P. 1
MAKALAH Pengembangan Generasi Muda Dengan Olahraga

MAKALAH Pengembangan Generasi Muda Dengan Olahraga

|Views: 680|Likes:

More info:

Published by: Nurdiansyah Sopian Adi Pratama on May 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2014

pdf

text

original

MAKALAH

PENGEMBANGAN GENERASI MUDA DENGAN OLAHRAGA

DWIKI MIRWAN FAJRI – 171 FORUM REMAJA CERIA JAKARTA PUSAT

Karena.PENGEMBANGAN GENERASI MUDA DENGAN OLAHRAGA Bab I Pendahuluan 1.1 Latar Belakang Pengembangan generasi muda sangatlah penting guna menunjang masa depan bangsa yang lebih baik. Olahraga adalah salah satu cara atau metode yang bisa dibilang berhasil dalam melaksanakan pengembangan generasi muda. seberapa penting pengembangan generasi muda harus dilaksanakan. dan keikut-sertaan olahraga atas terlaksananya pengembangan generasi muda bangsa ini.2 Tujuan Tulisan ini bertujuan untuk menambah wawasan kepada para pembaca untuk lebih mengetahui apa itu pengembangan generasi muda. generasi muda-lah yang akan meneruskan perjuangan generasi-generasi sebelumnya dalam melaksanakan pengembangan dan pembangunan negeri. 1. Olahraga yang awal sangat terkait erat dengan generasi muda. Bab II Pengertian Pengembangan Generasi Muda 2. ternyata merupakan alat pembinaan generasi muda itu sendiri.1 Apakah itu Pengembangan Generasi Muda Pengembangan Generasi Muda adalah sebuah kegiatan yang diarahkan untuk dapat meningkatkan kualitas generasi muda menjadi kader penerus perjuangan bangsa dan manusia pembangun yang berjiwa Pancasila. Peningkatan kualitas generasi muda dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas manusia di .

pengembangan generasi muda berpedoman pada arah kebijaksanaan sebagai berikut: . tangguh. 2. cipta dan karsa Bangsa Indonesia. kegiatan pengembangan generasi muda ini ditujukan untuk memupuk secara terus-menurus jiwa dan semangat Sumpah Pemuda 1928. Selanjutnya dalam rangka melaksanakan pembangunan nasional perlu terus diciptakan suasana yang mendorong tumbuh dan berkembangnya partisipasi. rasa tanggung jawab dan kesetia-kawanan sosial. tertib. masyarakat. jujur dan ksatria. dan pemerintah sehingga sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan kemandirian pemuda yang tanggap terhadap tantangan pembangunan dan masa depan bangsa. adalah perwujudan cipta. menghargai waktu serta penuh pengabdian. mandiri. sederhana. dalam rangka mempertebal semangat kebangsaan serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. musyawarah untuk mufakat.2 Pentingnya Pembangunan Generasi Muda Pembinaan dan pengembangan generasi muda perlu dilakuakn dengan membangun suasana atau iklim kepemudaan yang sehat dan memungkinkan interaksi antara sesama pemuda. berbudi pekerti luhur. pemuda dengan orang tua. hemat. tenggang rasa. dunia pendidikan. bertanggung jawab. Dengan dijiwai asas-asas pembangunan nasional. berwawasan masa depan. berkepribadian. disiplin nasional serta sikap budaya di kalangan generasi muda yang mampu menjawab tantangan pembangunan seperti sikap mandiri dalam kebersamaan. Pengembangan Generasi Muda juga adalah salah satu bagian dari Pembangunan Nasional. cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani. Keseluruhan daya upaya Masyarakat Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa. bekerja keras.Indonesia. kerja keras. yang diselenggarakan dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan seluruh Masyarakat Indonesia. serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa yang dapat dirasakan oleh segenp generasi muda. keluarga. cermat. Pada dasarnya. berdisiplin.

baik di lingkungan generasi muda itu sendiri. lingkungan pendidikan. Program-program yang diselenggarakan guna lancaranya proses pengembangan generasi muda secara nasional adalah: 1. Pembinaan dan pengembangan generasi muda harus diupayakan secara bersama-sama oleh seluruh masyarakat yang dilakukan secara gotongroyong dan dijiwai oleh semangat kekeluargaan dan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa. 2. dan di lingkungan masyarakat. Koordinasi penyelenggara pengembangan generasi muda 2. Kepemimpinan dan Disiplin Nasional. dan iii) mengembangkan peluang serta kepeloporan bagi generasi muda untuk berpartisipasi di dalam pembangunan nasional. Bab III Kegiatan Pengembangan Generasi Muda 3. Pengembangan sikap dan perilaku ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa Upaya peningkatan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa perlu dilakukan sedini mungkin dan sesuai dengan tahap pertumbuhannya. Pendidikan.1 Program-program dan upaya pengembangan generasi muda Untuk mencapai tujuan pengembangan generasi muda.1. Latihan Dasar . pelatihan. agar generasi muda di kemudian hari dapat bersikap dan berperilaku etis dan normatif dalam kehidupan masyarakat Pancasila. dan penataran yang bersifat nasional bagi pemuda: Pendidikan Politik. maupun di lingkungan keluarga. ii) membina dan mengembangkan kemampuan dan keterampilan. Perlu ditumbuhkan tata nilai yang serasi dalam kehiduapn generasi muda. maka program-program pengembangan generasi muda diarahkan untuk i) membina dan mengembangkan sikap dan perilaku. bernegara dan bermasyarakat serta memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Menumbuhkan dan memupuk kesadaran berbangsa dan bernegara serta mengembangkan sikap dan perilaku menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Pengembangan sistem informasi kepemudaan yang meluas dan merata sampai ke daerah-daerah 4. akan dilanjutkan pengembangan paket-paket pembinaan keagamaan dan kehidupan berbangsa serta kerukunan hidup beragama. Dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Oleh karena itu. 1. 2. panduan dan petunjuk penyelenggraan serta evaluasi kegiatan kepemudaan 5. Penyelenggaraan pertukaran pemuda dalam dan luar negeri 9. . akan ditingkatkan upaya-upaya untuk menanamkan diri dan menumbuhkan diri dan kepribadian. Pendidikan merupakan upaya utama untuk menggerakan potensi aspirasi generasi muda agar dapat berperan serta di dalam pembangunan nasional. Pengembangan proyek-proyek perintisan dan percontohan 6.Kepemimpinan Siswa. untuk mewujudkan kesadaran tanggung jawab dan kewajiban warga negara usia muda di dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian masalah kepemudaan Program-program yang diselenggarakan guna lancaranya proses pengembangan generasi muda secara sektoral adalah. berbudaya. sebagai inti dari pengembangan dan pembinaan generasi muda. melalui pendidikan sebagai upaya yang strategis terbentuknya kader-kader pembangunan masa depanyang tangguh. berbangsa. Penyusunan pedoman. Penataran Kewaspadaan Nasional dan Latihan Kemahiran Profesional 3. Paket itu dijadikan bahan bagi kegiatan pembinaan dan pengembangan generasi muda yang dilaksanakan oleh berbagai pihak. Pengerahan satuan-satuan tugas kepemudaan 8. dan bernegara. Pengembangan program-program terobosan 7. Dalam bidang agama. Pembinaan kerjasama antar bangsa 10. untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. yang memiliki wawasan kebangsaan yang luas dan utuh mampu mengatasi tantangan pembangunan.

karyawisata remaja. Sejalan dengan itu.a. akan ditingkatkan usaha-usaha pembinaan kesadaran hukum di kalangan generasi muda sebagain bagian dari upaya mengembangkan kesadaran atas kewajiban dan tanggung jawabhidup bermasyarakat. Gelanggang Remaja. pengadaan pedoman dan petunjuk penyelenggara kompetisi berbagai kegiatan. e. Dalam bidang kesehatan. lomba cipta. dan minuman keras. melalui kegiatan olahraga dan seni. pelayanan/konsultasi kesegaran jasmani dan pencegahan penyalahgnaan obat. dan lain-lainnya. Pondok Pemuda. Mempertebal idealisme. Organisasi Kemahasiswaan dan lainlainnya. b. dan lain-lainnya. Mengembangkan kemandirian. melalui Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. ataupun porseni. c. narkotika. Memupuk kesegaran jasmani dan daya kreasi. Bumi Perkemahan dan Sarana Komunikasi lainnya. Pramuka. serta memperluas wawasan tentang masa depan melalui antara lain kegiatan Pasukan Penibar Bendera Pusaka. Pengadaan sarana dan fasilitas kepemudaan. 4. melalu kegiatan keolahragaan. perlu diselenggarakan kegiatan pembinaan generasi muda pada lembaga pemasyarakatan anak dan pemuda serta lembaga pemasyarakatan lainnya yang banyak terdapat narapidana yang berusia muda sehingga selepas mereka dari lembaga pemasyarakatan telah dibekali dengan ilmu-ilmu ketrampilan dan kesadaran akan berbangsa dan bernegara serta mempunyai kepercayaan dan harga diri. kepemimpinan. lomba karya. antara lain melalui: pelayanan/konsultasi kesehatan remaja yang diselenggarakan oleh para remaja itu sendiri. 3. Memperkokoh kepribadian. Mengembangkan wadah-wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda. patriotism dan harga diri. seperti OSIS. Melalui program kesiswaan yang dilaksanakan melalui jalur formal diadakan pembinaan organisasi kesiswaan serta peningkatan mutu Pembina (guru dan tenaga kependidikan). disiplin dan mempertinggi budi pekerti. akan dilakukan usaha-usaha yang diarahkan pada terciptanyagenerasi muda yang berkualitas. ilmu dan keterampilan. Dalam bidang hukum. d. terhindar dari berbagai gannguan kesehatan serta menunjang kemandirian hidup bersih dan sehat di kalangan keluarga dan masyarakat. berbangsa dan bernegara. .

serta menumbuhkan serta menumbuhkan oto-aktivitas sumber alam dan lingkungan hidup dalam menunjang pembangunan nasional. b. adalah sebagai berikut: a. menjangkau segenap lapisan generasi muda. baik di Pusat maupun di Daerah. guna tercapainya kerjasama yang serasi. 3. Merencanakan segala sesuatu secara teratur dan meyeluruh dalam rangka perumusan kebijakan-kebijakan tersebut pada point a diatas. generasi muda dikembangkan untuk memiliki pengetahuan serta kemampuan dan berperanserta di dalam menyebarluaskan pengertian dan kesadaran akan manfaat dan arti pelestarian lingkungan hidup. serasi. Keseluruhan upaya tersebut harus dilaksanakan secara merata. Mempersiapkan perumusan kebijakan Pemerintah mengenai segala sesuatu yang bersangkutan dengan masalah pembinaan dan pengembangan generasi muda dan olahraga. dan seimbang. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Tugas Departemen Pendidikan dan Kebudayaan adalah: . Dalam bidang pelestarian lingkungan hidup. c.5. diantaranya: 1. Mengkoordinasikan kegiatan Komite Olahraga Nasional Indonesia dan Yayasan/Lembaga-lembaga Olahraga lainnya di Pusat dan Daerah. bulat dan mantap dalam rangka pelaksanaan program Pemerintah secara menyeluruh d. Tugas Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. sehingga nantinya dapat tercapai suatu suasana kepemudaan yang dinamis yang didukung oleh partisipasi masyarakat luas dan kemantapan sistem pembinaan da pemngembangan generasi muda yang efektif dan efisien. menjangkau segenap generasi muda. Banyak sekali lembaga/substansi/oknum yang terkait dalam kegiatan dan upaya pengembangan generasi muda. Mengkoordinasikan kegiatan di bidang generasi muda dan olahraga dari berbagai instansi pemerintah. teratur. 2.2 Lembaga/Substansi/Oknum yang terkait dalam kegitan pengembangan generasi muda Dalam kegiatan dan upaya pengembangan generasi muda. tentunya tak akan bisa terwujud tanpa bantuan dan campur tangan lembaga/substansi/oknum yang terkait/terlibat. Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

dan Kesehatan yang dilaksanakan dari Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi .Meningkatkan gerakan pemassalan dan pembibitan olahraga untuk seluruh jenjang pendidikan Taman Kanak Kanak sampai dengan Perguruan Tinggi. Melaksanakan mata pelajaran Pendidikan Jasmani. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan fungsi: a. Dalam melaksankan tugas tersebut. Olahraga.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->