P. 1
Prosedur Pengadaan Peralaan Kantor

Prosedur Pengadaan Peralaan Kantor

|Views: 1,325|Likes:
Published by Eris Risnawati

More info:

Published by: Eris Risnawati on May 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/22/2015

pdf

text

original

PROSEDUR PENGADAAN PERALAAN KANTOR

. melalui pembelian. menyewa/mengontrak dan bantuan/sumbangan. pembuatan sendiri.pengertian  Pengadaan. yaitu usaha yang bertujuan untuk memperoleh peralatan atau perlengkapan kantor sesuai rencana kebutuhan yang telah ditentukan.

kuantitas dan kualitas perbekalan kantor yang diperlukan Menyediakan perbekalan kantor yang diperlukan sesuai dengan anggaran yang disediakan    menggunakan perbekalan kantor dalam kegiatan operaskional Menyimpan dan memelihala perbekalan Mengumpulkan dan mengolah data perbekalan Menghapuskan perlengkapan sesuai dengan prosedur yang berlaku .Pada waktu menyususn perencanaan perbekalan perlu memperhatikan hal-hal sebagai beriikut Menyediakan dan Mengikuti prosedur     pengelolaan perbekalan Menentukan jenis.

barang-barang tersebut di simpan di gudang dan didistribusikan ke bagian unit yang membutuhkannya . barang tersebut diuji atau diperiksa Jika sudah cocok maka barang diterima dengan menggunakan buku serah terima barang dan penerimaan barang Setelah selesai pencatatan.Langkah-langkah pengadaan peralatan kantor         Membuat surat permohonan atau daftar permintaan barang ke gudang Petugas memeriksa persediaan barang di gudang Surat diserahkan ke bendahara Selanjutnya meminta persetujuan kepada pimpinan Apabila sudah disetujui. maka diserahkan ke bagian logistik untuk melkaukan pembelian barang tersebut Sebelum barang diterima.

Prosedur pengadaan alat tulis-menulis dan perlengkapan kantor sesuai rencana kebutuhan .

urgensi kebutuhan dan menyusun rencana pengadaan tahunan  . Menyusun daftar perlengkapan yang disesuaikan dengan kebutuhan dari rencana kegiatan b. Menyusun rencana pengadaan barang tersebt menjadi rencana triwulan kemudian menjadi rencana tahunan  Pengadaan barang tidak habis pakai Urutan perencanaan a. Menyusun perkiraan biaya yang diperlukan untuk pengadaan barant tersebut tiap bulan c. Menusun analisis dan menganalisis keperluan perlengkapan sesuai dengna rencana kegiatan serta memperhatikan perlengkapan yang masih ada dan dapat dipakai b.1. Pengadaan barang bergerak Pengadaan barang habis pakai Urutan perencanaan a. Memperkirakan biaya perlengkapan yang direncanakan dengan memperhatikan standar yang telah ditentukan c. Menetapkan skala prioritas menurut dana yang tersedia.

struktur organisasi yang menggunakan. serta memperkirakan anggaran yang disediakan tiap tahun dengan memerhatikan skala prioritas yang telah ditetapkan . jumlah pemakai. Pengadaan barang tidak bergerak tanah  bangunan      Menyusun rencana pengadaan tanah yang lokasi dan luasnya sesuai kebutuhan Mengadakan survei untuk menentukan lokasi tanah yang baik dan sesuai dengan maksud serta memperhatikan perencanaan tata kota Mengadakan survei terhadap adanya sarana jalan. listrik.2. dengan melampirkan data yang disusun dari hasil survei    Mengadakan survei tentang keperluan bangunan yang akan direncanakan dengan maksud memperoleh data mengenai fungsi bangunan. air dan alat pengangkutan Mengadakan survei harga tanah di lokasi yang sudah ditentukan untuk bahan pengajuan rencana anggaran Mengajukan rencana anggaran kepada satuan organisasi yang ditetapkan baik di daerah maupun di pusat. telepon. dan jenis serta jumlah perabot yang akan ditempatkan Mengadakan perhitungan luas bangunan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan disusun atas dasar data survei Menyusun rencana anggaran biaya yang disesuaikan dengan harga standar yang berlaku di daerah yang bersangkutan Menyusun penahapan rencana anggaran biaya yang disesuaikan dengan rencana penahapan pelaksanaan secara teknis.

..... ...................Contoh : BON PERMINTAAN PERALATAN/PERLENGKAPAN KANTOR No : .. ............... Harap diberikan seperti tersebut di dalam daftar berikut ini untuk kepentingan ...............

karena pada dasarnya tepat tidaknya pemilihan peralatan tergantung dengan kesesuaian kebutuhan. No Kode 02-03-17-0223-00 02-04-44-0072-32 Nama Barang Amplop Tipe Spesifikasi merk Jumlah 1 coklat 27. Berikut ini contoh daftar kebutuhan perbekalan/ perlengkapan suatu kantor. Untuk menentukan peralatan apa yang akan dipilih/gunakan maka harus didaftar dahulu kebutuhan perbekalan/perlen gkapan yang dibutuhkan.Identifikasi Kebutuhan Untuk dapat memilih peralatan kantor dengan tepat maka harus tahu tentang kebutuhannya.5 x 43 cm JAYA 2 box 2 Bateray Calkulator fx-992 Casio 10 buah 3 02-05-58-08Benang Tali 10-00 01-01-21-0000-04 …………… dst Rapia plastik ~ 1 kg 4 Keyboard 102 keys - - 5 buah 5 .

Pengadaan : Penyimpanan Pendistribusian Pemeliharaan Penghapusan .Alur Penanganan Perlengkapan Kantor: 1. 4. 2. 5. 3.

Pengadaan Yaitu usaha yang bertujuan untuk memperoleh peralatan atau perlengkapan kantor sesuai rencana kebutuhan yang telah ditentukan. melalui pembelian. menyewa/mengontrak dan bantuan/sumbangan. pembuatan sendiri. .

.Penyimpanan Yaitu kegiatan untuk menampung hasil pengadaan barang perlengkapan yang meliputi segi administratif (pencatatan ke dalam buku barang) maupun segi fisik (penyimpanan barang itu sendiri).

Pelaksanaan penyimpanan perlu memperhatikan      Persediaan alat-alat pemeliharaan yang diperlukan Memenuhi syarat penyimpanan barang Memperhatikan sifat barang yang disimpan Memperhatikan jangka waktu penyimpanan barang Memperhatikan tenaga yang diperlukan dan biaya yang harus disediakan .

Pengeluaran/Pendistrib usian Yaitu penyaluran barang dari unit pergudangan kepada unit pemakai berdasarkan bon permintaan dan harus dicatat pada buku pengeluaran barang. .

.Pemeliharaan Yaitu segala usaha yang dilakukan terus menerus agar barang tetap terpelihara baik sehingga siap dipakai pada saat diperlukan.

.Penghapusan Yaitu usaha yang dilakukan untuk meniadakan/menghapus barangbarang dari dalam daftar infentaris berdasarkan peraturan yang berlaku.

yang biasanya disebabkan oleh biaya pemeliharaan atau perbaikan atau biaya lain karena barang tersebut tidak dipergunakan lagi .Manfaat penghapusan    Pembebasan barang dari tanggung jawab organisasi yang mengurusnya Dapat meringankan kerja inventaris Membatasi kerugian yang lebih besar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->