BAB I PENDAHULUAN I.1.

Latar Belakang Alkaloid adalah senyawa yang mempunyai struktur heterosiklik yang mengandung atom N didalam intinya dan bersifat basa, karena itu dapat larut dalam asam-asam serta membentuk garamnya, dan umumnya mempunyai aktifitas fisiologis baik terhadap manusia ataupun hewan. Alkaloid merupakan senyawa yang mengandung atom nitrogen yang tersebar secara terbatas pada tumbuhan.Alkaloid kebanyakan ditemukan pada Angiospermae dan jarang pada Gymnospermae dan Cryptogamae. Senyawa ini cukup banyak jenisnya dan terkadang memiliki struktur kimia yang sangat berbeda satu sama lain, meskipun berada dalam satu kelompok. Alkaloid sangat penting peranannya dalam ilmu farmasi salah satunya sebagai obat antikolinergik. Karena obat golongan alkaloid banyak digunakan sebagai obat di dunia farmasi, penting untuk mengetahui identifikasi terhadap senyawa yang diduga mengandung alkaloid. Reaksi identifikasi yang dilakukan dapat berupa reaksi umum dan reaksi khusus/spesifik. Adapun reaksi-reaksi identifikasi senyawa-senyawa ini akan dijelaskan lebih lanjut pada bab-bab berikutnya secara singkat. I.2. Rumusan Masalah 1. 2. 3. Apa pengertian dan sifat-sifat umum alkaloid? Apa saja penggolongan dari alkaloid? Bagaimana cara-cara identifikasi senyawa alkaloid?

I.3. Tujuan Hal mendasar yang mendorong penulis menyusun makalah ini ialah untuk mempelajari reaksi-reaksi identifikasi senyawa-senyawa alkaloid. I.4. Metode Penulisan Makalah ini disusun menggunakan metode studi literatur. I.5. Sistematika Penulisan

Latar Belakang I.3.5.1 Kesimpulan III.2 Saran Daftar Pustaka .4.1.2.Sistematika penulisan dalam makalah ini terdiri dari: Bab I Pendahuluan I. Rumusan Masalah I. Metode Penulisan I. Tujuan Penulisan I. Sistematika Penulisan Bab II Isi Bab III Penutup III.

BAB III PENUTUP III. Identifikasi alkaloid dapat dilakukan reaksi umum dan reaksi khusus dari tiap obat dan golongan obat. pembaca dapat mencari cara – cara identifikasi obat yang terbaru baik dari text book maupun dari jurnal – jurnal ilmiah. 1 Kesimpulan Alkaloid merupakan senyawa organik yang mempunyai struktur heterosiklik yang mengandung atom N di dalam intinya dan bersifat basa karena itu dapat larut dalam asam serta membentuk garam. III.2 Saran Untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai identifikasi obat – obat golongan alkaloid. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful