Makalah Kimia

LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON ELEKTROLIT

disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah kimia

oleh Irfandi 1105106010007

JURUSAN TEKNIK PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DARUSSALAM, BANDA ACEH 2011

Ternyata garam dapur (NaCl) dalam bentuk larutan jika disambungkan dengan power supply dapat menghantarkan arus listrik dan membuat lampu menyala. Selain untuk memperkaya rasa masakan.ternyata garam dapur (NaCl) yang kita kenal selama ini mempunyai banyak kegunaan lain. selama ini kehidupan kita sangat berkaitan dengan berbagai zat kimia yang dapat kita temui dalam berbagai macam bentuk. dan natrium hidroksida. larutan gula.2 Rumusan Masalah 1. sedangkan zat yang lebih lebih banyak dari pada zat-zat lain di dalam larutan disebut pelarut atau solven. misalnya air suling. Larutan elektrolit dibagi lagi menjadi dua kelompok. amoniak. Zat yang jumlahnya lebih sedikit di dalam larutan diebut zat terlarut atau solut. asam asetat. yaitu larutan elektrolit dan larutannonelektrolit. Demikian juga halnya dengan larutan-larutan lainnya. asam sulfat. asam klorida. Apa yang dimaksud dengan larutan elektrolit dan larutan non elektrolit? 2. Tanpa kita sadari.BAB I PENDAHULUAN 1. Bagaimanakah cara menentukan apakah suatu larutan tergolong elektrolit atau non elektrolit? 3. Di antara larutan-larutan tersebut dibagimenjadi dua kelompok secara garis besar. sedangkan peruses pencampuran zat terlarut dan pelarut membentuk larutan disebut pelarutan atau solven. Salah satunya dalam bentuk larutan yang akan dibahas lebih jauh dalam makalah ini. natriumklorida. Apa saja contoh larutan elektrolit dan larutan non elektrolit? .Misalnya garam dapur (NaCl).1 Latar Belakang Larutan merupakan campuran zat homogen yang terdiri dari dua zat atau lebih zat. Komposisi zat terlarut dan pelarut dalam larutan dinyatakan dalam kosentrasi larutan. yaitularutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah. 1.

Dapat mengetahui contoh-contoh larutan elektrolit dan nonelektrolitdalam kehidupan sehari-hari . Menambah wawasan dalam larutan elektrolit dan nonelektrolit. 2.1.3 Tujuan 1. 3. Mengetahui cara menentukan apakah suatu larutan termasuk larutanelektrolit atau nonelektrolit.

1. Swedia.(aq) : 2. seluruh molekulnya terurai menjadi ion-ion (terionisasi sempurna). tetapi masih terdapat gelembung gas pada elektrodanya. Jadi. Hal ini disebabkan tidak semua terurai menjadi ion-ion (ionisasi tidak sempurna) sehingga dalam larutan hanya ada sedikit ion-ion yang dapat . Berdasarkan derajat ionisasinya larutan elektrolit dibedakan menjadi larutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah.2 Larutan Elektrolit lemah Larutan elektrolit lemah adalah larutan yang dapat memberikan nyala redup ataupun tidak menyala.1 Larutan Elektrolit dan Larutan Non Elektrolit Pada tahun 1884. karena mengungkapkan teori ini. Menurut Arrhenius. maka daya hantarnya kuat.1.BAB II PEMBAHASAN 2. larutan elektrolit dalam air terdisosiasi ke dalam partikel-partikel bermuatan listrik positif dan negatif yang disebut ion (ion positif dan ion negatif) Jumlah muatan ion positif akan sama dengan jumlah muatan ion negatif. Karena banyak ion yang dapat menghantarkan arus listrik. larutan elektrolit merupakan larutan yang dapat menghantarkan arus listrik sedangkan larutan non elektrolit merupakan larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Contoh: NaCl(s) → Na+ (aq) + Cl. Ion-ion inilah yang bertugas mengahantarkan arus listrik.1 Larutan Elektrolit Kuat Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat memberikan lampu terang dan timbul gelembung gas. Pada larutan elektrolit kuat. sehingga muatan ion-ion dalam larutan netral. Svante Arrhenius. ahli kimia terkenal dari Swedia mengemukakan teori elektrolit yang sampai saat ini teori tersebut tetap bertahan padahal ia hampir saja tidak diberikan gelar doktornya di Universitas Upsala. ionisasi elektrolit kuat ditandai dengan anak panah satu arah ke kanan. pada persamaan reaksi. 2.

Pengamatan Jenis Larutan Nyala Lampu Terang Redup Tidak Menyala Gelembung Gas Banyak Sedikit Tidak Ada Elektrolit Kuat Elektrolit Lemeh Non Elektrolit 2.menghantarkan arus listrik. Berikut adalah tabel yang menentukan larutan tersebut.2 Cara Menentukan Apakah Suatu Larutan Tergolong Elektrolit Atau N Non Elektrolit Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat memberikan lampu menyala dan timbulnya gelembung gas sedangkan larutan non elektrolit Larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik dan tidak menimbulkan gelembung gas. Larutan yang akan dicoba dihubungkan dengan suatu elektroda dan kawat yang dihubungkan dengan bola lampu. Pada larutan non elektrolit. sehingga tidak ada ion yang bermuatanyang dapat menghantarkan arus listrik. larutan di bedakan atas larutan elektrolit kuat. lemah dan larutan non elektrolit dapat di nyatakan melalui sebuah percobaan. Di laboratorium kimia. H2CO3. dan NH4OH : 2. Dalam persamaan reaksi. larutan elektrolit lemah dan larutan non elektrolit. molekul-molekulnya tidak terionisasi dalam larutan.3 Contoh Larutan Elektrolit dan Larutan Non Elektrolit Berdasarkan penjelasan di atas. . HF. Pengamatan terhadap nyala lampu dapat disimpulkan apakah suatu larutan bersifat elektrolit non elektrolit.(aq) + H+ (aq) Contoh senyawa yang termasuk elektrolit lemah : CH3COOH. ionisasi elektrolit lemah ditandai dengan panah dua arah (bolak-balik). HCOOH. Contoh CH3COOH(aq) ↔ CH3COO. perbedaan antara larutan elektrolit kuat.

Ba(OH)2 dan lain-lain. Larutan alkohol . c. seperti : HCl. yaitu basa-basa golongan alkali dan alkali tanah. seperti : CH3COOH. H2S dan lain-lain b.2 Contoh Larutan Elektrolit Lemah Larutan elektrolit lemah adalah larutan yang daya hantar listriknya lemah dengan harga derajat ionisasi sebesar: O Yang tergolong elektrolit lemah: a. Al2(SO4)3 dan lain-lain 2. Ni(OH)2 dan lain-lain c.3 Contoh Larutan Non Elektolit Larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Basa-basa lemah seperti : NH4OH. KI. Yang tergolong elektrolit kuat adalah : a. Laarutan Urea b. Larutan glukosa d. seluruhnya berubah menjadi ion-ion (alpha = 1). seperti: NaCl. Basa-basa kuat. Ca(OH)2.3. Garam-garam yang mudah larut. H2CO3. HCl3. Garam-garam yang sukar larut. Asam-asam kuat. PbI2 dan lain-lain 2. karena zat terlarutnya di dalam pelarut tidak dapat menghasilkan ion-ion (tidak mengion). seperti : AgCl. H2SO4 dan lain. HCN. karena zat terlarutnya didalam pelarut (umumnya air).lain b. Asam-asam lemah. Larutan Sukrosa c.3. seperti: NaOH.3. KOH.1 Contoh Larutan Elektrolit Kuat Larutan elektrolit kuat adalah larutan yang mempunyai daya hantar listrik yang kuat.2. CaCrO4. Tergolong ke dalam jenis ini mislnya: a.

Sebagai pelajar yang sedang menuntut ilmu tentunya masih sangat banyak kekurangan dan belum menemukan hal-hal yang berkaitan dengan pembahasan dimakalah ini. Berdasarkan daya hantar listrik larutan dapat dibedakan menjadi larutan elektroli dan lartuan non elektrolit larutan elektrolit merupakan larutan yang dapat menghantarkan arus listrik sedangkan larutan non elektrolit merupakan larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. . penulis sangat berharap kepada kita semua untuk tidak hanya puas dengan materi ini saja karena materi ini begitu singkat. oleh karena itu.2 Saran Selama ini kehidupan kita sangat berkaitan dengan berbagai zat kimia yang dapat kita temui dalam berbagai macam bentuk. 3.BAB III PENUTUP 3. marilah kita mencari dan mengkaji ilmu yang lebih banyak agar kita tidak termasuk dalam orang-orang yang mengetahui tentang zat-zat kimia dalam kehidupan kita sehari-hari. Berdasarkan derajat ionisasinya larutan elektrolit dibedakan menjadi larutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah.1 Kesimpulan Larutan merupakan campuran zat homogen yang terdiri dari dua zat atau lebih zat di mana kompisis pelarlutnya lebih banyak dibandingkan zat yang terlarut.

com .DAFATAR PUSTAKA Goldberg. E. 2007. Kimia 2B untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga www. M. D. Kimia untuk Pemula Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga Purba. 2007.wikipedia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful