P. 1
KLP1_KONSEP-DASAR-TEORI-EKONOMI.ppt

KLP1_KONSEP-DASAR-TEORI-EKONOMI.ppt

|Views: 69|Likes:

More info:

Published by: Nikitha Ashardika Putri on May 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2013

pdf

text

original

Group 1, Industrial Engineering „11

• • • • • • Sejarah Ilmu Ekonomi Pengertian Ekonomi Manfaat Ekonomi Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi Konsep Ceteris Paribus Kebijakan Ekonomi .

Dimana buku tersebut berjudul “ AN INQUIRY INTO THE NATURE AND CAUSES OF THE WEALTH OF NATIONS. ADAM SMITH. Ini menelorkan perkembangan bagian teori ekonomi yang dikenal sebagi teori ekonomi mikro. . Ahli-ahli ekonomi yang disebut belakangan seterusnya dikembangkan oleh Mazhab Austria dan diteruskan oleh oleh Leon Walras. yaitu sejak ditulisnya sebuah buku oleh seorang ahli ekonomi. Alfred Marshall.• Ilmu ekonomi dianggap sebagai suatu disiplin baru mulai tahun 1776. Pada tahun 1930 ahli ekonomi yang baru yaitu JOHN MAYNARD KEYNES” dengan bukunya yang sangat terkenal “ GENERAL THEORI OF EMPLOYMENT. dll pada tahun 1890an. David Ricardo. yaitu Thomas Malthus. Gagasan Adam Smith tersebut menjadi dasar bagi ahli ekonomi berikutnya . dan John Stuart Mill. INTEREST AND MONEY” yang menjadi dasar bagi perkembangan teori ekonomi makro .

• • • Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga. (Sumber : id. aturan.wikipedia.“ Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. hukum." dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga. atau "peraturan. rumah tangga" dan νόμος (nomos).org ) .

tempat yang terbatas dan lain sebagainya sehingga kita dapat mencapai apa yang diinginkan. negara maupun dunia internasional. Peran ilmu ekonomi lebih luas adalah membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi pada masyarakat. waktu yang terbatas.• • Secara individu dengan memanfaatkan ilmu ekonomi. kita dapat mengatur kehidupan pribadi kita seperti bagaimana mengalokasikan uang yang terbatas. .

Ekonomi Mikro Sementara ilmu ekonomi mikro mempelajari variabelvariabel ekonomi dalam lingkup kecil misalnya perusahaan. pertumbuhan ekonomi. jumlah uang beredar. laju inflasi. Ekonomi Makro Ilmu ekonomi makro mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan). 1. . maupun neraca pembayaran internasional.• Secara garis besar ilmu ekonomi dapat dipisahkan menjadi dua yaitu ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro. Variabelvariabel tersebut antara lain : pendapatan nasional. kesempatan kerja dan atau pengangguran. rumah tangga. 2.

Tujuan analisis Pembahasan tentang kegiatan ekonomisecara keseluruhan. Lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan . pertumbu8han ekonomi. biaya dan laba atau rugi perusahaan Lebih memfokuskan pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat. pasar. inflasi. investasi dan kebijakan ekonomi. Contohnya permintaan dan dan penawaran.Di lihat dari Harga Ekonomi Mikro Harga ialah nilai dari suatu komoditas (barang tertentu saja) Ekonomi Makro Harga adalah nilai dari komoditas secara agregat (keseluruhan) Unit analisis Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual. pengangguran. Contohnya pendapatan nasional. perilaku produsen. perilaku konsumen. penerimaan.

yang secara harafiah dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai "dengan hal-hal lainnya tetap sama"." • pada ilmu ekonomi seringkali digunakan sebagai suatu asumsi untuk menyederhanakan beragam formulasi dan deskripsi dari berbagai anggapan ekonomi. . ceteris paribus. jika mengalami kenaikan atau penurunan maka variabel lain akan ikut berubah mengikuti apa yang diasumsikan tersebut.• Cēterīs pāribus adalah istilah dalam bahasa Latin. dan dalam bahasa Inggris biasanya diterjemahkan sebagai "all other things being equal. Menghadapi suatu usaha pemecahan rmasalah ekonomi sering menggunakan istilah asumsi untuk menyatakan kondisi variabel lain misalnya tetap.

dan otonomi daerah dari intervensi pemerintah ke dalam perekonomian. kebijakan ini dapat pula mencakup didalamnya sistem untuk menetapkan sistem perpajakan. Kebijakan fiskal (fiscal policy) adalah usaha pemerintah dalam mengatur dan mengelola anggaran pemerintah dan belanja pemerintan serta perpajakan. kredit. Kebijakan ekonomi dilakukan di berbagai bidang ekonomi yang dapat dibedakan menjadi tiga prinsip pokok yaitu: 1. dan jumlah uang beredar untuk menstabilkan perekonomian. Kebijakan moneter dilakukan oleh otoritas moneter yaitu Bank Sentral. Kebijakan perdagangan (trade policy) merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang perdagangan dan transaksi internasional.• • Kebijakan ekonomi adalah mengacu pada tindakan sebuah kebijakan pemerintah dalam mengambil kebijakan atau keputusan di bidang ekonomi. Kebijakan moneter (Monetary policy) merupakan campur tangan pemerintah dalam tingkat bunga. 2. . 3. kepemilikan nasional. suku bunga dan anggaran pemerintah serta pasar tenaga kerja.

Menghindari inflasi. Mewujudkan pemerataan dan keadilan pembangunan. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. 4. . 3. Mewujudkan keadaan ekonomi yang stabil.• • • • 1. 2.

com/2010/09/ekonomimikro-dan-makro_23.      http://id.com/2012/01/t ujuan-dan-kebijakan-ekonomi.com/writing-andspeaking/2060399-sejarah-ilmu-ekonomi/ http://id.wikipedia.com/question/index?qid =20101017062030AASyQlx http://wahyubudiutami.html http://id.blogspot.html http://id.wikipedia.blogspot.org/wiki/Kebijakan_ekonomi .answers.org/wiki/Ilmu_ekonomi http://ekmakro.yahoo.shvoong.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->