BAB 1 PENDAHULUAN

a. Latar belakang Wajah cantik nan sedap dipandang mata, jadi dambaan setiap wanita. Karena bagi wanita, wajah merupakan bagian utama yang menunjang penampilan. Namun, tak semua wanita puas akan bentuk wajahnya. Mereka merasa bentuk alis, bibir, ataupun matanya masih kurang sempurna, hingga mengurangi rasa percaya diri. Lazimnya, bentuk wajah yang kurang bisa dikoreksi dengan tampilan make up. Sayangnya, cara ini tidak memberikan hasil permanen. Apalagi jika tidak dilakukan dengan benar, make up justru mengurangi keindahan wajah. Sulam alis dan sulam bibir diminati wanita karena dinilai mampu mengoreksi kekurangan. Jutaan rupiah pun dikeluarkan demi kecantikan. b. Rumusan masalah 1. Apakah sulam bibir itu? 2. Bagaimana metode sulam bibir? 3. Bagaimana pandanga islam mengenai sulam bibir

c. Tujuan penulisan 1. Untuk mengetahui definisi dari sulam bibir 2. Untuk mengetahui metode yang digunakan pada sulam bibir 3. Untuk mengetahui pandangan islam mengenai sulam bibir

1

Semua ini menyebabkan laknat baik terhadap yang mentato ataupun orang yang minta ditato.BAB II LANDASAN TEORI Islam menentang sikap berlebih-lebihan dalam berhias sampai kepada suatu batas yang menjurus kepada suatu sikap merubah ciptaan Allah yang oleh alQuran dinilai bahwa merubah ciptaan Allah itu sebagai salah satu ajakan syaitan kepada pengikut-pengikutnya dimana syaitan akan berkata kepada pengikutnya itu sebagai berikut : “Sungguh akan kami pengaruhi mereka itu sehingga mereka maha merubah ciptaan Allah. Kalau ada laki-laki yang berbuat demikian maka dia akan lebih berhak mendapat laknat. Perbuatan-perbuatan yang rusak ini dilakukan dengan menyiksa dan menyakiti badan yaitu dengan menusuk-nusukkan jarum pada badan orang yg ditato itu. Barangkali yang memperkuat permasalahan tersebut di atas yaitu tentang hadis “dilaknat perempuan-perempuan yg menjarangkan giginya supaya cantik” seperti tersebut di atas. Karena Allah tidak menjadikan agama buat kita ini dengan penuh kesukaran.” Mentato badan dan mengikir gigi adalah diantara perbuatan yang dilaknat oleh Rasulullah SAW seperti tersebut dalam Hadisnya : “Rasulullah SAW melaknat perempuan yang mentato dan minta ditato dan yang mengikir gigi dan yang minta dikikir giginya. Adapun kalau ternyata orang tersebut mempunyai cacat yang kiranya akan dapat menjijikkan pandangan misalnya karena ada daging tumbah yg dapat menimbulkan sakit secara perasaan ataupun secara kejiwaan kalau daging tumbuh itu dibiarkan maka waktu itu tidak berdosa . Rasulullah melaknat perempuanperempuan yg mengerjakan perbuatan ini dan minta supaya dikikir.” Tato yaitu memberi tanda pada muka dan kedua tangan dengan warna biru dalam bentuk ukiran atau gambar tertentu. Dari hadis itu pula dapat difahami bahwa yang tercela itu ialah perempuan yang mengerjakan hal tersebut semata-mata untuk tujuan keindahan dan kecantikan yang dusta. 2 .

Tetapi kalau hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan penyakit atau bahaya yang mengancam maka sedikitpun tidak ada halangan. Tetapi oleh Imam Nawawi diperketat bahwa mencukur rambut dahi itu samasekali tidak boleh. Sementara ulama madzhab Hambali berpendapat bahwa perempuan diperkenankan mencukur rambut dahinya mengukir memberikan cat merah dan meruncingkan hujung matanya apabila dengan seizin suami karena hal tersebut termasuk berhias. Imam Thabari meriwayatkan dari isterinya Abu Ishak bahwa satu ketika dia pernah ke rumah Aisyah sedang isteri Abu Ishak adalah waktu itu masih gadis nan jelita. 3 . Kemudian dia bertanya Bagaimana hukumnya perempuan yg menghias mukanya untuk kepentingan suaminya? Maka jawab Aisyah Hilangkanlah kejelekan-kejelekan yang ada pada kamu itu sedapat mungkin.

BAB III GAMBARAN UMUM Perkembangan teknologi kecantikan belakangan ini sangat memanjakan wanita yang begitu peduli dengan penampilan wajahnya. Karena tak hanya alis yang bisa disulam. Mulai dari segala macam metode perawatan wajah hingga baru-baru ini mulai dikenal metode sulam untuk menyempurnakan alis dan juga bibir. Hingga bangun tidur pun sudah sempurna. sensual dan berwarna sesuai dengan selera. tak perlu lagi berlama-lama mematut diri didepan cermin. bibir pun kini bisa disulam. Pun dengan wanita yang ingin mendapatkan bentuk bibir yang penuh. 4 .

tapi jika kulitnya coklat ataupun hitam. yang kemudian dilapisi warna sesuai keinginan konsumen. sabun dan kosmetik. Seperti pada sulam alis. Cukup menggunakan 5 . Jika sudah berbentuk. Pertama adalah memberi warna dasar atau beaching . maka tak perlu lagi menggunakan lipstick berwarna warni hingga sekitar tiga tahun lamanya. terlihat bentuk bibir yang lebih cantik natural. Selanjutnya bibir dibentuk menggunakan semacam jarum kecil. selama tiga hari klien tidak akan bisa menggosok gigi ataupun makan dan minum sewajarnya. Bahkan. Selama belum terkelupas. dimulai pewarnaan bibir. Terlebih warnanya yang lebih eksotis. bibir tidak boleh dipaksa dikelupas ataupun sekedar digigit gigit untuk menghilangkan rasa gatal. Sebab. justru akan memperparah kondisi bibir. diubah menjadi kemerahan atau kecoklatan. Baru setelah masa penyembuhan. Pada beberapa kasus. Biasanya disiasati dengan menggunakan larutan pencuci mulut ataupun menggunakan sedotan saat minum. Kemudian seminggu berikutnya. bibir jadi bernanah lantaran dikelupas selama masa pengeringan. seafood dan makanan pedas.BAB IV PEMBAHASAN Definisi sulam bibir : Sulam bibir adalah teknik yang digunakan untuk mengoreksi bentuk bibir dan memberi warna pada bibir yang dapat bertahan dalam waktu yang lama. Metode sulam bibir : Dimulai anastesi (penebalan bibir untuk mengurangi perih). Selama satu minggu tidak boleh makan gorengan. bisa dilihat selepas seminggu pasca sulam. akan terjadi pembengkakan selama sekitar 3-6 jam. bibir tidak boleh kena air. Hasilnya. Jika berkulit putih biasanya diubah menjadi pink atau peach. berbulan – bulan hingga tahunan. Awalnya. bibir juga akan mengering dan menimbulkan rasa gatal.

Namun tindakan ini bisa dilakukan bila ternyata orang tersebut mempunyai cacat yang kiranya akan dapat menjijikkan pandangan yang dapat menimbulkan sakit secara perasaan ataupun secara kejiwaan kalau tidak dikoreksi bibirnya maka waktu itu tidak berdosa . karena karakter fikih dalam Islam. Karena Allah tidak menjadikan agama buat kita ini dengan penuh kesukaran. Selain itu tidak ada efek samping lainnya. pendapat yang muncul tak hanya satu. Pandangan Islam mengenai Sulam Bibir : Pada hakekatnya. karena dikhawatirkan kalau ada luka sedikit bisa jadi bermasalah dan lama proses penyembuhannya. tapi beragam. ketika para pakar hukum. tidak terpasung pada batas 'hukum sekedar untuk hukum'. Teknik ini diklaim aman karena mempergunakan produk dari bunga Lily. sebagai media ujian iman yang menumbuhkan motivasi internal terlaksananya suatu etika dan peraturan hidup. Pandangan yang menentang sulam bibir diajukan atas dasar setidaknya tiga alasan: 6 . Bagi yang menderita diabetes disarankan untuk berhati-hati atau lebih baik tidak perlu melakukan sulam bibir. dan satu dengan lainnya bahkan terkadang saling bertolak belakang. tidak jadi masalah. Dimensi vertikalnya. Sebagaimana halnya dalam kasus-kasus lain. meski menggunakan sumbersumber yang identik. Lebih jauh dari itu. Setelah dua tahun tidak hilang. Adapun dimensi horisontalnya adalah ia berdampak positif dan membawa kebaikan bagi kehidupan umat manusia secara universal. bahwa semua kaedah dan kebijakan hukum syariah Islam memiliki hikmah.lip gloss untuk melembabkan bibir sehari hari. seperti tato dan tidak berubah warna. Namun. syari'ah Islam ketika berbicara tentang boleh dan tidaknya suatu masalah. Meskipun demikian. bagi yang masih ingin menggunakan lipstik. pakar syariah Islam dan tokoh atau pemuka agama mengatakan bahwa sulam bibir pada kenyataanya adalah tidak sangat perlu atau termasuk berlebih – lebihan dalam berhias dan dapat diganti dengan cara lain.

justru akan memperparah kondisi bibir. bibir juga akan mengering dan menimbulkan rasa gatal. Ulama madzhab Hambali berpendapat bahwa perempuan diperkenankan mencukur rambut dahinya mengukir memberikan cat merah dan meruncingkan ujung matanya apabila dengan seizin suami karena hal tersebut termasuk berhias.1. ü Al-Wasymu (tato) : Sulam bibir bisa bertahan berbulan – bulan hingga tahunan 3. Kemudian seminggu berikutnya. Bibir tidak boleh dipaksa dikelupas ataupun sekedar digigit gigit untuk menghilangkan rasa gatal. bibir jadi bernanah lantaran dikelupas selama masa pengeringan. Imam Thabari meriwayatkan dari isterinya Abu Ishak bahwa satu ketika dia pernah ke rumah Aisyah sedang isteri Abu Ishak adalah waktu itu masih gadis nan jelita. Sebab. ü Jarhu li ghoiri al-hajat al-mathlubah (melukai bukan dalam rangka hajat) : Akan terjadi pembengkakan selama sekitar 3-6 jam. 4. Tidak seperti teknik tato pada umumnya. Pada beberapa kasus. Kemudian dia bertanya Bagaimana hukumnya perempuan yg menghias mukanya untuk kepentingan suaminya? Maka jawab Aisyah Hilangkanlah kejelekan-kejelekan yang ada pada kamu itu sedapat mungkin. bibir yang kurang simetris dikoreksi bentuk dan warnanya 2. 2. Pandangan yang menerima sulam bibir atas dasar setidaknya dua alasan : 1. teknik ini diklaim tidak sakit seperti layaknya tato pada umumnya. ü Taghyir li kholqillah (merubah ciptaan Allah) : dalam sulam bibir. 7 .

Kemudian seminggu berikutnya.Saran Umat Islam jangan berlebihan dalam menghias diri serta tidak melukai dirinya untuk mempercantik diri secara fisik 8 . Sebab. bibir jadi bernanah lantaran dikelupas selama masa pengeringan. b. bibir yang kurang simetris dikoreksi bentuk dan warnanya ü Al-Wasymu (tato) : Sulam bibir bisa bertahan berbulan – bulan hingga tahunan ü Jarhu li ghoiri al-hajat al-mathlubah (melukai bukan dalam rangka hajat) : Akan terjadi pembengkakan selama sekitar 3-6 jam. antara lain: ü Taghyir li kholqillah (merubah ciptaan Allah) : dalam sulam bibir.BAB V PENUTUP a. karena mengandung beberapa unsur larangan. Bibir tidak boleh dipaksa dikelupas ataupun sekedar digigit gigit untuk menghilangkan rasa gatal. Pada beberapa kasus. bibir juga akan mengering dan menimbulkan rasa gatal.Kesimpulan Sulam bibir atau tato bibir dalm agama islam hukumnya haram. justru akan memperparah kondisi bibir.

BAB VI DAFTAR PUSTAKA .com _ Hukum sulam alis dan sulam bibir .www.www.www.www.blogspot.com / 2012 / 09 / 21 / selamt-tinggal-lipstik-sulam-bibiR abel mouktav.anwarelang.www.wikipedia.com _ berhias diri .blogspot.ustadtrans.tribunnews.blogspot.com _ ilmu kesehaan-tato bibir .mujahidin.blospot.com / 2011 / 12 / solusi-hukum-islam-htm .org _ sulam bibir 9 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful