKN). Pengkritik pemerintah dikucilkan secara politik. rakyat sengsara. Hak parpol dan rakyat pemilih dimanipulasi untuk kemenangan Golkar. 3. Mermilihketua OSIS.sepertiprogram pembaqngunan 13 . untukmelanggengkan kekuasaannya pemerintah membentuk KOPKAMTIB (Komando Pengendalian Keamanan dan Ketertiban). Sinar Harapan. 2. 3. Pemuilu yang tertib dan bersih berhasil dilaksanakan tanggal 7 Juni 1999 diikuti 48 partai politik dan Gus Dur terpilih sebagai presiden dan dicopot tahun 2001 dari presiden fdan digantikan oleh Megawati. Pembentukan lembaga ektrakonstitusional. 5. Mamfaat musyawarah di lingkungan keluarga adalah : 1. Menyusun kelompok piket kelas 3.dll). kepentingan bersama. Musyawarah yang menyangkut masyarakat dan lingkungan. 4.(Tempo. Habibi yang memerintah sekitar 18 bulan. aparat borokrasi dan militer melakukan cara -cara untuk memenangkan Golkar. Akibat penggunaan kekuasaan yang terpusat dan tak terkontrol. Anggota keluarga ikut bertanggung jawab terhadap keputusan bersama. Korupsi. Pemilihan ketua RT 2. Dimasa orde baru ada upaya penanaman nilai Pancasila kepada seluruh rakyat dengan cara indoktrinisasi P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalasn Pancasila).krisis moral. DI LINGKUNGAN SEKOLAH : 1. Seluruh anggota keluarga merasa berarti atau berperanan. Ada perlakuan diskriminatif terhadap anak keturunan PKI. 4. Menyusun tata tertib bersama 2. 3. ketua kelas DI LINGKUNGAN MASYARAKAT : 1. Pelaksanaan Budaya Demokrasi DI LINGKUNGAN KELUARGA : Masalah – masalah keluarga hendaknya diselesaikan dengan musyawarah. maka KKN meraja lela.3 Demokrasi Pancasila di Masa Transisi/Reformasi 22 Mei-sekarang: Mundurnya Soeharto yang digantikan BJ. menjerumuskan rakyat kepada krisis multidimensi berkepanjangan. Pemilu yang tidak demokratis.

Melaskukan engawasan baik terhadap wakil rakyatmaupun pe merintah melalui media massa. Melalui wakil kita terlibat dalampenyusunan Undang-undang 3. 14 . Terlibat dalam pemilihan umum 2.DI LINGKUNGAN NEGARA : 1.

masyarakat hukum b. Kerjakan soal isian dibawah berikut ini !! 1. politike episteme d. masyarakat politik 2. 1. masyarakat paguyuban b. kolaborasi c. a. demokrasi dan menghargai akan adanya pluralitas atau kemajemukan merupakan pengertian dari …. adanya demokrasi 3. 1. demokrasi b. keadilan sosial 6.. Adanya lembaga pers e. masyarakat modern e.. Suatu tatanan komunitas masyarakat yang mengedepankan toleransi. 4 dan 5 e. 3 dan 4 c. merupakan salah satu ciri masyarakat madani yang disebut . masyarakat sipil e.. koinonia politike e. Perhatikan pernyataan berikut! 1. keadaban e.!!! A. pemerintah berkewajiban mewujudkan keadilan sosial. toleransi d. a.. a. Salah satu ciri terwujudnya masyarakat madani adalah …. demokrasi b. a. societies civilis 3. Adanya supremasi hukum 5.Soal. a.. 3. 2. politike techne c.. kolaborasi c. masyarakat demokrasi 4. adanya supremasi hukum 4. Dalam kehidupan masyarakat demokratis dibangun kesadaran untuk saling menghormati antarsesama warga negara. Istilah masyarakat madani disebut juga …. keadaban e. adanya lembaga swadaya masyarakat 5. keadilan sosial 7. Adanya ruang publik yang bebas b. 2.. masyarakat politik c. adanya demonstrasi mahasiswa Pilar-pilar penegak masyarakat madani ditunjukkan pada nomor . 4 dan 5 15 ... masyarakat patembayan c. masyarakat madani d. Konsep dasar masyarakat madani secara historis telah dikemukakan Aristoteles dengan istilah …. a. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Adanya lembaga swadaya masyarakat c... a. zoon politicon b. merupakan salah satu ciri masyarakat madani yang disebut . 2 dan 3 b. masyarakat hukum d. Adanya kebebasan berpendapat d. toleransi d. 3 dan 4 d. adanya perguruan tinggi 2.

mengembangkan budaya politik parokhial dalam bermasyarakat. berbangsa dan bernegara 10. dengan memaksakan pemberlakuan peraturan perundang-undangan kepada seluruh warga negara dan apartur penyelenggara negara b. mewajibkan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) baik sekolah maupun perguruan tinggi b. dengan memberikan penyadaran dan pendidikan politik yang optimal kepada setiap penyelenggara negara maupun warga negara 16 . a. Salah satu proses menuju masyarakat madani ala Indonesia adalah …. masih banyak terjadinya pengambilalihan tanah rakyat oleh penguasa c. berbangsa dan bernegara c. sikap dan perilaku pejabat negara yang kurang merakyat 9. pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya yang berkeadilan sosial b. menjamin kebebasan yang seluas-luasnya bagi partai politik untuk beroposisi d.8. banyak terjadinya tindakan aksi unjuk rasa atau demonstrasi d. dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa secara seremonial belaka tanpa tindak lanjut c. adanya berbagai komunitas masyarakat yang mengkritisi kebijakan pemerintah e. menjamin penghormatan hak asasi manusia dalam bermasyarakat. a. menciptakan kebhinekaan dalam kemajemukan bermasyarakat. Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi kendala dalam mewujudkan masyarakat madani adalah …. dengan meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan antara Indonesia dengan negaranegara yang berkembang saja d. berbangsa dan bernegara e. dengan membangun sikap yang antipati terhadap berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengglobal di dunia e. a. Salah satu kendala yang dihadapi bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat madani adalah ….

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->