GELOMBAN G

Definisi dan besaran pada gelombang

Perhatikan gambar-gambar di bawah ini! Gelombang air Gelombang bunyi Gelombang adalah getaran yang merambat .

Jenis-jenis gelombang Gelombang berdasarkan arah rambatnya a. Gelombang transversal Gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambatnya contohnya gelombang tali dan air .

contohnya gelombang bunyi . Gelombang longitudinal Gelombang yang arah getarnya sejajar dengan arah rambatnya.b.

Gelombang berdasarkan medium a. Gelombang mekanik Gelombang yang memerlukan medium untuk merambat. contohnya gelombang cahaya b. contohnya gelombang bunyi . Gelombang elektromagnetik Gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambat.

Besaran dalam gelombang a. Panjang gelombang (λ) jarak yang ditempuh dalam satu periode gelombang Panjang gelombang pada gelombang transversal adalah jarak dari O – E .

Panjang gelombang pada gelombang longitudinal adalah jarak antara satu rapatan dan renggangan Satuan panjang gelombang adalah meter .

.b. Amplitudo simpangan terjauh yang ditempuh suatu gelombang Amplitudo pada gelombang transversal di atas adalah jarak titik B – P.

c. Periode gelombang (T) waktu yang diperlukan untuk menempuh satu gelombang. Cepat rambat gelombang (v) kecepatan rambat gelombang persatuan waktu. satuannya sekon(s) d. satuannya Hertz (Hz) e. satuannya (m/s) . Frekuensi gelombang (f) banyaknya gelombang yang terjadi dalam waktu 1 sekon.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful