P. 1
manajemen industri

manajemen industri

|Views: 271|Likes:
Published by Bagus Wicaksono
Manajemen operasi dan manajemen produks
Manajemen operasi dan manajemen produks

More info:

Published by: Bagus Wicaksono on May 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2015

pdf

text

original

SOAL LATIHAN UAS MATA KULIAH : MANAJEMEN INDUSTRI

1. Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen produksi dan operasi Jawab: a. Menurut Richard B. Chase dan Nicholas J. Aquilano (1981:4-5), manajemen operasi dapat didefiniskan sebagai pelaksanaan kegiatan-kegiatan manajerial yang dibawakan dalam pemilihan, perancangan, pembaharuan, dan pengawasan sistem-sistem produktif. b. Manajemen produksi merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengkoordinasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. c. Manajemen produksi dan operasi merupakan usaha-usaha pengelolaan secara optimal penggunaan sumber daya-sumber daya (atau sering disebut faktor-faktor produksi) meliputi tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah dan sebagainya dalam proses transformasi bahan mentah dan tenaga kerja menjadi berbagai produk atau jasa.

2. Menurut Richard B. Chase dan Nicholas J. Aquilano (1981:4-5), manajemen operasi dapat didefiniskan sebagai pelaksanaan kegiatan-kegiatan manajerial yang dibawakan dalam pemilihan, perancangan, pembaharuan, dan pengawasan sistem-sistem produktif. Jelaskan masing-masing kegiatan tersebut di atas secara singkat. Jawab : a. Pemilihan, keputusan strategi yang menyangkut pemilihan proses malalui mana berbagai barang dan jasa akan diproduksi dan disediakan. b. Perancangan, keputusan-keputusan taktikal yang menyangkut kreasi metodametoda pelaksanaan suatu operasi produktif. c. Pengoperasian, keputusan-keputusan perencanaan tingkat keluaran jangka panjang atau dasar forecast permintaan dan keputusan-keputusan scheduling pekerjaan dan pengalokasian karyawan jangka pendek.

Aliran garis mempunyai ciri bahwa aliran proses dari bahan mentah sampai menjadi produk akhir dan urutan operasi-operasi yang digunakan untuk menghasilkan produk atau jasa selalu tetap.  Aliran Proyek. Pengawasan. Macam-macam OHP dan contohnya :  Biaya Depresiasi Semua aktiva tetap (kecuali tanah) yang dimiliki dan diguanakan oleh perusahaan untuk beroperasi. Dalam hal ini. prosedur-prosedur yang menyangkut pengambilan tindakan korektif dalam operasi-operasi produksi barang atau penyediaan jasa. Jelaskan yang dimaksud dengan biaya overhead pabrik (OHP) dan sebutkan macammacam OHP dan berikan contoh Jawab : Biaya overhead pabrik adalah biaya-biaya bahan tak langsung. Jawab :  Aliran garis. peluru dan gedung. biaya akhir. Bentuk operasi-oprasi proyek digunakan untuk memproduksi produkproduk khusus atau unik. hasil produksi atau tujuan. 3. yaitu: aliran garis. Suatu proses aliran intermiten mempunyai ciri produksi dalam kumpulan-ku mpulan atau kelompok-kelompok barang yang sejenis pada interval-interval waktu yang terputus-putus. 4. teknologi dan manajemen. Setiap unit produk-produk tersebut dibuat sebagai sebagai barang tunggal. Pembaharuan. akan semakin menyusut nilainya bersamaan dengan berjalannya . tujuan-tujuan organisasional. buruh tak langsung dan biaya pabrik lainnya yang tidak secara mudah diidentifikasikan atau dibebankan langsung pada suatu pekerjaan. dan aliran proyek. pesawat terbang. Berdasarkan karakteristik aliran proses atau urutan operasinya dibedakan menjadi tiga tipe aliran. produk harus distandarisai dengan baik dan harus mengalir dari satu operasi atau tempat kerja ke operasi berikutnya dengan urutan yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk operasi-operasi aliran garis. seperti kapal.  Aliran Intermiten (Job Shop). implementasi perbaikan-perbaikan yang diperlukan dalam sistem produktif berdasarkan perubahan-perubahan permintaan.d. aliran intermiten (job shop). e. peralatan dan tenaga kerja diatur atau diorganisasi dalam pusat-pusat kerja menurut tipe-tipe keterampilan atau peralatan yang serupa.

waktu.  Biaya kesejahteraan karyawan Bagian dari kewajiban perusahaan memberikan tunjangan kehidupan karyawan atas pengabdian terhadap perusahaan. Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen persediaan dan sebutkan tujuan dari persediaan. biaya bahan habis pakai dan harga perolehan jasa dari pihak luar perusahaan untuk keperluan perbaikan dan pemeliharaan emplasemen.  Biaya listrik Biaya overhead ini merupakan kewajiban perusahaan kepada pihak luar dalam proses pembayaran.  Biaya asuransi Biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menjamin perusahaan bila terjadi halhal yang tidak diinginkan. bangunan pabrik. Sebab-sebab terjadi penyusutan itu bias bermacam-macam.  Biaya pengelolaan limbah Biaya ini pada umumnya hanya memberikan jas pelayanan kepada suatu proses produksi. pengaruh iklim.  Biaya reparasi dan pemeliharaan Berupa biaya suku cadang. menjadi tua. Tujuannya adalah untuk merencanakan dan mengendalikan tingkat persediaan agar dapat melayani kebutuhan atau permintaan dari waktu ke waktu serta dapat meminimumkan biaya total perusahaan. .  Biaya training dan transportasi Merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produksi. seperti: kebakaran. dan sebagainya. Jawab : Manajemen Persediaan adalah pengelolaan suatu produk yang dicadangkan untuk mencukupi kebutuhan dalam kondisi tertentu. 5.  Biaya bank Adalah biaya atau bagian darai kewajiban perusahaan kepada pihak luar dan biaya itu sendiri merupakan bagian integral dari produksi. perumahan. seperti: susut karena dipakai. mesin-mesin dan kendaraan.

output dari MRP adalah a. Memberikan indikasi untuk penjadwalan ulang. Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen pemasaran dan sebutkan fungsinya. Jelaskan yang dimaksud dengan produktivitas tenaga kerja dan bagaimana mengukur produktivitas tenaga kerja tersebut. yaitu perbandingan antara hasil yang diperoleh (output) dengan jumlah sumber kerja yang digunakan (input). gambarkan MRP sebagai timbangan yang berfungsi sebagai penyeimbang antara kebutuhan dan pemenuhan kebutuhan kemudian jelaskan secara singkat. yaitu MPS. Memberikan catatan tentang pesanan yang harus dilakukan atau direncanakan baik dari pabrik sendiri atau supplier b. MPS merupakan proses alokasi untuk membuat sejumlah produk yang diinginkan dengan memperhatikan “kapasitas” yang dipunyai (pekerja. Memberikan indikasi untuk pembatalan atas pesanan. jika hasil yang diperoleh relatif lebih kecil daripada input yang digunakan. mesin dan bahan). 7. c. d. Struktur produk berisi informasi tentang hubungan antara komponen dalam suatu perakitan. Jawab : . catatan keadaan persediaan dan struktur produk. Output MRP Secara umum. 8. Catatan keadaan persediaan menggambarkan status semua item yang ada dalam persediaan. Produktivitas pekerja dikatakan tinggi jika hasil yang diperoleh lebih besar dari input yang digunakan. Sebaliknya produktivitas pekerja dikatakan rendah. MRP merupakan salah satu metode pengendalian persediaan.6. Jawab : Pengertian produktivitas tenaga kerja. Jawab : Input MRP Ada tiga input pada suatu MRP. Memberikan indikasi untuk keadaan persediaan.

karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik c. Konsep Pemasaran Sosial . performansi dan ciri-ciri yang terbaik. d. Jelaskan secara singkat masing-masing konsep tersebut. Konsep Produk Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu. Konsep Penjualan Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen dengan dibiarkan begitu saja. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas. Konsep Produksi Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. perencanaan. dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler. Semua kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui. 1980). Konsep Pemasaran Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan efektif dan efisien dibandingkan para pesaing. e.Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan. penetapan harga dan pemberian jasa. karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka. organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. komunikasi-promosi. distribusi. 9. landasan manajemen pemasaran dikelompokkan dalam lima konsep alternative. melayani. b. pengembangan produk. Jawab : a. memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen. Menurut Kotler (1997). Fungsi manajemen pemasaran adalah melakukan riset konsumen. pelaksanaan.

Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan. Jawab : Berikut penjelasan dari metode dalam menyelesaikan proyek : a. Kegiatan yang digambarkan sebagai titik pada jaringan dan peristiwa yang menandakan awal atau akhir dari kegiatan digambarkan sebagai busur atau garis antara titik. Contoh metode bagan GANTT : . 11. Dari soal no 10. Jelaskan seacara singkat masing-masing metode tersebut dan jelaskan perbedaanya. Jawab : a. b. Metode-metode yang digunakan dalam menyelesaikan pembangunan proyek meliputi: Metode Bagan GANTT (GANTT Chart). meningkatkan jadwal bila diperlukan dan merevisi kemajuan-kemajuan saat proyek telah dijalankan. c. metode analisa jaringan (network analysis) seperti PERT (Program Evaluation and Review Technique) dan CPM (Critical Path Method). Metode PERT merupakan suatu program (sama dengan proyek) diwakili lewat simpul jaringan dan tanda panah yang kemudian dievaluasi untuk menentukan kegiatan-kegiatan terpenting. Panjang masing-masing kotak menunjukkan panjang relatif tugas-tugas yang dikerjakan. berikan contoh dari masing-masing metode tersebut diatas. keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat. Merupakan suatu grafik dimana ditampilkan kotak-kotak yang mewakili setiap tugas atau kegiatan. Metode CPM (Critical Path Method) merupakan model kegiatan proyek yang digambarkan dalam bentuk jaringan. 10. Metode bagan GANTT adalah suatu cara yang mudah untuk menjadwal tugastugas.

Jawab : . Jelaskan yang dimaksud dengan studi kelayakan proyek dan sebutkan aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam studi kelayakan proyek.b. Contoh Metode PERT : c.Contoh metode CPM 12.

b. Manfaat ekonomis proyek tersebut bagi proyek itu sendiri (sering juga disebut sebagai manfaat finansial). c. Pada umumnya studi kelayakan proyek menyangkut 3 aspek. Ini merupakan studi yang paling sulit dilakukan. Manfaat sosial proyek itu bagi masyarakat sekitar proyek tersebut. Yang menunjukkan manfaat proyek tersebut bagi ekonommi makro suatu negara. . yaitu : a. Manfaat ekonomis proyek itu bagi negara tempat proyek dilaksanakan (sering juga disebut sebagai manfaat ekonomi nasional). Yang berarti apakah proyek itu dipandang cukup menguntungkan apabila dibandingkan dengan resiko proyek itu.Studi Kelayakan Proyek adalah penelitian tentang dapat tidaknya suatu proyek (biasanya merupakan proyek investasi) dilaksanakan dengan berhasil.

TUGAS V PRA UAS “disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Manajemen Industri” Dikumpulkan pada : 20 Desember 2012 disusun oleh: Bagus Wicaksono 1100008 TEKNIK ELEKTRO PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI KEJURUAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2012 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->