Perhatian

Segala usaha telah dilakukan untuk memastikan penerbitan buku ini secara akurat. Penulis dan Proyek Logam – Kerjasama Indonesia Australia untuk Pembangunan Keterampilan (Metals Project – Indonesia Australia Partnership for Skills Development), tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan atau kerusakan yang disebabkan karena ketidaktelitian atau kelalaian.

Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project

Daftar isi

Hal Bab 1 Pengantar 1.1 Apakah pelatihan berdasarkan kompetensi? 1.2 Apakah artinya menjadi kompeten di tempat kerja? 1.3 Apakah pedoman belajar? 1.4 Apakah Unit Standar Kompetensi? 1.5 Apa yang akan Anda pelajari dari Unit Standar Kompetensi ini? 1.6 Apakah Pengakuan Kompetensi Terkini (Recognition of Current Competence)? 1.7 Berapa lama Unit Standar Kompetensi ini dapat diselesaikan? 1.8 Berapa banyak usaha/kesempatan yang Anda miliki untuk mencapai kompetensi? Peta Unit Standar Kompetensi Strategi belajar yang disarankan 3.1 Persiapan/perencanaan 3.2 Permulaan dari proses pembelajaran 3.3 Pengamatan terhadap tugas praktik 3.4 Implementasi 3.5 Penilaian Metode penyampaian 4.1 Belajar secara mandiri 4.2 Belajar berkelompok 4.3 Belajar terstruktur Orang yang dapat membantu Anda dalam pencapaian kompetensi unit ini 5.1 Pelatih 5.2 Penilai 5.3 Teman kerja/sesama peserta pelatihan Bagian dari Unit Standar Kompetensi Standar Kompetensi Unit 9.6A Sumber-sumber yang diperlukan untuk Standar Kompetensi Unit 9.6A Bagian dari Pedoman Belajar dan bagaimana menggunakannya 9.1 Tahapan Belajar 9.2 Analisis elemen 9.3 Sumber-sumber 9.4 Aspek kritis – keselamatan/tingkah laku 9.5 Penilaian Bagaimana Anda akan dinilai 1 1 1 1 1 2 2 2 2 3 4 4 4 4 4 4 5 5 5 5 6 6 6 6 7 8 12 13 13 13 14 14 15 16

Bab 2 Bab 3

Bab 4

Bab 5

Bab 6 Bab 7 Bab 8 Bab 9

Bab10

Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.doc

Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project

Hal Bab 11 Tipe penilaian 11.1 Tes tertulis 11.2 Tes unjuk-kerja Tugas-tugas belajar untuk peserta pelatihan 12.1 Tahapan/Langkah Belajar untuk Elemen 9.6A.1 12.2 Analisis elemen untuk Elemen 9.6A.1 12.3 Tahapan/Langkah Belajar untuk Elemen 9.6A.2 12.4 Analisis elemen untuk Elemen 9.6A.2 12.5 Tahapan/Langkah Belajar untuk Elemen 9.6A.3 12.6 Analisis elemen untuk Elemen 9.6A.3 12.7 Aspek kritis dari Standar Kompetensi Unit 9.6A 12.8 Skenario/naskah pemecahan masalah Daftar cek Tes tertulis Tes unjuk-kerja – daftar cek Kesimpulan 17 17 17 18 18 21 22 25 26 30 31 32 33 34 39 41

Bab 12

Bab 13 Bab 14 Bab 15 Bab 16

Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.doc

Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project

BAB 1 Pengantar
1.1 Apakah pelatihan berdasarkan kompetensi
Pelatihan Berdasarkan Kompetensi adalah pelatihan yang memperhatikan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan di tempat kerja agar dapat melakukan pekerjaan dengan kompeten. Standar kompetensi dijelaskan oleh Kriteria Unjuk-kerja.

1.2 Apakah artinya menjadi kompeten di tempat kerja
Jika Anda kompeten dalam pekerjaan tertentu, Anda memiliki seluruh keterampilan, pengetahuan dan sikap yang perlu untuk ditampilkan secara efektif di tempat kerja, sesuai dengan standar yang telah disetujui.

1.3 Apakah pedoman belajar
Pedoman Belajar akan: a. Memperkenalkan kepada Anda tentang istilah yang digunakan dalam pelatihan berdasarkan kompetensi b. Membimbing Anda melalui tugas belajar yang akan Anda lakukan untuk mencapai kompetensi c. Membimbing Anda melalui penggunaan variasi bahan referensi dan tugas-tugas praktik d. Menjelaskan metode penilaian dan standar unjuk-kerja yang akan Anda capai. Pada Pedoman Belajar terdapat Tahapan Belajar yang akan Anda selesaikan dan akan: a. Memungkinkan Anda untuk memperoleh pemahaman tugas yang dipersyaratkan untuk ditampilkan agar dapat mencapai kompetensi- komponen teoritis b. Memberikan tugas praktik dimana Anda dapat menerapkan pengetahuan Anda dan memperoleh kepercayaan pada dirinya dalam melaksanakan tugas-tugas.

1.4 Apakah Unit Standar Kompetensi
Unit Standar Kompetensi yang telah dikembangkan oleh Industri Logam dan dikelompokkan ke dalam delapan belas bidang (lihat halaman 3 untuk daftar bidang-bidang tersebut). Setiap Standar Kompetensi menentukan: a. Pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai kompetensi b. Standar yang diperlukan untuk mendemonstrasikan kompetensi c. Kondisi dimana kompetensi dicapai.

Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.doc

1

Bekerja dalam suatu pekerjaan yang memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang sama atau b. fokusnya ada pada pencapaian kompetensi.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project 1. Berarti Anda tidak akan dipersyaratkan untuk belajar kembali.6 Apakah Pengakuan Kompetensi Terkini (Recognition of Current Competencies – RCC) Jika Anda telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk elemen Unit Kompetensi tertentu. 1. Pelatih Anda akan mengatur rencana pelatihan dengan Anda.doc 2 . karena Anda telah: a.7 Berapa lama Unit Standar Kompetensi ini dapat diselesaikan Pada sistem Pelatihan Berdasarkan Kompetensi. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Anda mungkin sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan. Anda akan menemukan rincian spesifik mengenai Unit Standar Kompetensi pada halaman 8. bukan pada lamanya waktu. 1. Rencana ini akan memberikan Anda kesempatan kembali untuk meningkatkan level kompetensi Anda sesuai dengan level yang diperlukan.8 Berapa banyak usaha/kesempatan yang Anda miliki untuk mencapai kompetensi Jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama. keterampilan dan dipersyaratkan untuk ‘Merancang gambar teknik secara rinci (lanjut)’. maka Anda dapat mengajukan Pengakuan Kompetensi Terkini (RCC). Jumlah maksimum usaha/kesempatan yang disarankan adalah tiga (3) kali. Peserta yang berbeda mungkin membutuhkan waktu yang berbeda pula untuk menjadi kompeten dalam keterampilan tertentu. Mempunyai pengalaman lainnya yang mengajarkan pengetahuan dan keterampilan yang sama. 1.5 Apa yang akan Anda pelajari dari Unit Standar Kompetensi ini Anda akan mengembangkan pengetahuan. Berpartisipasi dalam kursus pelatihan yang mempelajari kompetensi yang sama atau c.

doc 3 .Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.

meliputi: • Tenaga Fluida • Listrik • Mekanik • Pendingin dan AC Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. 9.2A.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 2 Peta Unit Standar Kompetensi Standar Kompe tensi Terkini 9.6A Prasyarat 9. Menggambar.doc 3 .3A Bidang yang digunak an pada Pedoma n Belajar ini 9. Merencanakan dan Mendesain Anda berada di sini Bidang Lainnya 1 2 3 4 5 6 7 8 10 11 12 13 14 15 16 17 18 Kelompok Dasar kelompok Inti Perakitan Pengecoran dan Pembentukan Cetakan Fabrikasi Kerja Tempa Operasi Mesin dan Proses Penyelesaian Akhir Permukaan Pemasangan dan Persiapan Penanganan Material Pengukuran Keselamatan dan Kesehatan Kerja Perencanaan Mutu Komunikasi Pelatihan Pemeliharaan dan Diagnosa.

b. Memikirkan bagaimana pengetahuan baru yang diperoleh berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang telah anda miliki. d. Mencoba mengerjakan seluruh pertanyaan dan tugas praktik yang terdapat pada tahap belajar. Merevisi dan meninjau materi belajar agar dapat menggabungkan pengetahuan Anda. Mengamati keterampilan praktik yang didemonstrasikan oleh Pelatih atau orang yang telah berpengalaman lainnya.5 Penilaian a. Merencanakan aplikasi praktik pengetahuan dan keterampilan anda. Jika ada sesuatu yang tidak Anda mengerti pada pedoman Belajar. Mempraktikkan keterampilan baru yang telah anda peroleh.4 Implementasi a.doc 4 . b. Membaca bahan/materi yang telah diidentifikasi dalam setiap tahap belajar dengan tujuan mendapatkan tinjauan umum mengenai isi proses belajar Anda. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Melaksanakan tugas penilaian untuk penyelesaian belajar Anda. 3.2 Permulaan dari proses pembelajaran a. b. 3. tanyakan pada Pelatih untuk membantu Anda.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 3 Strategi belajar yang disarankan Belajar dalam suatu sistem Berdasarkan Kompetensi berbeda dengan yang sedang ‘diajarkan’ di kelas oleh guru. Menerapkan pelatihan kerja yang aman. c. Membuat catatan terhadap apa yang telah dibaca. b. Mengajukan pertanyaan kepada Pelatih tentang konsep sulit yang Anda temukan. c. 3.3 Pengamatan terhadap tugas praktik a. Pada sistem ini. Anda akan bertanggung jawab terhadap belajar Anda sendiri.1 Persiapan/perencanaan a. 3. 3. artinya bahwa Anda perlu merencanakan belajar Anda dengan Pelatih dan kemudian melaksanakannya dengan tekun sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Pusatkan pada pencapaian pengetahuan dan keterampilan baru. Mengamati indikator kemajuan personal melalui kegiatan praktik.

Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 4 Metode penyampaian Terdapat tiga prinsip metode penyampaian yang dapat digunakan dan hal tersebut dijelaskan di bawah ini. Walaupun proses belajar memiliki prinsip sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing. Anda disarankan untuk menemui Pelatih setiap saat untuk mengkonfirmasikan kemajuan dan mengatasi kesulitan belajar.1 Belajar secara mandiri Belajar secara mandiri membolehkan Anda untuk belajar secara individu. kombinasi metode mungkin dapat digunakan. 4.2 Belajar berkelompok Belajar berkelompok memungkinkan peserta untuk datang bersama secara teratur dan berpartisipasi dalam sesi belajar berkelompok. sesuai dengan kecepatan belajarnya masing-masing. 4. Dalam beberapa kasus. Sesi belajar ini umumnya mencakup topik tertentu. Pedoman Belajar ini telah didesain sebagai sumber belajar utama dalam ketiga situasi. sesi kelompok memberikan interaksi antara peserta.doc 5 . 4. Pelatih dan pakar/ahli dari tempat kerja. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.3 Belajar terstruktur Belajar terstruktur meliputi sesi pertemuan kelas secara formal yang dilaksanakan oleh Pelatih atau ahli lainnya. Meskipun proses belajar dilaksanakan secara bebas.

5.3 Teman kerja/sesama peserta pelatihan Teman kerja Anda/sesama peserta pelatihan juga merupakan sumber dukungan dan bantuan.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 5 Orang yang dapat membantu Anda dalam pencapaian kompetensi unit ini 1. 5.1 Pelatih Pelatih Anda dipilih karena dia telah berpengalaman dalam Industri Logam. Membantu Anda untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang Anda perlukan untuk belajar Anda e.doc 6 . Teman kerja/sesama peserta pelatihan Catatan: Di dalam pedoman belajar. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan f. istilah berikut yang akan digunakan: • “Pelatih” dapat mencakup instruktur/fasilitator/mentor/guru /supervisor • “Peserta pelatihan” dapat mencakup peserta didik/pegawai/siswa. Mencatat pencapaian/perolehan Anda. Pendekatan ini dapat menjadi suatu yang berharga dalam membangun semangat tim dalam lingkungan belajar/kerja Anda dan dapat meningkatkan pengalaman belajar Anda. Penilai 3. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Membimbing Anda melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar c. Penilai akan: a. Merencanakan seorang ahli dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan. Menjelaskan kepada Anda mengenai bagian yang perlu untuk diperbaiki dan merundingkan rencana pelatihan selanjutnya dengan Anda c. Peran Pelatih adalah untuk: a. Membantu Anda untuk memahami konsep dan praktik baru dan untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai proses belajar Anda d. Melaksanakan penilaian apabila Anda telah siap dan merencanakan proses belajar dan penilaian selanjutnya dengan Anda b. Pelatih 2. Membantu Anda untuk merencanakan proses belajar b. 5. Anda juga dapat mendiskusikan proses belajar dengan mereka.2 Penilai Penilai Anda melaksanakan program pelatihan terstruktur untuk penilaian di tempat kerja.

Pedoman penilai – menunjukkan apa yang akan diamati penilai dan mengkonfirmasikan selama proses penilaian. Penjelasan ruang lingkup – menjelaskan rentang konteks dimana unjuk kerja dapat dilaksanakan. Rentang membantu penilai untuk mengidentifikasi penerapan/aplikasi industri atau perusahaan tertentu terhadap unit kompetensi. yang menjelaskan tindakan atau hasil yang dapat diperagakan. Unit Standar Kompetensi Elemen kompetensi – merupakan dasar yang membangun unit kompetensi. Pedoman bukti – pedoman bukti menentukan konteks penilaian. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. pengetahuan dan pemahaman yang memberikan bukti unjuk kerja yang kompeten untuk setiap elemen kompetensi. Pedoman bukti berhubungan langsung dengan kriteria unjuk kerja dan penjelasan ruang lingkup yang ditetapkan dalam unit kompetensi. aspek kritis dari bukti dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan atau yang mendukung.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 6 Bagian dari Unit Standar Kompetensi Prasyarat – pengetahuan dan keterampilan minimum yang harus Anda miliki sebelum memulai Unit ini. dapat diidentifikasi dan sub kelompok tindakan yang berbeda dan pengetahuan yang mendukung dan membangun unit kompetensi. Elemen kompetensi menjelaskan logika terendah. keterampilan. Kriteria unjuk-kerja – unjuk kerja menentukan kegiatan.doc 7 .

5A Merancang gambar teknik secara rinci 9. Permukaan yang kontak atau terpisah dapat diidentifikasi. Assessor guide: observe that – All relevant work instructions. tata letak dan rancangan secara rinci Prepare assembly. requirements are obtained in accordance with workplace procedures.6B.1. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.6. Semua toleransi jarak. Pengaruh pengerjaan permukaan akhir pada permukaan operasi dapat diidentifikasi. assembly or layout to be drawn can be identified.1.doc 8 .1 Specification requirements determined.6B M9. perakitan atau tata letak yang digambar dapat diidentifikasi.2A Membaca gambar teknik 9.5A Basic engineering detail drafting Elemen 9. kekasaran permukaan. Kriteria 9. Prosedur penentuan toleransi dapat ditentukan. Assessor guide: confirm that – The specifications and/or requirements of the component.6B.1 Mempersiapkan perakitan. Pedoman penilai: amati bahwa – Pedoman penilai: pastikan bahwa – Spesifikasi dan/atau persyaratan komponen. Kriteria 9.6B.1 Element 9.3A Prepare basic engineering drawing 9.6B Merancang gambar teknik secara rinci (lanjut) Advanced engineering detail drafting Bidang – Menggambar. toleransi radial dan toleransi posisi dihitung sesuai prosedur operasi standar. Criteria 9. Pedoman penilai: pastikan bahwa – Fungsi operasi komponen/perakitan yang digambar dapat diidentifikasi. Drafting and Design Bobot unit Unit weight 4 4 Kelompok – Spesialisasi kelompok B Band – Specialisation band B Catatan Notes Unit prasyarat – Jalur 1 Pre-requisite units – Path 1 9.2 Perhitungan enjiniring yang dilakukan untuk menentukan semua dimensi termasuk toleransi dan suaian. Tipe suaian yang sesuai pada permukaan yang kontak dapat diidentifikasi. Merencana dan Mendesain Field – Drawing.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 7 Standar Kompetensi Unit M9. Titik acuan yang dipakai dapat diidentifikai.3A Menyiapkan gambar teknik (dasar) 9.1. bidang patokan toleransi posisi jika perlu diyakinkan untuk menjamin fungsi operasi dan kesesuaian.1 Menentukan spesifikasi yang diperlukan. Alasan pemilihan dan penentuan tipe suaian dapat diberikan.6B. layout and detail drawing Pedoman penilai: amati bahwa – Semua instruksi kerja dan tuntutan yang relevan tersedia sesuai dengan prosedur ditempat kerja.B.6A Unit Unit M9.2A Interpret technical drawing 9.

komponen dan/atau perakitan Interpret specifications and select material. Assessor guide: observe that – All relevant data sheets. Kriteria 9.1.6B. Criteria 9.1. Pedoman penilai: amati bahwa – Semua gambar yang dihasilkan mengacu standar nasional atau ISO. are obtained in accordance with workplace procedures. materials and/or assemblies can be identified.2. Appropriate datum points can be identified. katalog dan lain-lain tersedia sesuai dengan prosedur di tempat kerja. The effect of surface finish on the performance/operation of surfaces can be identified. Assessor guide: confirm that – The specifications of the components. materi dan/atau perakitan yang dipilih dari lembar data atau katalog pabrik untuk memenuhi tuntutan.6B. components and/or assemblies Pedoman penilai: amati bahwa – Semua lembar data. Kriteria 9. The appropriate type of fit for contacting surfaces can be identified. material and/or assemblies selected from data sheets or manufacturers' catalogue to meet specifications.2 Engineering calculations undertaken to determine all dimensions including limits and fits. Surfaces which are to be in contact or separated can be identified.1 Components.2 Element 9.6B. diametral and geometric tolerances are calculated in accordance with standard operating procedures.1. etc.6B. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. surface texture. Assessor guide: observe that – All drawings are produced in accordance with national standard or ISO. datum references and geometric tolerances where appropriate to ensure functional operation and suitability. The reasons for selecting the chosen components and/or. catalogues. The procedures for determining tolerances can be given. Elemen 9. Alasan dan pemilihan komponen/atau bahan dapat diberikan. Pedoman penilai: pastikan bahwa – Spesifikasi komponen. All appropriate lineal.6B. The appropriate components and materials are selected from supplier/manufacturers' catalogues. Assessor guide: observe that – Assessor guide: confirm that – The functional operation of the component/assembly to be drawn can be identified.6B.3 Semua gambar yang dihasilkan mengacu pada standar nasional atau ISO.doc 9 . Assessor guide: confirm that – The requirements of national standard or ISO for the drawing(s) to be produced can be identified.2 Menterjemahkan spesifikasi-spesifikasi dan pemilihan material.3 All drawings produced to national standard or ISO.2.6B. Criteria 9. Pedoman penilai: pastikan bahwa – Persyaratan yang ada pada standar nasional atau ISO dalam penggambaran dapat diidentifikasi. Komponen yang sesuai dan material dipilih dari katalog pabrik/penyalur. bahan dan/atau perakitan dapat diidentifikasi.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Criteria 9.1 Komponen-komponen. The reasons for selecting the chosen type of fit can be given.

Criteria 9. efficient and cost effective can be explained. Unit 9. Unit 9. Pedoman penilai: pastikan bahwa – Prosedur untuk pemeriksaan dan pengesahan gambar dapat dijelaskan. Petunjuk penilai: menegaskan bahwa – Metode manufaktur/perakitan/fabrikasi dapat diidentifikasi dari gambar telah diperiksa. Peralatan gambar kerja dan rancangan manual digunakan atau jika sistim CAD digunakan. tata letak fabrikasi/struktur dan detail sesuai standar nasional atau ISO.3 Element 9. Kriteria 9.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Elemen 9. Penjelasan ruang lingkup Satuan ini digunakan untuk menghasilkan gambar perakitan struktur/fabrikasi. Toleransi yang tidak perlu atau tidak sesuai dapat diidentifikasi.9B (Create 2D drawings using computer aided design system) and/or Unit 9.6B. Alasan pemeriksaan gambar untuk pemeriksaan gambar untuk meyakinkan bahwa pembuatan/perakitan adalah mungkin. Criteria 9. Assessor guide: confirm that – The methods of manufacture/assembly/fabrication can be identified from the drawing(s) being checked.2 Gambar-gambar diperiksa untuk meyakinkan bahwa kesesuaian dengan spesifikasi.6B. Kriteria 9.3. Skills covered by this unit are applied individually or in a team environment where comprehensive responsibility for the production of the drawing is exercised. Assessor guide: observe that – Drawings are checked for conformance to specification in accordance with standard operating procedures. Spesifikasi gambar dapat diidentifikasi. Pedoman penilai: meyakinkan bahwa – Gambar diperiksa untuk menjamin bahwa perakitan/fabrikasi adalah dapat dikerjakan sesuai dengan prosedur operasi standar. Manual drafting and drawing equipment is used or where a CAD (Computer aided design) system is used.6B.3.1 Drawings checked to ensure compliance with specifications.doc 10 . The reasons for checking drawings can be explained. The drawing specifications can be identified . Range statement This unit applies to the production of assembly.3. Assessor guide: confirm that – The procedures for checking and approving drawings can be given.6B.6B.1 Gambar-gambar diperiksa untuk meyakinkan kesesuaian dengan spesifikasi. efisien dan efektif dapat dijelaskan. Ketrampilan yang tercakup pada unit ini dapat diaplikasikan secara individu maupun secara bersama-sama dimana tanggung jawab pembuatan gambar telah dilatih. Assessor guide: observe that – Drawings are checked to ensure that assembly /fabrication is possible in accordance with standard operating procedures. critical dimensions and associated tolerances are determined where required.10B (Membuat model 3 dimensi dengan sistem CAD) harus diperhatikan. dimensi kritis dan toleransi yang bersesuaian atau toleransi yang bersesuaian dddditentukan bilamana diperlukan.10B (Create 3D models using computer aided design system).3.2 Drawings checked to ensure that assembly/fabrication is possible. Unnecessary or inappropriate tolerances can be identified. Alasan pemeriksaan gambar dapat dijelaskan. layout and detail drawings to national standard or ISO. The reasons for checking the drawings to ensure that manufacturing/assembly is possible.3 Memeriksa gambar-gambar Check drawings Pedoman penilai: amati bahwa – Gambar diperiksa untuk menyesuaikan spesifikasi sesuai dengan prosedur operasi standar.9B (Menggambar 2 dimensi dengan sistem CAD) dan atau Unit 9. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.6B.

.Orally. The competencies covered by this unit would be demonstrated by an individual working alone or as part of a team. The candidate will be required to: . Kondisi penilaian Peserta akan diperlengkapi dengan: – Semua peralatan.doc .Identify colleagues who can be approached for the collection of competency evidence where appropriate. proses-proses dan prosedur pada tempat kerja. recording and reporting associated with engineering detail drafting or other units requiring the exercise of the skills and knowledge covered by this unit. – Mengenal rekan kerja yang dapat membantu mengumpulkan bukti yang kompeten. . dan referensi material yang relevan. buku pedoman. . – Memberikan bukti-bukti yang dapat menunjukkan kemampuan seseorang pada off the job training yang berkaitan dengan unit ini. practices. – Codes. .menggunakan teknik-teknik engineering yang tepat. termasuk pengetahuan yang diperlukan. answer questions put by the assessor. materials handling. . Penilai harus yakin bahwa peserta dapat menguasai dan konsisten melakukan seluruh elemen dalam unit ini sesuai spesifikasi kriteria. standards. komunikasi.perform all tasks to specification. off the job. The assessment environment should not disadvantage the candidate. mutu.demonstrate safe working practices at all times. Assessment conditions The candidate will be provided with: . Competency in this unit cannot be claimed until all prerequisites have been satisfied. perlengkapan. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Special notes During assessment the individual will: . pencatatan dan pelaporan yang berkaitan dengan perancangan gambar teknik atau unit-unit lain yang membutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang tercakup dalam unit ini. tidak pada pekerjaan atau kombinasi antara keduanya. .Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Pedoman bukti Konteks penilaian Unit ini dapat dinilai pada pekerjaan. . or by other methods of communication. The candidate will be permitted to refer to the following documents: . including required knowledge. Lingkungan penilaian jangan sampai merugikan peserta. Pekerjaan-pekerjaan/tugas-tugas tersebut akan dilengkapi dengan acuan waktu yang jelas dan sesuai dengan jenis kegiatan pekerjaan . Kompetensi dalam unit ini tidak dapat diakui sampai semua unit prasyarat dipenuhi. manuals and reference materials. . – Spesifikasi yang relevan dengan produk dan pembuatan. kejadian-kejadian atau tugas-tugas yang dilakukan untuk memastikan suatu lingkungan kerja yang aman dan efisien.Any relevant codes.mengkomunikasikan informasi tentang proses-proses. . Catatan khusus Selama penilaian peserta akan: . praktekpraktek. Assessors must be satisfied that the candidate can competently and consistently perform all elements of the unit as specified by the criteria. . .Any relevant workplace procedures. quality. .melakukan semua pekerjaan sesuai dengan prosedur operasi standar. materials and documentation required. equipment. Any relevant product and manufacturing specifications.Present evidence of credit for any off-job training related to this unit.merencanakan pekerjaan pada semua situasi dan meninjau kembali kebutuhan-kebutuhan pekerjaan yang sesuai.perform all tasks in accordance with standard operating procedures. or a combination of both on and off the job. 11 Aspek penting Unit ini dapat dinilai bersama-sama dengan unit lainnya yang menyangkut keselamatan kerja. Kompetensi-kompetensi yang meliputi unit ini akan diperagakan secara individual atau sebagai bagian dari suatu kelompok. Peserta akan diijinkan mengacu pada dokumen-dokumen berikut: – Prosedur yang relevan dengan tempat kerja. Evidence guide Assessment context This unit may be assessed on the job. Peserta akan diperlukan untuk: – Menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Assessor secara lisan atau menggunakan metode komunikasi lainnya.melakukan semua pekerjaan-pekerjaan sesuai spesifikasi. material dan dokumentasi yang diperlukan. . events or tasks being undertaken to ensure a safe and efficient working environment.memperagakan praktek kerja aman setiap saat.take responsibility for the quality of their own work.plan tasks in all situations and review task requirements as appropriate. .communicate information about processes.All tools. Critical aspects This unit could be assessed in conjunction with any other units addressing the safety. communication.use accepted engineering techniques. standar. penanganan material. .bertanggung jawab terhadap mutu kerja sendiri.

Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project processes and workplace procedures. Tasks involved will be completed within reasonable timeframes relating to typical workplace activities Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.doc 12 .

Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 8 Sumber-sumber yang diperlukan untuk Standar Kompetensi Unit 9. Polman Bandung Standar Polman Seri 0 – Elemen Pengikat dan Penghubung ISO Standards Handbook 12 – Technical Drawings: ISO 1101 ISO 1302 ISO 1660 ISO 5458 ISO 5459 ISO 5460 Non text book: • Katalog Bahan dan Produk Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.6B • • • Gambar Teknik Mesin Dasar – GTM 1.doc 12 Page 12 of 49 .

keterampilan untuk mencapai kompetensi.1 Tahapan belajar Pada bagian ini. mulai dari awal sampai selesai. Anda akan menemukan instruksi yang akan membimbing dalam pencapaian pengetahuan. Ingat: tanggung jawab untuk proses belajar ada pada diri Anda dan segala usaha dalam penyelesaian tahapan belajar akan dihargai melalui kemampuan Anda untuk mencapai kompetensi.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 9 Bagian dari Pedoman Belajar dan bagaimana menggunakannya: 9. Bagian ini sangat penting bagi Anda. Elemen diperluas agar dapat mengidentifikasi tahapan/langkah nyata yang diperlukan untuk menampilkan tugas. Analisis Elemen akan digunakan oleh Penilai untuk mengecek apakah Anda dapat menampilkan setiap tahapan secara kompeten dan sesuai dengan urutan logis.doc 13 Page 13 of 49 . seperti yang dinyatakan dalam Elemen. Ketika Anda melaksanakan Penilaian Unjuk-kerja. 9. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Anda akan menggunakan bagian ini sebagai pemeriksaan-sendiri untuk memastikan bahwa Anda dapat menampilkan secara berurutan seluruh tahapan yang membangun Elemen. Anda harus melengkapi setiap Tahapan Belajar (sesuai urutan) sehingga Anda akan mencapai kompetensi. Tahapan ini disusun dalam urutan unjuk-kerja. Sebelum dinilai. Aspek kritis yang diidentifikasi dalam Tahapan Belajar merupakan bagian penting yang harus menjadi fokus pada proses belajar Anda.2 Analisis elemen Pada bagian ini.

dia mungkin mendiskusikan aspek kritis tertentu dengan Anda. Anda harus bertanggung jawab sebagai pekerja yang efisien dan efektif dan seseorang yang memiliki sikap yang benar dalam bekerja. Diagram-diagram. Penilai akan mengamati tingkah laku Anda.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project 9. 9.3 Sumber-sumber Pengertian sumber – sumber adalah material yang menjadi pendukung proses pembelajaran ketika peserta pelatihan sedang menggunakan Pedoman Belajar ini. Hal ini merupakan bagian yang penting dari keseluruhan penilaian. Contoh tugas kerja 5. Penilai juga akan menggunakan daftar cek ini untuk menilai sikap Anda.4 Aspek kritis – keselamatan/tingkah laku Pada bagian ini. Prinsip-prinsip dalam CBT mendorong kefleksibilitasan dari penggunaan sumbersumber yang terbaik dalam suatu unit kompetensi tertentu. Agar dapat mencapai tingkat ini. pemeliharaan dan tingkah laku diidentifikasi dan dibuat daftarnya.doc 14 Page 14 of 49 . film dan lain-lain Ada beberapa sumber yang disebutkan dalam pedoman belajar ini untuk membantu peserta pelatihan mencapai unjuk kerja yang tercakup pada suatu unit kompetensi. atau dalam beberapa kasus. Rekaman dalam bentuk kaset radio. Anda akan menggunakan daftar ini untuk memeriksa apakah Anda dapat mencapai standar unjuk-kerja yang sangat baik pada pekerjaan. Buku referensi (text book) 2. aspek kritis mengenai keselamatan. Sumber – sumber tersebut dapat meliputi: 1. gambar 4. video. Lembar kerja 3. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. dengan mengijinkan peserta untuk menggunakan sumber-sumber alternatif lain yang lebih baik atau jika ternyata sumber-sumber yang direkomendasikan dalam Pedoman Belajar tidak tersedia/tidak ada. berdasarkan tingkah laku dan demonstrasi hal-hal yang telah diidentifikasi pada daftar cek.

Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Penilaian di tempat kerja (Workplace assessment) Setelah Anda menyelesaikan bagian-bagian lain dari penilaian dan telah yakin bahwa Anda siap untuk melaksanakan penilaian praktek kerja. Tes tertulis (Written test) Anda akan menyelesaikan bagian ini dibawah pengawasan pelatih atau assessor di tempat kerja yang dapat menunjukkan pemahaman pengetahuan yang menjadi bagian dari unit kompetensi ini. 3. Anda mengembangkan keterampilan yang memungkinkan anda untuk mengambil inisiatif dalam menghadapi situasi dan tantangan yang tidak lazim yang timbul di tempat kerja. dan mengidentifikasi sebanyak mungkin pemecahan masalah yang dapat Anda lakukan. baru anda dapat dinilai secara kompetensi oleh assessor yang kompeten di tempat kerja. Skenario (Scenario) Skenario/naskah merupakan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan. 2. pemahaman dan kemampuan berpikir secara kreatif dalam menangani suatu masalah berdasarkan pekerjaan ditempat kerja.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project 9. Bagian penilaian ini akan menentukan kompetensi Anda dalam seluruh elemen-elemen dalam suatu unit atau jika belum kompeten maka Anda mungkin harus mengikuti lagi beberapa pelatihan. 4. Tujuannya untuk menempatkan Anda pada skenario. Dengan cara ini. Tes terhadap diri sendiri (Self test) Setelah menyelesaikan tahapan belajar anda akan menyelesaikan bagian dari tahapan belajar ini untuk dapat menentukan apakah anda telah dipersiapkan dan siap untuk dinilai.doc 15 Page 15 of 49 .5 Penilaian Penilaian yang berhubungan dengan Pedoman Belajar ini terdiri dari 4 bagian: 1.

Penilaian dapat dilaksanakan di industri (di tempat kerja) atau di lembaga pelatihan (di luar tempat kerja). Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 10 Bagaimana Anda akan dinilai Dalam sistem berdasarkan Kompetensi. Pendekatan ini mengukur unjuk kerja Anda terhadap sejumlah standar. Penilai akan mengumpulkan bukti dan membuat pertimbangan mengenai pengetahuan. Standar yang digunakan dijelaskan dalam Kriteria Unjuk-kerja. sebaiknya penilaian dilaksanakan di tempat kerja sehingga Penilai dapat mengamati Anda melakukan kegiatan normal di tempat kerja. Penilaian dapat dilaksanakan dengan tujuan sebagai bantuan dan dukungan belajar – tipe penilaian ini adalah formatif dan merupakan proses yang sedang berjalan. pendekatan yang banyak digunakan untuk penilaian adalah ‘Penilaian berdasarkan kriteria/Criterion-Referenced Assessment’. pemahaman dan unjuk-kerja tugas-tugas Anda dan sikap Anda terhadap pekerjaan. Penilaian dapat juga dilaksanakan untuk menentukan apakah Anda telah mencapai hasil program belajar (contohnya pencapaian kompetensi dalam Unit) – tipe penilaian ini adalah sumatif – merupakan penilaian akhir. Anda akan dinilai untuk menentukan apakah Anda telah mencapai kompetensi sesuai dengan standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk-kerja. Pada Pelatihan Berdasarkan Kompetensi. Jika memungkinkan.doc 16 Page 16 of 49 .

Oleh sebab itu. merencanakan pelatihan lanjutan jika Anda belum mencapai kompetensi pada usaha/kesempatan pertama. Penilai biasanya menggunakan daftar cek Analisis Elemen sebagai pedoman untuk menentukan kompetensi Anda dan akan memberikan umpan balik mengenai unjuk-kerja dan jika perlu. Tes tertulis biasanya berupa seri Pertanyaan Pilihan Ganda atau beberapa bentuk tes tertulis objektif lainnya. Anda akan menerapkan pengetahuan dan pemahaman Anda terhadap unjuk-kerja tugas-tugas.2 Tes unjuk-kerja Tes Unjuk-kerja akan menilai kompetensi Anda dalam menampilkan tugas-tugas Elemen terhadap standar yang dijelaskan dalam Kriteria Unjuk-kerja. yaitu tes dimana setiap pertanyaan memiliki satu jawaban benar.doc 17 Page 17 of 49 .Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 11 Tipe penilaian 11. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.1 Tes tertulis Tes tertulis akan menilai pengetahuan Anda dan pemahaman konsep dan prinsip yang merupakan dasar unjuk-kerja tugas-tugas Anda. 11.

Kerjakan tugas-tugas praktik. 081. Apendik no. • • Menerima gambar dan perintah dari instruktur. Apabila Anda telah menyelesaikan tugas-tugas ini.40. Baca dan pahami setiap tugas. Pelajari referensi dan catat hal-hal yang penting. 6. • • Menyeting kelurusan dan ketegak lurusan mistar pada mesin gambar. • Dalam • Aspek Kritis • Pastikan bahwa Sumber-sumber • • Selesai semua perlengkapan gambar sudah disiapkan dalam keadaan baik. tata letak dan rancangan gambar secara rinci Selesaikan seluruh tugas belajar untuk elemen ini dengan mengerjakan hal-hal berikut ini: 1.6B. mal). Menyiapkan peralatan gambar (pensil. Melaksanakan pemeriksaan sendiri (self-chek) untuk mengetahui apakah semua yang diperlukan sudah dipersiapkan. 5. beri tanda cek () pada kolom ‘selesai’. Menganalisa pekerjaan yang memahami perintah dan menganalisa tugas. Anda akan memiliki catatan tentang kemajuan belajar Anda. Mempersiapkan peralatan gambar.doc 18 Page 18 of 49 . • 2. 3.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 12 Tugas-tugas belajar untuk peserta pelatihan 12. Latihan pemeriksaan sendiri (SelfChek). Bank Soal. Tahapan Belajar 1. Baca secara sekilas setiap referensi untuk memperoleh tinjauan umum isi referensi tersebut. Dapatkan sumber-sumber yang diperlukan.1 Tahapan Belajar untuk elemen 9. Apabila Anda telah menyelesaikan setiap Tahapan Belajar. apendiks standar penggambaran dan tabel-tabel yang diperlukan. • Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. 4. 2. penghapus. peserta didik harus mampu Gambar Teknik Mesin Dasar 1. Mempelajari fungsi dan prinsip kerja dari produk yang akan digambar. Polman Bandung. rafido. apendik standar penggambaran dan tabel-tabel yang diperlukan membaca petunjuk penyetingan mesin gambar pada apendik. lanjutkan ke bagian berikutnya.1 Mempersiapkan perakitan.

Polman Bandung. Menentukan harga kekasaran permukaan sesuai dengan fungsi dan proses pengerjaan. • • • Mengidentifikasi setiap bagian yang ada pada gambar. 7. Sumber-sumber Selesai • Mempelajari fungsi dan prinsip kerja dari gambar yang diterima.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Tahapan Belajar ditugaskan. • Mengevaluasi parameter-parameter yang berkaitan dengan spesifikasi yang dipersyaratkan. Mengidentifikasi semua ukuran terutama ukuran fungsi. 3096-1. 6.Hal. 3. VSM. Hasil pekerjaan diperiksa instruktur. Memelihara kembali/mengevaluasi diri proses yang sudah ditentukan. • • • • • Baca Gambar Teknik Mesin hal. Menentukan dimensi nominal dan toleransi sesuai dengan fungsi. • DIN 406 T11. • Pastikan bahwa • Latihan pemeriksaan sendiri (SelfChek).doc • Pastikan bahwa • Gambar Teknik semua permukaan Mesin Dasar 1. Aspek Kritis berkomunikasi dengan teman dan instrukturnya. VII1 s/d VII-13.. 5. Menentukan parameter proses sesuai persyaratan spesifikasi. IX-1 – IX-12. Mengidentifikasi setiap komponen dari produk yang akan digambar. Mengevaluasi spesifikasi teknik yang dipersyaratkan dari produk yang akan digambar. 58400.. Menkonfirmasikan dan mendiskusikan dengan teman sepeserta didik. 2768. Diskusikan dengan teman atau konsultasikan ke instruktur. • 4. • Gambar Teknik semua ukuran dan toleransi tidak ada yang terlewatkan. Polman Bandung. Polman Bandung. • ISO 1660. 19 Page 19 of 49 . VII-1 s/d VII-13. • Gambar Teknik Mesin Dasar 1. Polman Bandung. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Membuat sketsa bentuk dari setiap bagian yang akan digambar. • • • Memilih mesin dan peralatan yang sekiranya akan dipakai. Memberikan penunjukan ukuran dan besarannya. 10201. • Gambar Teknik Mesin Dasar 1. hal. Mesin Dasar 1. • Self-Check. Menentukan proses pengerjaan yang harus dilakukan. Menentukan jenis dan besarnya toleransi sesuai fungsi.

• • Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Menentukan bidang patokan. X-1 s/d X-11 ISO 5458. • Menentukan bidang yang akan dijadikan patokan.d VIII-13. 8. hal. ISO 1302. VIII1 s. • Baca Gambar Teknik Mesin hal. • • • • Pastikan bahwa praktik gambar ini sudah dilakukan sesuai dengan pedoman sistem yang berlaku. VIII1s/dVIII-13. 7083 VSM 10204 Latihan pemeriksaan sendiri (SelfChek). Mengevaluasi sistem penggambaran sesuai dengan. JIS Gambar Teknik Mesin Dasar 1. • Pastikan bahwa • toleransi bentuk dan posisi memang benarbenar diperlukan sesuai dengan fungsinya. Mengevaluasi sistem penggambaran yang dilakukan/diterapkan. Polman Bandung. • Apendik 083. VSM. Mengevaluasi fungsi dari setiap permukaan yang akan dimasining. jenis dan harga toleransi bentuk dan posisi sesuai dengan kebutuhan. • • Selesai • • • • Baca Gambar Teknik Mesin hal. Selesaikan sesuai jadwal. 5460 ISO 1101. sistem internasional (ISO) atau dengan yang berlaku. • Menerima lembar pemeriksaan gambar dan semua dokumen penggambaran. Polman Bandung. Latihan pemeriksaan sendiri (SelfChek). • Memilih bidang yang akan ditoleransi • Menentukan jenis toleransi bentuk dan posisi yang sesuai dengan fungsinya. 5459.11…13 Dan 0-83. ISO. • Diskusikan dengan teman sepeserta didik.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Tahapan Belajar Aspek Kritis diberi simbol dan harga Sumber-sumber Hal. • Mengidentifikasi dan mengevaluasi bagian-bagian fungsi. Menentukan jenis permesinan dan harga kekasaran. Gambar Teknik Mesin Dasar 1. Diskusikan dengan teman sepeserta didik.20…21. Hasil pekerjaan periksakan ke instruktur.doc 20 Page 20 of 49 . DIN.X-1 s/d X-11. kekasaran yang tepat. • • • 9.

Menentukan parameter proses sesuai persyaratan spesifikasi.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project 12. Menentukan bidang patokan. Laksanakanlah setiap tugas. Menentukan ukuran nominal dan toleransi sesuai dengan fungsi . 9.6B. 2.1. tata letak dan rancangan gambar secara rinci Untuk Penilaian Unjuk-kerja.6B. yaitu standar dimana Anda akan dinilai: 9. 7.6B. Mengidentifikasi setiap komponen. Mengevaluasi spesifikasi teknik yang dipersyaratkan.1 Menentukan spesifikasi yang diperlukan. Kriteria unjuk-kerja. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. 9.2 Analisis Elemen untuk elemen 9. 4. 6. Mempelajari fungsi dan prinsip kerja dari produk/alat yang akan digambar. VSM.2 Perhitungan enjiniring yang dilakukan untuk menentukan semua dimensi termasuk toleransi dan suaian.3 Semua gambar yang dihasilkan mengacu pada standar nasional atau ISO.1 Mempersiapkan perakitan.6B. jenis dan harga toleransi bentuk dan posisi sesuai dengan fungsi (bila diperlukan). kekasaran permukaan. Anda dipersyaratkan untuk menampilkannya sesuai urutan setiap tugas yang disusun dalam Analisis Elemen. apendik standar penggambaran dan tabel-tabel yang diperlukan.1. 3. 9. Mempersiapkan peralatan gambar. DIN. bidang patokan toleransi posisi jika perlu diyakinkan untuk menjamin fungsi operasi dan kesesuaian.1. Mengevaluasi sistem penggambaran sesuai dengan Standar Internasional (ISO) atau yang setara (AS 1100. 8. 5.doc 21 Page 21 of 49 . Menentukan harga kekasaran permukaan sesuai dengan fungsi dan proses pengerjaan. JIS). Revisi teori atau konsultasikan dengan Pelatih jika Anda memiliki kesulitan. Tugas untuk nomor elemen Saya dapat melaksanakan tugas ini dengan kompeten 1.

Mengidentifikasi elemen standar yang digunakan.2 Menterjemahkan spesifikasispesifikasi dan pemilihan material. Menyiapkan katalog bahan dan katalog elemen standar yang diperlukan. lanjutkan ke bagian berikutnya. Katalog bahan. Baca dan pahami setiap tugas. Katalog produk. 2. komponen dan/atau perakitan Selesaikan seluruh tugas belajar untuk elemen ini dengan mengerjakan hal-hal berikut ini: 1. Standar Elemen. Katalog produk. Menentukan jenis komponen yang sesuai. Mengevaluasi fungsi dari setiap komponen. Tahapan Belajar 1. 2. 6. 4. Standar produk. Apabila Anda telah menyelesaikan tugas-tugas ini. Aspek Kritis • Sumber-sumber • • • • Selesai Pastikan bahwa semua katalog yang disiapkan ada di pasaran. Kerjakan tugas-tugas praktik. • • • Mengidentifikasi semua komponen/ elemen mesin yang dipakai. Apabila Anda telah menyelesaikan setiap Tahapan Belajar.doc 22 Page 22 of 49 . Baca secara sekilas setiap referensi untuk memperoleh tinjauan umum isi referensi tersebut. • • • Menyiapkan katalog tabel-tabel yang diperlukan. Mengevaluasi katalog dan tabel yang ada. • • Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.6B. Dapatkan sumber-sumber yang diperlukan.3 Tahapan Belajar untuk elemen 9. Anda akan memiliki catatan tentang kemajuan belajar Anda. • • • 3. Menentukan jenis elemen standar yang Katalog bahan. beri tanda cek () pada kolom ‘selesai’. Mesin. • Mengidentifikasi dan mengevaluasi fungsi semua elemen standar yang dipakai.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project 12. Pelajari referensi dan catat hal-hal yang penting. Konfirmasikan ke instruktur. Memilih jenis elemen standar dari katalog yang telah disiapkan. 5. Mengevaluasi fungsi dari setiap komponen. 3.

Kerjakan sesuai Work Intruction. Memilih material standar yang digunakan yang ada di pasaran. 014. • • • • Mengidentifikasi semua bagian. Standar produk. Menentukan nama yang sesuai dengan fungsi dan bentuk.. Pastikan bahwa material yang dipilih sudah sesuai dengan spesifikasi dan ada di pasaran. Memilih dari katalog bahan yang telah disiapkan. Katalog produk. • • Mengidentifikasi semua bagian dan komponen. • 7.. Pastikan bahwa semua komponen dapat dirakit dengan mudah. Katalog produk. • Pastikan bahwa semua komponen sudah dineri nomor dan nama. Hasil diperiksa oleh instruktur. • Pastikan bahwa semua pekerjaan sudah selesai dan benar. 6. • • • • Mengidentifikasi semua bagian dan komponen. • Katalog bahan. Menentukan urutan perakitan. 014. • • • • Mengidentifikasi semua bagian dan komponen. Konfirmasikan ke instruktur. Menentukan jenis material dan dimensi sesuai dengan tuntutan dan fungsi. • Apendik No.doc 23 Page 23 of 49 . Aspek Kritis Sumber-sumber • • • Selesai 4. No. Hasil pekerjaan diperiksa instruktur. Menentukan jenis material yang sesuai. bentuk dan/atau urutan proses perakitan. Hasil pekerjaan diperiksa instruktur. Menentukan spesifikasi material yang digunakan sesuai dengan fungsi. • • • • Mengidentifikasi dan mengevaluasi semua bagian dan komponen standar. • Katalog bahan Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.45 8. Memilih material standar dari katalog yang telah disiapkan. 5.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Tahapan Belajar sesuai. Mengevaluasi urutan perakitan untuk kemudahan pengassemblingan. Memberi nomor dan nama bagian sesuai dengan fungsi. Menentukan jenis material dan dimensi yang sesuai. Mengevaluasi urutan perakitan. Menentukan spesifikasi bahan yang sesuai. Standar produk.25.40. • • • Katalog bahan.

Apendik 083. Mengevaluasi fungsi dari setiap komponen sehubungan dengan pemakaian bahannya. Apakah perlakuan lanjut material sudah di tentukan sesuai dengan tuntutan spesifikasinya? • • Mengidentifikasi semua bagian dan komponen. Hasil pekerjaan diperiksa instruktur. Aspek Kritis • Sumber-sumber • Selesai 9. 20.doc 24 Page 24 of 49 . • • Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Menentukan perlakuan lanjut pada material sesuai dengan spesifikasi dan fungsinya. Pastikan bahwa perlakuan lanjut pada bahan yang dipakai benar-benar diperlukan.21.11… 13.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Tahapan Belajar • Hasil pekerjaan diperiksa instruktur.

7. 2. Laksanakanlah setiap tugas. Menentukan spesifikasi material yang digunakan sesuai dengan fungsi. Tugas untuk nomor elemen Saya dapat melaksanakan tugas ini dengan kompeten 1.6B. Mengidentifikasi elemen standar yang digunakan.2. 3. yaitu standar dimana Anda akan dinilai: 9. Menentukan perlakuan lanjut (hardening.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project 12. 6. 8. 9.2 Menterjemahkan spesifikasispesifikasi dan pemilihan material. Memberi nomor dan nama bagian sesuai dengan bentuk dan/atau fungsi.doc 25 Page 25 of 49 .1 Komponen-komponen. Mengevaluasi urutan perakitan untuk kemudahan pengassemblingan/perakitan. Mengevaluasi fungsi dari setiap komponen. Menentukan jenis material dan dimensi sesuai dengan tuntutan dan fungsi.6B. Revisi teori atau konsultasikan dengan Pelatih jika Anda memiliki kesulitan. anodaising dan lain-lain) apabila diperlukan sesuai dengan tuntutan spesifikasi. materi dan/atau perakitan yang dipilih dari lembar data atau katalog pabrik untuk memenuhi tuntutan. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. 4.4 Analisis Elemen untuk elemen 9. Memilih material standar yang digunakan yang ada di pasaran. Kriteria unjuk-kerja. Anda dipersyaratkan untuk menampilkannya sesuai urutan setiap tugas yang disusun dalam Analisis Elemen. komponen dan/atau perakitan Untuk Penilaian Unjuk-kerja. 5. Menyiapkan katalog bahan dan katalog elemen standar yang diperlukan.

3. Polman Bandung. Menggandakan lembar penilaian sesuai dengan jumlah peserta didik. Appendik 4-20… 27 pemeriksaan gambar Menyiapkan form pemeriksaan dan penilaian yang standar dipergunakan. Polman Bandung. 6. Mengelompokkan gambar berdasarkan kerapihan dalam peletakkan/lay-out gambar.5 Tahapan Belajar untuk elemen 9. • Mengelompokkan gambar berdasarkan kebersihan dan kerapihan tampilan. Memberi nama dan nomor siswa setiap peserta didik. Baca secara sekilas setiap referensi untuk memperoleh tinjauan umum isi referensi tersebut. Tahapan Belajar 1. Anda akan memiliki catatan tentang kemajuan belajar Anda. Dapatkan sumber-sumber yang diperlukan. • Gambar Teknik Mesin Dasar 1. Kerjakan tugas-tugas praktik.6B. Menuliskan judul latihan gambar yang akan diperiksa / dinilai. Baca dan pahami setiap tugas. tulisan dan kebersihan. 5. Pelajari referensi dan catat hal-hal yang penting. • 2. 2. Sumber-sumber • Selesai Gambar Teknik Mesin Dasar 1. Apabila Anda telah menyelesaikan setiap Tahapan Belajar. Mempersiapkan form-form pemeriksaan gambar dan dokumen terkait yang diperlukan. Menilai penampilan (appearance) gambar yang dilihat dari tata letak penggambaran. 4. beri tanda cek () pada kolom ‘selesai’. komponen dan/atau perakitan Selesaikan seluruh tugas belajar untuk elemen ini dengan mengerjakan hal-hal berikut ini: 1. • • • Pastikan bahwa semua pedoman penilaian sudah disiapkan. Appendik 4-20… 27 pemeriksaan gambar • Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.doc 26 Page 26 of 49 . Memberi nilai kebersihan gambar.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project 12.3Menterjemahkan spesifikasispesifikasi dan pemilihan material. • • • • Aspek Kritis • Pastikan bahwa semua pedoman penilaian sudah disiapkan. lanjutkan ke bagian berikutnya. Apabila Anda telah menyelesaikan tugas-tugas ini.

Memeriksa pemakaian bahan yang sesuai dengan fungsinya. • Gambar Teknik Mesin Dasar 1. Memeriksa perlakuan lain bila ada pada setiap komponen. Mempelajari fungsi dari setiap bagian. Polman Bandung. Memeriksa pemilihan bahan yang sesuai dengan fungsi setiap komponen. Memeriksa teknik pergambaran (technical correctness) dalam hal proyeksi. Memberi nilai untuk kebenaran dari setiap poin-poin di atas. Mengelompokkan gambar dalam hal kerapihan tarikan garis dan tulisan berdasarkan standar ISO.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Tahapan Belajar • • Aspek Kritis Sumber-sumber Selesai Memberi nilai tampilan gambar berdasarkan tata letak. Memberi nilai untuk kebenaran pemilihan bahan. potongan. Mengidentifikasikan fungsi dan bentuk setiap komponen. DIN. • 4. • Gambar Teknik Mesin Dasar 1.doc 27 Page 27 of 49 . Katalog bahan 5. Memeriksa kebenaran penomoran dan penamaan setiap komponen. • • • • Mempelajari fungsi bagian dari gambar susunan. ukuran dan perlakuannya. Appendik 4-20…27 pemeriksaan gambar. Memberi nilai dalam hal kerapihan tarikan garis dan tulisan. • • • • • • Menyiapkan katalog bahan yang sekiranya akan diperlukan. • 3. penunjukkan khusus sesuai dengan Standar Internasional (ISO) atau yang setara (AS 1100. JIS). Polman Bandung. Memeriksa daftar bagian/part-list sesuai dengan urutan penamaan komponen berdasarkan fungsi dan bentuk. Appendik 4-20…27 pemeriksaan Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. • Gambar Teknik Mesin Dasar 1. Memeriksa ukuran bahan baku yang diambil. VSM. Polman Bandung.

Memeriksa toleransi bentuk dan posisi sesuai dengan fungsi dari setiap komponen. Melihat sistem proyeksi yang dipergunakan (Amerika/Eropa). • • Gambar Teknik Mesin Dasar 1. Memberi nilai pada bagian yang diberi toleransi bentuk dan posisi. Appendik 4-20… 27 pemeriksaan gambar. Memeriksa proyeksi. • • • • • Mengidentifikasi bentuk dan fungsi dari setiap komponen. ISO DIN/VCM 7. • • • Gambar Teknik Mesin Dasar 1. khusus dan suaian) untuk setiap bagian. Memeriksa ukuran toleransi (umum.doc 28 Page 28 of 49 . Memeriksa ukuran (dimention) yang mencakup ukuran nominal dan toleransi sesuai dengan fungsi dan proses pengerjaan/fabrikasi.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Tahapan Belajar Aspek Kritis Sumber-sumber gambar. pemotongan dan penunjukkan khusus. Selesai • • • • Mengidentifikasi sistem penggambaran yang dilakukan. Mempelajari proses pengerjaan yang akan dilakukan. • • Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Polman Bandung. Memeriksa toleransi bentuk dan posisi bagi komponen yang memerlukan ketelitian khusus. • 6. Polman Bandung. ISO Mempelajari fungsi-fungsi khusus dari setiap komponen. Mempelajari hubungan komponen satu sama lain. Memeriksa semua ukuran nominal dari setiap komponen. Memberi nilai untuk kebenaran teknik (technical correctness).

Gambar Teknik Mesin Dasar 1. Polman Bandung. • • • 9.doc 29 Page 29 of 49 . Mengurut komponen-komponen yang saling berpasangan. ISO Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. ISO Mengidentifikasi fungsi yang berhubungan dengan kekasaran permukaan. • Gambar Teknik Mesin Dasar 1. • Aspek Kritis Sumber-sumber • Selesai Gambar Teknik Mesin Dasar 1. • • • Mengidentifikasi setiap komponen akan berpasangan satu sama lain. Polman Bandung. Polman Bandung. Mencocokkan toleransi yang diberikan pada setiap komponen yang berpasangan. Memberi nilai berdasarkan kemudahan atau kemungkinan pengassemblingan. Memeriksa setiap permukaan yang harus diberikan kekasaran tertentu. Memberi nilai untuk pemberian simbol pengerjaan dan harga kekasaran. ISO • • 10. Memeriksa harga kekasaran permukaan sesuai dengan fungsi dan proses pengerjaan dari setiap komponen. Memeriksa setiap komponen yang berpasangan satu sama lain. • • • • • Mempelajari urutan perakitan/ pengassemblingan.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Tahapan Belajar 8. Mengidentifikasi kemudahan perakitan. Memberi nilai untuk kebenaran ukuran bertoleransi pada komponen yang berpasangan. Memeriksa urutan perakitan.

2 Gambar-gambar diperiksa untuk meyakinkan kesesuaian dengan fungsi.6B. 4.6B. Memeriksa ukuran (dimention) yang mencakup ukuran nominal dan toleransi sesuai dengan fungsi dan proses pengerjaan/pabrikasi. VSM. 7. Memeriksa setiap komponen yang berpasangan satu sama lain. Memeriksa urutan perakitan.1 Gambar-gambar diperiksa untuk meyakinkan kesesuaian dengan spesifikasi. tulisan dan kebersihan. Memeriksa harga kekasaran permukaan sesuai dengan fungsi dan proses pengerjaan dari setiap komponen.2 Menterjemahkan spesifikasispesifikasi dan pemilihan material.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project 12. 9. Revisi teori atau konsultasikan dengan pelatih jika Anda memiliki kesulitan. 6. Memeriksa pemilihan bahan yang sesuai dengan fungsi setiap komponen. Memeriksa teknik pergambaran (technical correctness) dalam hal proyeksi. Mempersiapkan form-form pemeriksaan gambar dan dokumen terkait yang diperlukan. Kriteria unjuk-kerja. yaitu standar dimana Anda akan dinilai: 9. penunjukan khusus sesuai dengan Standar Internasional (ISO) atau yang setara (DIN. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Praktik melaksanakan setiap tugas. potongan.3. 5.6 Analisis Elemen untuk elemen 9. JIS).doc 30 Page 30 of 49 .6B. proses pengerjaan dan perakitan. 10. Anda dipersyaratkan untuk menampilkannya sesuai urutan setiap tugas yang disusun dalam Analisis Elemen. komponen dan/atau perakitan Untuk penilaian Unjuk-kerja. Memeriksa daftar bagian/part-list sesuai dengan urutan penamaan komponen berdasarkan fungsi dan bentuk. Memeriksa toleransi bentuk dan posisi sesuai dengan fungsi dari setiap komponen. 2. 9. Tugas untuk nomor elemen Saya dapat melaksanakan tugas ini dengan kompeten 1. 8. Menilai penampilan (appearance) gambar yang dilihat dari tata letak penggambaran. 3.3.

Peserta didik menerima penjelasan kesalahan yang dibuatnya dalam gambar latihan dan menerima penjelasan gambar yang benarnya. Dokumen asli harus tersimpan di tempat khusus (dalam lemari pintu kaca bebas debu). banyak bertanya dan atau senantiasa konfirmasi ke instruktur/pembimbing. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.7 Aspek kritis dari Standar Kompetensi Unit 9. Mengembalikan semua dokumen ke file semula sesuai dengan nomor urut file. Pada waktu mengerjakan latihan/praktik peserta didik diharapkan proaktif dengan koordinasi/berdiskusi sesama peserta. Setiap lembar dokumen latihan digandakan sesuai dengan kebutuhan. Penilaian akan dilaksanakan oleh: a. pengetahuan dan keterampilan berikut telah diidentifikasi sebagai suatu hal yang kritis pada level unjuk-kerja yang tepat di tempat kerja. Dokumen copy disimpan ditempat yang mudah terjangkau oleh siapapun sebagai pengguna/pemakai untuk digunakan setiap saat. Aspek kritis adalah: • • • • • • • • • • • Cek • • Menfile dokumen asli dan menyimpannya dalam plastic-folder dalam satu ordner.6B Pada unit ini.doc 31 Page 31 of 49 . Apabila Anda telah membaca dan mengerti hal-hal berikut. Hasil penggandaan soal di’file’kan dan disimpan ditempat khusus yang mudah dijangkau siapapun untuk dipergunakan kapanpun. Jika Anda punya pertanyaan. Peserta didik menerima penjelasan nilai yang didapat. Setiap data dokumen di copy sebagai back-up. terhadap seluruh masalah-masalah dan periksalah satu persatu apabila Anda yakin telah kompeten. Penilai yang melaksanakan wawancara dengan Anda. pastikan Anda menerapkannya dalam pekerjaan/belajar Anda. Peserta didik menerima lembar latihan gambar yang bersih dan harus kembali bersih (tidak boleh kotor dan/atau dicorat-coret). Kompetensi ini mencakup halhal mengenai keselamatan atau tingkah laku yang perlu Anda pahami dan terapkan. Studi kasus c. konsultasikan dengan Pelatih Anda.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project 12. Dokumen disusun sesuai dengan urutan langkah dan nomor file. Penilai yang mengamati unjuk-kerja Anda di tempat kerja dalam periode waktu tertentu b. Mengembalikan setiap dokumen latihan ketempat semula sesuai dengan nomor urutnya.

Konsultasikan dengan Pelatih apabila Anda telah menyelesaikannya.doc 32 Page 32 of 49 . terutama ukuran fungsi yang satu sama lain akan berhubungan? Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Kegiatan ini akan memberikan kesempatan untuk berpikir secara luas mengenai masalah yang timbul di tempat kerja.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project 12. bahwa sering terjadi pada gambar latihan yang dikerjakan/direalisasikan di bengkel pada saat mau dirakit selalu ada ukuran yang tidak sesuai dengan pasangannya sehingga tidak bisa dirakit. Skenario lainnya akan menjadi bagian dari penilaian akhir. • Bagaimana sistem pengarsipan yang baik supaya hal ini tidak terulang kembali? Skenario 2 Ada keluhan dari instruktur praktik bengkel mekanik.8 Skenario pemecahan masalah Gunakan skenario berikut ini untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin solusi yang layak untuk masalah/tantangan. Bagaimanapun juga. Anda dapat menggunakan skenario ini sebagai latihan. • Bagaimana cara mengevaluasi gambar secara keseluruhan mulai dari sistem penggambarannya sampai penunjukkan ukuran. Skenario 1 Ada keluhan dari pemakai bahwa antara dokumen baik dokumen asli maupun dokumen penggandaan selalu tidak tersusun rapih kembali setelah dipergunakan oleh si pemakai sebelumnya dan terkadang tidak kembali ke tempat semula.

Bagian 1 2 3 4 Tahapan Belajar Analisis Elemen Aspek Kritis Skenario Selesai Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609.doc 33 Page 33 of 49 .Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 13 Daftar cek Daftar cek berikut ini digunakan sebelum Anda merencanakan untuk mengerjakan penilaian. Tujuannya adalah untuk memeriksa bahwa Anda telah menyelesaikan proses belajar Anda.

Batasan ukuran produk c. 3. Pertanyaan pilihan ganda: 1. Customer/pemesan c. Gambar bagian yang sudah jadi b. Spesifikasi/data teknis yang didapat dari pemesan c. Spesifikasi produk yang akan digambar sebaiknya didapat dari: a. Fungsi dari produk d. rencana pelatihan ulang akan dibicarakan antara Anda dengan Penilai. Tidak ada gambar bagian b. Gambar susunan lengkap dengan dimensinya b. Jika Penilai kurang puas dengan kesiapan Anda dalam melakukan Penilaian Unjuk-kerja. Gambar susunan dan detail d. Ditentukan sendiri d.doc 34 Page 34 of 49 . Jawaban b dan c benar 2. 5.6B Tes tertulis dapat digunakan oleh Penilai untuk mengidentifikasi kesiapan Anda untuk melaksanakan Penilaian Unjuk-kerja Penilai akan menggunakan satu atau lebih pertanyaan untuk setiap elemen. 4. Proses pembuatan di bengkel b. Produk yang sudah dibuat di bengkel d. Dilengkapi dengan semua ukuran fungsi dan proses d. Gambar susunan dan gambar bagian lengkap dengan dimensi. Supplier/pemasok dan katalog b. Urutan perakitan Gambar kerja bengkel terdiri dari: a.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 14 Tes tertulis Judul unit: Merancang gambar teknik secara rinci (lanjut) Nomor unit: 9. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. a dan b benar Spesifikasi ditentukan berdasarkan: a. Tidak ada jawaban yang benar Gambar susunan dapat langsung dikerjakan di bengkel apabila: a. tanda pengerjaan dan harga kekasaran serta informasi lain yang diperlukan c. Hanya gambar bagiannya saja Gambar susunan dibuat berdasarkan: a. Produk yang digambar sangat sederhana c.

Gambar susunan berfungsi sebagai: a. Toleransi ukuran sesuai dengan fungsinya Harga kekasaran dipengaruhi oleh: a. Ukuran nominal dengan toleransi khusus d. Pasangan yang lepas pasang d. Permukaan yang dipoles Toleransi kesesuaian dipergunakan untuk: a. Besarnya ukuran nominal d.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Pertanyaan pilihan ganda: 6. Dari bagian yang dibuat ke komponen yang dibeli Ukuran nominal ditentukan dengan mempertimbangkan: a. Permukaan yang dicor d. 10. Pedoman untuk perakitan d. reamer dan tap ulir c. Acuan untuk perhitungan harga Penomoran bagian atau komponen pada gambar susunan sebaiknya diurut berdasarkan: a. Gambar kerja untuk permesinan di bengkel b. Jenis mesin yang dipergunakan c. Dari bawah ke atas c. Ukuran bahan yang ada di pasaran b. Pasangan yang menggunakan pelumas c. Komponen yang akan berpasangan Komponen yang akan berpasangan harus dilengkapi dengan: a. Pasangan yang bergerak b. 8. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Toleransi suaian yang dicantumkan Harga kekasaran selalu dicantumkan kecuali untuk: a. 9. Ukuran nominal dengan toleransi umum c. Lubang hasil pengeboran. Dari yang paling besar ke yang paling kecil b. Jenis material yang dipakai b. Komponen yang berpasangan presisi 7. 12. Pedoman untuk membuat gambar bagian/detail c. Permukaan yang dibubut b. Harga kekasaran permukaan yang halus b. 11. Dari fungsi utama ke fungsi pembantu d.doc 35 Page 35 of 49 . Proses pengerjaan yang dilakukan d. Toleransi yang akan diberikan c.

Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Hanya untuk gambar latihan d. Kesesuaian longgar (clearance fits) c. Fungsi. daerah toleransi dan mutu toleransi d. Ukuran utama dan ukuran fungsi Penggambaran produk harus mengacu pada standar penggambaran internasional. Kesesuaian tak tentu (transition fits) d. Komponen memerlukan kepresisian yang tinggi c.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Pertanyaan pilihan ganda: 13. Untuk penggambaran produk yang akan dibuat sendiri b. Tidak ada yang benar 36 Page 36 of 49 14. Fungsi dan jenis mesin/alat yang dipakai c. 19. kecuali: a. Produk yang fungsi dan bentuknya sangat sederhana c. Kesesuaian sesak (interference fits) b. Jawaban b dan c benar Keadaan/jenis kesesuaian untuk pasangan yang bergerak sebaiknya bertoleransi suaian dengan jenis/keadaan: a. Besarnya ukuran nominal. Untuk menjamin kesesuaian fungsi operasi d. Permukaannya rata c. Permukaannya kelihatan d. Operator dan mesin yang dipergunakan d. Kesesuaian khusus Pemilihan toleransi disesuaikan dengan: a.doc . Jenis toleransi yang dipakai c. 20. Tidak diinginkan terjadinya penyimpangan bentuk dan/atau posisi sedikitpun Bidang patokan pada toleransi bentuk dan posisi sebaiknya dipilih bidang yang: a. Jenis bahan dan metoda pengerjaan b. Fungsinya saja Toleransi bentuk dan posisi diperlukan apabila : a. 16. 15. Permukaannya terukur Pada gambar susunan sebaiknya dicantumkan: a. Semua ukuran fungsi dan proses pengerjaan d. Harga toleransi kesesuaian sangat tergantung dari: a. Ukuran utama seperti lebar. Permukaannya halus b. Ukuran fungsi dari setiap komponen c. Fungsi dan proses pengerjaan sulit dicapai b. 17. dan proses pengerjaan b. panjang dan tinggi produk secara keseluruhan b.

Jawaban a dan b benar Pemeriksaan gambar kerja sebaiknya dilakukan a. 28. Hanya berdasarkan fungsi dan proses pengerjaan b. Jawaban b dan c benar Proses lanjut pengerasan permukaan (flame hardening) pada material diperlukan untuk: a. Berdasarkan ketentuan yang berlaku di perusahaan yang akan memproses pembuatannya Penampilan gambar dilihat dari a. Gambar bagian terlebih dahulu kemudian gambar susunan c. Kehendak pemesan Bentuk dan ukuran material disesuaikan dengan: a. Fungsi dari komponen tersebut d. 24. Mempertahankan daya tahan terhadap tekanan permukaan Pemeriksaan gambar dilakukan a.doc . Tergantung keinginan si pemeriksa Penilaian gambar diberikan berdasarkan: 37 Page 37 of 49 22. Ukuran komponen yang digambar c. Komponen standar yang didapat dari supplier/ pemasok langganan b. Meningkatkan daya tahan karat/korosi b. Tata letak (lay-out) penggambaran b. 23. b dan c benar Komponen standar sebaiknya diambil dari katalog pabrikan yang banyak di pasaran. Kestabilan/kekuatan yang diinginkan d. 25. Komponen standar yang mudah dan lebih murah dibuat sendiri c.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Pertanyaan pilihan ganda: 21. Gambar susunan dan gambar bagian diperiksa dalam waktu yang bersamaan d. Berdasarkan penampilan (appearance). Komponen standar yang dibuat dari bahan khusus d. Berdasarkan keinginan pemesan d. kecuali untuk: a. 27. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Mulai dari gambar susunan lalu ke gambar bagian b. Jawaban a. Proses pemesinan yang akan dilakukan c. Segi estetika produk b. 26. Spesifikasi material yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan: a. Bahan yang ada di logistik b. Kebersihan dan kerapihan tulisan dalam penggambaran c. Kebenaran dalam hal ketentuan sistem penggambaran yang berlaku d. Mempertahankan kehalusan permukaan c. Meningkatkan daya tahan terhadap gesekan d. teknik penggambaran (technical correctness) dan ukuran (dimentioning) c.

d. Jawab a dan b benar d. Kerapihan tampilan gambar Banyaknya kesalahan yang dibuat Banyaknya komponen yang digambar Kebenaran fungsi dari alat yang digambar Penilaian dalam hal penunjukan ukuran dilihat dari: a. Hanya jawaban c yang benar Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. b. Fungsi dari alat yang digambar b. 29. c. Proses pengerjaan yang dilakukan c.doc 38 Page 38 of 49 .Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Pertanyaan pilihan ganda: a.

Jika Penilai kurang puas dengan kesiapan Anda dalam melakukan Penilaian Unjuk-kerja. rencana pelatihan ulang akan dibicarakan antara Anda dengan Penilai. Apakah gambar kerja sudah dibuat sesuai dengan ketentuan standar yang berlaku? Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Elemen 9. Apakah spesifikasi teknik dari produk yang akan digambar sudah dievaluasi? 4. jenis dan harga toleransi bentuk dan posisi sudah ditentukan sesuai dengan kebutuhan? 9. Apakah harga kekasaran permukaan sudah ditentukan sesuai dengan fungsi dan proses pengerjaan? 8. Apakah peralatan gambar dan semua dokumen terkait (apendiks. tabel-tabel) sudah disiapkan? 2. Apakah fungsi dan prinsip kerja dari produk yang akan digambar sudah dipelajari? 3.6B. tata letak dan rancangan gambar secara rinci Kompeten Belum kompeten Tanggal Tugas-tugas yang ditampilkan 1. Apakah setiap komponen dari produk sudah diidentifikasi? 5. Apakah dimensi dan toleransi sudah ditentukan sesuai dengan fungsi? 7. Apakah bidang patokan. Apakah parameter proses sudah diperiksa sesuai dengan persyaratan spesifikasi? 6.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 15 Tes unjuk-kerja – daftar cek Tes tertulis dapat digunakan oleh Penilai untuk mengidentifikasi kesiapan Anda untuk melaksanakan Penilaian Unjuk-kerja Penilai akan menggunakan satu atau lebih pertanyaan untuk setiap elemen.1 Mempersiapkan perakitan.doc 39 Page 39 of 49 .

komponen dan/atau perakitan Kompeten Belum kompeten Tanggal Tugas-tugas yang ditampilkan 1. Apakah jenis dan ukuran material sudah ditentukan sesuai dengan tuntutan dan fungsinya? 9. Apakah urutan perakitan sudah dievaluasi? 7.2 Menterjemahkan spesifikasi dan pemilihan material. Apakah katalog bahan dan elemen standar yang diperlukan sudah dipersiapkan? 2.Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project Elemen 9. Apakah spesifikasi material untuk setiap komponen sudah dipilih sesuai fungsinya? 5. Apakah perlakuan lanjut material sudah di tentukan sesuai dengan tuntutan spesifikasinya? Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609. Apakah nomor dan nama bagian sudah ditentukan sesuai dengan fungsi dan/atau bentuknya? 8. Apakah fungsi dari setiap komponen sudah dievaluasi? 3. Apakah elemen standar yang digunakan sudah diidentifikasi sesuai dengan elemen standar yang ada di pasaran? 4. Apakah material yang dipilih mudah didapat dipasaran? 6.6B.doc 40 Page 40 of 49 .

. …………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………….. Peserta Pelatihan telah dinilai (beri lingkaran pada jawaban Anda) KOMPETEN BELUM KOMPETEN Nama Peserta Pelatihan Nama Penilai ………………………………………… Tanda Tangan ……………………………………… Tanda Tangan ………………………………………… ………………………………………. ………………………………………………………………………………………………….doc 41 Page 41 of 49 . …………………………………………………………………………………………………. Ref: Pedoman Belajar Unit 143575609..Indonesia Australia Partnership for Skills Development – Metals Project BAB 16 Kesimpulan Tanggal: ……………………….... Komentar/Saran (Penilai akan membuat komentar tambahan yang akan menjelaskan tentang penilaian yang diberikan) ………………………………………………………………………………………………….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful