TEKNIK PENGKABELAN

LAPORAN PRAKTIKUM KONSEP DASAR JARINGAN

Nama Nim Jurusan Prodi Kelas

: DWIKI DARMAWAN : 1120305004 : Teknik elektro : TMKJ : N1
KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL
POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

T.A 2011 - 2012

.

............................... 3..................................... GAMBAR KERJA............................................................................................................................................ 6.........................................................................................DAFTAR ISI LEMBAR PENGESAHAN DAFTAR ISI TEKNIK PENGKABELAN 1.......................................... DAFTAR PUSTAKA ....................................... ANALISA .... 7.......................................................................... 2..... 4.................. 8......................................... LANGKAH KERJA .................................... EVALUASI........................................................................................ KESIMPULAN ........ 5........... DASAR TEORI .................................. TUJUAN ..................................... ALAT DAN BAHAN ...................................................................

media penyimpanan (hardisk.PRAKTIKUM I TEKNIK PENGKABELAN 1. TUJUAN Tujuan dari praktikum adalah : 1. Contoh konfigurasi jaringan komputer sederhana seperti diperlihatkan pada gambar (1) konfigurasi tersebut menggunakan dua unit komputer (personal computer/PC) sebagai host dan sebuah kabel penghubung. printer. 3. Jaringan dengan dua PC . seperti : file. Mahasiswa mengenal dan mampu menggunakan peralatan yang dipakai untuk membuat kabel koneksi jaringan. Mahasiswa mampu membuat kabel koneksi jaringan jenis straight-through dan cross-over.1. dan lain-lain). audio maupun video. 2. Gambar 1. 2. berbagi resource yang dimiliki. Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar ddata/informasi. cd-rom. flash disk. dikirim melalui media kabel atau tanpa kabel (wireless) sehingga memungkinkan pengguna komputer (user) dalam jaringan komputer dapat saling bertukar file/data. mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware/software yang terhubung dalam jaringan bersama-sama. Mahasiswa mengenal jenis-jenis kabel yang dapat dipakai pada jaringan. Pengertian jaringan komputer Jaringan komputer adalah hubungan antara 2 komputer atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Data yang berupa teks. DASAR TEORI 2. floppy disk.

Jenis-jenis Media Transmisi Kabel : a) b) c) d) Fisik kabel coaxial Kabel coaxial dengan konektor BNC dan N Fisik kabel fiber optik Kabel Fiber Optik dengan konektor ST .2.2. Jenis-jenis kael yang digunakan dalam jaringan antara lain kabel coaxoial. fiber optik. Bentuk-bentuk kabel tersebut seperti diperlihatkan pada gambar (2). dan twisted pair. Media Transmisi Kabel Kabel adalah saluran yang menghubungkan antara 2 host atau lebih. Gambar 2.

Thick coaxial / 10Base5 / RG-45 sering digunakan untuk backbone . empat atau lebih. Kabel ini juga memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik dalam pengiriman data. Kabel fiber optic memiliki inti kaca yang dilindungi oleh beberapa lapisan pelindung. Kabel twisted pair. Kabel ini secara fisik lebih mudah digunakan daripada RG-8 karena lebih fleksibel dan ringan. Sepasang kabel yang di-twist (pilin). untuk instalasi jaringan antar gedung. yaitu single mode dan multi mode. setiap perangkat dihubungkan dengan BNC T. yaitu mencapai 155 Mbps. Tipe kabel single mode memiliki diameter core 9 micron. ARCnet. namun ia mampu menjangkau jarak 500 m bahkan lebih. Fungsi twist bertujuan untuk mengurangi interferrensi elelktromagnetik terhadap kabel lain atau terhadap sumber eksternal. secara umum dibagi menjadi 2 tipe. Konektor yang biasa digunakan adalah RJ-11 atau RJ-45. Thin coaxial / 10base2 / RG-58 / cheapernet sering digunakan untuk jaringan antar workstation. sedangkan kabel multi mode memiliki diameter core sebesar 62. Kabel fiber optic memiliki dua tipe. Kecepatan transfer data yang dapat dilayani sampai 10 Mpbs. Pengiriman data pada kabel ini menggunakan sinar ( cahaya ). kabel UTP adalah kabel yang sering digunakan pada jaringan LAN. Thick coax mempunyai diameter rata-rata 12 mm sedangkan thin coaxial mempunyai diameter rata-rata berkisar 5 mm. thick Ethernet dan thin Ethernet. yang jumlah pasangannya dapa terdiri dari dua. Dari kedua tipe kabel ini. Kabel coaxial memiliki kecepatan transfer Sampai 10 Mpbs.e) f) g) h) Kabel Fiber Optik dengna konektor SC Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) Kabel UTP dengan konektor RJ-45 Kabel Shielded Twisted Pair (STP) Kabel coaxial hanya memiliki satu konduktor yang berada di pusat kabel.5 micron. Kabel ini secara fisik berat dan tidak fleksibel. Kabel coaxial sering digunakan untuk kabel TV.UTP memiliki 4 pasang kabel terpiliin (8 buah kabel) dan hanya 4 kabel yang digunakan dalam . Kabel ini memiliki lapisan plastic yang berf ungsi untuk pembatas konduktor dengan anyaman kabel yang ada pada lapisan berikutnya. yaitu shielded Twisted Pair (STP) dan Unshielded Twisted Pair (UTP). Kabel fiber optic memiliki jarak yang lebih jauh daripada twisted pair dan coaxial..connector.

Peralatan untuk merakit kabel LAN : ( A ) Cable Stripper . crimping tool. Bentuk dari alat-alat ini seperti diperlihatkan pada Gambar (3). ( B ) cimping tool.jaringan. Teknik Pengkabelan Alat-alat yang diperlukan untuk membuat kabel koneksi LAN antara lain : cable stripper. kabel UTP. dan connector RJ-45. Gambar 3. ( E ) UTP Tester . ( C ) Kabel UTP.3. Karakteristik dari ketiga kabel diatas dapat dilihat pada Lampiran 1. Perangkat yang berkaitan dengan penggunaan jenis kabel ini adalah konektor RJ-45 dan Hub/Switch). 2. LAN Tester. ( D ) Konektor RJ-45.

putih hijau dan hijau. putih orange dan orange. Gambar 4. putih coklat dan coklat. Standar pemasangan konektor ini seperti diperlihatkan pada Gambar(5). yaitu EIA/TIA 568A dan EIA/TIA 568B. Contoh konektor RJ-45 yang terpasang pada kabel UTP seperti diperlihatkan pada gambar(4). Setiap kabel UTP CAT5/5e mempunyai 4 pasang kabel berwarna (8 kabel) yang terpilin.RJ-45 (Register Jack-45) adalah konektor delapan kabel yang biasanya digunakan untuk menghubungkan computer ke sebuah LAN. . Konektor RJ-45 yang terpasang di kabel UTP Ada 2 standar pemasangan konektor RJ-45 ke kabel UTP. Konektor ini dipasang pada kedua ujung kabel UTP.yaitu putih biru dan biru. khususnya Ethernet.

kabel koneksi straight-through seperti diperlihatkan pada Gambar (6). . Kabel koneksi cross-over seperti diperlihatkan pada Gambar (7). maka pada ujung yang berlawanan menggunakan EIA/TIA 568B. maka pada ujung yang berlawanan juga menggunakan standar EIA/TIA 568B. Kabel koneksi cross-over Koneksi cross-over biasa digunakan untuk koneksi langsung 2 unit computer (peer to peer). Jika pada satu ujung kabel menggunakan standar yang sama pada kedua ujung kabel. yaitu : 1. Bila pada satu ujung kabel menggunakan EIA/TIA 568A. jika pada satu ujung kabel menggunakan standar EIA/TIA 568B. Gambar 6. Pemasangan konektor RJ-45 pada jenis kabel koneksi ini ialah menggunakan standar yang sama pada ujung kabel. Kabel koneksi straight-through 2. Jika pada satu ujung kabel menggunakan standar EIA/TIA 568A. Kabel koneksi straight-through Koneksi straight-through biasa dipakai untuk koneksi 2 buah computer atau lebih dengan memakai sambungan hub/switch.Ada 3 jenis kabel koneksi pada kabel UTP. Pemasangan konektor RJ-45 pada jenis koneksi ini menggunakan dua standar EIA/TIA 568A dan EIA/TIA 568B. maka pada ujung yang berlawanan juga menggunakan standar EIA/TIA 568A.

Pin 1--------------------pin 8 Pin 2--------------------pin 7 Pin 3--------------------pin 6 Pin 4--------------------pin 5 Pin 5--------------------pin 4 Pin 6--------------------pin 3 Pin 7--------------------pin 2 Pin 8--------------------pin 1 Gambar 8. Pastikan semua kabel dimasukkan ke dalam konektor RJ-45 dengan benar mengikui aturan standar pemasangan konektor RJ-45 pada UTP.Gambar 7. Koneksi roll-over seperti diperlihatkan pada gambar 8. Koneksi kabel roll-over Pemasangan konektor RJ-45 pada kabel UTP menggunakan alat yang bernama crimping tool. Kabel koneksi roll-over Koneksi roll-over diggunakan untuk management peralatan jaringan memakai computer yang ada. Koneksi kabel cross-over 3. . Alat ini akan menjepit kabel-kabel UTP pada pin-pin yang ada di konektor RJ-45. Koneksi ini biasa digunakan untuk koneksi antara computer dengan console port pada router atau switch.

3. ALAT DAN BAHAN Alat dan bahan yang digunakan. serta teknik penghantaran dan penerimaan paket data. Adapun pengujian koneksi dengan mwngggunakan pengiriman dan penerimaan paket dilakukan dengan menggunakan perintah jaringan (pada windows) “ping 192. UTP tester 2 buah @ 2 meter 4 buah 1 buah 1 buah 1 buah .Pengujian kabel dapat dilakukan dengan dua cara.1.168. “ping” yang diikuti dengan nomor ip address computer yang dituju (contoh “ping 192. Crimping Tool 5.168. Konektor RJ-45 3. antara lain : 1. Kabel UTP Cat 5/5e 2.3”). “ping” adalah salah satu perintah windows dalam jaringan untuk menguji koneksi computer/host. lampu-lampu LED akan menyala sesuai dengan urutan standar.3”). Pada pengujian menggunakan UTP tester. Apabila pada layar monitor tampil pesan “Reply from…” berarti koneksi tealah berhasil. Cable stripper 4. yaitu dengan menggunakan UTP tester.1.

GAMBAR KERJA Gambar 9.4. (a) Kabel UTP yang sudah dikupas (b) kabel UTP yang sudah disusun (568A) Gambar 10. Kabel Koneksi Cross-over . Kabel koneksi straight-trough Gambar 11.

Masukkan dua ujung kabel straight-through ke masing-masing konektor yang ada di UTP Tester. luruskan hingga memungkinkan untuk bisa dimasukkan kedalam RJ-45. Kabel koneksi straight-through yang telah selesai dibuat seperti diperlihatkan pada gambar 10. 2. Mengulangi langkah 1 sampai 3 untuk membuat kabel cross-over seperti pada gambar 11. Nomor LED Nomor LED 1--------------------1 2--------------------2 3--------------------3 4--------------------4 5--------------------5 6--------------------6 7--------------------7 8--------------------8 . Membuka pilin masing-masing dan susun kabel-kabel UTP sesuai dengan standar EIA/TIA 568A seperti yang diperlihatkan pada gambar 9(b).5. 5. Hati-hati dalam nengupas jacket. Gunakan standar EIA/TIA 568B pada ujung yang berlawanan. Pastikan urutan nya telah benar. jangan sampai kabel yang ada didalam ikut terpotong. Bedakan pada pemasangan konektor RJ-45. Laporkan hasil yang telah dibuat dengan instruktur untuk memastikan bahwa yang koneksi kabel yang dibuat telah benar. Kabel yang telah dikupas seperti diperlihatkan pada Gambar 9(a). Mengupas jacket ujung kabel UTP kira-kira ½ inch dengan menggunakan cable stripper. Menguji koneksi kabel straight-through dengan menggunakan UTP Tester. Catat nomor pasangan lampu LED yang hidup. 3. LANGKAH KERJA 1. Mengcrimping apabila sudah dimasukkan ke RJ-45 dengan memggunakan crimping periksa terlebih dahulu urutan kabel senelumm di crimping. 4. Ulangi langkah 1 sampai 3 untuk ujung yang berlawanan. karena kabel yang sudah di crimiping tidak bisa dicabut lagi.

6. Nomor LED Nomor LED 1--------------------3 2--------------------6 3--------------------1 4--------------------4 5--------------------5 6--------------------2 7--------------------7 8--------------------8 . Mengulangi langkah 5 diatas untuk kabel cross-over.

Apa fungsi cable stripper dan crimping tool ? Jawab :   Cable stripper berfungsi untuk mengupas jacket ujung kabel UTP Crimping tool berfungsi untuk menjepit kabel-kabel UTP pada pin-pin yang ada di konektor RJ-45. 3.45 2. Tuliskan 2 cara yang dapat digunakan untuk menguji koneksi kabel UTP ! Jawab :   Pengujian dengan menggunakan cable tester Pengujian dengan teknik penghantaran dan pengiriman paket data 5.7. EVALUASI Jawablah soal d bawah ini dengan benar ! 1. Jenis koneksi kabel apa yang digunakan untuk menghubungkan dua unit kmputer langsung ? Jawab :  koneksi kabel cross-over 4. Apa nama konektor yang digunakan pada kabel coaxial dan UTP agar bisa terhubung ke jaringan ? Jawab :   Konektor yang digunakan kabel caoxial menggunakan konektor T-BNC Konektor yang digunakan kabel UTP menggunakan konektor RJ. Tuliskan pasangan pin-pin yang dapat digunakan untuk transmit dan reseive pada jenis kabel koneksi straight-through dan cross-over ! Jawab :  Masing-masing pasangan 1 dan pasangan 2 sebagai transmit sedangkan Masing-masing pasangan 3 dan pasangan 6 sebagai receive .

cd-rom.8. ANALISA Menurut analisa saya mengenai praktikum Teknik Pengkabelan yang telah kami lakukan. UTP memiliki kecepatan transfer Sampai 100 Mbps. dan lain-lain). Fungsi dari pengujian koneksi kabel adalah untuk memastikan bahwa pengkabelan yang telah kita lakukan dapat berfungsi. sedangkan fiber optic 155 Mbps     . berbagi resource yang dimiliki. Kabel coaxial memiliki kecepatan transfer Sampai 10 Mbps. Fungsi dari menyusun kabel-kabel UTP sesuai dengan standar EIA/TIA 568A dan EIA/TIA 56B itu adalah agar proses pengiriman dan penerimaan data dapat bekerja maksimal karena susunan pin-pin pada port RJ-45 yang terdapat di NIC tepat mengikuti standarisasi tersebut. Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi. printer.  Fungsi dari mengupas ujung jakcket kabel UTP dengan ukuran kira-kira ½ inch yang menggunakan kabel stripper itu ialah agar sisa jacket kabel tersebut bisa masuk dengan pas/sepan supaya jepitan pin konektor RJ-45 pada setiap kabel UTP tidak mudah lepas. seperti : file. flash disk. media penyimpanan (hardisk. sebagai berikut. floppy disk.

diantaranya cable stripper. konektor RJ-45 dan cable tester. kabel UTP CAT5/5e mempunyai 4 pasang kabel berwarna (8 kabel) yang terpilin. putih hijau dan hijau. saya memperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut. Peralatan yang digunakan untuk membuat kabel koneksi jaringan dengan kabel UTP. Jenis-jenis kabel yang dapat di gunakan pada jaringan komputer. crimping tool. yaitu EIA/TIA 568A dan EIA/TIA 568B. kabel twisted pair (UTP/STP) dan fiber optik. yaitu : 1. 3. Kabel koneksi straight-through 2. Ada 3 jenis kabel koneksi pada kabel UTP. KESIMPULAN Berdasarkan praktikum Teknik Pengkabelan yang telah kami lakukan. putih coklat dan coklat. kabel UTP. Ada 2 standar pemasangan konektor RJ-45 ke kabel UTP.yaitu putih biru dan biru. diantaranya kabel coaxial. Kabel koneksi roll-over . 4. Kabel koneksi cross-over 3. 2. yaitu : 1. 5.9. putih orange dan orange. Fungsi twist bertujuan untuk mengurangi interferrensi elelktromagnetik terhadap kabel lain atau terhadap sumber eksternal 6.

10. Lhokseumawe : Politetknik Negeri Lhokseumawe . Buku Petunjuk “Praktek Jaringan Komputer”. DAFTAR PUSTAKA  Hanafi (2008).