KOSMOGRAFI

“ PLANET DALAM “
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kosmografi Yang Diampu Oleh Dr. Sarwono, M.Pd

Disusun oleh : KELOMPOK 4 ( KELAS A ) 1. Abu Rizal Afiat 2. Intan Purnama Sari 3. Irfan Nur Zaini 4. Kurnia Sukmawati K5410002 K5410026 K5410027 K5410033

PENDIDIKAN GEOGRAFI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FAKULTAS KEGURUAN DN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2013

0

DAFTAR ISI A. PENDAHULUAN.................................................................................... 2 B. PEMBAHASAN....................................................................................... 3 1. Sabuk Asteroid................................................................................... 3 2. Komposisi Sabuk Asteroid..................................................................5 3. Sistem Pengelompokan Planet........................................................... 5 i. Menjadikan Planet Bumi sebagai batas pengelompokan...........5 ii. Menjadikan asteroid sebagai pembatas................................... 6 iii. Berdasarkan ukuran dan komposisi bahan penyusun planet....6 4. Planet Dalam....................................................................................... 7 a. Planet Merkurius...........................................................................8 b. Planet Venus.................................................................................... 11 c. Planet Bumi...................................................................................... 13 d. Planet Mars.....................................................................................16 C. KESIMPULAN............................................................................................. 18 Daftar Pustaka

1

Adapun bidang edar yang terbentuk oleh planet bumi disebut ekliptika. Tata Surya Tata surya merupakan suatu sistem yang terdiri atas matahari dan benda-benda langit yang beredar mengelilinginya. Hal tersebut berarti bahwa gerakan benda langit akan semakin cepat ketika berada di dekat matahari.A. Hal tersebut dijelaskan oleh Johannes Kepler seperti berikut. Garis hubung planet dan matahari menyapu luasan yang sama dalam waktu yang sama (AMB = CMD). 2. sebaliknya jika berada jauh dari matahari maka gerakannya akan semakin melambat. 1. Peredaran benda langit mengelilingi matahari tersebut dikenal dengan istilah revolusi. termasuk planet dan asteroid. Lintasan anggota tata surya berbentuk elips dengan matahari sebagai titik fokusnya. Benda-benda langit yang mengelilingi matahari tersebut memiliki lintasan peredaran tertentu yang berbentuk elips. anggota tata surya pada suatu saat berada pada jarak yang paling dekat dengan matahari atau disebut dengan periheIium dan pada saat yang lain berada pada jarak yang paling jauh dari matahari yaitu disebut aphelium. PENDAHULUAN Gambar 1. Dalam revolusinya. Matahari merupakan pusat tata surya karena dikelilingi oleh benda-benda langit di sekelilingnya. Penjelasan Kepler tersebut sering 2 .

Adapun massa planet terbesar (Yupiter) hanya sekitar 300 kali massa bumi. PEMBAHASAN 1. gaya gravitasi yang terjadi di antara keduanya makin kecil. Untuk mempermudah dalam mempelajari planet-planet yang ada di dalam sistem tata surya. Sabuk Asteroid Di dalam sistem tata surya.000 kali massa bumi. Salah satu klasifikasi planet yang digunakan adalah dengan menggunakan sabuk asteroid sebagai batas klasifikasi dan menghasilkan klasifikasi berupa planet dalam dan planet luar. B. Hukum ini menjelaskan perbandingan jarak antara planet dan matahari. gaya gravitasi yang terjadi di antara keduanya makin besar. Hal tersebut sesuai dengan hukum Kepler. gerak revolusi planet makin cepat. Sebaliknya jika jarak antara matahari dan planet makiu jauh. Untuk memperdalam pengetahuan tentang planet dalam (inner planet) maka dalam makalah ini akan fokus pada pembahasan planet dalam.dinamakan dengan istilah hukum Kepler. Akibatnya. Penjelasan pertama disebut hukum I Kepler. sekitar 333. sedangkan penjelasan kedua disebut hukum II Kepler. dijumpai adanya sabuk asteroid yang memisahkan antara planet-planet anggota tata surya menjadi Planet Dalam dan Planet Luar. Perbedaan massa yang sangat besar inilah yang menyebabkan seluruh anggota tata surya beredar mengelilingi matahari. Akibatnya. Jika jarak antara planet dan matahari makin dekat. Sabuk asteroid merupakan bagian Tata Surya yang terletak 3 . gerak revolusi planet makin lambat. massa matahari bisa dikatakan hampir mewakili massa keseluruhan tata surya. Mengapa planet-planet dan anggota tata surya lainnya beredar mengelilingi matahari? Massa matahari sangat besar. Jadi. Selain kedua hukum itu terdapat hukum III Kepler. maka dibuatlah pengelompokan sehingga dapat dengan jelas dibedakan baik menurut persamaan maupun perbedaannya. Gerakan benda-benda langit menjadi sangat teratur karena pada peredarannya mengitari matahari dikendalikan oleh gaya tarik-menarik antara planet dengan matahari yang disebut gaya gravitasi.

4 Vesta. 2 Pallas. Planet dalam tersusun atas batuan dan planet luar tersusun atas kumpulan gas. sementara Ceres.di antara orbit planet Mars dan Jupiter. yang sebagian besar jatuh ke dalam tiga kelompok dasar: karbon (C-type). Kesemuanya berdiameter lebih dari 400 km. Akan tetapi. Distribusi penyebaran bahan asteroid ini sangat tipis sehingga kapal ruang angkasa dapat melewatinya tanpa celaka. Tabrakan juga menghasilkan debu yang membentuk komponen utama cahaya zodiak (zodiacal light). dan 10 Hygiea. dan kaya logam (M-type). silikat (S-tipe). ada tabrakan antara asteroid-asteroid besar. Lebih dari separuh massa sabuk utama terdapat di empat terbesar objek: Ceres. yang menghasilkan kumpulan asteroid yang memiliki karakteristik yang mirip (orbital dan komposisi). Sebuah asteroid di dalam sabuk utama dapat dikategorikan berdasarkan spektrumnya. Sabuk Asteroid Kuiper dan scattered disc. Sabuk asteroid disebut juga sebagai sabuk utama (main belt) untuk membedakan dari konsentrasi planet kerdil lainnya di dalam sistem tata surya. Selebihnya mempunyai berbagai ukuran sampai sekecil partikel debu. (wikipedia) Planet dalam memiliki perbedaan karakteristik dengan Planet luar. Daerah ini dipenuhi oleh sejumlah asteroid atau disebut juga dengan istilah planet kerdil. planet kerdil yang ada di sabuk utama memiliki diameter sekitar 950 kilometer. Planet dalam meiliki bentuk yang lebih kecil dan lebih padat bila 4 . seperti Sabuk Gambar 2.

i. bentuk asteroid ini tidak beraturan. tapi banyak bukti yang menunjukkan bahwa beberapa asteroid mengandung air. Sabuk asteroid mengandung material-material yang cukup untuk membentuk planet sebesar empat kali planet bumi. Meskipun asteroid tersebut tidak cukup besar untuk melalui atmosfer bumi. maka para astronom membuat pengelompokan planet. berhubungan dengan kandungan karbon yang kaya. Komposisi Sabuk Asteroid Sabuk asteroid diisi oleh asteroid dalam berbagai ukuran yang jumlahnya jutaan bahkan miliaran. 3. Beberapa asteroid yang mengisi sabuk asteroid memiliki ukuran yang besar dengan diameter lebih besar dari 240 km sedangkan yang lainnya berukuran kecil yang merupakan puing-puing hasil tabrakan antar asteroid. Sebagian besar asteroid yang terdapat di dalam Sabuk Asteroid terbuat dari batuan luar angkasa dengan sedikit kandungan unsur besi dan nikel. Planet dalam juga meiliki sedikit satelit bahkan ada yang tidak memiliki satelit serta cincin yang melingkari planet sedangkan pada anggota planet luar dijumpai banyak satelit dan cincin yang melingkari planet. Kemudian sebagian kecil asteroid terbentuk dari campuran antara unsur-unsur tersebut. Yang termasuk planet inferior 5 . Beberapa asteroid yang memiliki jarak cukup jauh dari matahari mengandung banyak es.5 kali dari jarak antara bumi dengan bulan. Terdapat tiga cara pengelompokan planet-planet yang dijelaskan sebagai berikut. 2. Sistem Pengelompokan Planet Untuk mempermudah dalam mengobservasi planet.dibandingkan dengan planet luar. Sabuk Asteroid berjarak kurang lebih 2. Menjadikan Planet Bumi sebagai batas pengelompokan Planet yang berada di dalam orbit bumi dikelompokkan sebagai planet inferior sedangkan planet yang terletak di luar orbit bumi dikelompokkan sebagai planet superior.

Uranus. Planet Inferior dan Planet Superior ii. sedangkan planet superior adalah Mars. Venus. Jupiter. Bumi dan Mars sedangkan yang termasuk planet luar adalah Jupiter. dan Neptunus. Uranus. Saturnus. Saturnus. Yang termasuk planet dalam adalah Merkurius. Gambar 4.hanyalah Merkurius dan Venus. Planet yang orbitnya berada di dalam sabuk asteroid yaitu planet dalam. Berdasarkan ukuran dan komposisi bahan penyusun planet 6 . Planet Luar dan Planet Dalam iii. Gambar 3. Menjadikan asteroid sebagai pembatas Berdasarkan cara pengelompokan menggunakan batas sabuk asteroid maka dikenal dua kelompok yaitu Planet Dalam (inner planet) dan Planet Luar (outer planets). sedangkan yang berada di luar sabuk asteroid disebut sebagai planet luar. dan Neptunus.

dan Neptunus.Berdasarkan ukuran dan komposisi bahan penyusunnya maka planet dibagi menjadi dua. Gambar 5. Planet tidak memancarkan cahaya. Planet Jovian atau planet raksasa adalah planet yang ukuran dan komposisi penyusunnya mirip dengan Jupiter yaitu terdiri atas bongkahan es dan gas hidrogen. Planet Dalam Sebagaimana yang telah diketahui bahwa planet-planet berukuran relative besar. Uranus. yaitu Planet Terrestrial dan Planet Jovian. Seperti bulan yang memantulkan cahaya matahari. Yang termasuk dalam planet terrestrial adalah Merkurius. Planet Jovian 4. Bumi dan Mars. Saturnus. Planet cukup massif untuk grafitasinya yang menjadikan permukaan seperti 7 . Planet Terestrial Gambar 6. Yang termasuk Planet Jovian adalah Jupiter. Venus. Planet Terrestrial atau planet kebumian adalah planet yang ukuran dan komposisinya mirip dengan Bumi. bersuhu dingin dan mengorbit matahari.

Mereka adalah Merkurius. Seluruh planet dalam tersebut memiliki atmosfer (meskipun Merkurius hampir tidak memiliki atmosfer) mereka juga merupakan planet yang kaya akan berbatu. Venus. Inilah mengapa planet dalam sering disebut planet terrestrial. Planetplanet tersebut ukurannya kecil dan sangat padat. Berikut ini adalah penjelasan tentang karakteristik masing-masing planet anggota Planet Dalam. empat planet yang terdekat dengan matahari memiliki jarak yang saling berdekatan. a. Dengan perbedaan karakteristik tersebut maka sangat menarik untuk dilakukan observasi pada setiap planet.bola. Dibandingkan dengan planet yang tergolong ke dalam planet luar. Planet Merkurius 8 . akan tetapi cukup kecil untuk menghindari fusi thermonuklir di dalam intinya. Masing-masing planet yang termasuk Planet Dalam memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda antara satu dengan yang lain. dan Mars. Merkurius Gambar 7. masingmasing dengan sebuah cairan yang mengandung mineral pada keraknya seperti komposisi pada bumi. Bumi.

9 juta km. Namun astronom Yunani telah mengetahui bahwa dua nama itu merujuk pada planet yang sama.5 milyar juta tahun yang lalu.7 juta km sedangkan jarak terdekatnya dengan matahari adalah 45. Tahap selanjutnya. Pada masa ini puing-puing banyak yang tersapu. Akibatnya Merkurius menjadi planet yang bercahaya terang di 9 . Merkurius merupakan sebuah planet yang ukurannya lebih besar dari pada bulan dan hampir sama. Oleh orang-orang Yunani. Setelah hujan meteor selesai. dan Hermes ketika Merkurius terlihat pada sore hari. Pada saat itu daratan antar kawah terbentuk. Merkurius masih dihujani oleh meteorit. Pada saat itu Merkurius dihujani meteorit. planet ini diberi nama Apollo ketika terlihat pada pagi hari. Karena cahaya matahari yang sangat terang. Inilah alasan mengapa astronom kuno tidak pernah melihat Merkurius. Merkurius memiliki atmosfer yang sangat tipis yaitu sekitar seper triliun kepadatan atmosfer bumi karena gravitasi merkurius yang sangat kecil dan lemah.Keberadaan Merkurius telah diketahui sejak abad ketiga sebelum Masehi oleh orang-orang Sumeria. Merkurius hanya bisa dilihat saat sore hari sehingga dikatakan hampir mirip dengan bulan. Jarak terjauh dari matahari adalah 69. Jarak merkurius dari matahari adalah 57. lava mengalir di permukaannya dan menutupi lapisan sebelumnya.9 juta km sehingga merupakan planet terdekat dengan matahari namun cukup jauh dari bumi. Beberapa meteroit besar masih menabrak dan membentuk kawah di permukaan Merkurius. Saat itu lapisan Merkurius berupa inti besi dan berlapiskan Silikat. Orbit Merkurius sangat dekat dengan Matahari sehingga sangat sukar diamati dari Bumi. Merkurius dihujani oleh meteorit kecil sehingga membentuk permukaan berdebu yang dikenal dengan nama regolith. tetapi tidak sering. Merkurius terbentuk kira-kira 4. Hal tersebut berarti bahwa di merkurius tidak mempunyai selimut atmosfer dan karena tidak ada angin untuk mentransfer panas dari wilayah satu ke yang lain maka pada malam hari di merkurius suhunya sangat dingin kira-kira -1700oC sehingga planet tersebut akan membeku sedangkan pada siang hari planet tersebut akan terbakar.

056. suhu permukaan merkurius pada siang hari adalah sebesar 350oC dan -170oC pada malam harinya. Dengan adanya medan magnet yang cukup besar tersebut maka menandakan bahwa Merkurius memiliki inti yang berwujud besi lebur. bukan pada Satelit alam. Medan magnetik Merkurius memiliki dua buah kutub dan kemiringan pada kedua kutubnya sama dengan sumbu Merkurius. Saat transit. Setiap Merkurius menyelesaikan 3 kali rotasi. Merkurius juga memiliki medan magnet yang cukup besar. Namun. Namun pada cuaca ekstrim suhu pada siang hari bisa mencapai 427oC dan -183oC pada malam harinya. Proses transit sama dengan gerhana Matahari. Pada hari-hari biasa. Merkurius akan terlihat tepat di depan Matahari. jika dibandingkan dengan planet bumi maka perbandingannya adalah 1:0.3 x 1026 gram dengan inti berupa besi yang radiusnya mencapai 1800-1900 km. Diameternya adalah 4878 km dengan luas permukaan planet mencapai 7. Waktu rotasi Merkurius 59 hari. Di Merkurius telah ditemukan sebuah gelombang kejut (gelombang yang bergerak dengan sangat cepat) disebut “busur kejut” yang berada di depan planet tempat medan magnetik bertemu dengan angin matahari. Merkurius memiliki massa sebesar 3. Pada suatu saat. Karena planet tersebut jauh dari Satelit alam maka 10 . sedangkan waktu revolusinya 88 hari. Karena merkurius merupakan planet yang terdekat dengan matahari maka merkurius merupakan planet yang paling cepat mengelilingi matahari yaitu hanya membutuhkan waktu 88 hari waktu bumi.malam hari dan terlihat paling jelas sebagai bintang malam pada bulan September dan Oktober. Astronom menyebut peristiwa tersebut dengan nama transit. transit terjadi pada planet.475 x 107. dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa satu tahun di merkurius sama dengan 88 hari di bumi. Hal ini membuat waktu harian menjadi sangat panjang dan sangat panas dengan suhu setinggi 4300oC. Merkurius telah mengelilingi Matahari sebanyak 2 kali. planet bergerak di antara Matahari dan Bumi. Planet ini terlihat dekat dengan matahari pada waktu matahari terbit atau tenggelam.

planet tidak mampu menutupi Matahari selama masa transit sebagaimana dapat dilakukan Satelit alam saat gerhana Matahari. Jarak dari matahari adalah 108. Dinamakan Caloris karena letaknya paling dekat dengan Matahari saat Merkurius b. Kawah terbesar yang dimiliki Merkurius dinamakan Basin Caloris yang memiliki garis tengah 1. seperti Satelit alam. Perbandingan massa dengan planet bumi adalah 1:0. Caloris adalah nama Latin dari panas. Planet Venus Venus merupakan planet terdekat kedua dengan matahari.2 juta km. Periode rotasi planet venus adalah 243.300 kilometer.4 juta km.870 x 1027 gram.16 hari sedangkan periode revolusinya adalah 225 hari di bumi. Merkurius juga memiliki barisan kawah yang membentang antara 100 meter hingga 1. Diameter planet venus 12. Merkurius juga dipenuhi lubang-lubang berbentuk kolam hasil tumbukan dengan meteorit dan beberapa aliran lava. Jarak terjauh dari matahari adalah 109 juta km dan jarak terdekatnya adalah 107.815 sedangkan perbandingan volumenya adalah 1:0.104 km dengan massa 4. Venus Gambar 8. Lapisan-lapisan Merkurius Permukaan Merkurius banyak ditutupi oleh kawah.300 kilometer.18 sehingga memiliki ukuran yang 11 . Selain kawah.

Suhu permukaan planet venus adalah 480oC. Planet Venus kadang-kadang terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit sehingga sering disebut Bintang Timur atau Bintang Pagi. Atmosfer venus terdiri dari 96% gas CO2 dan terlihat berwarna kuning. 17 buah satelit mendarat di permukaan Venus. Di planet ini tidak dijumpai adanya air dan oksigen. Venus mempunyai atmosfer yang sangat rapat. Ada lagi yang menyebutnya Bintang Kejora. Jarak dari matahari juga hampir sama. Meskipun volumenya hampir sama dengan planet bumi. Permukaan planet venus tersembunyikan oleh keberadaan awan yang tebal. Pada tahun-tahun terakhir. namun tekanan di permukaan planet venus mencapai sembilan puluh kali tekanan yang ada di planet bumi. Venus adalah planet yang paling dekat dengan bumi dan hampir menyerupai bumi. atau Bintang Malam. dan permukaannya tertutup kabut dengan rata-rata suhunya 4600oC. Sebuah satelit yang berada di ruang angkasa mengamati tata surya dan melihat bahwa bumi berputar berlawanan arah jarum jam dan Venus berputar searah jarum jam.hampir sama dengan bumi. sehingga dinamakan Bintang senja. Meskipun demikian. Perbedaan lain antara venus dengan bumi adalah bagaimana dua buah putaran planet terhadap sumbunya. Kadang-kadang venus juga terlihat di sebelah barat sebelum matahari terbenam. Venus membutuhkan waktu 243 hari waktu bumi untuk berotasi penuh dan membutuhkan waktu 225 hari untuk berevolusi mengelilingi Matahari. Satelit tersebut membewa 18 kendaraan ruang 12 . Sebagaimana yang diketahui bahwa gas CO2 merupakan gas rumah kaca sehingga CO2 menghalangi keluarnya radiasi inframerah dan menjadikan panas matahari terperangkap di dalam atmosfer akhirnya menjadikan planet venus sebagai planet yang paling panas di dalam sistem tata surya. Hal ini berarti satu hari lebih lama daripada satu tahun di Venus. Bintang Barat. Memiliki ukuran dan kepadatan yang sama dengan bumi. Venus berputar berlawanan dengan arah putaran Bumi. tidak tembus cahaya.

c. NASA menyatakan bahwa permukaan planet venus terbentuk oleh aktivitas vulkanik pada 300-500 juta tahun yang lalu. Selain itu terdapat juga gunung tertinggi yang bernama Maxwell Montes dan tingginya dikatakan serupa dengan Gunung Everest. Penyebab hal tersebut yaitu ketika bumi mengalami pembekuan dari gas menjadi cair kemudian menjadi padat. bumi berotasi sangat 13 . Bumi berbentuk bulat tetapi tidak sempurna yaitu agak pepat di kedua kutubnya dan agak menggembung di sekitar khatulistiwa. Air memelihara kehidupan dan menjadi fasilitas terjadinya proses-proses yang terjadi di permukaan yang membentuk daratan. Planet Bumi Planet bumi adalah planet biru dengan luas perairan lebih luas daripada luas daratan.angkasa. Oleh karena itu garis tengah khatulistiwa lebih panjang daripada garis tengah kutub. Dari data yang didapat alat tersebut. Di planet ini terdapat dua area yang besar yaitu Ishtar Terra yang ukurannya hampir menyerupai Benua Australia di daerah kutub utara venus dan Aphrodite Terra yang berukuran menyerupai Amerika Selatan. Planet Bumi Gambar 9. diketahui bahwa Venus mempunyai aktivitas vulkanik yang tinggi dan permukaannya sangat kasar. Di permukaan Venus dideteksi terdapat lebih dari 1000 pusat vulkanik yang diameternya lebih dari 20 km.

Oksigen (O2) 21%. setinggi 50 kilometer. Kerak bumi terbagi kepada beberapa bagian dan bergerak melalui pergerakan tektonik lempeng (teori Continental Drift) yang menghasilkan gempa bumi. dan yang paling luar diselimuti oleh kerak bumi setebal kurang lebih 85 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer.370 kilometer dengan suhu 4. karbon dioksida. Jarak tersebut dikenal dengan satu Satuan Astronomis (SA). sinar ultraviolet. sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394.848 meter. 14 . kelembaman bumi menyebabkan bagian di sektitar khatulistiwa berayun keluar.756 km dan sekitar dua pertiga dari permukaan bumi ditutupi oleh air.299 km2. Karena rotasi ini. Mesosfer. ozon dan gas-gas lain.800 kilometer membentuk 83% isi bumi. dan sisanya 1% terdiri dari argon.637 meter. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari.6 milyar tahun.500°C. Lapisan ozon. Diameter bumi kurang lebih 12. Jarak bumi dari matahari sekitar 150 Juta Km. Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam bumi yang terdiri dari besi nikel beku setebal 1. Bumi merupakan planet ketiga terdekat dengan matahari. dan titik terdalam adalah palung Mariana di Samudra Pasifik dengan kedalaman 10. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer.924 meter. Kerak bumi lebih tipis di dasar laut yaitu sekitar 5 kilometer.sepat. diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2. Termosfer. dan Eksosfer. lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2. Usia planet bumi diperkirakan mencapai 4. Titik tertinggi di permukaan bumi adalah gunung Everest setinggi 8. Stratosfer.100 kilometer. dan radiasi dari luar angkasa. berada di lapisan stratosfer dan mesosfer dan melindungi bumi dari sinar ultraviolet. Bumi mempunyai atmosfer yang tersusun dari nitronen (N2) 78%. Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1. Bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang dihuni oleh makhluk hidup.

Rotasi dan revolusi bumi dijelaskan sebagai berikut. Rotasi Bumi Rotasi Bumi adalah perputaran Bumi pada porosnya. Bukti bahwa bumi berevolusi yaitu. Bumi mempunyai massa seberat 59.3 Hari. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. Terjadinya aberasi cahaya bintang 15 .756 km. 2. Revolusi Bumi Yaitu perputaran bumi mengelilingi Matahari. Bumi berotasi dalam waktu 23. a. Pembelokan arah angin. 1. Perbedaan antara planet bumi dengan venus dan merkurius adalah bahwa di bumi terdapat satelit alam yaitu bulan. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain. d. dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1. Peredaran semu harian benda-benda langit. Perbedaan percepatan gravitasi bumi. Akibat-akibat rotasi bumi adalah sebagai berikut. Periode bumi mengelilingi matahari adalah 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik.9 Jam. a. Bidang Bumi mengelilingi Matahari disebut ekliptika. Bumi mempunyai diameter sepanjang 12. Sehari di dibagi menjadi 24 jam dan setahun di bumi sama dengan 365 hari. b. dengan luas permukaan mencapai 510 juta km2. e.760 milyar ton. Pergantian siang dan malam perbedaan waktu. c. Pembelokan arus laut.Perbedaan suhu permukaan bumi adalah antara -70°C hingga 55°C bergantung pada iklim setempat. b. dan berevolusi selama 365. Sudut yang dibentuk antara bidang ekliptika dengan dengan bidang orbit planet lain disebut inklinasi. Bulan selalu mengelilingi bumi dalam berevolusi mengelilingi matahari. Terjadinya paralaks bintang Yaitu pergeseran suatu benda jauh ketika dilihat dari bua kedudukan yang berbeda.

Planet Mars Gambar 10. Terjadinya efek dopler pada spectrum bintang Cahaya tampak warna biru memiliki frekuensi lebih tinggi dan warna merah memiliki frekuensi lebih rendah. Planet Mars Planet mars merupakan planet keempat terdekat dengan matahari.Yaitu perpindahan yang tampak dalam arah cahaya dating dari sebuah bintang akibat gerakan revolusi bumi. Warna merah tersebut berasal dari warna karat tanahnya yang kaya besi. Terlihatnya rasi bintang yang berbeda-beda dari bulan ke bulan. Pergantian musim d. Para astronom menyatakan bahwa lingkungan Mars lebih bersahabat dan mendukung bagi kehidupan dibandingkan keadaan di 16 . Planet ini dikenal juga sebagai planet merah karena penampakannya yang kemerah-merahan. Gerak semu matahari b. Namanya diambil dari nama Dewa Yunani kuno untuk perang. Akibat revolusi bumi a. 4. Perubahan lamanya siang dan malam c. Mars mempunyai dua satelit alami kecil (Deimos dan Phobos) yang diduga merupakan asteroid yang terjebak gravitasi Mars Letaknya yang berada di dekat sabuk asteroid sehingga menjadikannya sebagai anggota planet dalam yang berjarak paling jauh dari matahari. c.

Planet mars Mempunyai inti yang terdiri atas batuan dan besi. Gas utama dalam atmosfer mars adalah gas karbon dioksida yaitu sekitar 95% dan hanya sekitar 1.421 x 1026 gram. Banyak orang yang 17 .794 km dengan massa sebesar 6.1 juta km dan jarak terdekatnya adalah 206. hanya saja planet ini memiliki dua buah satelit yaitu Phobos dan Demios. Hal ini karena persamaan antara bumi dan mars. Planet mars juga memiliki satelit seperti bumi. Massanya 1/9 massa bumi. Diameternya adalah setengah dari diameter planet bumi atau sebesar 6. Periode rotasi planet ini adalah 24 jam 37 menit 22. dan memiliki sebuah inti. Misi-misi ke planet merah ini sampai penghujung abad ke-20 belum menemukan jejak kehidupan apapun. Fitur ini merupakan sebuah perbukitan yang bila dilihat dari atas nampak sebagai sebuah wajah manusia.yang memungkinkan adanya kehidupan.lingkungan Planet Venus. menunjukan aktivitas geologis yang terus terjadi sampai baru belakangan ini. Jarak terjauh dari matahari adalah 249. Mars menangkap khayalan kita sebagai dunia yang lain. termasuk kehidupan yang paling sederhana sekalipun. Temperatur permukaannya adalah -23oC. Memiliki kutub es di atasnya dan musim dua kali lebih panjang daripada musim di bumi karena jaraknya dari matahari dua kali lebih jauh.7 juta km.6 detik dan periode revolusinya selama 687 hari. Permukaan Mars yang dipenuhi gunung berapi raksasa seperti Olympus Mons dan lembah retakan seperti Valles marineris. Salah satu bentukan yang terlihat uni adalah bentukan yang berada di daerah Cydonia Mensae. Atmosfernya jauh lebih tipis dari bumi dengan tekanan seperseratus tekanan atmosfer bumi. Planet ini memiliki jarak sejauh 227. Suhu udara yang cukup rendah dan tekanan udara yang rendah. mantel.94 juta km dari matahari.5% Oksigen. Mars ukurannya sedikit lebih kecil daripada bumi. kerak bumi dan sebuah atmosfer tipis yang tidak dingin. Meskipun demikian keadaannya tidak cukup ideal untuk manusia. ditambah dengan komposisi udara yang didominasi oleh karbondioksida menyebabkan manusia harus menggunakan alat bantu pernapasan jika ingin tinggal di sana.

KESIMPULAN Berdasarkan penjelasan yang telah disampaikan di atas maka dapat disimpulkan bahwa planet dalam yang beranggotakan Merkurius. dan Mars keberadaannya dibatasi oleh sabuk asteroid dan karakteristiknya berbeda dengan anggota planet luar. walaupun di masa kini. 18 . Bumi.menganggapnya sebagai sebuah bukti dari peradaban yang telah lama musnah di Mars. C. Ukuran planet dalam relatif lebih kecil dengan unsur yang kompak yang terdiri atas batuan dan besi dan tidak terdapat cincin yang melingkari seperti planet luar. Venus. telah terbukti bahwa fitur tersebut hanyalah sebuah kenampakan alam biasa.

Gunawan. Dari http://nineplanets. Dari www. Dari solarsystem.astro-tom.htm Earth and Mars. Dari http://www.html The Asterois Belt. Inner Planets.gov/venus 19 .aerospaceguide.html Venus.com/33059/inner-planets Admiranto. NASA Mercury. Bandung : Penerbit Kanisius Classification of the Planets and Their Physical Properties.org/mercury.com/getting_started/planet_classification.nasa. Dari http://www. 1999. Tata Surya dan Alam Semesta.universetoday.net/asteroidbelt.Daftar Pustaka Abby Cessna.