HAK ASASI MANUSIA DALAM PANCASILA ( Tugas Mata Kuliah Kajian Kewarganegaraan dan HAM

)

Oleh: Beliana 0853032009

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG
2011

saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak M. S. Bandar Lampung. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan penulis pada khususnya. Mona Adha. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang .KATA PENGANTAR Puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena hanya dengan berkat rahmat dan hidayah-Nya jualah saya dapat menyelesaikan tugas makalah Mata Kuliah Kajian Kewarganegaraan dan HAM yang berjudul “Hak Asasi Manusia Dalam Pancasila”.Pd selaku Dosen Mata Kuliah Kajian Kewarganegaraan dan HAM. Maret 2011 Penulis I. Dengan selesainya makalah ini.

Perkembangan pesat akan pengakuan dan penghargaan HAM di Indonesia dimula sejak amandemen kedua UUD 1945 yang secara eksplisit memasukkan ketentuan HAM menjadi bagian dari UUD 1945. Hak Asasi Manusia muncul dan menjadi beradaban dunia diilhami oleh rendahnya pengakuan dan perlakuan terhadap harkat dan martabat manusia. Dalam pelaksanaannya HAM dibatasi oleh kebebasan orang lain. HAM bukanlah hak yang berasal dari negara akan tetapi fungsi negara adalah mengakui. Apakah yang dimaksud dengan HAM? 2. Hal ini sesuai dengan ciri-ciri negara hukum.2 Rumusan Masalah 1. Sebagai hak asasi yang dimiliki sejak lahir maka HAM tentunya perlu diatur dalam pelaksanaannya oleh negara. Pengakuan dan penghargaan HAM di Indonesia dilanjuti dengan perlindungan hukum kepada warga negara dengan didirikannya komisi nasional Hak asasi Manusia yang diikuti dengan didirikannya peradilan HAM di Indonesia.Berbicara tentang hak asasi manusia maka kita perlu mengetahui dahulu kapan isu HAM itu muncul dalam rangka apa isu ini dimunculkan termasuk sejak kapan pemerintah merespon isu HAM. berdasarkan hal ini perlu diketahui mengenai definisi atau pengertian HAM menurut negara berdasarkan ketentuan undang-undang yang ada. Hak Asasi Manusia adalah hak dasar yang dimiliki manusia yang dibawa sejak lahir. 1. Negara sebagai negara hukum sesuai dengan penjelasan undang-undang dasar 1945 wajib memberikan perlindungan terhadap Hak asasi Manusia. Hal ini untuk menghindari adanya pelanggaran HAM yang diakibatkan pelaksanaan HAM orang lain. moral. Untuk itu kita perlu mengetahui apakah yang menjadi batasan dalam pelaksanaan HAM. Sebagai hak dasar yang dimilik oleh setiap manusia maka negara wajib memberikan perlindungan. Apakah pengertian Pancasila? 3. dan ketertiban. keamanan. Apakah yang dimaksud HAM dalam Pancasila? . Hak Asasi Manusia bukanlah yang absolut. menghargai dan memberikan perlindungan HAM.

4. Agar mahasiswa dapat memahami tentang Pancasila 3. Agar mahasiswa mengerti tentang HAM 2. yaitu Inggris. Agar mahasiswa tidak salah persepsi mengenai makna HAM dalam Pancasila 4.3 Tujuan dan Manfaat 1. PEMBAHASAN Menurut sejarahnya asal mula hak asasi manusia itu ialah dari Eropa Barat. Tonggak pertama kemenangan hak asasi ialah pada tahun 1215 dengan lahirnya Magna . Apa saja macam-macam HAM? 1. Agar mahasiswa mengerti. memahami dan dapat menerapkan HAM dalam Pancasila di dalam kehidupan sehari hari II.

di samping hak-hak asasi. Yang dimaksud mula-mula dari istilah ini ialah hak yang melekat pada martabat manusia sebagai insan ciptaan Tuhan Yang maha Esa. Revolusi Amerika menuntut adanya hak bagi setiap orang untuk hidup merdeka. yang wajib dihormati. Dua revolusi dalam abad XVIII ini besar sekali pengaruhnya pada perkembangan hak asasi manusia itu. Sebagaimana suatu prinsip. Dalam bahasa Indonesia biasa disalin dengan “ Hak-hak kemanusiaan ” atau “ Hak-hak asasi manusia ”. Dalam hal-hal tertentu. (Darmodiharjo. hal itu kemudian terus berkembang. Istilah yang dipakai pada waktu itu adalah Droit de i home yang berarti hak manusia. seperti hak hidup dengan selamat. Di dalamnya di jelaskan bahwa raja tidak lagi bertindak sewenang-wenang. Perkembangan berikutnya ialah adanya revolusi Amerika 1776 dan revolusi Prancis 1789. yang dalam bahasa inggris disebut Human Rights atau Mensen rechthn dalm bahasa belanda. Hak-hak asasi ini menjadi dasar hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang lain. Di dalam Magna Charta itu tercantum kemenangan para bangsawan atas raja Inggris. hak kebebasan dan kesamaan.1991:77) 2.Charta. Dalam masyarakat yang individualistis ada kecenderungan pelaksanaannya secara mutlak karena penuntutan pelaksanaan hak asasi secara mutlak berarti melanggar hakhak asasi yang sama dari orang lain. dijunjung tinggi dan dilindungi oleh Negara. raja di dalam tindakannya harus mendapat persetujuan para bangsawan. Sebagaimana kita ketahui. yang dalam hidup kemasyarakatan kita seharusnya mendapat perhatian terlebih dahulu. Revolusi besar Prancis pada tahun 1789 bertujuan membebaskan manusia warga negara Perancis dari kekangan kekuasaan mutlak dari seorang raja penguasa tunggal negara (Absolute Monarchie) di Perancis pada waktu itu (Raja Louis XVI). yang sifatnya tidak boleh dilanggar oleh siapapun. hukum dan pemerintahan dan setiap . (Darmodiharjo. baru menuntut hak. Walaupun terbatas dalam hubungan antar raja dan bangsawan.1991:77) Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakekat dan keberadaan manusia sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah Nya. hal ini merupakan suatu kemenangan sebab hak-hak tertentu telah diakui oleh pemerintah.1 Pengertian HAM Hak-hak asasi manusia adalah hak-hak dasar atau hak-hak pokok yang dibawa manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. dalam hal ini hidup bebas dari kekuasaan Inggris.

sekolah. Pengadilan hak asasi manusia 3. Sebagai warga negara yang baik kita mesti menjunjung tinggi nilai hak asasi manusia tanpa membeda-bedakan status. (pasal 1 angka 1 UU Nomor 39 Tahun 1999). kami setuju dengan kedua pemaparan karena Hak asasi manusia itu adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat siapa pun. nilai luhur budaya bangsa. Komisi nasional hak asasi manusia 2. dan lain sebagainya. warga sekitar tempat tinggal. jabatan. Berdasar pernyataan.orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Nilai-nilai yang mendasari pandangan bangsa Indonesia terhadap HAM adalah ajaran agama. Hak-hak ekonomi (property right)hak untuk memiliki sesuatu. nilai moral universal . serta pancasila dan UUD 1945. Lembaga perlindungan HAM di Indonesia bertugas untuk melindungi hak-hak setiap warga Negara dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hak-hak pribadi (personal Right)meliputi kebebasan menyatakn pendapat. Dalam berbagai peristiwa pelanggaran HAM di tanah air. melainkan lebih pada kesadaran setiap manusia akan pentingnya hak dimulai dari lingkungan keluarga. Biro konsultasi dan bantuan hukum perguruan tinggi Namun. demikian upaya penegakan HAM bukan saja bergantung pada instrument atau lembaga-lembaga perlindungan HAM yang ada.kebebasan memeluk agama. Lembaga bantuan hukum 4. golongan. dan masyarakat luas. b. membeli atau menjual serta . muncullah gerakan-gerakan perjuangan menegakan HAM secara nasional sehingga muncul lembaga-lembaga perlindungan HAM. 2. Lembaga-lembaga tersebut di antaranya adalah: 1.2 Macam-Macam HAM Hak-hak asasi manusia dapat dibagi atau dibedakan sebagai berikut: a. keturunan.

Diseminasi dan sosialisasi nilai-nilai HAM melalui jalur sekolah dan luar sekolah agar masyarakat mengetahui tentang nilai-nilai HAM. Melestarikan berbagai nilai HAM dalam kehidupan bersama sebagai warisan kepada generasi berikutnya sehingga semakin mentradisi prilaku yang sejalan dengan HAM.memanfaatkannya. 2. Tujuan umum pendidikan Hak asasi manusia Berdasarkan temuan pengembangan model tujuan pendidikan HAM adalah untuk mendiseminasikan. Pendidikan HAM di sekolah menenekankan hak-hak anak. Meningkatkan peran serta dan pengetahuan pesrta didik tentang nilai-nilai HAM.prilaku . 1. c. meningkatkan mengembangkan dan melestarikan serta mempraktekkan atau menerapkan nilai-nilai HAM dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Hak-hak asasi sosial dan budaya(social and culture right)misalnya hak untuk memilih pendidikan. Hak-hak asasi politik (Political right)yaitu hak untuk ikut serta dalam pemerintahan. hak-hak wanita. e. Mengembangkan berbagai model pembelajaran untuk memperluas dan mepermudah pemahaman dan pelaksanaan HAM. Menunjukkan dan menerapkan berbagai cara hidup yang sejalan dengan tuntutan nilai-nilai HAM. 6. d. Hak-hak asasi untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan (procedura rights) peratuaran dalam hal penangkapan. Tujuan khusus pendidikan Hak Asasi Manusia adalah. 2. Hak-hak asasi untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan atau (Right of legal Equality). 3. 5. sehingga dapat mengembangkan pengertian kritis seseorang baik terhadap situasi hidup dirinya maupun orang lain mengenai batasan serta struktur yang menghalangi pelaksanaan hak serta kebebasan mereka sepenuhnya. 4. f. 2.3 Tujuan Pendidikan Hak Asasi Manusia 1.

Deklarasi universal Hak-hak Asasi Manusia dari PBB(universal Declaration of Human Rights). Pancasila sebagai landasan idiil b. Konvensi hak-hak anak(20 november 1989) c. sikap anti kekerasan dan penyiksaan. 1. 2. . UUD No. Konvensi internasional tentang penghapusan segala bentuk diskriminasi rasial. e. XVII/MPR 1998 tentang Hak Asas Manusia 13 November 1998. f.4 Dasar hukum pendidikan Hak Asasi Manusia Dasar hukum perlunya HAM serta isi pendidikan HAM dibagi atas dasar hukum internasional dan nasional. Tap MPR RI No. 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia.24 juli 1984. d.Dasar hukum Nasional Dasar hukum nasional yang digunakan untuk pendidikan HAM adalah: a. 2. UU pengesahan perjanjian internasional No.penekanan ini bertujuan mendukung proses reformasi politik ekonomi dan hukum dalam rangka demokratisasi dan pengembangan masyarakat warga.21 desember 1965.Dasar hukum internasional Ada banyak instrumen internasional Hak Asasi MAnusia dalam bentuk deklarasi. konvensi dan dan kovenan yang menjadi dasar hukum internasional pendidikan HAM.24 tahun 2000. 7 tahun 1984 tentang pengesahan konvensi mengenai pengahpusan segala bentuk diskriminasi terhadap wanita. UUD 1945 sebagai landasan konstitusi c. Konvensi mengenai penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap wanita. d. b.sosial dan budaya.Dari sekian instrumen tersebut.18 desember 1979. hak-hak sipil dan politik warga negara dan haka-hak ekonomi. yang terutama adalah: a.non diskriminatif.10 desember 1948. UU No. Konvensi tentang hak-yhak politik wanita 20 desember 1952. e.

. Hak asasi tentang kerakyatan atau demokrasi yang pokok dasarnya ditetapkan pada sila ke 4 sebagai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Pasal 27. ayat (1) UUD 1945 menetapkan bahwa segala warga negara bersama kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. Negara republik Indonesia.6 Apakah yang dimaksud HAM dalam Pancasila Hak-hak asasi manusia dalam Pancasila dirumuskan dalam pembukaan UUD 1945 dan terperinci di dalam batang tubuh UUD 1945 yang merupakan hukum dasar konstitusional dan fundamental tentang dasar filsafat negara Republik Indonesia serat pedoman hidup bangsa Indonesia. 2. Berdasar pernyataan. Ayat (2) pasal itu menetapkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. terdapat pula ajaran pokok warga negara Indonesia.5 Pengertian Pancasila Pancasila adalah ideologi bangsa dan dasar negara Indonesia. kami setuju dengan kedua pemaparan karena Pancasila adalah landasan ideologi dalam satu negara di mana di dalamnya terdapat butir-butir sila yang mengatur dan aturan bernegara. Yang pertama ialah perumusan ayat ke 1 pembukaan UUD tentang hak kemerdekaan yang dimiliki oleh segala bangsa didunia. dilengkapi lebih lanjut dengan ketetapan dalam pasal 28 UUD. oleh karenanya merupakan landasan idiil bagi sistem pemerintahan dan landasan etis-moral bagi kehidupan berbangsa. Bangsa Indonesia memiliki hak untuk menyelenggarakan demokrasinya itu hak kemerdekaan berserikat dan berkumpul. Oleh sebab itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya yang ditetapkan dalam undang-undang.2. Pancasila juga bukan hanya merupakan pandangan hidup. melainkan juga alat pemersatu bangsa. bernegara serta bermasyarakat. Pancasila adalah lima asas yaitu dari dasar Negara kita.

Hal ini sesuai dengan Deklarasi HAM. Sila ini mengamanatkan adanya unsur pemersatu diantara waega Negara dengan semangat rela berkorban dan menempatkan kepentingan bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi atau golongan. Inti dari sila ini adalah musiyawarah dan mufakat dalam setiap penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan sehingga setiap orang tidak dibenarkan untuk mengambil tindakan sendiri.1991:228) Dari kelima sila yang diamanatkan dalam Pancasila dapat diuraikan hubungan antara HAM dengan Pancasila sebagai berikut : 1) Sila Pertama. (Darmodiharjo. hal ini sesuai dengan prinsip HAM dimana hendaknya sesame manusia bergaul satu sama lainnya dalam semangat persaudaraan. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 menetapkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. rasial. Sila ini mengamanatkan adanya persamaan derajat. . ras. Hal ini selaras dengan Deklarasi Universal tentang HAM dimana terdapat perlindungan HAM dari adanya diskriminasi. Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. 3) Sila Ketiga. warna kulit. Persatuan Indonesia. atas dasarjenis kelamin. Hak asasi dibidang kesejahteraan sosial sesuai dengan sila ke 5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia diatur lebih lanjut dalam pasal 33 ayat (1-3) UUD 1945. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. kekayaan dan kelebihan ataupun statusnya. persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia sebagaimana tercantum dalam Deklarasi HAM PBB yang melarang adanya diskriminasi. 2) Sila Kedua. Ketuhanan Yang Maha Esa Sila tersebut mengamanatkan bahwa setiap warga Negara bebas untuk memeluk agamadan kepercayaan masing – masing.Istilah dan sebagainya itu dapat ditafsirkan bahwa undang-undang dikuasaankan untuk mengatur dan menetapkan lain-lain dan kewajiban dasar manusia Indonesia sesuai dengan Pancasila. agama. asal – usul kebangsaan. Selanjutnya pasal 29 ayat (2) menetapkan jaminan bagi tiap-tiap penduduk oleh negara kemerdekaan untuk memeluk agama dan untuk beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing. atas inisiatif sendiri yang dapat mengganggu kebebasan orang lain. bahasa politik atau pandangan lain. 4) Sila Keempat.

Hak-hak asasi untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan atau procedural rights. misalnya peraturan dalam hal penangkapan. 1.com) 2. dimana keadilan disini ditujukan bagi kepentingan umum tidak ada pembedaan atau diskriminasi antar individu. penggeledahan. Hak-hak asasi politik atau political rights. Kedilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Asas keadilan dalam HAM tercermin dalam sila ini. 4. . Undang-undang tersebut disahkan oleh presiden republic Indonesia pada tanggal 23 november 2000. kebebasan bergerak dan sebagainya. Hak-hak asasi sosial dan kebudayaan atau sosial and culture rights. 2.7 Macam-macam Hak Asasi Manusia Hak-hak asasi manusia dapat dibagi atau dibedakan sebagai berikut. hak mendirikan partai politik. dan sebagainya.parapemikir. 3. peradilan. 26 tahun 2000 tentang pengadilan HAM. membeli. Hak-hak asasi untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan atau yang biasa disebut rights of legal equality. yaitu hak untuk memiliki sesuatu. Hak-hak asasi pribadi atau personal rights yang meliputi kebebasan menyatakan. (Darmodiharjo. dan sebagainya. hak pilih (memilih dan dipilih dalam pemilihan umum). 6.8 Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan HAM Keberadaan pengadilan HAM di Indonesia didasakan pada UU No. 5. dan menjualnya serta memanfaatkannya. dan sebagainya.1991:78) 2. Hak-hak asasi ekonomi atau property rights. kebebasan memeluk agama. mengembangkan kebudayaan.5) Sila Kelima.misalnya hak untuk memilih pendidikan. pendapat. yaitu hak untuk ikut serta dalam pemerintahan.(www.

Pengadilan HAM tidak berwenag memeriksa dan memutus perkara pelanggaran HAM berat yang dilakukan oleh seseorang yang berumur di bawah 18 tahun pada saat kejadian dilakukan. Hal ini bias saja terjadi di dalam pengadilan karena beberapa alas an. Karena keberadaan pengadilan HAM di Indonesia masih relative baru. lembaga peradilan. Secara khusus komnas HAM telah melakukan penyelidikan . antara lain: 1. Melalui peran merekalah berbagai kasus pelanggaran HAM dapat diungkapkan dan di sidangkan di pengadilan HAM. lembaga swadaya masyarakat. Adapun lingkup kewenangan pengadilan HAM di Indonesia. Baik pemerintah.Pengadilan HAM adalah pengadilan khusus terhadap pelanggaraan HAM berat. Tidak memiliki bukti-bukti yang cukup memadai 2. Meski demikian. dalam pengadilan HAM terkadangputusan pengadilan belum menjamin rasa keadilan. Minimal saksi-saksi tidak dijadikan bukti yang akurat 5. Tuntutan kurang tepat 4. Pelanggaran HAM berat meliputi kejahatan genosida dan meliputi daerah hukum pengadilan negeri. 2. maka menjatuhkan vonis hukuman pada orang tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan tersebut di atas. Pengadilan HAM bertugas dan berwenangmemeriksa dan memutus: Perkara pelanggaran HAM berat Perkara pelanggaran HAM berat yang dilakukan oleh warga Negara Indonesia di luar batas wilayah Negara republic Indonesia. maupun masyarakat luas terlibat dalam upaya pembelaan dan penegakan HAM. Materi pengaduan tidak termasuk dalam masalh pelenggaraan HAM 3. lembaga pendidikan. maka belum begitu banyak kasus pengadilan HAM di Indonesia. banyak upaya telah dilakukan oleh berbagai pihak yang peduli dan memiliki tanggung jawab terhadap pentingnya perlindungan hak asasi manusia di Indonesia. Jika ada seseorang di pengadilan HAM telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan kejahatan terhadap kemanusiaan. Kurang kesungguhan dari pihak pengadu 6. media masa. Di samping itu. Terdapat upaya-upaya hukum bagi penyelesaian materi pengaduan dan lain-lain. adalah: 1.

Berkomunikasi dengan baik dan sopan 5. Menghormati dan menghargai lembaga perlindungan HAM 2. Di lingkungan masyarakat luas. dan fakta tentang kemungkinan terjadinya pelanggaran HAM berat. Turut membantu terselenggaranya masyarakat madani. antara lain: 1. dan masyarakat luas.terhadap berbagai kasus pelanggaran HAM dapat diungkapkan dan di sidangkan di pengasilan HAM. Menghormati keberadaan masing-masing 4. Komnas HAM membentuk sebuah tim yang disebut komisi penyelidikan pelanggaran hak asasi manusia yang bertugas untuk mencari. Kita sebagai warga Negara Indonesia wajib mendukung adanya upaya penegakan HAM yang dilakukan oleh lembaga-lembaga perlindungan HAM. Membantu terwujudnya perlindungan hak-hak anak. Setiap orang bertanggung jawab untuk terlibat dalam upaya penegakan HAM. Aktif menyosialisasikan hukum dan HAM 4. sekolah. Mendengar dan melaksanakan materi penyuluhan hukum da HAM 3. mengumpulkan data. sikap positif terhdap penegakan HAM dapat dilakuakan. Tidak mengganggu ketertiban umum 2. Saling menjaga dan melindungi harkat dan martabat manusia 3. informasi. . Adapun dukungan tersebut dapat ditunjukkan antara lain dengan sikap-sikap berikut: 1. sebagaimana disebutkan dalam tujuan Negara Indonesia yang termasuk dalam pembukaan UUD 1945.’ Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia’.8 Menghargai upaya perlindungan dan penegakan HAM Lembaga perlindungan HAM yang pertama dan utama adalah Negara. Secara khusus komnas HAM telah melakukan penyelidikan terhadap berbagai kasus di daerah yang dianggap memiliki potensi pelanggaran HAM berat. Sikap positif terhadap upaya penegakan HAM dapat dimulai dari lingkungan keluarga. 2. Menghargai hak-hak perempuan 5.

biro bantuan hukum perguruan tinggi. PENUTUP 3. Pemerintahan dan segenap anggota masyarakat memiliki tanggung jawab untuk tidak hanya melindungi. Perlindungan terhadap hak asasi manusia membutuhkan peran dari segenap elemen dalam kehidupan social. baik dalam bentuk aturan maupun dalam pelaksanaannya. cara. sekolah. Perlindungan HAM dilakukan untuk melindungi seseorang atau sekelompok orang/bangsa dari terjadinya pelanggaran ini bersifat nasional dan internasional. ataupun oleh lembaga bantuan hukum Indonesia.Dalam hal ini Negara wajib melindungi warga negaranya dari segala penindasan dan perampasan hak asasi manusia.1 Kesimpulan Berdasar uraian diatas maka dapat diambil simpulan sebagai berikut: 1. Hak asasi manusia adalah hak atau kewenangan yang melekat pada diri individu . Orang yang berani menyampaikan laporan atas terjadinya pelanggaran HAM kepada pihak yang berkompeten patut kita hargai dan kita dukung sehingga nantinya pelanggaran HAM menjadi berkurang dan akhirnya tidak ada lagi kasus pelanggaran HAM di negeri ini. Peran masyarakat dapat diwujudkan melalui LSM. dan sebagainya. tetapi juga memiliki kesadaran untuk menghormati hak asasi manusia. mengindahkan dan memandang penting adanya proses. pengadilan. III. kejaksaan. Peran pemerintah terlihat melalui aktivitas berbagai lembaga yang dibentuk khusus untuk menangani persoalan-persoalan HAM seperti komnas HAM atau pengadilan HAM. tindakan ini dapat dilakukan oleh lembaga Negara yang berwenang untuk ini. seperti kepolisian. da tindakan menegakan HAM. Menghargai upaya penegakan HAM artinya menghormati. perguruan tinggi atau wahanawahana lain yang aktif memperjuangkan perlindungan terhadap HAM. media masa. dan masyarakat. Bentuk-bentuk penghargaan terhadap upaya penegakan HAM dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari seperti di lingkungan keluarga. Dalam pelaksanaannya. komnas HAM.

diakses 6 Desember 2009. penjelasan umum dan batang tubuhnya. Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa. segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan dan penyelenggara negara. DAFTAR PUSTAKA Darmodihardjo.sejak ia lahir secara kodrati yang tidak dapat dirampas atau dicabut keberadaannya. 4. . politik negara. Nasima. sumber kejiwaan masyarakat dan dasar Negara republik Indonesia. 1974. 3. 1991. Dardji. hal ini termuat dalam pancasila yang syarat akan nilai-nilai Hak asasi manusia dan UUD 1945 yang memuat materi tentang HAM mulai dari pembukaan.2 Saran Dengan demikian. kebebasan dan HAK ASASI warga negara. Pancasila Secara Ilmiah Polpuler. Indonesia sebagai Negara hukum menjunjung Hak asasi manusia. 2009. Pendkewarganegaraansmp. bahkan moral negara. 3. Macam-macam HAM menjadi tolok ukur dalam kehidupan masyarakat Indonesia sebagai pandangan hidup.Santiaji Pancasila. pemerintahan negara. Jakarta: Pancoran Tujuh. hukum dan peraturan perundang-undangan negara. harus dijiwai dengan nilai-nilai PANCASILA. Laboratorium Pancasila IKIP Malang. Notonagoro. 2. moral penyelenggara negara.

Hak-hak Asasi Manusia dan Pancasila.organisasi.com/2011/06/hak-asasi-manusia-dalam-pancasila.com. diakses 6 Desember 2009.com. Srijanto. www. Djarot. diakses 6 Desember 2009.blogspot.Perpustakaan Online Indonesia. Anonim.com. Surakarta: PT Pabelan. diakses 6 Desember 2009.com/rygan05.indoskripsi. 8 Juni 2011 – Ely Ichan http://wwwelyichan. 2006. Anonim. diakses 22 November 2009. 2008. 2008.html . Purbopranoto. Rygan05. diakses 22 November 2009. blog-indonesia. 2008.org.Jakarta: Pradnya Paramita. one. Kuntjoro. Anonim. www.scribd. 1994. parapemikir. Tata Negara Sekolah Menengah Umum. 2003. 1969.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful