P. 1
Khasiat Daun Mangga Untuk Diabetes

Khasiat Daun Mangga Untuk Diabetes

|Views: 565|Likes:
Published by Nissa Khairunnisa
FREEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
FREEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE

More info:

Published by: Nissa Khairunnisa on May 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2014

pdf

text

original

Khasiat Daun mangga untuk Diabetes | Manfaat daun Mangga ternyata cukup mengejutkan.

Banyak sekali kandungan yang ada di dalam daun mangga yang buahnya enak di makan bahkan daunya pun sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bukan hanya penyakit diabetes saja yang bisa di manfaatkan dari khasiat daun Mangga ini. Manfaat daun mangga ini juga bisa menjadi obat alami untuk beberapa penyakit.

Ciri-ciri daun mangga yang wajib anda ketahui…Hmm…Apa yach,,ga jadi deh..heheh..langsung aja deh lanjut ke Khasiat daun mangga :p Berikut beberapa khasiat Daun mangga dan Manfaat daun mangga yang pernah di bahas oleh beberapa dokter eropa.

Khasiat Daun Mangga untuk diabetes angiopathy | Manfaat dan kegunaan Daun Mangga untuk diabetes angiopathy penyakit ini dikenal dengan penyakit pembuluh darah yang di karenakan diabetes. bukan hanya itu, peningkatan yang pasti diamati pada diabetes terutama disebabkan pengaruh penyembuhan senyawa ini berdaun pada pembuluh darah di dalam dan sekitar pankreas. Teh yang terbuat dari daun mangga juga baik dalam pengobatan retinopati diabetik serta hipertensi. 1 gelas/cangkir setiap hari dengan 2 sdm jambu biji, mangga atau jus pepaya akan ideal untuk memperkuat pembuluh darah rapuh dan varises.

Khasiat Daun Mangga untuk menurunkan tekanan darah tinggi | Manfaat Daun Mangga untuk menurunkan tekanan darah tinggi Bukan hanya itu,Daun Mangga juga dapat mengobati kegelisahan dalam individu. Dua sampai tiga cangkir teh dapat ditambahkan ke air mandi dan digunakan sebagai mandi herbal untuk menyegarkan semangat dan sejuk. Khasiat Daun Mangga untuk diare, demam, insomnia dan hipertensi | manfaat Daun Mangga untuk diare, demam, insomnia dan hipertensi Hal ini terlihat sebagai obat umum untuk diabetes. Di Jamaika diketahui menggunakan obat herbal yang lebih murah dan kebanyakan pohon yang tumbuh di hampir setiap halaman Anda datang, yang memberikan setiap orang akses mudah ke pengobatan alternatif. 1 cangkir setiap hari dengan 2 sdm jambu biji, mangga atau jus pepaya akan ideal untuk memperkuat pembuluh darah rapuh dan varises. Sebenarnya masih ada lagi beberapa manfaat dan khasiat daun mangga,Namun kali ini cukup itu dulu aja deh,,manfaat daun mangga yang lainya mungkin akan saya tulis di artikel lainya. Kandungan dan Khasiat Mangga Mangga adalah salah satu buah yang banyak digemari karena rasanya yang manis dengan daging tebal. Buah yang memiliki nama ilmiah Mangifera indica ini berasal dari perbatasan India dengan Burma. Pohon mangga merupakan tanaman tropis sehingga tumbuh dengan baik di dataran rendah atau daerah bersuhu panas.

Mangga merupakan buah yang memiliki banyak varietas. Di dunia, ada sekitar 2000 jenis mangga. Buah mangga memang sangat khas dengan citarasa manisnya. Di balik rasa manis itu, tersimpan kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Kandungan dan Khasiat Mangga Berikut ini merupakan beberapa kandungan zat dalam buah mangga serta khasiatnya.
 

Vitamin A, E, dan C, yang sangat baik untuk membantu sistem pencernaan. Serat yang dapat membantu sistem pencernaan. Satu buah mangga mengandung 7 gram serat. Sebagian besar serat dapat larut dalam air sehingga berfungsi menjaga kadar normal kolesterol. Karotenoid atau beta crytoxanthin untuk membasmi kanker. Asam galat berguna untuk memperlancar saluran pencernaan. Riboflavin berguna untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.

  

Sifat kimia dan efek farmakologis tertentu pada mangga berguna sebagai peluruh urine, penambah N4FSU makan, pencahar ringan, penyegar, antioksidan, dan peluruh dahak. Sifat kimia itu disebut pengelat atau astringent. Mangga berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti influenza, asma, gusi berdarah, radang saluran pernapasan, borok, bisul, eksim, kudis, diare, cacingan, mabuk perjalanan, keputihan, hernia, gangguan menstruasi, dan rematik.

Pemanfaatan Mangga Mangga matang dapat dimakan langsung maupun diolah menjadi jus yang dicampur dengan pepaya. Kandungan enzim dan karbohidrat tinggi dalam jus campuran itu berkhasiat untuk mengobati peradangan dan pembengkakan, gangguan pencernaan, serta demam. Tanpa campuran pepaya, jus mangga berkhasiat untuk memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Selain dagingnya, biji mangga dapat dimanfaatkan sebagai makanan unggas. Tidak hanya biji, daun mangga muda dapat dikonsumsi sebagai lalapan yang menyegarkan. Kulit mangga pun dapat dijadikan obat radang kulit. Oleh sebab itu, tidak salah jika Anda menjadikan mangga sebagai buah favorit karena kandungan dan khasiatnya sangat banyak. Cara Pengobatan 1. Radang Kulit dan Eksim Radang kulit dapat diobati dengan kulit buah mangga. Caranya, rebus 150 gram kulit buah mangga dengan air secukupnya hingga mendidih. Selagi hangat, gunakan air rebusan kulit mangga untuk mencuci bagian kulit yang sakit atau radang. Ramuan ini pun berguna untuk mengobati eksim. 2. Influenza Untuk mengobati influenza, rebuslah 200 gram daging buah mangga dengan 500cc air. Masukkan 10 gram jahe dan 2 batang daun bawang putih. Rebus campuran tersebut hingga menyisakan air sekitar 250cc. Saring air rebusan dan minum selagi hangat.

Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan
February 20, 2013 -

Setelah membahas tentang kandungan daun jambu biji, kali ini akan diulas tentang manfaat daun mangga yang cukup sering dikonsumsi oleh beberapa kelompok masyarakat Indonesia. Mangga adalah buah yang banyak terdapat di Indonesia, buah ini adalah jenis buah musiman yang tidak selalu ada ditiap waktu sepanjang tahun. Buah mangga yang segar sering dijadikan buah favorit bagi orang karena buahnya yang lembut dan manis sangat enak untuk dimakan, selain dimakan saat masak buah mangga yang masih belum terlalu matang namun masih keras sering dijadikan orang sebagai lotis/sambal rujak saat musim panas dan dimakan saat siang hari. Selain buahnya yang berkhasiat, daun mangga juga tidak kalah memiliki manfaat dan kegunaan, berikut kami coba paparkan kegunaan dan manfaat daun mangga yang bisa di ambil untuk berbagai kegunaan dan fungsi :

Berkhasiat untuk pengobatan diabetes

Daun mangga memiliki senyawa organik tarakserol , ekstrak etil asetat, dan zat lainnya yang berguna untuk menurunkan gejala hiperglisemia. Caranya dengan merendam daun mangga semalaman kemudian diminum keesokan harinya. Yang perlu diperhatikan jika menggunakan daun mangga pada orang dengan diabetes, kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes memang merugikan tetapi kadar gula darah yang terlalu rendah lebih berbahaya. Jadi jika ingin mengkombinasikan obat modern dan herbal ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga profesional kesehatan.

Berkhasiat untuk pengobatan asam urat

Untuk mengobati asam urat daun mangga muda yang telah dipilih dan bersih maka diseduh dengan air panas, sampai air rebusan menjadi berwarna kekuningan. Air inilah yang berkhasiat dan diminum dan di percaya berguna untuk meredakan gejala asam urat.

Obat kumur

Daun manngga yang sudah cukup tua bisa berguna untuk pengobatan gusi dan gigi yang kurang sehat selain itu juga bisa merawat gusi dan gigi. Caranya adalah dengan memetik daun mangga tua yang bagus lalu dibersihkan dengan benar, setelah bersih daun mangga kemudian diseduh dengan air panas sampai air seduhan berwarna kekuningan. Air inilah yang akan digunakan untuk pengobatan gigi dan gusi tambahkan lah garam saat akan berkumur. Itulah beberapa manfaat daun mangga yang sering digunakan oleh orang-orang. tanyakan kepada orang yang lebih ahli untuk menghindari terjadinya kontra indikasi akibat penggunaan daun mangga yang tidak sesuai dengan prosedur terutama jika anda memiliki penyakit jangka panjang (kronik). Selain digunkan sebagai obat dibeberapa daerah daun mangga juga sering digunakan sebagai lalapan para penduduk desa yang masih tradisional, belum ditemukan dengan konkrit manfaat dari memakan daun mangga dengan cara dijadikan lalapan seperti itu, namun pera penduduk umumnya sudah melakukannya. Mangga Nama latin: Mangifera indica L. Nama lain: Pao / taipa (Sulawesi selatan) Klasifikasi Kingdom : Plantae Subkingdom : Tracheobionta Super Division : Spermatophyta Division : Magnoliophyta Class : Magnoliopsida Sub Class : Rosidae Order : Sapindales Family : Anacardiaceae Genus : Mangifera Species : Mangifera indica L. Morfologi Pada umumnya pohon mangga berperawakan besar, tinggi dapat mencapai 40 meter atau lebih, meski kebanyakan pohon mangga hanya sekitar 10 m atau kurang. Batang mangga tegak, bercabang agak kuat; dengan daun-daun lebat membentuk tajuk berbentuk kubah, oval atau memanjang, dengan diameter batang sampai 10 m. Kulit batangnya tebal dan kasar dengan banyak celah-celah kecil dan sisik-sisik bekas tangkai daun. Warna kulit batang yang sudah tua biasanya coklat keabuan, kelabu tua sampai hampir hitam. Mangga berakar tunggang yang bercabang-cabang, sangat panjang bisa mencapai 6 m. Akar cabang makin ke bawah semakin sedikit, paling banyak akar cabang pada kedalaman lebih kurang 30 - 60 cm. Daun tunggal, dengan letak tersebar, tanpa daun penumpu. Panjang tangkai daun bervariasi dari 1,25 - 12,5 cm, bagian pangkalnya membesar dan pada sisi sebelah atas ada alurnya. Aturan letak daun pada batang biasanya 3/8, tetapi makin mendekati ujung, letaknya makin berdekatan sehingga nampaknya seperti dalam lingkaran (roset). Helai daun bervariasi namun kebanyakan berbentuk jorong sampai lanset, 2 - 10 × 8 - 40 cm, agak liat seperti kulit,

hijau tua mengkilap, berpangkal melancip dengan tepi daun bergelombang dan ujung meruncing, dengan 12 - 30 tulang daun sekunder. Beberapa variasi bentuk daun mangga:
   

Lonjong dan ujungnya seperti mata tombak. Berbentuk bulat telur, ujungnya runcing seperti mata tombak. Berbentuk segi empat, tetapi ujungnya runcing. Berbentuk segi empat, ujungnya membulat.

Daun yang masih muda biasanya berwarna kemerahan, keunguan atau kekuningan; yang kemudian akan berubah pada bagian permukaan sebelah atas menjadi hijau mengkilat, sedangkan bagian permukaan bawah berwarna hijau muda. Umur daun bisa mencapai 1 tahun atau lebih. Anatomi Mangga merupakan tanaman berdivisi magnoliophyta dengan kelas magnoliopsida yang mana mempunyai ciri anatomi: batang dan akar berkambium, dengan pertumbuhan menebal sekunder, serta memiliki berkas pengangkut kolateral dan bikoteral. Kandungan kimia Buah masak (isi 100 g):
          

78 – 85 g air, 13 – 20 g karbohidrat, 0,3 – 0,8 g protein, 0,1 – 0,2 g lemak, 0,6 – 0,7 g serabut, 0,1 – 0,2 mg besi, 10 – 15 mg fosforus, 9 – 25 mg kalsium, vitamin B1, 0,05 – 0,08 mg vitamin B2, 14 – 62 mg vitamin C, dan bahan kimia asid benzoik, asid sitrik, mangiferin, mangin, pewarna kuning dan tanin.

Biji banyak mengandung bahan lemak, karbohidrat, tanin dan asid galik. Minyak oleodistearin, fosforus, kalsium dan magnesium. Daun mangga mengandung senyawa organik tarakserol-3beta dan ekstrak etil asetat yang bersinergis dengan insulin mengaktivasi GLUT4, dan menstimulasi sintesis glikogen, sehingga dapat menurunkan gejala hiperglisemia. Kegunaan

Tanaman mangga memiliki banyak kegunaan, antara lain sebagai desinfektan tubuh sehingga melindungi tubuh dari serangan infeksi, pembersih darah, menurunkan kolestrol, sembelit, reumatik, susah tidur, dan gatal-gatal. Mangga memiliki sifat kimia dan efek farmakologis tertentu yang bersifat pengelat, peluruh urine, penambah nafsu makan, peluruh (mengencerkan) dahak, pencahar dingin. Kandungan asam galat pada mangga sangat baik utnuk saluran pencernaan. Selain itu dapat pula menyembuhkan radang kulit, influenza, asma, gusi berdarah, radang tenggorokan dan sesak napas, bisa mengatasi bisul, kudis, cacingan dan keputihan. Kegunaan bagian-bagian dari tanaman mangga sebagai obat cukup beragam, berikut ini kegunaan dari beberapa bagian tanaman mangga: 1. Buah: obat asma, bronkitis, sesak nafas dan influenza berat. 2. Isi Biji: sebagai obat cacing, dan digoreng sebagai obat murus.

Gambar

Klik pada gambar untuk memperbesar Kategori: Klasifikasi tanaman , Nama latin

Salah satu fungsi antosianin adalah sebagai antioksidan di dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, penyakit penyumbatan pembuluh darah.[4] Antosianin bekerja menghambat proses aterogenesis dengan mengoksidasi lemak jahat dalam tubuh, yaitu lipoprotein densitas rendah.[4] Kemudian antosinin juga melindungi integritas sel endotel yang melapisi dinding pembuluh darah sehingga tidak terjadi kerusakan.[4] Kerusakan sel endotel merupakan awal mula pembentukan aterosklerosis sehingga harus dihindari.[4] Selain itu, antosianin juga merelaksasi pembuluh darah untuk mencegah aterosklerosis dan penyakit kardiovaskuler lainnya.[4] Berbagai manfaat positif dari antosianin untuk kesehatan manusia adalah untuk melindungi lambung dari kerusakan, menghambat sel tumor, meningkatkan kemampuan penglihatan mata, serta berfungsi sebagai senyawa anti-inflamasi yang melindungi otak dari kerusakan.[4] Selain itu, beberapa studi juga menyebutkan bahwa senyawa tersebut mampu mencegah obesitas dan diabetes, meningkatkan kemampuan memori otak dan mencegah penyakit neurologis, serta menangkal radikal bebas dalam tubuh.[5] Antosianin dan Manfaatnya Antosianin adalah pigmen buah-buahanm sayuran, dan tanaman bunga. Antosianin ini berfungsi sebagai flavinoid yang melindungi sel dari ultraviolet.

Manfaat Atosianin Antosianin dikenal dapat mengobati berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, dan serangan jantung. Antosianin dari bunga hibicus sabdariffa telah digunakan secara efektif untuk melawan hipertensi dan gangguan hati. Selain itu, sifat anti radang, anti bakteri, dan mencegah penyakit diabetes melitus. Antosianin mempunyai efek antioksidan yang baik. Hal ini dikarenakan antosianin dapat menghambat berbagai radikal bebas yang. Blueberry yang kaya akan antosianin memiliki efek antioksidan paling baik diantara 40 jenis tanaman dan buah-buahan yang telah diuji.

Sumber Antosianin Antosianin mudah ditemukan pada sayuran dan buah-buahna berwarna merah keunguan. Contoh bahan pangan yang kaya antosianin adalah blckberry, blueberry, chikeberry, cranberry, black raspbery, plum, murberi, aggur, kismis, kubis merah, lobak merah, bawang merah, terong, dan lain-lain. Antosianin dalam jumlah sedikit juga ditemukan pada buah pisang, asparagus, kacang polong, buah pir, dan kentang. Demikian tadi penjelasan soal antosianin dan manfaatnya. Semoga bermanfaat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->