P. 1
Perangkat Cpu Komputer

Perangkat Cpu Komputer

|Views: 27|Likes:
Published by Oscar FriauSs

More info:

Published by: Oscar FriauSs on May 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2013

pdf

text

original

PERANGKAT CPU KOMPUTER

Jenis - Jenis Kode Socket Prosesor
Nama kode prosesor merupakan sebutan bagi jenis-jenis purwarupa (prototipe) prosesor-prosesor yang masih ada dalam pengembangan. Intel, AMD, VIA Cyrix umumnya memberikan nama kode kepada prosesor mereka kepada publik (utamanya kepada para wartawan dan reviewer perangkat keras), sebagai tanda bahwa mereka sedang mengembangkan produk baru. Setelah menentukan jenis processor yang dikehendaki, kita perlu melihat kepada no soket processor pula. Ini amat penting supaya kita tidak tersilap memilih motherboard. Sekiranya motherboard tersebut betul dan bersesuaian (compatible) dengan processor, maka processor akan dapat berfungsi dengan baik..

Di bawah ini saya senaraikan beberapa nomoor soket processor sebagai rujukan untuk memilih processor dan motherboard yang sesuai: Nombor Soket Processor / No Pin Jenis Processor Yang Bersesuaian Intel Soket 423 Soket 478 Soket 603 Soket LGA 775 Soket LGA 1155/1156 Soket LGA 1366 Pentium IV / PGA (Pin Grid Array) Pentium IV/ PGA 2nd Ver., Pentium IV Celeron (DDR RAM) Pentium IV Xeon (micro PGA) Pentium IV, Pentium D, Celeron 420, Celeron 430, Pentium Dual Core, Core 2 Duo, Core 2 Quad Core i3, Core i5, Core i7 (860, 870, 2600) Core i7 (930, 950) AMD Soket 754 Soket 939 Soket 940 Athlon 64 (mPGA), Sempron Athlon 64, Athlon 64-X2 Athlon 64 FX 51 (micro PGA)

Soket AM2 Socket AM2+

Athlon AM2, Athlon X2, Sempron Limited Edition, Athlon FX Athlon X2, Phenom (X3 dan X4), Sempron dan Opteron. Sempron 140, Athlon II X2, Athlon II X3, Athlon II X4, Phenom II X2, Phenom II X4, Phenom II X6

Soket AM3

Ini adalah sebaagian dari nomor socket processor yang ada. Namun, pilihlah processor dan motherboard yang ada dipasaran supaya mudah untuk mendapatkan alat ganti perkakasan komputer yang bersesuaian.

Jenis jenis Memori pada Komputer
Ada beberapa jenis memori yang ada pada komputer dengan berbagai subtipe .Memori ini dikategorikan tergantung pada tugasnya masing masing didalam sistem komputer. Namun, dalam artikel ini kita akan bahas bebrapa jenis memori komputer yang paling mendasar. Memori adalah salah satu alat yang paling penting pada sebuah komputer, baik itu komputer laptop atau PC. Ada berbagai jenis memori komputer yang bisa dipergunakan, tergantung dengan kebutuhan untuk fungsi dan spesifikasi dari sistim komputer. Memori berhubungan dengan banyak komponen yang bertugas untuk menyimpan data secara sementara atau secara permanen. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi atau data di komputer. Tanpa memori, prosesor tidak akan dapat menemukan apapun yang diperlukan untuk diambil dan diproses. Ada berbagai jenis memori di komputer yang ditujukan untuk tugas menyimpan dari beberapa macam data. Masing-masing memiliki kapasitas dan ciri khas tertentu.

Random Access Memory (RAM)
RAM adalah memori dalam berguna untuk menampung mengirimnya kembali untuk diproses oleh prosesor.Karena tinggi dari kecepatan RAM untuk menyeimbangkan hardisk. Informasi yang sistem komputer yang data sementara dan segera diakses dan kecepatan prosesor lebih hardisk,maka diperlukan data keluar masuk dari disimpan dalam RAM

diambil dari hard disk komputer, termasuk data yang berhubungan dengan sistem operasi dan aplikasi tertentu. Ketika komputer dimatikan, memori yang tersimpan pada RAM akan hilang. Data akan disimpan dan hanya dipertahankan disaat komputer sedang berjalan. Ketika memori RAM sudah penuh,kinerja atau kecepatan komputer akan semakin lambat. Data yang dapat diambil dalam urutan yang acak. Secara umum ada dua jenis RAM, yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). Ketika banyak program pada komputer yang dijalankan secara bersamaan, virtual memori memungkinkan komputer untuk mencari pada bagian memori RAM yang belum digunakan terakhir kemudian menyalinnya ke hard disk. Tindakan seperti ini akan membebaskan ruang RAM, dan memungkinkan sistem untuk menjalankan program yang berbeda. Read Only Memory (ROM) ROM adalah Jenis memori aktif,walaupun komputer dihidupkan atau dimatikan. Sesuai dengan sebutanya 'read only', isi di dalam ROM tidak dapat dirubah atau dimodifikasi. ROM merupakan sirkuit terpadu sebelum diprogram dengan data penting, yang harus selalu ada untuk komputer dalam melaksanakan fungsi normal. Cache Cache adalah jenis RAM pada sistem komputer yang lebih responsif daripada RAM biasa. CPU akan memeriksa dulu didalam memori cache sebelum mencari di penyimpanan pada memori pusat untuk menentukan suatu informasi yang diperlukan. Hal ini untuk keperluan dari sistem komputer untuk mencari informasi pada memori penyimpanan yang lebih besar, sehingga ekstraksi data menjadi lebih cepat. Hardisk Hardisk/ Hardrive adalah hardware yang berguna sebagai tempat penyimpanan data penting yang dipasang didalam Komputer. kapasitas Memori dari hardisk lebih besar, dan pengguna bisa memilih data yang perlu disimpan kedalam memori ataupun diakses dari memori. Saat ini hard disk yang banyak digunakan memiliki kapasitas memori penyimpanan sebesar 120 GB hingga 500 GB. Flash Disk Flash Disk adalah jenis memori penyimpanan portabel yang bisa digunakan dengan nyaman jika transfer data dari satu komputer ke komputer lain. Data di dalamnya dapat dihapus dan diprogram ulang sesuai kebutuhan pengguna. Kartu memori USB/ flash disk adalah beberapa model dari jenis memori penyimpanan komputer.

Diatas adalah beberapa jenis memori yang secara umum digunakan untuk memfasilitasi komputer dan tempat penyimpanan data. Namun masih banyak subtipe dari jenis jenis memori yang jika diurutkan akan sesuai dengan fungsi dan persyaratan yang dilayani.

Mengenal VGA

Sebuah kartu grafis: "Matrox Graphics"). VGA adalah Video Graphic Adapter yang berfungsi menterjemahkan informasi keluaran komputer ke dalam bentuk gambar pada sebuah layar monitor. VGA sebagai standar tampilan komputer pertama kali dipasarkan oleh sebuah perusahaan komputer ternama yitu IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafiskomputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

Sebuah kartu grafis: "Cirrus Logic"). Video Graphics Array (VGA) ini biasa dinamakan juga dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Istilah VGA sendiri juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Sebuah kartu grafis: "Trident Microsystems"). Kartu VGA zaman sekarang sudah mempergunakan Graphic Accelerator chipset, yang adalah merupakan chipset masa kini di mana sudah memasukkan kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Selain kartu VGA, sekarang ada "periferal" (bahasa Inggris: peripheral) komputer pendukung yang dinamakan " 3D Accelerator" (akselerator tiga dimensi)[1][2], yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah/menterjemahkan data gambar 3D secara lebih sempurna. Akselerator 3D yang keberadaannya tidak lagi memerlukan IRQ ini mampu melakukan manipulasimanipulasi grafis 3D yang lebih kompleks dan lebih sempurna, contohnya adalah pada permainan-permainan komputer yang mendukung tampilan tiga dimensi mampu ditampilkan dengan citra yang jauh lebih realistis, sehingga dapat memberikan kesan sangat nyata. Hal ini dikarenakan banyaknya fungsi pengolahan grafis tiga dimensi yang dulunya dilakukan oleh prosesor pada "papan induk" (bahasa Inggris: motherboard), kini dapat dikerjakan oleh prosesor grafis tiga dimensi pada 3D accelerator tersebut. Dengan adanya pembagian kerja ini, maka prosesor padamotherboard dapat lebih banyak melakukan tugas pemrosesan datadata lainnya. Selain itu programmer tidak perlu membuat fungsi grafis tiga dimensi, sebab fungsi tersebut sudah disediakan dengan sendirinya oleh akselerator tiga dimensi.

Sebuah kartu grafis: "Oak Technology").

Perlu diketahui pula bahwa chipset 3D pada kartu VGA tidak sebaik jika menggunakan 3D accelerator sebagai pendukungnya (3D accelerator dipasang secara terpisah bersama dengan kartu VGA). Namun meski demikian, Chipset 3D pada kartu VGA juga mendukung adanya beberapa fasilitas akselerasi tiga dimensi pada 3D accelerator. Sebagai catatan penting bahwa, fungsi 3D accelerator akan optimal jika "perangkat lunak" (bahasa Inggris: software) permainan yang dijalankan memanfaatkan fungsi-fungsi khusus dari 3D accelerator tersebut. Software "permainan" (bahasa Inggris: game) yang mendukung fasilitas ini sekarang mulai berkembang, yang terkenal adalah dukungan terhadap 3D accelerator yang memiliki chipset VooDoo 3D FX, Rendition Verite, dan Permedia 3D Labs.

Fungsi
Fungsi VGA Card, yang sering disebut Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card, adalah berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.

Jenis memori VGA
Jenis-Jenis VGA Berdasarkan Slot Jenis VGA AGP, awal dibuatnya VGA AGP, karena peningkatan yang signifikan terhadap transfer data dari memory, cpu ke peralatan display, sehingga dibuatkan slot AGP untuk memasang VGA jenis AGP. VGA AGP diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan, yaitu agp 1x dan 2x dengan voltase 3.3 v, sedangkan 4x dan 8x 1,5 volt. berikut adalah gambar VGA AGP. Berdasarkan klasifikasi memori yang dipergunakannya, maka kartu VGA dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut : DRAM (Dynamic RAM) Kartu VGA yang menggunakan memori DRAM adalah berkecepatan 80 ns atau 70 ns, ada juga MD-RAM (Multiple Dynamic RAM) yang menggunakan DRAM berlapis. DRAM digunakan pada banyak kartu grafik 8, 16, atau 32 bit. Penggunaan

DRAM ditujukan untuk komputer tingkat entry level, yang tidak memerlukan kecepatan tinggi dan warna yang banyak. EDO RAM Kartu VGA yang bermemorikan EDO RAM adalah berkecepatan 60 ns sampai 35 ns, EDO RAM banyak ditemui pada kartu grafik 64 bit. EDO RAM yang umum dipakai mempunyai speed 60 MHz 60/40ns. Contoh kartu VGA yang menggunakan memori EDO adalah WinFast S280/S600 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach 64, dsb. VRAM (Video RAM) Kartu VGA yang mengintegrasikan memori VRAM adalah berkecepatan 20 atau 10 ns, VRAM lebih mahal dibandingkan DRAM karena VRAM lebih cepat dari DRAM. Penggunaan VRAM pada kartu VGA ditujukan untuk komputer kelas atas. VRAM biasa dipasang pada VGA yang dikonsentrasikan untuk desain grafis. Contoh kartu VGA yang menggunakan VRAM adalah Diamond Fire GL, Diamond Stealth 3000 3D, Diamond Stealth 64, dsb. SGRAM (Synchronous Graphic RAM) Kartu VGA yang memakai memori SGRAM adalah berkecepatan kurang dari 10 ns, SGRAM pada kartu VGA juga berdasarkan pada teknologi SDRAM pada memori utama komputer. SGRAM banyak digunakan pada kartu grafik kelas tinggi yang mempunyai kemampuan 3D accelerator. Contoh dari kartu VGA yang menggunakan SGRAM adalah Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II S220, Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, ATI Rage II 3D Pro, dsb. RAMBUS Kartu VGA dengan menggunakan memori RAMBUS jumlahnya masih sedikit (RAMBUS adalah memori yang digunakan pada mesin-mesin game, seperti: Nintendo dan Sega), sejauh ini hanya kartu grafis produksi Creative Labs (MA-302, MA-332 Graphic Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme) yang sudah mempergunakannya. Arsitektur sistem I/O bus VGA Bentuk fisik kartu VGA berdasarkan arsitektur sistem I/O bus peripheral-nya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut :

VGA ISA Kartu VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8bit atau 16-bit. Kartu VGA jenis ini sekarang sudah tidak pernah lagi dipergunakan, karena selain kecepatan transfer datanya sangat lambat, tampilan kehalusan gambar serta kombinasi warna yang dihasilkannya pun juga sangat terbatas. Teknologi slot ekspansi ISA bus dengan sistem I/O 8-bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981, sedangkan teknologi slot ekspansi ISA bus dengan sistem I/O 16bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984.

Bentuk detail fisik slot ekspansi ISA bus dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Gambar model slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus dengan sistem I/O 8-bit atau dikenal dengan sebutan "XT bus".

Gambar model slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus dengan sistem I/O 16-bit atau dikenal dengan sebutan "AT bus". VGA EISA Kartu VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O-nya. Kartu VGA jenis ini sekarang sudah tidak pernah lagi dipergunakan, sama seperti Kartu VGA ISA yang memiliki keterbatasan pada kecepatan, kehalusan gambar, serta kombinasi warna yang dihasilkannya. Teknologi slot ekspansi EISA bus dengan sistem I/O 32-bit ini pertama kali dirilis pada tahun 1988 oleh "Gang of Nine" (sebuah konsorsium dari vendor pembuat kompatibelnya IBM PC), dengan nilai tegangannya 5 volt dan 12 volt, kecepatan clock-nya 8,33MHz, dan kecepatan transfernya 32MB/s.

Bentuk detail fisik slot ekspansi EISA bus dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Gambar model slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus dengan sistem I/O 32-bit. VGA PCI Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64bit sistem I/O-nya. Kartu VGA jenis ini sekarang sudah jarang sekali dipergunakan, karena adanya keterbatasan pada fitur-fiturnya. Teknologi slot ekspansi PCI bus dengan sistem I/O 32-bit atau 64-bit pertama kali dipakai pada tahun1993. Ciri-ciri slot ekspansi PCI bus ini adalah bahwa pada bagian depan slot-nya terdapat lekukan, dan jenis pin-nya lurus secara vertikal.

Ciri-ciri bentuk fisik kartu VGA: AGP 3,3 volt, AGP 1,5 volt, AGP Universal, AGP Pro 3,3 volt, AGP Pro 1,5 volt, dan AGP Pro Universal.

Bentuk detail fisik slot ekspansi PCI bus dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Gambar model slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus dengan sistem I/O 32-bit atau 64-bit. VGA AGP Kartu VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O-nya. Kartu VGA AGP ini awalnya dibuat karena hendak meningkatkan transfer data terhadap memori secara signifikan dari CPU ke perangkat "tampilan" (bahasa Inggris: display), sehingga dengan begitu dibuatlah slot AGP guna memasangkan kartu VGA jenis AGP ini. Kartu VGA AGP diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang dipergunakan, yaitu: AGP 1x dan AGP 2x dengan nilai tegangan 3,3 volt; sedangkan AGP 4x dan AGP 8x dengan nilai tegangan 1,5 volt; kemudian ada juga AGP Universal. Kartu VGA AGP yang terakhir muncul adalah jenis AGP Pro dengan nilai tegangan 1,5 volt dan 3,3 volt, serta AGP Pro Universal. Ciri-ciri slot ekspansi AGP bus ini adalah bahwa bentuk pin-nya yang vertikal dengan bentuk mirip formasi sarang lebah.

Bentuk detail fisik slot ekspansi AGP bus dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Gambar model slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus dengan sistem I/O 128-bit atau 256-bit.

Bentuk detail fisik slot ekspansi PCI bus dan PCIe bus (PCIe 1x dan PCIe 16x).

VGA PCIe

Bentuk detail fisik slot ekspansi PCIe bus (PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x). Kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O-nya, dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s. Slot ekspansi PCIe ini adalah merupakan pengembangan selanjutnya dari slot ekspansi PCI sebelumnya, yang memiliki kemampuan luar biasa, dengan nama "PCI Express", yang dirancang guna memasang peralatan-peralatan "antarmuka" (bahasa Inggris: interface) dengan teknologi mutakhir masa kini yang membutuhkan kecepatan transfer yang sangat tinggi. Teknologi slot ekspansi PCIe bus dengan sistem I/O berangkaian seri ini pertama kali dipakai pada tahun 2004. Adapun versi slot ekspansi PCIe yang beredar di pasaran adalah PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x. Khusus buat slot ekspansiPCIe 8x dan PCIe 16x dipergunakan untuk memasang kartu VGA PCI Express, sedangkan buat slot ekspansi PCIe 1x dipakai untuk keperluan memasang peralatanperalatan interface tambahan lainnya. Ciri-ciri slot ekspansi PCIe bus ini adalah bahwa bentuknya merupakan kebalikan dari slot ekspansi PCI biasa sebelumnya.

Bentuk detail fisik slot ekspansi PCIe bus dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Gambar model slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O-nya, dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s.

Mengenal Wireless dan LAN
Wireless Technology atau teknologi nirkabel, atau lebih sering disingkat wireless adalah teknologi elektronika yang beroperasi tanpa kabel. Wireless technology dapat dimanfaatkan untuk komunikasi, dan pengontrolan misalnya. Untuk komunikasi, dikenal wireless communication yaitu transfer informasi, berupa apapun, secara jarak jauh tanpa penggunakan kabel misalnya ponsel jaringan komputer nirkabel dan satelit. Pengontrolan secara jarak jauh tanpa kabel adalah salah satu contoh teknologi nirkabel. Misalnya penggunaan remote TV, mobil kontrol, dan remote untuk membuka pintu garasi mobil. Masyarakat sudah akrab dengan teknologi nirkabel. Baik karena masyarakat menggunakan ponsel ataupun karena mulai banyak yang mengakses Internet melalui layanan hotspot.

Berikut beberapa teknologi koneksi data nirkabel yang cukup banyak digunakan saat ini: 1. WiFi 802.11g : merupakan spektrum dasar yang paling banyak digunakan untuk menangani permasalahan seputar konektivitas saat ini, teknologi ini mampu melakukan transfer data hingga kecepatan maksimal 54 mbps, atau sekitar 6.75 MBps, (mengapa 54 berubah menjadi hanya 6.75???? silahkan lihat artikel tentang konversi KBps ke Kbps ) 2. WiFi 802.11n : merupakan teknologi WiFi yang paling cepat, karena mampu menangani transfer data hingga kecepatan maksimal 300 Mbps 3. Bluetooth standar : perangkat yang paling sering kita temui di gadget seperti HandPhone maupun perangkat elektronik lainnya, memiliki kecepatan transfer maksimal hanya 3 Mbps 4. Bluetooth 3.0 : generasi penerus dari bluetooth standar diatas, teknologi ini memungkinkan transfer data hingga 24 Mbps 5. Wigig : baca artikel ==> wigig, hostspot supercepat, untuk mengetahui lebih jauh seputar wigig

6. Wireless USB : memiliki kecepatan transfer hingga 110 Mbps dalam radius 10 meter, dan pada radius 3 meter, kecepatannya meningkat hingga 4 kali lipat, yaitu menjadi 480 Mbps 7. Wireless HD : Teknologi ini khusus bagi pecinta film atau penggemar video berdefinisi tinggi (High Definition), pada jarak 10 meter, kecepatan transfernya hingga 4 Gbps, namun menurut teori kecepatan transfernya justru bisa menembus 25 Gbps 8. Zigbee : teknologi standar wireless yang dikatakan paling hemat daya (listrik) karena hanya mampu menghandle transfer data dengan kapasitas kecil saja, namun teknologi ini memiliki keunggulan, yaitu dapat menyampaikan respon suatu instruksi dengan cepat, contohnya pada remote control.

Perbedaan Hardisk ATA dan SATA
Penting untuk mengetahui beberapa hal mengenai hardware komputer, seperti jenis jenis hardisk.Hardisk adalah hardware komputer yang paling banyak dikenal, karena fungsi Vitalnya sebagai tempat penyimpanan data. Berikut tentang dua type hardisk, yaitu ATA dan SATA sekaligus perbedaan dan keunggulannya masing masing

ATA Hardrive
ATA atau Advanced Technology Attachment, adalah jenis hardisk yang paling banyak dipakai pengguna komputer saat ini.ATA juga seringkali dikenal sebagai IDE hardrive. TipeHardisk yang dibuat berdasarkan standart tahun 1986 ini menggunakan 16 bit paralel, dan terus berkembang pada penambahan kecepatan transfer dan ukuran sebuah disk. Standart terakhir dari type ATA adalah ATA-7 yang mulai diperkenalkan pada tahun 2001 oleh komite T13.Komite T13 adalah komite yang bertanggung jawab menentukan standart dari Hardisk type ATA. Tipe ATA-7 terebut memiliki data transfer sebesar 133 MB/sec,dan selama tahun 2000 ditentukan standar paralel ATA dengan data rate sebesar 133 MB/sec.Namun paralel ATA ini masih banyak terdapat masalah dalam hal singnal timin, EMI (electromognetic interference), dan integritas data.Dan masalah yang ditimbulkan oleh paralel ATA tersebut berusaha diselesaikan oleh kalangan industri dan dibuatlah standar baru serial ATA yaitu SATA.

SATA Hardrive
SATA adalah standard baru dari serial ATA.Type hardisk SATA ini dibuat dengan 15 pin kabel power dengan tegangan 250 mV.Kelihatannya SATA memerlukan daya yang lebih banyak jika di bandingkan dengan 4 pin type ATA,

akan tetapi pada kenyataanya keduanya sama saja. Hanya saja SATA memiliki kemampuan yang paling bagus dalam hal maximum bandwith yang bisa dicapai, yaitu hingga sebesar 150 MB/sec

Keunggulan SATA dibanding ATA
Dalam hal harga, SATA lebih mahal dikit, dibandingkan dengan hardisk ATA. SATA lebih memiliki keunggulan dalam hal konektor,tenaga dan performa jika Sekarang standar ATA telah mulai di tinggalkan dan produsen memilih standart SATA. Keunggulan SATA menonjol lainnya adalah kemampuan hot-swap nya, yaitu dapat mematikan dan menyalakan komputernya tanpa harus melakukan shut down.

Perbedaan ATA dan SATA
Perbedaan SATA dan ATA yang jelas terlihat adalah pada kabel data dan perbedaan power yang dibutuhkan. Pada Standar ATA 200GB seperti model Western Digital Model, menggunakan dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data.Dan membutuhkan tegangan sebsar 5V untuk setiap pin dari 4 pin sambungan. Sedangkan pada SATA 120 GB model western Digital menggunakan kabel setengah inci, 7 konektor sambungan data sehingga lebih tipis dan mudah untuk mengatur kabel datanya. Kabel data SATA memiliki panjang maksimal 1 meter, dan ini lebih panjang dari kabel ATA yang cuma 18 inci.

Rangkaian Power Supply
Power supply adalah serangkaian elektronik yang sanggup merubah tegangan listrik AC menjadi DC sekaligus memproduksi besaran arus listrik yang sesuai dengan kebutuhan.Tidak hanya itu saja,power supply yang baik juga harus bisa membuat tegangan listrik DC menjadi lebih stabil (regulator).Tegangan yang kurang stabil akan membuat alat elektronik yang dipasok tenaganya akan menjadi kurang bagus kinerjanya.Pada beberapa perangkat audio,power supply yang kurang baik akan menimbulkan noise dan dengungan sehingga akan mengganggu kualitas suara audio yang dihasilkan. Rangkaian power supply sederhana berikut sekaligus berfungsi sebagai regulator, sehingga listrik DC yang dihasilkan lebih stabil.Cocok untuk menghidupkan perangkat audio maupun radio agar bisa meredam noise menjadi lebih baik lagi. ini adalah bentuk rangkaian power supply yang sederhana,hanya menghasilkan 1 tegangan output saja yaitu 12V dengan menggunakan IC stabilisator LM 7812.Kamu bisa bereksplorasi agar rangkaian power supply berikut bisa digunakan untuk

beberapa besaran arus output.Misalnya menambahkan 1 switch plus beberapa IC LM78xx sesuai kebutuhan. Berikut rangkaian power supply dengan menggunakan stabilizer IC LM7812: Komponen/Bahan C1 :10.000mf/50v C2 :2.200mf/25v C3 :2.200mf/25v IC : LM7812 D1-D4 : Diode 6 Ampere bridge TR1 : 2N3055 Rangkaian/Skematik

Keterangan: • Jika Kamu ingin membuat tegangan regulator menjadi 15V misalnya,kamu hanya mengganti IC stabilizer LM7812 dengan LM 7815.Perlu diketahui bahwa seri IC LM78xx adalah IC regulator dengan 2 angka dibelakang adalah tegangan stabil yang akan dikeluarkan.Namun ingat,untuk menghasilkan tegangan yang stabil,tegangan arus AC dari trafo harus berada diatas keluaran dari IC regulator LM78xx. • TR1 2n3055 adalah berguna sebagai penguat tegangan,sehingga jika kamu menggunakan trafo diatas 10 ampere sebaiknya dipararel menjadi 2 buah atau lebih.Hal ini agar transistor penguat tersebut tidak overheat yang bisa mengakibatkan terbakar/rusak. Referensi > Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas DirangKum Oleh : Firdaus JurusanTehnik Desain Politeknik LP3I Medan

Tugas Dasar-dasar Komputer

,

Oleh FIRDAUS Was cpu-komputer.html Published at http://www.osfirlegend.blogspot.com/2013/05/perangkat-

Politeknik LP3I MEDAN KAMPUS GLUGUR BY PASS Jln.H.Adam Malik No. 191 Sumatra Utara

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->