PENGARUH LIRIK LAGU TERHADAP PERILAKU PACARAN REMAJA

Author: SUHADIANTO | Posted at: 19:12 | Filed Under: Delinkuen, Remaja |

http://suhadianto.blogspot.com/2009/05/pengaruh-lirik-lagu-terhadap-perilaku.html
Tadi pagi sebelum mulai mengajar saya mengajukan beberapa pertanyaan kepada murid-murid saya di SMP Ta’miriyah Surabaya. Teh botol ?... Pasta gigi ?... Yamaha ?... Anda pasti tau jawaban apa yang diberikan oleh murid-murid saya, sebab kalau pertanyaan ini saya ajukan kepada anda, anda pun pasti akan memberikan jawaban yang sama kepada saya. Mereka serentak memberikan jawaban: Sosro Pepsoden Jupiter Saya yakin saat ini anda sedang menganggukkan kepala tanda setuju, bahwa anda juga memiliki jawaban yang sama terhadap beberapa pertanyaan di atas. Lalu kenapa semua murid saya, anda dan bahkan mungkin juga saya memiliki jawaban yang sama atas pertanyaan tersebut ?. Tidak lain karena iklan teh botol sosro, iklan pasta gigi pepsoden, dan iklan Yamaha Jupiter telah mempengaruhi alam bawah sadar kita. Salah satu ungkapan yang sangat populer dari Sigmund Freud pendiri aliran psikologi analisis adalah apa yang disebutnya dengan FENOMENA GUNUNG ES. Menurut Freud, alam kesadaran atau perilaku yang tampak dari individu hanyalah bagian kecil dari pribadi individu tersebut, bagian terbesar dari pribadi atau kepribadian atau diri atau aku atau Ego (istilah Freud) adalah apa yang disebut sebagai alam bawah sadar (kondisi ini dalam istilah Freud disebut dengan FENOMENA GUNUNG ES). Menurut Freud, alam bawah sadar inilah yang mempengaruhi munculnya sebuah perilaku dan menurut Freud sumber alam bawah sadar dapat diperoleh melalui introjeksi dari nilai-nilai sosial oleh orang tua atau lingkungan. Dengan kata lain semua yang pernah dialami oleh seseorang, baik pengalaman yang menyenangkan maupun pengalaman yang tidak menyenangkan, selanjutnya akan disimpan dalam alam bawah sadar. Semua pengalaman yang telah disimpan dalam alam bawah sadar tersebut selanjutnya akan muncul kedalam bentuk perilaku jika mendapat rangsangan atau stimulasi dari luar yang memiliki asosiasi atau hubungan dengan pengalaman tersebut. Sebagai contoh: Anna O tiba-tiba teriak histeris saat melihat darah, kenapa perilaku tersebut dapat terjadi ?...Beberapa tahun yang lalu pada saat Anna O pulang dari sekolah dia mendapati kedua orang tuanya terkapar di lantai dengan berlumuran darah, sejak saat itu Anna O tidak berani melihat darah…

dll. seperti media massa. disebut dengan exo sistem. teman sebaya.. televisi. tradisi. Lirik lagu yang saat ini lebih didominasi oleh tema-tema percintaan tentu sangat pas dengan kondisi dan kebutuhan remaja yang secara psikologis sedang mengalami perkembangan psikoseksual dan secara biologis telah mengalami kematangan secara hormonal. dst. Berdasar pada pandangan Brofenbrenner diatas. Missing Lyric. telah sangat jelas bahwa tayangan program musik seperti Tangga lagu. tetangga. Happy Song dan seabrek program musik lain yang saat ini sedang mendominasi tayangan televisi kita akan berpengaruh terhadap perilaku pacaran dikalangan remaja. Faktor-faktor dari luar diri yang dapat mempengaruhi perilaku tersusun dalam lingkaran-lingkaran yang berlapis.Jadi perilaku histeris pada Anna O adalah disebabkan oleh pengalaman masa lalu yang telah disimpan di bawah kesadaran. disebut dengan meso-sistem yaitu interaksi antara faktor-faktor dalam lingkaran pertama. Dimana remaja telah mengalami ketertarikan dengan lawan jenis dan memiliki . dst. disebut dengan lingkaran mikro-sistem yang terdiri atas keluarga. tempat penitipan anak. guru. so what gitu loh. adat.Lingkaran ke tiga. dikenal sebagai seorang Ekolog melalui salah satu karyanya yang dipublikasikan pada tahun 1979 – 1989). Kenapa para remaja ketika itu selalu berceloteh so what gitu loh?. sekolah.karena lirik lagu tersebut telah menjadi pengalaman dan telah tersimpan dalam alam bawah sadar setiap orang yang mendengar lagu tersebut. 4.Lingkaran ke empat. BAGAIMANA PROGRAM MUSIK DI TV DAPAT MEMPENGARUHI PERILAKU PACARAN DIKALANGAN REMAJA ? Anda pasti ingat dengan penggalan lirik lagu berikut “…so what gitu loh.”. yaitu hokum. pada saat lagu tersebut lagi booming.Lingkaran ke dua. disebut dengan makro sistem. sedikit-sedikit para remaja kita berceloteh so what gitu loh. Menurut Brofenbrenner.. mungkin anda juga termasuk yang terpengaruh dengan lirik lagu tersebut atau mungkin anda termasuk dari beberapa orang yang dibuat risih oleh celotehan tersebut. dan pengalaman tersebut akan muncul kedalam bentuk perilaku berceloteh so what gitu loh pada saat mendapat rangsangan yang berasosiasi dengan pengalaman tersebut. 3.Lingkaran pertama. 2. Anda juga pasti belum lupa. Kenapa pada saat ada ungkapan teh botol para murid serempak menjawab sosro ? karena para murid telah memiliki pengalaman mengenai iklan teh botol sosro. so what gitu loh. 1. yaitu lingkaran yang tidak langsung menyentuh diri anak tetapi masih besar pengaruhnya.

sepuluh tahun yang lalu jumlah remaja yang berpacaran tidak sebanyak saat sekarang karena sepuluh tahun lalu program musik di TV tidak sebanyak sekarang. Coba anda amati. Mak…Jomblangin Doonk DE EL EL ....tanyakan saja pada lirik lagu dan tayangan sinetron yang saat ini didominasi oleh sinetron dengan tema percintaan. seabrek program musik di atas. benarkah kalau anda tidak pernah merasakan bahwa ada salah satu lirik lagu yang mewakili perasaan anda?. tetapi keesokan harinya dia nyambung kembali dengan sang pacar (mungkin terpengaruh dengan penggalan lagu putus nyambung putus nyambung). tetapi sekarang ini remaja SMP yang tidak punya pacar yang akan malu dengan teman-temannya.. Dalam pandangan Freud. pengalaman-pengalaman tersebut selanjutnya akan disimpan ke dalam alam bawah sadar dan akan muncul dalam bentuk perilaku jika memperoleh rangsangan dari luar. Percaya?. Sepuluh tahun lalu remaja masih malu jika sudah punya pacar saat duduk di bangku SMP. yang secara umum didominasi oleh lirik dengan tema-tema percintaan selanjutnya akan memberi pengalaman pada pendengarnya. Sepuluh tahun lalu pacaran masih sedikit malu..... tanyakan saja pada program CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali).. saya terpengaruh dengan lirik lagu wali). tapi bagaimana dengan sekarang ?. Sebagai contoh: banyak sekali remaja kita yang hari ini telah bertekat bulat memutuskan hubungannya dengan pacar.tidak percaya?..... benarkah anda tidak terpengaruh dengan lirik lagu ?. Sepuluh tahun lalu mengungkapkan cinta tidak mesti harus dengan ciuman.. tapi bagaimana dengan sekarang?.dorongan seksual yang begitu kuat. Back Street.... coba introspeksi diri anda sebentar saja. Kalau saya seratus persen percaya bahwa lirik lagu dapat berpengaruh terhadap perilaku pacaran dikalangan remaja.. dia bilang pacarnya bajingan (pada saat menggunakan kata bajingan.

Secara alamiah. Sehingga. bahwa anak yang rajin dan patuh pada orang tua merupakan anak yang baik dan memberikan kebahagiaan bagi orang tua. lagu dianggap sebagai salah satu sarana yang paling baik untuk menyampaikan pesan yang mudah ditangkap. sepedaku roda dua Kudapat dari Ayah karena rajin bekerja Tuk-tuk-tuk Ada sepatu. Anak-anak yang melantunkannya akan menanamkan dalam benak mereka.org/psikologi-anak/pengaruh-lagu-terhadap-psikologi-anak/ “Kring! Kring! Kring! Ada Sepeda. 2011 http://anakanak.” (Lagu Anak: Kring Ada Sepeda) Sebuah pesan moral yang dalam terselip dari lagu anak yang sederhana tersebut. manusia diciptakan . anak-anak belajar dengan cara audio (mendengar). visual (melihat) dan kinetik (percobaan). Menurut buku Quantum Learning.Pengaruh Lagu Terhadap Psikologi Anak Posted by admin on January 15th. sepatuku sepatu baru Kudapat dari Ibu karena rajin membantu.

beberapa hari kemudian saya berusaha browsing di internet untuk mencari syair lagu tersebut. Seperti saat ini. Kebanyakan anak sangat senang melantunkannya padahal makna syair dari lagu tersebut sangatlah binal dan blak-blakan tentang hubungan cinta muda-mudi. Apalagi bagi psikologi anak. kebanyakan lebih memilih mengkonsumsi lagu dewasa. Apakah lagu seperti ini pantas dilantunkan anak-anak umur 3 atau 5 tahun? Keponakan saya pernah bertanya. Keong Racun itu kayak apa?” Saya hanya bisa tersenyum menjawabnya. Rasa penasaran mengganggu saya. semakin sering seseorang mengulang syair lagu tersebut. industri musik Indonesia sangat minim yang memproduksi lagu anak. Dari pertanyaan yang diajukan keponakan. Cinta Satu Malam atau Keong Racun. lagu yang dikonsumsi akan mempengaruhi diri anak yang bersangkutan. Lagu dewasa yang tersebar di pasar ternyata tidak melulu dikonsumsi oleh orang dewasa. . malah lebih banyak dikonsumsi anak-anak. biasanya semakin seseorang meresapkan nilai yang terkandung di dalamnya.untuk menyenangi musik. lagu itu terlalu vulgar untuk dilantunkan anak. karena memang tidak tahu. “Umi. Lagu berlaku seperti sebuah doktrin. saya menyadari bahwa anak tidak sekedar melantunkan lagu. terbukti bahwa setiap orang bisa bersenandung walaupun hanya di dalam kamar mandi. Dan menurut pemahaman saya. dia juga berusaha mencerna. merupakan lagu cinta yang saat ini sedang laris.

seorang musisi dan pendidik mengatakan.Pengaruh Musik Pada Anak Friday. Sampai usia 4 tahun. Tingkat kedisiplinan anak yang sering mendengarkan musik juga lebih baik dibanding dengan anak yang jarang mendengarkan musik. terutama musik klasik sangat mempengaruhi perkembangan IQ (Intelegent Quotien) dan EQ (Emotional Quotien).bayisehat. pembentukan jiwa. musik klasik yang mengandung komposisi nada berfluktuasi antara nada tinggi dan nada rendah akan merangsang kuadran C pada otak.pdf PENELITIAN membuktikan bahwa musik. Seorang anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan lebih berkembang kecerdasan emosional dan intelegensinya dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. "Dasar-dasar musik klasik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak. Grace Sudargo. . Yang dimaksud musik di sini adalah musik yang memiliki irama teratur dan nada-nada yang teratur. 15 December 2006 06:10 Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/bayiseha/public_html/plugins/sy stem/ki_mootools_control. bahkan raga manusia". karakter.php on line 5 6 http://www.com/child-development-mainmenu-35/69pengaruh-musik-pada-anak. bukan nada-nada "miring". Penelitian menunjukkan.

Sedangkan harmony sangat mempengaruhi roh. Bahkan di luar negeri. Yang satu diletakkan dekat dengan pengeras suara (speaker) yang menyajikan . Itu suatu bukti. ujar Ev. yang memiliki irama (ritme) yang teratur. Andreas Christanday dalam suatu ceramah musik. Dan tubuh itu mengikutinya seakan tanpa rasa lelah. bahwa ritme sangat mempengaruhi jiwa manusia. manusia mendengar harmony dari suara-suara alam disekelilingnya. cobalah mendengarkan musik yang indah. selalu terdengar harmony (melodi) yang menyayat hati. dan harmony". Perasaan kita akan lebih enak dan enteng. Jika kita menonton film horor. Contoh paling nyata bahwa beat sangat mempengaruhi tubuh adalah dalam konser musik rock. Dalam ritual-ritual keagamaan juga banyak digunakan harmony yang membawa roh manusia 1/2 Pengaruh Musik Pada Anak Friday. bahkan cenderung lepas kontrol. Kita masih ingat dengan "head banger". "Musik sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Jika hati kita sedang susah. ritme mempengaruhi jiwa. Andreas Christanday. "Beat mempengaruhi tubuh. sedangkan harmony mempengaruhi roh". Di dalam meditasi. Semuanya bergoyang dengan dahsyat.kuadran B dan C pada otak anak-anak akan berkembang hingga 80 % dengan musik. "Musik yang baik bagi kehidupan manusia adalah musik yang seimbang antara beat. ritme. suatu gerakan memutarmutar kepala mengikuti irama music rock yang kencang. Seorang ahli biofisika telah melakukan suatu percobaan tentang pengaruh musik bagi kehidupan makhluk hidup. pihak rumah sakit banyak memperdengarkan lagulagu indah untuk membantu penyembuhan para pasiennya. Musik memiliki 3 bagian penting yaitu beat. dan harmony". Bisa dipastikan tidak ada penonton maupun pemain dalam konser musik rock yang tubuhnya tidak bergerak. Dua tanaman dari jenis dan umur yang sama diletakkan pada tempat yang berbeda. yang membuat bulu kuduk kita berdiri. ritme. 15 December 2006 06:10 masuk ke dalam alam penyembahan. demikian kata Ev.

"Jikalau Anda merasakan hari ini begitu berat. Tanaman yang berada di dekat speaker lagu-lagu rock menjadi layu dan mati. Gemuruh ombak di laut. Jangan-jangan Anda belum mendengarkan musik dan bernyanyi". deru angin di gunung. Wulaningrum Wibisono.Psi mengatakan.lagu-lagu slow rock dan heavy rock. sedangkan tanaman yang berada di dekat speaker lagu-lagu indah tumbuh segar dan berbunga. Suatu bukti nyata bahwa musik sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup.iqeq.id) 2 . Dan sudah terbukti. Alam semesta tercipta dengan musik alam yang sangat indah. dan rintik hujan merupakan musik alam yang sangat indah.web. bagaimana pengaruh musik alam itu bagi kehidupan manusia. S. coba periksa lagi hidup Anda pada hari ini. sedangkan tanaman yang lain diletakkan dekat dengan speaker yang memperdengarkan lagu-lagu yang indah dan berirama teratur. (Sumber: www. Dalam beberapa hari terjadi perbedaan yang sangat mencolok.

tut… tut. yg begini ini yg parah! mengajarkan anak-anak kalo sudah dewasa maunya gratis melulu. “Naik kereta api tut.kiri kanan kulihat saja.prok.. “Di pucuk pohon cempaka.Dampak Lagu Anak-Anak Terhadap Perkembangan Jiwa Anak By sangprabv Leave a Comment Categories: Artikel http://sangprabv..li. “Aku seorang kapiten… mempunyai pedang panjang…kalo berjalan prok. .. burung kutilang berbunyi..” itu baru agak sesuai dgn kondisi pedangnya yang panjang! 2. tentang bagaimana lagu-lagu anak-anak Indonesia.” Ini juga menyesatkan dan tidak mengajarkan kepada anak2 akan realita yg sebenarnya. habis mandi ku tolong ibu. Surabaya. ayo kawanku lekas naik...... “Naik-naik ke puncak gunung.wordpress. li.. srek. banyak pohon cemara.. “nah.com/2009/01/21/dampak-lagu-anak-anak-terhadap-perkembanganjiwa-anak/ Diambil dari berbagi sumber. bisanya cuma noleh ke kiri ke kanan aja. Sehabis mandi seharusnya si anak pakai baju dulu dan tidak langsung membersihkan tempat tidur dalam kondisi basah dan telanjang! 3. srek. tidak lupa menggosok gigi.. . membersihkan tempat tidurku... itu baru klop! jika ingin cerita tentang pedangnya. semangat dan motivasi! Pada awal lagu terkesan semangat akan mendaki gunung yang tinggi tetapi kemudian ternyata setelah melihat jalanan yg tajam mendaki lalu jadi bingung dan gak tau mau berbuat apa. Harusnya dia tetap konsisten. misal jika ingin cerita tentang sepatunya seharusnya dia bernyanyi : “mempunyai sepatu baja (bukan pedang panjang).. kalo berjalan prok...... prok… aku seorang kapiten!” Perhatikan di bait pertama dia cerita tentang pedangnya.” Perhatikan setelah habis mandi langsung membersihkan tempat tidur.gondal. tinggi. 2X” Lagu ini dapat membuat anak kecil kehilangan konsentrasi. bersiul2 sepanjang hari dg tak jemu2.prok. ... Pantesan PJKA rugi terus! terutama jalur Jakarta-Bogor ! 5. keretaku tak berhenti lama” Nah .. .. atau srek.. prok. bolehlah naik dengan naik percuma.. siapa hendak turut ke Bandung .. “Bangun tidur ku terus mandi.li. …gandul. tapi di bait kedua dia cerita tentang sepatunya (inkonsistensi) ..mengangguk2 sambil bernyanyi tri li li…li.. gak maju2! 4. yang katanya membawa dampak psikologis bagi sang anak: 1. tinggi sekali. harusnya dia bernyanyi : “mempunyai pedang panjang… kalo berjalan ndul. Lagu ini membuat anak-anak tidak bisa terprogram secara baik dalam menyelesaikan tugasnya dan selalu terburu-buru.

bukan anak kecil. menanam jagung dikebun kita…” Kalo mau nanam jagung. ngapain nyangkul dalam-dalam.cuit. “Pok ame ame. cuit ! kalo tri li li li li itu bunyi kalo yang nyanyi orang (catatan: acara lagu anak2 dgn presenter Agnes Monica waktu dia masih kecil adalah Tra la la trili li!). emang mo bikin sumur? .. “Pada hari minggu ku turut ayah ke kota ...Burung kutilang itu kalo nyanyi bunyinya cuit.naik delman istimewa ku duduk di muka” Nah. gak sopan khan. “Ibu kita Kartini…Harum namanya” Namanya Kartini atau Harum? 10. siang makan nasi.” Ini jelas lagu orang dewasa dan bukan untuk konsumsi anak2! karena yg disebutkan di atas itu adalah kegiatan orang dewasa. lah kalo malem emang warna langitnya biru? 9.masa duduk di muka ?? dipangku aatu digendong kek ! ! ! 11. Kalo anak kecil. “Nina bobo nina bobo oh nina bobo… kalau tidak bobo digigit nyamuk” Menurut psikolog: jadi sekian tahun anak2 indonesia diajak tidur dgn lagu yg penuh nada mengancam 8. gak pagi … gak malem ya minum susu! 7. cangkul yang dalam. jadi …..... kalo malam minum susu. “Cangkul-cangkul. “Bintang kecil dilangit yg biru…” Bintang khan adanya malem. karena belom boleh maem nasi. bukan burung! 6. belalang kupu2.

karena perkembangan industri lagu yang semakin menjamur. Sejak kecil.html Anda tentu mengenal lagu anak-anak yang berjudul Bintang Kecil bukan? Lagu tersebut merupakan salah satu dari sekian lagu anak-anak yang diajarkan di taman kanak-kanak. anak-anak perlu dikenalkan terhadap musik. Namun tetap saja. Bahkan beberapa taman kanak-kanak telah mengajarkan lagu anak-anak berbahasa Inggris. karena musik dapat menjadi pemicu emosi positif dengan efek jangka panjang bagi otak manusia dan ini merupakan hal penting bagi ibu bapak yang baru punya anak. Musik berbicara dengan menggunakan bahasa yang secara insting dapat dimengerti oleh anak-anak. dan sebagainya. . Efek tersebut tidak hanya berlaku bagi anak-anak namun hingga orang dewasa sekali pun. Sebut saja Balonku. memiliki efek yang kuat bagi emosi manusia. Pelangi. Burung Kakak Tua. mengetahui. anak-anak tersebut diajarkan untuk mengenal. Tahukah Anda mengapa? Hal ini karena sebuah lagu. Kita mungkin sudah jarang mendengarnya saat ini. 2010 http://anakanak.Lagu Anak-Anak By admin | MAY 11. dan menyanyikan lagu anak-anak.info/lagu-anak-anak. yang direpresentasikan dalam bentuk musik.

Mereka perlu mendengarkan lagu-lagu yang sesuai dengan emosi mereka seperti yang sering digambarkan pada lagu anak-anak.Musik menarik mereka untuk terbawa dalam suasana alunan musik. lirik. Maka itu anak-anak menjadi sangat kekurangan pilihan dalam mendengarkan lagu. ketukan yang dihasilkan pada iramanya. sehingga mereka menggali potensi kreatifitas dalam diri anak. serta mengeksplorasi emosi bagi yang mendengarkannya dan lagu anak dapat membantu anak cepat bicara. . Disamping sebagai stimulan. perkembangan fisik dan sosial. mencairkan mental. emosi. Walaupun begitu. Hasilnya yakni otak buah hati Anda akan tetap terstimulasi. dan memberikan antusiasme dan keahlian yang mereka butuhkan untuk melatih pribadi mereka sebagai individu. Sayang hingga saat ini industri musik Indonesia sangat jarang menghasilkan lagu anak-anak. Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat memberikan buah hati Anda kelas tambahan untuk belajar alat musik mulai dari usia 4 atau 5 tahun. lagu bagi anak-anak dan bagi kita semua yang mendengarkannya juga dapat menjadi sebuah hiburan. Dengan mempelajari sebuah alat instrumen musik menurut sebuah penelitian perkembangan otak bayi akan lebih memiliki efek dengan durasi yang lebih panjang daripada sekadar mendengarkan lagu.

Sehingga tidak mengherankan jika hampir 60% anak-anak lebih menguasai lagu-lagu orang dewasa dari pada lagu anak. Berikut merupakan beberapa aspek tujuan pembelajaran yang terdapat pada lagu anak yang mengajarkan budi pekerti. Tetapi akhir-akhir ini. Sedangkan mereka belum mampu memilih sendiri pesan lagu yang tepat bagi mereka. Dengan kata lain. Maka sebaiknya lagu anak dapat menjadi sebuah pembelajaran budi pekerti yang mengajarkan sopan satun dalam berprilaku. seiring dengan tingginya tingkat kesibukan orang tua akan semakin melemahkan pengawasan mereka terhadap anaknya. Lagu anak yang mengajarkan suatu budi pekerti memberikan pengaruh baik dalam pertumbuhan mereka. sehingga dapat mempengaruhi tingkat kematangan dan emosional mereka. Termasuk dalam pemilihan lagu yang layak dikonsumsi oleh anak. Sebab lagu anak yang tapat dapat mencakup semua aspek tujuan pembelajaran pada anak. . jiwa dan raga mereka.Lagu Anak Sebuah Tuntunan Budi Pekerti Posted by admin on January 15th. 1. Sebab mereka memiliki kemampuan alami dalam merespon dan menghafal suatu lagu lebih cepat dari pada orang dewasa. Kebanyakan orang tua telah menyadari bahwa kegiatan menyanyikan suatu lagu dapat menjadi media pembelajaran paling efektif bagi anak mereka.org/psikologi-anak/lagu-anak-sebuah-tuntunan-budi-pekerti/ Musik memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Aspek kognitif atau pemahaman dan pemikiran mereka terhadap pengetahuan tentang tingkah laku terpuji. Musik atau lagu dapat stimuli semua indra pada organ tubuh anak. dampak positif dalam lagu anak yang mengajarkan tenta ng suatu tindakan sopan santun dapat mempengaruhi pikiran. 2011 http://anakanak.

lagu rohani anak juga dapat menjadi salah satu alternatif lagu yang dapat menjadi sebuah tuntunan budi pekerti anak. yang tercermin dalam keterampilan berkomunikasi verbal atau non verbal sesuai dengan keadaan dan situasi. Sehingga menjadikan mereka sebagai anak yang memiliki sopan santun dalam berprilaku. Selain lagu komersial anak yang bertema tentang suatu tata cara berprilaku yang baik. Lagu tersebut sering menjadi inspirasi mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 3. Maka sebaiknya orang tua selalu memilihkan lagu dan membantu anak mereka dalam mengartikan pesan lagu tersebut. .2. Anak-anak yang gemar menyanyikan lagu bertemakan cara berprilaku yang terpuji. Aspek psikomotorik yakni kemampuan mereka dalam berprilaku sopan santun. cenderung memiliki kepribadian yang lebih baik. Aspek afektif yang menekankan pada pengaruh lagu anak terhadap emosi atau perasaan serta prilaku mereka.

namun lirik yang digunakan dalam pengkomposisian lagu pun menggunakan kata-kata yang sederhana. Biasanya liriknya berisi tentang keagungan Tuhan. Jika direlevansikan dengan keadaan anak-anak sekarang. Bahkan ada juga lagu anak yang penyampaiannya hanya diiringi dengan tepukan tangan atau pukulan benda yang menghasilkan satu jenis suara saja. Lagu anak indonesia yang berkembang dalam kehidupan adat-istiadat jaman dahulu cenderung menganut aliran musik klasik. sebagian besar lagu anak Indonesia dibawakan dengan aransemen yang ceria dan terkesan menyenangkan. piano dan alat musik modern lainnya. keindahan alam atau membahas tentang karakteristik suatu benda. Misalnya saja lagu anak yang berjudul pelangi-pelangi. Lagu ini dapat dinyanyikan dengan santai walau hanya diiringi dengan tepukan tangan saja. Banyak sekali lagu anak yang awalnya bergenre musik . Bukan hanya iringan musiknya saja yang masih tradisional. Lirik yang ditampilkan dalam lagu ini cenderung menggambarkan tentang keindahan alam serta keagungan Tuhan. Bahwasannya lagu anak-anak ini diciptakan dengan maksud tersendiri. Hanya saja jika lagu ini hanya dilantunkan dengan iringan tepuk tangan maka terdengar kurang menarik. Lagu anak-anak ini pada awalnya berkembang dari kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam. Di jaman modern seperti ini. 2011 http://anakanak.org/relevansi-lagu-anak/relevansi-lagu-anak-klasik-dengankeadaan-anak-sekarang/ Salah satu kekhasan dari kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa indonesia yaitu terletak pada lagu klasik anak-anak. lirik yang disajikan memang terbilang baik untuk memperkenalkan anak terhadap hal-hal dasar yang harus diketahui oleh anak. diantaranya untuk memperkenalkan generasi penerus terhadap kebudayaan setempat. drum. Anakanak sekarang cenderung menyukai musik-musik yang diiringi gitar.Relevansi Lagu Anak Klasik dengan Keadaan Anak Sekarang Posted by admin on January 15th.

pendidikan melalui musik akan lebih mudah diinterpretasi oleh otak anak serta akan cenderung bertahan lama dalam ingatan anak. semua lagu anak-anak baik itu lagu dari genre musik klasik ataupun musik modern mengandung nilai moral yang baik. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan selera anak-anak jaman sekarang. mendidik seorang anak melalui lagu akan lebih efektif jika dibandingkan dengan program pendidikan yang dilakukan secara langsung (spontan). Nilai moral yang disisipkan ke dalam lirik lagu anak-anak ini dimaksudkan untuk mendidik perkembangan psikologi seorang anak. Lagu anak yang bermunculan pada jaman modern seperti ini akan lebih diminati oleh anak-anak Indonesia. . Pada dasarnya. Menurut penelitian yang telah dikembangkan.klasik diaranseman ulang menjadi lagu bergenre pop. contohnya lagu-lagu religi anak. Bahwasannya.