P. 1
Teknik Pengemasan Selang

Teknik Pengemasan Selang

|Views: 463|Likes:
Published by Eriana Lulu Nadhira
Praktek SPPK PPNS
Praktek SPPK PPNS

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Eriana Lulu Nadhira on May 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

07/02/2015

$0.99

USD

pdf

text

original

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN

4.1 Data Praktikum 1. Tim pengukur : a. Diah Ayu Lestari b. Aris Setiawan c. Eriana Lulu Nadhira d. Rizanti Camellia e. Rezky Mulla Putri 2. Alat yang digunakan 1. Selang 2. Nozzle 3. 4. 5. Hari/Tanggal Waktu pengukuran Lokasi Praktikum : Rabu, 25 April 2013 : 08.00 – 10.00 WIB : Laboratorium SPPK : (6511040009) (6511040011) (6511040019) (6511040021) (6510040022)

4.2 Analisa hasil praktikum 4.2.1 Model Pengemasan Selang dan Peruntukanya A. Penggulungan Selang Tunggal Penggulungan jenis ini cocok untuk ditempatkan ke dalam Box Hidran karena simpel dan menghemat ruang, sebaiknya

penggulungan jenis ini diterapkan pada selang yang memiliki diameter dan panjang yang tidak terlalu besar, agar gulungan yang terbentuk ideal. B. Penggulungan Selang Ganda Penggulungan jenis ini sangat efektif dan efisien untuk diterapkan, karena memerlukan waktu yang relative singkat, dan praktis untuk disimpan di dalam Box Hidran. Model ini cocok diterapkan pada selang yang memiliki panjang dan diameter yang cukup besar.

cocok dilakukan pada selang dengan panjang sedang karena akan menghasilkan lipatan yang tidak terlalu banyak. Pada saat menggulung baiknya diperhatikan kerapian selang . Gulungan selang dimulai dari coupling male 2.C. dengan sedikitnya jumlah lipatan maka akan memilimalisir kerusakan pada selang. Penggulungan Flaking (lipat) Penggulungan jenis ini akan lebih cepat digunakan dalam mengatasi kebakaran. Penggulungan Model Angka 8 Penggulungan jenis ini sama seperti dengan penggulungan flaking. Selain itu. karena kopling male dan female tidak tersembunyi di dalam gulungan. jadi akan lebih mudah dan cepat untuk menancapkan ke nozzle dan hydrant.2Hasil dokumentasi praktikum  Digulung Tunggal No. 4.2. D. Gambar Penjelasan 1.

Gulungan selang setelah jadi 4. Penggulungan dilakukan dengan 2 cara. Posisi awal dengan keadaan jongkok dan coupling dalam keadaan sejajar 2. Posisi selang setelah tergelar  Penggulungan Ganda Donut Roll No.3. yaitu: menggulung melalui ujung (setelah selang dilipat menjadi dua) dan langsung diambil di pertengahan selang . Gambar Penjelasan 1.

Selang dibagi menjadi dua.4. Gambar Penjelasan 1. Lalu lanjutkan penggulungan hingga akhir . Bentuk gulungan selang setelah jadi Twin Donut Roll No. lalu lipat menjadi segitiga 2. Setelah dilipat menjadi segitiga gulung selang sampai bentuk segitiga tertutup 3.

Setelah itu rapikan gulungan dengan menepuk samping selang Self Locking Twin Donut Roll No. Selang dibagi menjadi dua. Gambar Penjelasan 1. Setelah itu digulung . lalu tarik tiap bagian hingga berbentuk seperti pita 2.4.

posisi badan harus sedikit membungkuk lalu gulungan dilemparkan dengan kuat  Flaking No. Bentuk gulungan selang setelah jadi 6. Apabila akan menggelar selang. . Gambar Penjelasan Langkah pertama dilakukan dengan meletakkan coupling female di bagian bawah 1. Rapikan tiap bagian dengan menepuk-nepuk pinggiran selang 5.3. Penggulungan dilakukan secara perlahan 4.

Bentuk gulungan setelah jadi  Model Angka 8 No.2. lalu bemtuk lengkunagn seperti angka 8 3. Lalu lipatan dilakukan tiap ½ meter 3. Lakukan seperti langkah pertama. Rapikan gulungan menyerupai membentuk angka 8 4. Tarik sisa selang yang tersambung dengan coupling female untuk mengikat gulungan . 2. Gambar Penjelasan Langkah pertama dilakukan dengan membentuk lengkungan pada ujung tali (coupling male) 1.

Kedua. dilakukan dengan dua orang (satu orang menekan nozzle masukdan satu orang lainnya menekan coupling female) 1. yaitu: pertama. dengan cara diinjak (coupling female diinjak dalam keadaan menghadap atas lalu kedua tangan menekan nozzle) Ketiga cara tersebut terpasang dengan benar sampai terdengar bunyi ‘klik’ . 2. Bentuk gulungan setelah jadi  Pemasangan Nozzle No.5. Ketiga. Gambar Penjelasan Pemasangan nozzle dapat dilakukan dengan tiga cara. pemasagan individu (satu tangan memegang nozzle dan tangan yang lain menekan coupling female) 3.

Kurangnya pengawasan dari dosen pembimbing pada saat melakukan praktikum. 5. .1 Kesimpualan Salah satu metode yang penting dalam perawatan selang pemadam kebakaran adalah metode dalam pengemasan selang yang bertujuan agar selang tidak mudah rusak karena perawatan yang kurang baik dan efisiensi waktu pada saat digunakan secara mendadak.BAB V PENUTUP 5. namun kondisi selang yang digunakan masih dalam keadaan yang kurang baik serta kurang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. sehingga pada saat praktikan melakukan kesalahan pada praktikum kesalahan tidak bisa segera dievaluasi.2 Saran Praktikum dapat dilakuakan dengan lancar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->