BAHASA INDONESIA 1.

NASA selesai menguji coba sebuah sistem yang baru pertama kali diluncurkan, yaitu sebuah sistem “internet antarplanet.” Jaringan ini hanya akan dapat digunakan secara otomatis untuk menyebar luaskan informasi bumi, wahana antariksa, dan para astronot. Wahana antariksa biasanya melakukan komunikasi langsung dengan bumi untuk memberikan instruksi kepada rover-rover mars dalam misi ekslporasinya. Spirit dan opportunity menstransmisikan data ke orbiter lalu diteruskan kembali ke bumi. (Media Indonesia, 23 November 2004) Gagasan paragraf di atas adalah . . . . (A) NASA selesai menguji coba sistem komunikasi baru internet antarplanet. (B) Jaringan internet antarplanet secara otomatis menyebarkan informasi. (C) Jaringan internet antarplanet tidak memerlukan bantuan tenaga manusia. (D) Wahana antariksa selalu melakukan komunikasi langsung dengan bumi. (E) Sistem baru intenet antarplanet NASA bernama spirit dan opportunity. Jawaban : A Gagasan utama paragraf ialah inti yang dibicarakan dalam paragraf. Paragraf tersebut tergolong pada paragraf induktif (kalimat utamanya terletak di awal paragraf). Jadi, gagasan utama paragraf tersebut ialah NASA selesai menguji coba sistem komunikasi baru internet antarplanet. 2. (1) Pertumbuhan positif dunia pariwisata selama tahun 2010 telah berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional. (2) Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, penerimaan devisa dari pariwisata pada tahun 2010 mencapai 7,6 miliar dolar AS atau naik 20,63% dari tahun 2009 yang mencapai 6,3 miliar dolar AS. (3) Kenaikan ini disebabkan oleh meningkatnya pengeluaran wisman per kunjungan. (4) Selain itu, meningkatnya pemasukan ekonomi juga diukur dari rata-rata lama tinggal wisman di Indonesia pada tahun 2010 yang meningkat 4,55% dibandingkan tahun 2009, yakni dari 7,69 hari menjadi 8,04 hari. (5) Peningkatan lama tinggal ini berdampak pada rata-rata pengeluaran wisman per kunjungan yang juga mengalami kenaikan 9,02% dari 995,93 dolar AS menjadi 1.085,75 dolar AS. Kalimat utama paragraf tersebut adalah . . . . (A) kalimat ke-1 (D) kalimat ke-4 (B) kalimat ke-2 (E) kalimat ke-5 (C) kalimat ke-3 Jawaban : A Kalimat utama adalah kalimat yang memuat gagasan utama/ide pokok suatu paragraf. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat di awal.

Swedia. Majalah Science melaporkan bahwa para peneliti dari Universitas Umea.416. Selama 70 tahun pembangunan bendungan di Swedia.3. Ada juga orang yang menyempatkan diri meneliti dampak dari bendungan-bendungan yang dibangun di sepanjang aliran sungai.251...205 48. Migrasi Risen Total Masuk ke provinsi Jawa Keluar dari provinsi Jawa Th. tersebut.. Perubahan yang pertama adalah pada jenis ikannya. Bendungan bisa menghalangi ikan-ikan tertentu yang melintas bebas atau membuat mereka bisa lewat. 1980 3. . (A) konsolidasi – sinergis – klarifikasi (B) konsentrasi – sinergis – konfirmasi (C) konsentrasi – logis – klarifikasi (D) konsolidasi – logis – konfirmasi (E) konsolidasi – logis – klarifikasi Perhatikan tabel berikut. Jawaban : E 4..319 1. Akhirnya. telah menemukan perubahan habitat di sepanjang pinggiran sungai tempat pembangunan bangunan. . . . Jenis yang bisa bertahan tidak lebih dari separo.4 3. Pilihan kata yang tepat untuk mengisi rumpang di atas adalah .115 2. Di beberapa negara ada proyek pengubahan bentuk bendungan demi menyelamatkan jenis-jenis ikan tertentu yang tidak mungkin lagi bisa bertahan dengan bentuk bendungan yang lama.058. jenis tumbuhan yang punah mencapai 15 persen. Perubahan itu sudah “selesai” pada 30 tahun pertama.724. untuk menghadapi aksi protes kelompok massa.. (A) Bendungan dapat menyebabkan beberapa jenis ikan terancam pubah.. Melalui penyatuan kekuatan secara . kecuali . (E) Perubahan habitat terjadi di sepanjang hulu sungai tempat pembangunan bendungan. . diharapkan mereka mampu memberikan .. (D) Pengaruh lingkungan dari bendungan-bendungan terdapat di sepanjang pinggiran sungai.lalu apakah tidak perlu dibangun bendungan? Barangkali yang perlu ditinjau adalah konstruksinya. tetapi tidak mampu kembali lagi.725 65. (B) Bendungan dapat mempengaruhi jenis-jenis tanaman di sekitar sungai. 1990 % 58.402.557 % Th.2 65. Para tokoh masyarakat bersama aparat desa melakukan . Yang lebih mengherankan adalah bahwa ternyata bendungan juga mempengaruhi tumbuhtidaknya jenis-jenis tanaman di kiri kanan sungai. .4 3.804. Pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan yang dikemukakan dalam bacaan di atas. permasalahan secara memuaskan bagi para demonstran. (C) Bendungan bentuk lama perlu diubah berdasarkan konstruksinya. Di antaranya jenis-jenis ikan salmon-semacam badar-yang biasa mengikuti aliran sungai. ada jenis-jenis ikan yang terancam dan sudah punah.1 5.923 5.

6. (D) Buku ini terdapat istilah-istilah kekerabatan pada orang Jawa dan Batak dalam susunan masyarakat yang ditulis berdasarkan ilmu antropologi. karena sering dilalaikan orang dan sesungguhnya kebersihan dan kesehatan itu perlu. . opsi (D) agar kalimat efektif. tambahakan kata dalam di awal kalimat c. . 2009:32). Pembelajaran berbasis teknologi computer perlu segera disosialisasikan ke sekolah-sekolah di pelosok tanah air. sebab dengan bersih tentu akan menjadi sehat. . Kalimat berikut ini yang termasuk kalimat efektif adalah . opsi (E) makna kalimat tidak jelas/tidak lugas 7.Pernyataan yang tepat yang berkaitan dengan tabel di atas adalah . Jawaban : B Kalimat efektif memiliki ciri (a) minimal berunsur SP. (C) Karena nilai yang didapatkan saat itu lebih besar dari penolakan maka hipotesis nihil ditolak. (A) Dari beberapa pokok persoalan yang diberikan untuk membandingkan dua atau lebih dialek. (A) Menurut Arif (2009:32) adalah “pembelajaran berbasis teknologi komputer perlu segera disosialisasikan sampai dengan sekolah-sekolah pelosok tanah air. . (b) hemat pemakaian kata. Jawaban : A Kalimat yang sesuai dengan tabel adalah kalimat nomor 1. (1) Migrasi Risen yang masuk ke provinsi di Jawa lebih kecil daripada yang keluar dari provinsi Jawa. (3) Migrasi Risen yang masuk ke provinsi di Jawa pada tahun 1990 mengalami kenaikan 9. 2 dan 3. Teknik pengutipan teks di atas yang benar adalah . . di antaranya dalam bidang fonetik dan fonemik. opsi (A) dan opsi (C) kalimat tidak bersubjek dan berpredikat b. . baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. hasil penelitian di lapangan itu tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. saya terdorong untuk mengemukakannya. . (d) benar strukturnya dan (e) lugas dan logis. Pernyataan tersebut terdapat dalam buku “pembelajaran berbasis TIK” halaman 32 karya Rahma Arif yang diterbitkan oleh penerbit fantasi pada tahun 2009. (c) tepat penerapan EYD. Kaliamt yang efektif pada soal tersebut adalah kalimat pada opsi (B). (4) Secara umum Migrasi Risen yang masuk dan keluar dari provinsi di Jawa antara tahun 1980 sampai tahun 1990 masih tetap seimbang. . . .8% dibandingkan tahun 1980. (E) Adapun yang akan saya uraikan di sini ialah kebersihan dan kesehatan. (2) Migrasi Risen yang keluar dari provinsi di Jawa pada tahun 1990 lebih besar daripada tahun 1980. a.” (B) “Pembelajaran berbasis teknologi komputer perlu segera disosialisasikan sampai dengan sekolah-sekolah pelosok tanah air” (Arif. (B) Jika data yang diolah tidak memenuhi syarat.

Rakhmat. Ida Bagus. Bandung. Ida Bagus. Tahun 2006 2007 2006 . dengan ciri/syarat berikut : a. Jawaban : D Penulisan daftar pustaka dilakukan dengan cara berikut. 2007. b. 2006. mencantumkan nama akhir (marga) penulis. tahun. Anas. Jalaludin. Jakarta. 2006. Bandung: Rapika Aditama. Kalimat Efektif Ida Bagus Putrayasa Rapika Aditama Bandung 3. . Kalimat Efektif. “Retorika Modern”.(C) (D) (E) Arif (2009:32) “pembelajaran berbasis teknologi komputer perlu segera disosialisasikan sampai dengan sekolah-sekolah pelosok tanah air. Ida Bagus. Ida Bagus. Jalaludin. 2006. Rakhmat. “Kalimat Efektif”. 2007. 2006. Ida Bagus. Yusuf. Retorika Modern. Rakhmat. Bandung: Rapika Aditama. No Judul Buku Penulis Penerbit Kota 1. Horizon Manusia Yusuf Anas Al – Huda Jakarta 2. “Pembelajaran berbasis teknologi komputer perlu segera disosialisasikan sampai dengan sekolah-sekolah pelosok tanah air” (dalam Arif. susunlah secara alfabetis. Retorika Modern Jalaludin Rahmat Rosdakarya Bandung Penulisan daftar pustaka yang tepat untuk buku-buku di atas adalah . c. Bandung: Rapika Aditama. 2006. Rakhmat. Retorika Modern. . Jalaludin. 2006. 2006. Kalimat Efektif. 2006. Jawaban : B Teknik pengutipan pada teks tersebut tergolong pad pengutipan langsung yang kurang dari 4 baris. Horizon Manusia. Bandung: Rosdakarya. Jalaludin. 8. b. Rosdakarya. awal dari akhir kutipan diapit tanda petik dua (“). Jalaludin. 2007. teks ditulis apa adanya. Bandung: Rosdakarya. Jakarta: Al – Huda. Bandung. nama pengarang diputar (dibalikkan) dipisahkan oleh koma. Yusuf. Kalimat Efektif. Kalimat Efektif. (A) Anas. 2009:32).” Menurut Arif (2009:32) bahwa pembelajaran berbasis teknologi komputer perlu segera disosialisasikan sampai dengan sekolah-sekolah pelosok tanah air. 2006. Retorika Modern. Rapika Aditama. 2007. Yusuf. . Horizon Manusia. Putrayasa. Al – Huda Putrayasa. serta d. dan halaman dengan tanda baca. Horizon Manusia. 2007. (E) Anas. (C) Rakhmat. Jakarta. Yusuf. (B) Anas. Rapika Aditama. Putrayasa. Berikut ini adalah identitas buku yang digunakan sebagai sumber pustaka. Jakarta: Al – Huda. Bandung. 2006. a. (D) Anas. awal teks kutipan dimulai dengan huruf capital. Yusuf. Retorika Modern. “Horizon Manusia”. Rosdakarya. Al – Huda. Bandung. Bandung: Rosdakarya. Horizon Manusia. Jakarta: Al – Huda. Putrayasa. Putrayasa. dan titik dua.

Penulisan kalimat yang sesuai dengan EYD adalah . sehingga kami terlambat sampai tujuan. (A) mengubah penulisan halal bi halal menjadi halalbihalal. kata Investor seharusnya tidak ditulis dengan awalan huruf kapital: investor. (D) Departemen Pekerjaan Umum (PU) menawarkan pembangunan jalan tol baru kepada Investor. (E) Akan tetapi. Kelas akselerasi adalah untuk memenuhi kebutuhan siswa yang memiliki potensi dan bakat akadedmis luar biasa. . Jawaban : E Penulisan kalimat yang sesuai dengan EYD terdapat pada opsi (E). memiliki arti ‘percepatan. (A) tambahan (B) percepatan (C) unggulan (D) peningkatan (E) khusus Jawaban : B Kata akselerasi yang merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris acceleration. tahun diakhiri titik. urutannya ialah nama pengarang diakhiri titik. . .’ 10. 11.c. Pada opsi (B). para investor belum ada yang berani menerima tawaran tersebut karena harga bahan bangunan belum stabil. . 9. . kata laulintas seharusnya ditulis terpoisah yaitu lalu lintas. judul buku (dicetak miring) dan diakhiri titik. kecuali . (B) Arus lalulintas sempat terganggu karena batu bara berhamburan baik di jalur cepat maupun di jalur lambat. (C) menambahkan tanda koma sebelum kata serta. . . (D) mengganti kata pada menjadi kepada. Pada opsi (D). pada opsi (A) dan (C) sebelum konjungsi sehingga dan karena seharusnya tidak dibubuhi tanda baca koma sebab anak kalimat yang mengikuti induk kalimat tidak dipisahkan tanda baca koma. tempat penerbit diakhiri titik dua. . Momentum halal bi halal pada Hari Raya Idul Fitri dapat dijadikan media untuk mengevaluasi gerak langkah. (B) mengubah penulisan Hari Raya Idul Fitri menjadi hari raya Idul Fitri. karena dikemudikan dengan kecepatan tinggi. Kalimat trsebut akan efektif bila ejaannya diperbaiki dengan cara berikut. sikap serta perilaku kita bersama dalam meningkatkan kinerja dan pengabdian pada masyarakat. . bangsa dan negara. Istilah akselerasi dalam kalimat di atas berarti . (A) Sebuah dump truck pengangkut batu bara terbalik di jalan tol Padaleunyi mengakibatkan jalan macet. nama penerbit diakhiri titik. (C) Dump truck bermuatan batu bara terguling. .

yakni cara konvensional dan cara injeksi. (A) Orang yang mempertahankan primordialisme merupakan salah satu perusak keberlangsungan hidup suatu bangsa. dan merusak integritas nasional. Tabung besi sepanjang 1 – 2 meter berdiameter 2 inci ditanam di dalam tanah. Kalimat yang dapat ditambahkan secara tepat untuk mengakhiri paragraf di atas adalah . (B) Kekuatan primordialisme akan dapat memicu potensi konflik antara kebudayaan suku-suku bangsa yang ada. yaitu dengan menjatuhkan cairan kimia atau air yang dibawa pesawat langsung ke lokasi kebakaran. . (D) Kekuatan suatu bangsa (seperti Indonesia) tidak ditentukan oleh primordialisme. (b) hemat pemakaian kata. (C) Walaupun dianggap negatif oleh sebagian orang. . yakni cara konvensional dan cara injeksi. proses pembangunan. Batang besi dengan beberapa lubang di bagian bawahnya ini menyemprotkan air yang kemudian menyebarkan air tersebut. Kalimat tersebut tidak efektif dan dapat diefektifkan dengan cara seperti pada opsi (A). . merusak. (B) Pemadaman kebakaran hutan dapat dilakukan dengan dua cara. (d) benar strukturnya dan (e) lugas dan logis. Ik htisar paragraf tersebut adalah Pemadaman kebakaran hutan dapat dilakukan dengan dua cara. Namun. . Jawaban : E Kalimat efektif memiliki ciri (a) minimal berunsur SP. Ada beberapa alternatif pemadaman kebakaran hutan meski tidak menjamin dapat memadamkan seratus persen. . regresif. (C) Penyemprotan langsung yang dibantu dengan cairan kimia merupakan salah satu cara pemadaman kebakaran hutan. Teknik ini biasanya dibantu dengan teknik bom air. (A) Pemadaman hutan tidak menjamin hasil seratus persen dengan cara apapun.(E) mengubah penulisan perilaku menjadi peri laku. Jawaban : B Ikhtisar adalah garis besar isi bacaan atau ringkasan. (B). primordialisme mempunyai nilai-nilai positif. (E) Teknik injeksi merupakan cara yang baik dalam memadamkan kebakaran hutan. Yang pertama adalah dengan cara konvensional. (C) dan (D). Cara lain adalah sistem injeksi. . Ikhtisar yang tepat untuk paragraf tersebut adalah . primordialisme juga dipandang sangat negatif karena mengganggu kelangsungan hidup suatu bangsa. Primordialisme merupakan faktor penting untuk memperkuat ikatan kelompok kebudayaan ketika ada ancaman dari luar terhadap kelompok kebudayaan tersebut. Primordialisme bahkan dianggap akan menghambat modernisasi. (D) Teknik penyemprotan dapat dibantu dengan teknik bom air melalui udara. 12. (c) tepat penerapan EYD. yakni penyemprotan secara langsung. Primordialisme sering dianggap bersifat primitif. 13. .

(C) langkah pembinaan anak-anak putus sekolah. saran yang dapat dilakukan untuk pembinaan anak-anak putus sekolah. karena . sedangkan lainnya menyatakan sebab (E) kalimat ketujuh menyatakan akibat. primordialisme sebenarnya bukanlah sesuatu yang perlu dipikirkan terlalu serius. 15. bentuk pembinaan anakanak putus seklolah. kerangka karangan yang baik dan runtut adalah . . bentuk pembinaan anak-anak putus sekolah. langkah pembinaan anak-anak putus sekolah. Rupiah masih terus mengalami tekanan mengikuti penurunan sebagian mata uang Asia. Pasar uang dan pasar modal Indonesia belum pulih. saran yang dapat dilakukan untuk anak-anak putus sekolah. sasaran pembinaan anak-anak putus sekolah. pasar lebih memilih memegang dolar AS dalam kondisi pasar global yang rentan ini. saran yangh dapat dilakukan untuk pembinaan anak-anak putus sekolah.saran yang dapat dilakukan untuk pembinaan anak-anak putus sekolah. sedangkan kalimat lainnya menyatakan sebab . sasaran pembinaan anak-anak putus sekolah. (A) kalimat utamanya menyatakan hubungan sebab dan akibat (B) kalimat pertama menyatakan sebab dan kalimat lainnya menyatakan akibat (C) kalimat ketiga menyatakan sebab. .320 per dolar AS. langkah pembinaan anak-anak putus sekolah. sasaran pembinaan anak-anak putus sekolah. Pelaku pasar cemas karena belum ada sentiment positif dari dalam negeri. . Jawaban : B Untuk kerangka karangan yang tepat berdasarkan topik tersebut adalah pentingnya pembinaan anak-anak putus sekolah.325 per dolar AS.(E) Jadi. sedangkan kalimat lainnya menyatakan akibat (D) kalimat pertama dan ketujuh menyatakan akibat. Masalah minimnya pasokan dolar AS di pasar valas tanggal 24 November 2008. Paragraf di atas dikembangkan dengan menggunakan pola sebab akibat. Oleh karena itu. bentuk pembinaan anak-anak putus sekolah. (D) bentuk pembinaan anak-anak putus sekolah. sasaran pembinaan anak-anak putus sekolah. saran yang dapat dilakukan untuk anak-anak putus sekolah. Jawaban : B Kaliamt yang tepat mengakhiri paragraf tersebut adalah Kekuatan primordialisme akan dapat memicu potensi konflik antara kebudayaan suku-suku bangsa yang ada. langkah pembinaan anak-anak putus sekolah. saran yang dapat dilakukan untuk pembinaan anaka-anak putus sekolah. bentuk pembinaan anak-anak putus sekolah. . langkah pembinaan anak-anak putus sekolah. bentuk pembinaan anak-anak putus seklolah. pentingnya pembinaan anak-anak putus sekolah. sasaran pembinaan anak-anak putus sekolah. Untuk mengembangkan topik pembinaan anak-anak putus sekolah. pentingnya pembinaan anak-anak putus sekolah. (A) sasara pembinaan anak-anak putus sekolah. langkah pembinaan anak-anak putus sekolah. (E) pentingnya pembinaan anak-anak putus sekolah. (B) pentingnya pembinaan anak-anak putus sekolah. rupiah melemah hingga 320 poin ke posisi 12. . . pentingnya pembinaan anka-anak putus sekolah. Rupiah bahkan sempat menembus 12. 14.

. 17-23 November 2008). Di samping itu karyawan harus mengecek dan membenahi adanya kerusakan. Langkah pertama untuk mencapai prestasi kerja tanpa cacat adalah dengan memastikan tingkat motivasi dan pertisipasi karyawan yang tinggi dalam mencegah terjadinya kecelakaan. (A) pengamanan (B) penelitian (C) penyelidikan (D) pengamatan (E) pemeriksaan Jawaban : C 18. sedangkan kalimat lainnya menyatakan sebab (perhatikan transisi “oleh karena itu” pada akhir paragraf). Sulawesi Tengah. polisi segera membentuk sebuah tim untuk mengetahui penyebab kerusuhan yang diperkirakan akibat provokasi pihak ketiga. Sejak pengurusan izin. Jadi. investor memasuki labirin dengan lama waktu pengurusan izin hingga 151 hari dan melewati belasan tahapan atau pintu. (A) Exxon mobil sangat peduli terhadap keselamatan kerja karyawan. Dengan bantuan teknologi baru. 16. Di Exxon mobil. Exxon mobil terus berupaya membuat kegiatan operasionalnya lebih aman. .Jawaban : E Paragraf di atas dikembangkan dengan menggunakan pola sebab akibat. Kesimpulan teks di atas yang paling tepat adalah . (B) Exxon mobil menetapkan dua langkah untuk mencapai prestasi kerja. Kata yang tepat untuk melambangkan kegiatan yang dilakukan oleh kepolisian adalah . Jawaban : A Kesimpulan teks di atas terdapat di awal paragraf dan dipertegas kembali di akhir paragraf. (C) Lingkungan kerja yang aman akan menghasilkan kinerja yang baik. karena kalimat ketujuh menyatakan akibat. sehat dan ramah lingkungan. kesehatan. Labirin dalam kalimat tersebut mengandung makna . . (A) Sesuatu yang menyita waktu (B) Sesuatu yang berbelit-belit . (E) Motivasi dan partisipasi karyawan Exxon mobil harus tinggi. Exxon mobil yakin bahwa penciptaan lingkungan kerja yang aman dapat memberikan kinerja yang baik. kesempurnaan dalam masalah keselamatan. kesimpulan paragraf tersebut adalah “Exxon mobil sangat peduli terhadap keselamatan kerja karyawannya. Exxon mobil memiliki komitmen untuk selalu menangani risiko-risiko yang berkaitan dengan keselamatan saat bekerja. .” 17. dan perlindungan lingkungan merupakan unsur inti yang diutamakan. . . (D) Teknologi baru dapat membuat kegiatan di Exxon mobil lebih aman. . . (Majalah Tempo. Setelah terjadi kerusakan social di Poso. .

Di hulu. (C) Manajemen Departemen Agama lemah sehingga tidak mampu meningkatkan pelayanan penyelenggaraan ibadah haji. Sesuai dengan undang-undang terbaru. Jawaban : D . Keluhan mulai muncul ketika belum ada perbaikan yang berarti. . Urutan yang benar adalah . 1. . Penderitaan mereka diduga akibat makanan yang basi atau tidak memenuhi standar kesehatan. . Air. . kecuali .(C) Urusan yang bertahap (D) Sistem banyak pintu (E) Jalan yang panjang Jawaban : B 19. Departemen Agama seharusnya sanggup menyelenggarakan ibadah haji secara lebih baik. . (E) Koordinasi tidak berjalan baik di antara komponen panitia penyelenggara ibadah haji di Departemen Agama. Lihatlah. harmoni itu terus terancam rusak akibat eksploitasi hutan di sekitar Mahakam. departemen ini tetap menjadi regulator sekaligus operator. (Koran Tempo. Peningkatan kualitas pelayanan diharapkan terjadi lewat pembenahan manajemen. Kualitas layanan akan terjamin lagi jika tim kesehatan selalu mengecek dan mengawasi makanan untuk jemaah calon haji. bahkan ikut menentukan anggota komisi pengawas. 21 November 2008) Pernyataan berikut ini merupakan opini dari teks di atas. Sayangnya. atau ditumpuk di bantaran sungai. Insiden seperti ini tidak perlu terjadi seandainya perusahaan katering menjaga kualitas makanan yang disajikan. (A) 1-3-4-2-5 (B) 1-4-2-3-5 (C) 4-2-1-3-5 (D) 4-2-3-1-5 (E) 4-2-3-5-1 Jawaban : C 20. hutan di sekitar Sungai Mahakam terus dibabat. bumi menciptakan sebuah harmoni keindahan di Sungai Mahakam. 5. (B) Departemen Agama tidak bekerja secara professional dalam penyelenggaraan ibadah haji. baru-baru ini 89 anggota jemaah calon haji dari Jakarta dilaporkan mengalami diare saat berada di Madinah. . (A) Jemaah calon haji Indonesia tidak memperoleh layanan maksimal dari Departemen Agama. 3. (D) Tim kesehatan tidak mengecek dan mengawasi makanan sehingga jemaah calon haji makan nasi basi. 4. Susunlah kalimat di bawah ini sehingga menjadi sebuah paragraf yang baik. Selain itu. limbah puluhan pabrik berpotensi mencemari sungai. manusia. Ribuan kubik kayu mengapung di air sungai. 2.

penilaian. Oleh karena itu. . profesional. belum tentu bagi orang lainnya. pernyataan tersebut tidak mengandung tanggapan sehingga antara pihak yang satu dengan yang lainnya akan menimbulkan perbedaan. itu profesional. Tim kesehatan tidak mengecek dan mengawasi makanan sehingga jemaah haji makan nasi basi. Menurut orang satu sesuatu.Opini adalah pernyataan yang mengungkapkan pendapat. opini belum tentu kebenarannya. Cara cepat Perhatikan pernyataan berikut. Suatu opini ditandai oleh kata-kata yang bersifat suatu penilaian. berjalan baik. Semua kata itu menyatakan suatu opini karena bisa jadi antara orang yang satu dengan orang yang lainnya memiliki ukuran yang tidak sama. Pernyataan tersebut merupakan fakta. mampu. seperti maksimal. tanggapan terhadap suatu hal. Alasannya. bukan opini.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.