XII IPS 4

NAMA ANGGOTA : 1. Andini pangestuningtyas 2. Ardinila nugrahaningtyas 3. Dewi Sofiah Resmi 4. Mega putry astuti 5. Suzanna Alansyah 6. Swaristika putri Maharani

Kelompok 4 FITNAH .

kisah dan lain-lain) yang diada-adakan (dibuatbuat) untuk memburukkan atau membencanakan seseorang . Fitnah merupakan Tuduhan (khabar.Pengertian Fitnah Kata "fitnah" diserap dari bahasa Arab. dan pengertian aslinya adalah "cobaan" atau "ujian".

karirnya . Jika orang yang difitnah mengetahuinya serta melakukan pembalasan maka bukan hal yang mustahil akan berujung pada pertengkaran dan pembunuhan . atau hancur nama baiknya . Fitnah dapat menimbulkan kekacauan sosial.Fitnah ini biasanya dilakukan dengan maksud agar orang yang di fitnah menjadi malu . tersudut .

Dalil fitnah .

jika mereka memerangi kamu (di tempat itu). dan fitnah[117] itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan. kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah).Artinya : “dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka. Maka bunuhlah mereka.” (QS. Demikanlah Balasan bagi orang-orang kafir.AL-Baqarah : 191) . dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil haram.

Artinya : “di antara mereka ada orang yang berkata: "Berilah saya keizinan (tidak pergi berperang) dan janganlah kamu menjadikan saya terjerumus dalam fitnah. dan Sesungguhnya Jahannam itu benar-benar meliputi orang-orang yang kafir." ketahuilah bahwa mereka telah terjerumus ke dalam fitnah[645].AT-Taubah : 49) .” (QS.

koran. radio.Media penyampaian fitnah Ada banyak media yang digunakan untuk menyebar Kabar palsu atau fitnah kepada sesuatu pihak. internet dan lain-lain. Fitnah bisa dilakukan melalui metode suara atau berbisik antara seseorang atau seseorang yang lain. Fitnah juga bisa dikembangkan antara satu pihak bertentangan dengan pihak lain dengan hanya menjanjikan sesuatu dengan upah kepada pihak yang terlibat fitnah. Menggunakan media komunikasi modern seperti menggunakan media massa baik melalui berita. . televisi.

Macam – macam fitnah .

Fitnah antara individu = Menjatuhkan martabat individu. sering bertelagah. kekasaran. bercerai antara suami istri.1. kehilangan anak dan lain-lain. 2. Fitnah antara keluarga = Menyebabkan keluarga sulit untuk saling memahami satu sama lain. . dendam. menyebabkan pertentangan. pukul memukul. tidak ramah. hubungan antara keluarga selalu dipengaruhi rasa tidak tenteram. pergaduhan. pembunuhan antara individu yang satu dengan yang lain. perampokan.

pergaduhan. perselisihan antara komunitas. perampokan. kemajuan masyarakat menjadi turun. porak peranda dan lain-lain. relawan. . adanya kesenjangan sosial yang luas.3. saling memburukkan antara berbagai pihak. pencurian. pembakaran kawasan penduduk. lingkungan yang tidak tentram. enggan bekerja sama dalam aktivitas lingkungan. Fitnah antara masyarakat Masyarakat menjadi tidak mufakat.

agama dan masyarakat. sering terjadinya api kemarahan internasional. perang. . kerusakan harta benda dan lain-lain. ekonomi negara statis / hancur atau tak menentu dan tingkat inflasi meningkat. kekacauan. isu tuduhmenuduh terus merajalela. Fitnah antara politik / negara Suasana hubungan antara partai politik tidak reda. pergaduhan antara pemerintah dan rakyat.4. kebangkitan suara rakyat yang meminta keadilan secara terang-terangan. Jurang kemiskinan kian menjadi-menjadi. media arus perdana sering berat sebelah.

melainkan orang yang difitnah itu memberi keampunan terhadap perbuatan itu. dosa membuat fitnah menjauhkan diri dari syurga . Bahkan dosa fitnah lebih besar dari pembunuhan .Ancaman bagi pelaku fitnah Fitnah merupakan dosa besar yang dilarang dalam Islam . Justeru. ia akan mendapatkan adzab yang sangat pedih . dosa itu tidak akan diampunkan Allah. Dosa membuat fitnah digolongkan sebagai dosa sesama manusia.

Serta mengingatkan orang yang memfitnah untuk bertaubat yaitu meminta maaf kepada orang yang di fitnah dan memohon ampun Allah .Sikap seorang muslim ketika melihat saudaranya difitnah maka ia berkewajiban membela saudaranya dengan cara menutupi aibnya . atau meluruskan pemberitaanya . haram hukumnya ikut dalam fitnah . .

Disinilah letal pentingnya bagi untuk memiliki kekuatan rohani.Dalam menghadapi fitnah. setiap kita harus berlindung kepada Allah swt agar tidak termasuk orang-orang yang menjadi pelaku fitnah. .

Hal 114 http://nurjeehan.com/2007/04/d osa-sebar-fitnah-hilangkan-pahala-terkumpul/ http://sexmagics.Balikpapan.Mohammad Rozi . Pendidikan agama Islam.wordpress.com/2011/03/2 2/fitnah-dari-sudut-pandang-islam/  http://id.com/humanities/religionstudies/2236885-pengertian-fitnah/ .2010.hadithuna.shvoong.Sumber :  Drs.