STATISTIK

1. Tuliskan apa yang dimaksud dengan penelitian ? Menurut Woody (1927) mengungkapakan bahwa penelitian merupakan sebuah pemikiran kritis (critical thinking). Penelitian meliputi pemberian definisi dan redefinisi terhadap masalah, memformulasikan hipotesa atau jawaban sementara, membuat kesimpulan dan sekurang-kurangnya mengadakan pengujian yang hati-hati atas semua kesimpulan untuk menentukan apakah ia cocok dengan hipotesa.

2. Penelitian itu memiliki validitas tinggi. Apa yang dimaksud dengan validitas penelitiaan ? Sebuah instrumen evaluasi dikatakan baik manakala memiliki validitas yang tinggi.Yang dimaksud Validilitas disisni adalah kemampuan instrumen tersebut mengukur apa yang seharusnya diukur.Ada tiga aspek yang hendak dievaluasi dalam evaluasi hasil belajar yaitu aspek kognitif,psikomotor dan efektif.Tinggi rendahnya validilitas instrumen dapat dihitung dengan uji validilitas dan dinyatakan dengan koefisien validilitas. 3. Tuliskan macam – macam teknik penyajian data yang anda ketahui dan berikan contoh !

Tabel Distribusi Frekuensi, Frekuensi Relatif dan Kumulatif, Histogram, Poligon Frekuensi, dan Ogive

a. Tabel Distribusi Frekuensi Data yang berukuran besar (n ≥ 30) lebih tepat disajikan dalam tabel distribusi frekuensi, yaitu cara penyajian data yang datanya disusun dalam kelas-kelas tertentu. Langkah-langkah penyusunan tabel distribusi frekuensi adalah sebagai berikut. • Langkah ke-2 menentukan banyak interval (K) dengan rumus "Sturgess" yaitu: K= 1 + 3,3 log n dengan n adalah banyak data. Banyak kelas harus merupakan bilangan bulat positif hasil pembulatan. • Langkah ke-3 menentukan panjang interval kelas (I) dengan

• Menuliskan turus-turus dalambilangan yang bersesuaian dengan banyak turus. Data terkecil harus merupakan batas bawah interval kelas pertama atau data terbesar adalah batas atas interval kelas terakhir. Contoh soal: Seorang peneliti mengadakan penelitian tentang berat badan dari 35 orang.• Langkah ke-4 menentukan batas-batas kelas. Data hasil penelitian itu (dalam kg) diberikan berikut ini: 48 32 46 27 43 46 25 41 40 58 16 36 21 42 47 55 60 58 46 44 63 66 28 56 50 21 56 55 25 74 43 37 51 53 39 Sajikan data tersebut ke dalam tabel distribusi frekuensi. • Langkah ke-5 memasukkan data ke dalam kelas-kelas yang sesuai dan menentukan nilai frekuensi setiap kelas dengan sistem turus. Jawab : .

Adapun frekuensi relatif dari suatu data adalah dengan membandingkan frekuensi pada interval kelas itu dengan banyak data dinyatakan dalam persen.b. sedangkan frekuensi relatifnya adalah 1/4 × 100% = 25%. . Frekuensi Relatif dan Kumulatif Frekuensi yang dimiliki setiap kelas pada tabel distribusi frekuensi bersifat mutlak. Total data seluruh interval kelas = 80 maka frekuensi relatif kelas ini adalah 20/80 = 1/4. Contoh: interval frekuensi kelas adalah 20.

Dari uraian tersebut. yaitu 1) frekuensi kumulatif "kurang dari" ("kurang dari" diambil terhadap tepi atas kelas). 2) frekuensi kumulatif "lebih dari" ("lebih dari" diambil terhadap tepi bawah kelas). frekuensi kumulatif "kurang dari". Frekuensi kumulatif kelas ke-k adalah jumlah frekuensi pada kelas yang dimaksud dengan frekuensi kelas-kelas sebelumnya. frekuensi relatif. Ada dua macam frekuensi kumulatif. Contoh soal: Dari Tabel 1. frekuensi kumulatif "lebih dari". c. Jawab : . b. hitunglah a. dapatkah nyatakan rumus frekuensi relatif? Cobalah nyatakan rumus frekuensi relatif. Frekuensi relatif dirumuskan sebagai berikut.6 untuk interval kelas 46 – 55 (kelas 4).

Untuk pembuatan histogram. Agar poligon "tertutup" maka sebelum kelas paling bawah dan setelah kelas paling atas.8. Tepi-tepi kelas ini digunakan unntuk menentukan titik tengah kelas yang dapat ditulis sebagai berikut. Contoh soal: Tabel distribusi frekuensi hasil ujian matematika Kelas XI SMA Cendekia di Kalimantan Barat diberikan pada Tabel 1. Jawab : . Histogram dan Poligon Frekuensi Histogram merupakan diagram frekuensi bertangga yang bentuknya seperti diagram batang. pada setiap interval kelas diperlukan tepi-tepi kelas. masing-masing ditambah satu kelas. Buatlah histogram dan poligon frekuensinya. Poligon frekuensi dapat dibuat dengan menghubungkan titik-titik tengah setiap puncak persegipanjang dari histogram secara berurutan. Batang yang berdekatan harus berimpit.c.

Ogive (Ogif) Grafik yang menunjukkan frekuensi kumulatif kurang dari atau frekuensi kumulatif lebih dari dinamakan poligon kumulatif. Ada dua macam ogif. yaitu sebagai berikut. poligon mempunyai banyak ruas garis patah yang menyerupai kurva sehingga poligon frekuensi kumulatif dibuat mulus. Ogif dari frekuensi kumulatif kurang dari disebut ogif positif. a. Contoh soal: . yang hasilnya disebut ogif.d. b. Untuk populasi yang besar. Ogif dari frekuensi kumulatif lebih dari disebut ogif negatif.

dan kualitatif ? 5. eksperimen. penelitian sosial. a. seperti misalnya penelitian ekonomi. b.9 dan 1. Buatlah ogif positif dan ogif negatif dari tabel tersebut. Berapakah jumlah siswa yang mempunyai berat badan lebih dari 40? Jawab : 4. . yaitu metodologi penelitiankualitatif dan metodologi penelitian kuantitatif. survey. Jelaskan perbedaan pokok penelitian.Tabel 1. dan beri penjelasaan ? Penelitian secara garis besar dibagi menjadi dua macam. Berapakah jumlah siswa yang mempunyai nilai Biologi kurang dari 85? c.10 berturut-turut adalah tabel distribusi frekuensi kumulatif "kurang dari" dan "lebih dari" tentang nilai ulangan Biologi Kelas XI SMA 3. Tuliskan macam – macam penelitian. Dua macam penelitian ini yang kemudian menurun menjadi bermacam-macam penelitian. dan lain sebagainya.

seperti misalnya ilmu etika. Salah satu contoh penelitian kuantitatif adalah penelitian tentang jumlah pendapatan di sebuah daerah. dan adat istiadat. ilmu bahasa.Penelitian Kuantitatif Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berdasarkan jumlah banyaknya objek yang ditelitinya. atau benar-benar fokus kepada suatu permasalahan saja. Misalnya kita akan meneliti tentang . Penelitian Kualitatif Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berdasarkan pada mutu atau kualitas dari tujuan sebuah penelitian itu. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang didesain secara umum. Umumnya. Tujuan dari penelitian kuantitatif adalah untuk melakukan test terhadap teori yang sudah ada sebelumnya. penelitian kualitatif adalah penelitian yang objeknya non-eksak. dan penelitian lain yang menggunakan prosedur dan kaidah yang ditentukan secara ilmiah. Penelitian tersebut termasuk penelitian kuantitatif karena penelitian itu membutuhkan data-data yang riil dan menggunakan hitingan-hitungan yang pasti. Penelitian kuantitatif ada bermacam-macam. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang didesain sangat spesifik. penelitian kependudukan. Contoh dari penelitian kualitatif adalah adalah ketika kita akan melakukan sebuah penelitian tentang kebiasaan penduduk suatu tempat. Penelitian kualitatif ada bermacam-macam. yaitu penelitian yang dilakukan untuk objek kajian yang tidak terbatas dan tidak menggunakan metode ilmiah yang menjadi patokan. Yang termasuk penelitian kuantitatif adalah: penelitian ekonomi. Umumnya. yaitu penelitian yang dirancang untuk mengetahui objek tertentu. penelitian kuantitatif adalah penelitian tentang ilmu eksak atau ilmu pasti (sains).

maka penelitian itu tidak membutuhkan batasan ilmiah. 6. dan lain sebagainya yang intinya tidak memerlukan kaidah dan prosedur ilmiah. karena objek yang kita kaji memanglah jauh dari ilmiah.ritual-ritual ghaib yang tidak masuk akal kita. penelitian budaya. Yang termasuk bagian dari penelitian kualitatif adalah: penelitian sosial. maka buktikan soal di atas dengan uji normalitas atau homogen ! . penelitian keagamaan. Dibawah ini data hasil tes mata kuliah Statistik mahasiswa perodi bahasa inggris adapun data hasil tes adalah 40 65 66 68 70 65 62 63 57 60 61 53 54 48 50 66 67 70 66 70 68 65 64 65 55 56 61 47 43 46 80 84 87 73 74 79 72 72 71 71 Berdasarkan data diatas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful