NAMA: MILANDA SEADIELA KLS: IXc

Penyakit Ginjal, cara menanganinya, cara mencegah dan cara mengobatinya.

Ginjal adalah organ eksresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian
dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Ginjal adalah dua pasang organ yang berada di bawah rusuk, bersisian kanan-kiri dengan tulang belakang. Ginjal berfungsi menyaring sampah hasil metabolisme tubuh dan memonitor keseimbangan cairan dan konsentrasi elektrolit tubuh. Zat kimia yang bermanfaat kemudian diserap kembali dan yang tidak bermanfaat dibuang melalui air seni (urin). Gagal ginjal terjadi ketika ginjal mengalami kerusakan sehingga gagal menjalankan fungsinya. Akibatnya, zat-zat toksin hasil metabolisme terus bersirkulasi dalam darah dan menumpuk di dalam tubuh. Keracunan ini dapat menyebabkan muntah-muntah, lemah, disorientasi dan koma. Di saat yang sama, karena ginjal berhenti memproduksi hormon eritropoetin, sumsum tulang menjadi tidak efisien memproduksi sel darah merah sehingga menimbulkan animea. Gagal ginjal dapat bersifat akut maupun kronis.

Gagal Ginjal Akut
Pada gagal ginjal akut, ginjal kehilangan sebagian atau seluruh kemampuannya dengan cepat karena berbagai sebab, antara lain:
    

Pendarahan berat atau serangan jantung yang membuat volume darah ke ginjal menjadi sangat berkurang (hipovolemia) Dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh karena diare, demam, dll. Sumbatan dan halangan terhadap arteri atau vena ginjal. Efek samping obat-obatan tertentu Efek penyakit infeksi pada aliran darah, lupus sistemik, batu ginjal, dan pembesaran prostat.

Gagal Ginjal Kronis
Pada gagal ginjal kronis, kehilangan fungsi ginjal terjadi secara bertahap selama berbulanbulan atau bertahun-tahun. Kerusakanan bisa sedemikian pelan-pelan sehingga tidak menimbulkan gejala sampai stadium akhir, yaitu ketika fungsi ginjal kurang dari 10 persen normalnya. Gagal ginjal kronis terutama disebabkan oleh diabetes dan tekanan darah tinggi yang kurang terkelola serta glomerulonefritis (radang pembuluh darah ginjal) yang kronis.

tekanan darah tinggi. 2.Pengobatan Pengobatan gagal ginjal tergantung pada penyebab kerusakannya dan terutama dimaksudkan untuk menghentikan penyakitnya. Bila ginjal tidak dapat disembuhkan lagi. Malah dianjurkan untuk tetap melakukan olah raga dan makan dengan teratur dan wajar. ginjal dari seorang donor dicangkokkan ke dalam tubuh pasien untuk menggantikan ginjalnya yang rusak.? Alternatif dari cuci darah bagi pasien dengan ginjal yang rusak permanen adalah transplantasi ginjal. Olah Raga .? Selama cuci darah. Tanda-tanda penyakit ginjal : 1. Karena makan juga merupakan faktor penting untuk kesehatan ginjal. kepedihan atau kesulitan semasa buang air kencing kerap membuang air kencing terutama pada waktu malam mengeluarkan kencing berdarah bengkak sekeliling mata. sedikit ke bawah dari tulang rusuk (tidak disebabkan oleh gerakan) 6. 5. mesin ginjal tiruan dimanfaatkan untuk menyaring darah dan membuang zat-zat toksin dari tubuh. Kehidupan normal seperti biasa tetap dijalani dengan baik. mengganti cairan tubuh dan melancarkan aliran darah ke ginjal. Seseorang yang diyakini mempunyai gejala sakit ginjal tidak perlu galau dan risau. Dengan transplantasi. cara mencegah dan mengobati sakit ginjal. Berikut saya paparkan untuk anda langkah-langkah pencegahan untuk menghindari rusaknya ginjal sebagai berikut : 1. pasien harus melakukan cuci darah secara rutin. Dalam artikel tersebut telah saya jelaskan beberapa gejala yang berkaitan dengan menurunnya daya kerja ginjal. 3. 4. Untuk lebih jelas tentang cara makan yang yang baik silahkan anda baca lagi artikel sebelumnya tentang cara makan yang baik. bengkak tangan dan kaki terutama di kalangan kanak-kanak kesakitan sebahagian belakang.

serangan Jantung. Kontrol Berat Badan Setiap saat kontrol berat badan anda sehingga anda dapat terhindar dari obesitas.Lakukan olah raga secara rutin dan teratur. menghindari konsumsi obat-obat secara sembarangan ( tanpa rsep dokter ) merupakan cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengurangi potensi penyakit ginjal.[2] Gejala-gejala dari fungsi ginjal memburuk yang tidak spesifik. Misalnya anda bisa jalan santai setiap pagi atau bersepeda 1-2 jam setiap minggu. Tingginya tingkat kreatinin menunjukkan jatuh laju filtrasi glomerulus dan sebagai akibat penurunan . jantung maupun ginjal. 3. Konsumsi Air Putih Mengkonsumsi air putih yang cukup. penyakit ginjal kronis didiagnosis sebagai hasil dari [skrining [(obat) | skrining]] dari orang yang dikenal berada di risiko masalah ginjal. Kurangi Makanan Berlemak Makan berlemak akan meyebabkan kandungan kolesterol dalam darah anda akan meningkat. Yang dianjurkan di sini adalah olah raga yang tidak berat tapi teratur. menghindari konsumsi jamu atau herbal yang tidak jelas.73 m2. Bukankah sudah ada Peringatan Pemerintah dalam setiap kemasannya : Merokok dapat Menyebabkan Kanker. seperti yang dengan [hipertensi [| tekanan darah tinggi]] atau diabetes dan mereka yang memiliki hubungan darah dengan penyakit ginjal kronis. Karena di dalam setiap rokok terkandung nikotin yang dalam jangka waktu panjang akan merusak organ-organ yang penting di dalam tubuh anda seperti paru-paru. Seringkali. atau di atas nilai tersebut namun disertai dengan kelainan sedimen urin. CKD) adalah proses kerusakan pada ginjal dengan rentang waktu lebih dari 3 bulan. Hindarilah. dan mungkin termasuk perasaan kurang sehat dan mengalami nafsu makan berkurang. 4. 5. anemia atau perikarditis [3] Penyakit ginjal kronis diidentifikasi oleh tes darah untuk kreatinin. 2. Gagal ginjal kronis (bahasa Inggris: chronic kidney disease.[1] CKD dapat menimbulkan simtoma berupa laju filtrasi glomerular di bawah 60 mL/men/1. Adanya batu ginjal juga dapat menjadi indikasi CKD pada penderita kelainan bawaan seperti hiperoksaluria dan sistinuria. General Checkup Gagal ginjal dapat dicegah dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ( medical checkup ). Biar oleh raga ringan tapi teratur akan lebih baik dari pada olah raga berat tapi tidak teratur. Berhenti Merokok Merokok dipandang dari sudut manapun akan merugikan anda. termasuk memeriksa darah dan urin. 6. Penyakit ginjal kronis juga dapat diidentifikasi ketika itu mengarah ke salah satu komplikasi yang diakui. kulit. seperti penyakit kardiovaskuler. impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Misalnya anda rutin memeriksa gangguan ginjal seperti kencing batu dan prostat. dapat mencegah munculnya gagal ginjal.

Pada tahap yang lebih maju. . tes darah dan sering ginjal biopsi (menghapus sampel kecil jaringan ginjal) bekerja untuk mencari tahu apakah ada sebab reversibel untuk kerusakan ginjal [3]. Tahap 5 CKD juga disebutpenyakit ginjal kronis didirikan dan ini identik dengan istilah sekarang ketinggalan jamangagal ginjal kronis (CKF) 'atau kegagalan kronis ginjal (CRF). [3] Tidak ada pengobatan khusus untuk memperlambat tegas menunjukkan memburuknya penyakit ginjal kronis. berbagai bentuk pencitraan medis. Untuk menyelidiki penyebab kerusakan ginjal. seperti vaskulitis. Untuk mencegahnya. 'Stadium akhir penyakit ginjal (ESRD )'. pedoman profesional terbaru mengklasifikasikan tingkat keparahan penyakit ginjal kronis dalam lima tahap. dan kondisi tersebut ditemukan jika urine (pengujian sampel urin) menunjukkan bahwa ginjal adalah memungkinkan hilangnya [protein []] atau sel darah merah s ke dalam urin. ini dapat diobati secara langsung dengan pengobatan bertujuan untuk memperlambat kerusakan. Cara pemakaian:   Sehari minum satu sendok teh sekali. Bahan:    2 buah jeruk nipis 2 sdm kecap manis temulawak Cara membuat:  Campur semuanya dengan cawan porselen. Tidak boleh memakai terlalu berlebihan. CKD parah memerlukan salah satu bentuk terapi penggantian ginjal. Jika ada penyebab yang mendasari untuk CKD. dengan tahap 1 yang paling ringan dan biasanya menyebabkan sedikit gejala dan tahap 5 menjadi penyakit yang parah dengan harapan hidup yang buruk jika tidak diobati . lalu ulek hingga halus. ini mungkin merupakan bentuk dialisis. pengobatan mungkin diperlukan untuk anemia dan penyakit tulang.kemampuan ginjal mengekskresikan produk limbah. Kadar kreatinin mungkin normal pada tahap awal CKD. kita memerlukan obat untuk mencegahnya. tetapi idealnya merupakan transplantasi ginjal [3].

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful