Jenis- Jenis Hand Tools/ Perkakas Tangan

Pada kesempatan kali ini saya mencoba sharing tentang Hand Tools/ Perkakas tangan. Alatalat ini biasanya di pakai oleh mekanik atau teknisi dalam melakukan perbaikan pada mesin.

KLASIFIKASI Umumnya hand tools diklasifikasikan sebagai: •Alat pengencang, misalnya spanner dan obeng •Alat penahan atau penjepit misalanya plier/tang dan grip •Impact tools seperti hammer dan punch •Alat penanda, pengukur dan meteran (pengukur), misalnya steel rule dan scriber •Alat pemotong seperti kikir dan gergaji besi •Perkakas tangan portable seperti gerinda portable dan bor portable

1. SPANNER ATAU ALAT PENGENCANG

Open end spanner atau kunci pas digunakan untuk mengendori atau mengencai baut/mur di area yang terbatas. Sebaiknya kunci ini jangan digunakanuntuk awak mengendori baut karena akan membuat baut menjadi bulat dan kunci rusak atau melebar.

Combination spanner atau kunci kombinasi adalah gabungan open end dan ring spanner.

Ring spanner mempunyai ujung yang berbentuk socket. . sehingga cukup kuata untuk awal mengendori baut dan tidak merusaknya.

Half moon spanner mepunyai bentuk seperti bulan sabit sehingga mempermudah mengendori baut yang lokasinya cukup sulit. .

Open ring spanner berbeda dengan open end spanner atau kunci pas. Fungsinya hampir sama dengan kunci pas. Adjustable spanner atau Kunci Inggris ini mempunyai jaw/rahang yang bisa di setel lebarnya. . Biasa digunakan untuk perbaikan di daerah pipa-pipa pada mesin. Bentuk ujungnya tidak lurus dan membentuk segi 6.

Di gunakan untuk mengendori baut yang tidak bisa di jangkau dengan spanner biasa. .S-spanner atau kunci S memiliki bentuk seperti huruf S.

. Kunci ini dapat dikombinasikan dengan Handle Drive. Slogging spanner ini digunakan untuk mengendori baut berukuran besar dan kencang dengam memukul ujungnya dengan Palu/ hammer.Crowfoot spanner adalah kunci khusus untuk pekerjaan mekanikal.

3. . mempunyai bentuk yang tipis dan handle yang panjang. Box End Wrench.masing tool yang antara lain adalah : 1. untuk membantu anda maka kami berikan sedikit informasi mengenai Hand Tools. Mempunyai dua ukuran pada setiap ujungnya: ½ dan 9/16 inch digunakan untuk valve adjustment. Open End Wrench. atau anda yang berhubungan dengan alat berat. kunci ini berbentuk socket pada ujung – ujungnya digunaka pada saat awal membuka baut/nut. Tappet Wrench. purchasing saat ada permintaan dari pembelian dari lapangan dll. misalnya mekanik saat operasi di lapangan. power dan fungsi dari masing . mempunyai ukuran 3/8 – 1 ½ inch digunakan untuk memasang atau membuka baut atau nut pada area terbatas 2.Fungsi dan Jenis Hand Tool Alat Berat Pengetahuan akan Hand and power tools sangatlah penting bagi anda yang bergelut di dunia alat berat.

6. Combination Wrench.028 inch sampai di atas 1inch. Allen Wrench. jawnya bisa diubah sesuai dengan kebutuhan digunakan pada nut/bolt yang berukuran ganjil di mana wrench lain tidak bisa dipakai. . Adjustable Wrench. digunakan di semua area jika socket dan ratchet tidak bisa digunakan.4. mempunyai ukuran dari 0. Digunakan untuk melepas dan memasang set screws. drain plugs dll. guides pins. 5.

digunakan untuk memasang dan melepas pipa.7. digunakan untuk memasang dan melepas semua tipe Spin-On Filter baik filter fuel maupun oli. . Filter Strap Wrench. 8. Pipe Wrench.

11. Sledge Wrench. Chain Wrench. digunakan untuk membuka dan memasang nut/bolt yang berukuran besar dan torque tinggi. . Socket. digunakan untuk melepas dan memasang treaded crown yang digunakan untuk menahan ujung pada hydraulic cylinder. mempunyai panjang shank setengah dari panjang shank pada standard Box End Wrench. Socket digunakan di area yang mempunyai ruang yang memungkinkan dan dapat digunakan dengan berbagai macam tool seperti ratchet. speeder handle and nut spinner. umumnya mempunyai ukuran dari 1/8” – 3”. 10.9.

Speeder Bar.12. digunakan sebagai drive socket untuk melepas dan memasang nut/bolt dengan lebih cepat. 13. 14. digunakan untuk mempercepat saat memasang dan melepas nut/bolt. . Breaker Bar. digunakan untuk memasang dan melepas nut/bolt yang membutuhkan gaya yang lebih besar. Ratchet.

Socket Extension. digunakan untuk melepas plug atau nut/ bolt sebelum menggunakan ratchet. 17. untuk melepas dan memasang nut/bolt pada tempat-tempat yang . digunakan untuk memasang dan melepas nut/bolt atau hex head screw secara cepat dan yang mempunyai kekencangan ringan untuk melepasnya.15. 16. Socket drive. Sliding T Wrench.

digunakan saat ratchet atau extention berada pada posisi menyudut terhadap nut/bolt. Drive Adapter. 19. . Universal Joint. 18. tool ini digunakan pada ratchet dan drive handle.sulit dijangkau.

tool ini digunakan pada daerah yang tidak dapat dijangkau oleh socket dan handle. 21. Ball Type Universal joint. Universal Socket.20. digunakan pada saat ratchet atau extention berada pada posisi menyudut terhadap nut/bolt. .

. Hex Drive Socket.22. extention dan universal joint. digunakan untuk memasang dan melepas berbagai macam socket head screw dengan bantuan ratchet.

digunakan untuk melepas atau memasang nut/bolt yang mempunyai kekencangan tinggi dengan bantuan impact wrench. digunakan pada daerah di mana socket.23. atau box end wrench tidak bisa digunakan. open end. Crowfoot Wrench. Heavy Duty Impact Socket. 24. .

25. sprocket retaining nut. 26. 27. . Tubular Spanner Wrench. digunakan untuk memasang dan melepas spanner nut pada ujung shaft tetapi dapat digunakan lebih mudah dibandingkan spanner wrench. mempunyai ukuran 2 ½ kali lebih panjang dari standard socket dan berfungsi pada saat standar socket tidak bisa digunakan. digunakan untuk memasang dan melepas spanner nut. Deep Well Socket. cylinder rod head pada cylinder hydaulic. Spanner Wrench. dll.

kawat. dll. Track Shoe Wrench. mempunyai ukuran panjang antara 5” sampai 12”. 29. retaining clips. digunakan untuk menahan track baut ketika melepas dan memasang baut track. .28. Slip Joint Pliers. digunakan untuk memegang plat baja.

Digunakan pada banyak pemakaian. 31. .6 inch. Diagonal Pliers. Digunakan terutama untuk memotong kawat baja. terutama untuk menjepit subjek yang sangat kecil pada daerah yang terbatas. umumnya mempunyai ukuran panjang 7 inch. mempunyai ukuran panjang dari 2 . Needle Nose Pliers.30.

tidak untuk memuntir. bolt.32. Hanya digunakan untuk menjepit. Vice Grip. pipe fitting atau plat baja yang membutuhkan pegangan cukup kuat. untuk memegang berbagai macam nut. .

digunakan untuk melepas dan memasang internal dan external retaining ring. tetapi tool ini bisa juga dipakai untuk memuntir dan mengencangkan pipa. 34. Retaining Ring Pliers. pada prinsipnya seperti pada vice grip. . Interlocking Joint Pliers.33.

Standard Screwdriver. digunakan untuk memasang dan melepas screw. 36. Philips Screwdriver. digunakan untuk melepas dan memasang Philip head screw .35.

driving tool. tetapi mempunyai kekerasan yang berbeda. . mempunyai dua ujung yang lunak. bila rusak dapat diganti ujungnya saja. Soft Tipped Hammer. chisel. Ball Peen Hammer.37. Digunakan untuk memukul permukaan komponen machine tanpa merusakkannya. dan memasang rivet. ujung yang berwarna biru lebih keras dibanding yang berwarna putih. 38. digunakan untuk mumukul permukaan plat. punch.

Claw Hammer. seperti untuk melepas master track pin dan sprocket. Sledge Hammer. 40.39. digunakan untuk memukul dimana dibutuhkan tenaga yang berat. digunakan untuk memasang dan mencabut paku. .

41. . digunakan untuk melepas pin pada saat awal dan selanjutnya pin baru dilepas menggunakan Drift Punch. Tapered Punch mempunyai ukuran lebih pendek.

Center Punch. digunakan untuk menandai pada saat awal pengeboran. juga untuk menandai pada waktu melepas komponen machine agar pada waktu pemasangan kembali lebih mudah. .42. 43. Chisel. digunakan untuk memotong atau melepas metal.

karat dan grease. . 45. nut. kegunaan utamanya adalah untuk melepas / membersihkan material gasket. Magnet Assembly. 46.44. atau bolt yang jatuh di tempat yang tidak terjangkau oleh tangan. Scraper. tetapi dapat juga untuk membersihkan sisa cat. digunakan untuk mengambil screw. digunakan untuk membersihkan area di sekitar work bench dan peralatan bengkel. Wire Brush.

(2) Pengepasan (3) Menghaluskan permukaan atau pinggir plat (4) Memperbaiki tread pada screw dan bolt dll. . digunakan pada beberapa jenis pekerjaan seperti: (1) Membuang kelebihan material.47. File. Hand Saw. digunakan untuk memotong semua tipe kayu. Di work shop biasanya dipakai untuk pekerjaan shipping peti kayu. 48.

49. C Clamp. kegunaan utama dari C Clamp adalah menjepit dua objek bersama-sama untuk tujuan pengelasan atau pekerjaan permesinan. 51. digunakan untuk service fitting grease pada semua model machine dan peralatan bengkel lainnya. . 50. digunakan untuk memotong lembaran plat. Metal Shears. Grease Gun.

differensial atau komponen lain dari semua jenis machine. digunakan untuk membuang oli dari filter housing pada unit lama atau mengambil oli dari transmisi. Tap Wrench. . Die Wrench. 54. digunakan untuk membuat atau memperbaiki tread bagian luar yang rusak. Suction Gun. 53. digunakan sebagai pemegang untuk semua jenis TAP.52.

Threaded Insert. Reamer. digunakan untuk mengganti atau memperbaiki tread yang telah rusak. 56.55. digunakan untuk memperbesar lubang yang membutuhkan presisi yang tinggi. .

Screw Extractor. khusus digunakan untuk memasang dan melepas stud. 58. bolt. . screw yang telah rusak. Stud Remover. digunakan untuk melepas stud.57.

Portable Drill.6 – 13 mm) dan dibuat dari baja HSS.59. Bit Drill. dibuat ringan dan cukup dipegang dengan satu tangan dan juga mudah dioperasikan. Kegunaan utamanya adalah membuat lubang untuk tujuan reamer pada plat tipis. 60. . umumnya mempunyai ukuran diameter antara 1/16 – ½ inch (1.

sisa gasket. Portable Grinder Power. dll pada permukaan komponen machine agar halus. 62. digunakan untuk memperbesar lubang bagian atasnya.61. Counter Sink dan Counter Bore. digunakan untuk melepas kerak bekas pengelasan. .

Puller Two Jaw. 64. digunakan untuk melepas bearing atau gear. digunakan untuk melepas bearing atau gear. Puller Tree Jaw. .63.

Bearing Cup Puller. . digunakan untuk melepaskan part dari lubang apabila puller-puller lain tidak bisa digunakan.65.

66. 68. Slide Hammer. digunakan untuk melepaskan part yang dipres pada shaft atau lubang. Push Puller. . 67. bagian ujungnya dipasang puler yang akan mengikat part yang akan dilepaskan. Lip Type Seal Puller dipakai untuk melepaskan Lip-Type Seal yang pada waktu pemasangannya dipres. digunakan untuk melepaskan part dari lubang.

tetapi alat ini bisa digunakan untuk mengangkat beban dengan berbagai posisi. pada prinsipnya sama dengan electric hoist. 70. .69. Dual Hook Hoist. tetapi sebagai tenaga penggeraknya oleh air shop system. Pneumatic Hoist. modelnya sama dengan electric hoist.

Block and Tackel. cuma alat ini memakai rope sebagai pengangkatnya. .71. pada prinsipnya sama dengan chain hoist.

ketinggiannya dapat disetel sesuai dengan keinginan. dioperasikan cukup dengan tenaga manusia digunakan untuk mengangkat beban yang berat. 73. dibuat dalam berbagai macam bentuk dan ukuran. Hydraulic Jack. merupakan alat dukung yang kuat. Kegunaan utamanya adalah untuk mendukung beban unit workshop. . Jack Stand.72.

Digunakan untuk menahan crankcase pada transmisi pada saat melepas dan memasangnya. modelnya sama dengan Hydraulic Jack. Guard Jack. .74.

Obeng (Screw driver) Sedangkan alat bantu lainnya adalah merupakan peralatan standar bengkel otomotif dan peralatan kerja bangku. diantaranya: 1. Kunci yang umum digunakan untuk perbaikan kendaraan di bengkel otomotif diantaranya: 1. Kunci Ring (Box wrench) 3. Kunci L (Allen wrench) 6. Kunci Inggris (Adjustable wrench) 7. Dongkrak (Jack) 2. Kunci Pas (Open end wrench) 2. Kunci Roda (Wheel nuts and bolts wrench) 8. Kunci Kombinasi (Combination wrench) 4.Dalam bengkel Otomotif atau bengkel kerja bangku dikenal ada 2 jenis alat bantu kerja yaitu alat tangan dan alat mesin/alat tenaga (Hand Tools and Machine Tools or Power Tools) dan peralatan yang akan dibahas disini adalah alat-alat tangan (Hand Tools). Kunci Busi (Spark plug wrench) 9. Palu (Hammer) . Kunci Soket (Socket wrench) 5.

Ukuran satuan metrik tersedia ukuran dari 4 mm sampai dengan ukuran 80 mm. Ukuran kunci menunjukkan lebar dari mulut kunci yang yang berati juga menunjukkan lebar kepala baut atau mur. dan 35 mm tidak disediakan. Kunci pas . Snei dan Tap (Dies and Taps) 10. dan seterusnya. kecuali ukuran 31 mm. Bor (Drills) 9. 34 mm. Gergaji (Hacksaws) 5. Gerinda (Grinder) 6. Gbr. dengan tangkai (shank) membentuk sudut 15 derajat pada kedua ujung-ujungnya dan 90 derajat yang terdapat pada kunci pas khusus. Ragum (Bench vise) 7. 33 mm. Dan yang umum digunkan di bengkel otomotif adalah ukuran 6 mm dengan kenaikan setiap 1 mm hingga ukuran kunci 36 mm. KUNCI PAS (Open end wrench) Kunci pas terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium. Kunci pas umumnya dibuat menjadi dua kunci yang ukuran masingmasing berbeda.3. Satuan ukuran kunci pas terdiri dari ukuran metrik (mm) dan imperial (inch). Misalnya. Tang (Pliers) 4. ukuran 6 mm dan 7 mm. Kikir (Files) 8. Pahat (Chisels) KUNCI STANDAR DI BENGKEL OTOMOTIF A.

KUNCI KOMBINASI (Combination wrench) Kegunaan kunci kombinasi merupakan gabungan dari kunci pas an kunci ring pada masingmasing ujung dalam ukuran yang sama dan merupakan kunci yang saling mengisi kekurangan yang ada pada kunci pas dan kunci ring. Kunci ring mempunyai tangkai lebih panjang dibandingkan dengan kunci pas. Kunci ring C. Gamabar Kunci Kombinasi. . Gbr.B. Kunci ini lebih kuat dan ringan dari kunci pas dan memberikan cengkraman pada seluruh kepala baut atau mur. Gambar Kunci Ring. KUNCI RING (Box wrench) Kunci ring juga terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium. dan lebih simpel. gaya tuasnya lebih besar bila dibandingkan dengan gaya tuas kunci pas. Pada ujung-ujung kepala kunci ini. Kunci ini sangat berguna saat menyetel pengikat (fastener) dengan ukuran yang sama pada posisi yang berbeda. terdapat cincin yang berdimensi heksagonal atau lebih pada lubang diameter di dalamnya. Kunci ini dengan jenis kepala bersegi 6 yang sama dan ukurannya berkisar antara 6 mm sampai dengan 32 mm. Kunci ring berfungsi untuk memasang atau melepaskan kepala baut atau mur yang mempunyai momen pengencangan yang cukup besar dan memungkinkan dapat bekerja pada ruang yang terbatas.

1. Kunci Kombinasi Kelemahan kunci pas dan kunci ring. Momen atau torsi pengencangannya cukup kecil. Tidak dapat menjangkau kepala baut dan mur yang letaknya tersembunyi. 2. .Gbr.

Satu ujung mempunyai dudukan berbentuk segi 4. digunakan untuk melepaskan atau mengencangkan baut/mur yang memiliki momen pengencangan cukup tinggi. Kunci soket dapat menjangkau kepala baut atau mur yang terletak sangat sulit dan tersembunyi. 6. Ratchet Handle. baut pengikat intake dan exhaust manifold. karena kunci soket dilengkapi dengan batang penyambung (extention). 2. 5. Extension. 2. Kunci soket mempunyai momen atau torsi lebih besar terhadap pengencangan atau pelepasan baut dan mur. untuk menghubungkan handle dengan kunci sok jika . Speed Handle. digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan kepala baut/mur dengan cara menyetel arah putaran sesuai keperluan (mengencangkan/mengendorkan baut atau mur). Karakteristik kunci soket: 1. 4. Hal ini bisa dilakukan. KUNCI SOKET (Socket wrench) Kunci Soket adalah kunci yang berbentuk silinder dan terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium dan dilapisi dengan nikel. digunakan untuk melepaskan atau mengencangkan baut/mur yang ulirnya panjang dan dalam. 3. Kunci Sok normal/pendek dan panjang. dan ujung lainnya berdimensi hexagonal yang digunakan untuk melepas atau memasang kepala baut atau mur dengan momen kekencangan tertentu. L Handle. yang dipasangkan pada kunci soket dan dapat bergerak bebas meskipun kepala baut/mur pada posisi yang rumit. Misalnya. karena selalu dilengkapi dengan batang pemutar (rachet) 1 Set Kunci Socket terdiri dari beberapa bagian: 1.D. Sliding Handle.

Gbr.mur/baut tidak dapat dijangkau tangkai yang ada. Kunci Shok dan penampangnya Gbr. Gambar Kunci Soket dan kelengkpannya. universal join. Adapun model penyambung (extension) kunci soket antara lain. Speed Handle dan Ratchet Handle . dan flexible extension bar. adaptor solit extension bar.

L Handle dan modelmodel penyambung E. Sliding Handle.Gbr. Gbr. dan mulut kunci disetel sesuai ukuran baut/mur. Kunci Inggris mempunyai sudut 15 derajat terhadap pegangannya dengan ukuran lebar mulut antara 13 mm – 35 mm. Kunci L dan penggunaannya F. sementara mulut kunci ditempatkan pada kepla baut/mur. KUNCI INGGRIS (Adjustable wrench) Kunci Inggris digunakan untuk membuka/mengencangkan kepala baut/mur yang ukurannya dapat diubah sesuai dengan limit maksimumnya. Cara penggunaannya dengan cara memutarkan penyetel rahang. Ada juga yang bersudut 45 derajat terhadap pegangannya dengan ukuran lebar mulut antara 26 mm – 83 mm. Ukuran kunci L antara 2 mm – 22 m dan penampangnya berbentuk segi 6 (hexagonal) dan berbentuk bintan (L bintang). . KUNCI L (Allen wrench) Kunci L digunakan untuk membuka/mengencangkan baut yang kepala bautnya menjorok kedalam.

Kunci roda terbuat dari baja dimana ujung-ujungnya mempunyai kepala soket segi 6. KUNCI RODA (Wheel nuts and bolts wrench) Kunci roda digunakan untuk melepas dan mengganti mur roda pada kendaraan bermotor. membuka dan menempatkan kembali tutup roda. Membuka baut dan tutup hub roda. Fungsi kunci roda pada umumnya adalah.Gbr. Membuka baut. Ukuran kunci roda pada umumnya 19 mm dan 21 mm atau 3/4 inch dan 13/16 inch. Gb. 1. Kunci Inggris G. Jenis kunci roda sebagian besar mempunyai 4 jari-jari kemudian disatukan membentuk palang/silang pada ujung luar masing-masing batang terdapat soket yang berbeda ukurannya. 2. Kunci roda palang/silang .

sangat pendek (buntung). dan obeng tumbuk (obeng ketok). dibedakan menjadi 2 yaitu oeng pipih (-/min) dan obeng plus (+/kembang/bintang/philip). Kunci roda lurus I. Obeng Offset Obeng offset mempunyai bilah yang sekaligus sebagai tangkainya dan mata pada kedua ujungnya berbentuk kembang/+/bintang/philip/ atau pipih/-/minus. Obeng offset berfungsi untuk mengencangkan baut dengan kepala beralur atau sekrup yang letaknya tidak dapat dijangkau dengan oleh jenis obeng biasa. Ada 3 jenis obeng yaitu obeng biasa. . Obeng digunakan untuk melepas/memasang sekrup dari komponen-komponen kendaraan bermotor seperti pada. Obeng biasa digunakan untuk mengendorkan/mengencangkan sekrup atau baut sesuai ukurannya. pelindung radiator. panjag. Sedangkan bila ditinjau dari penampangnya. Obeng Biasa Obeng biasa terdiri dari tangkai dan bilah obeng. pendek. OBENG (Screw driver) Obeng dalam satuan set dalam ukuran dan bentuk penggerak yang berbeda. dan untuk melepas pengikat seperti sekrup-sekrup kotak yang mempunyai momen pengencangan relatif rendah. b. Obeng juga dapat digunakan untuk mencongkel cetakan dan menekan/mendorong seperti pada pemasangan pengahpus kaca. Obeng terdiri dari batang yang terbuat dari baja keras berkualitas tinggi dengan satu mata pada satu ujungnya dan gagang terbuat dari plastik/kayu yang dicetak pada batangnya. a. lampu kepala.Gb. obeng offset.

Cara penggunaannya: Cara menggunakan obeng ketok dengan cara memukul ujung bodi obeng dengan palu sambil tangkai obeng ketok diputar sehingga blade memutar obeng ke kanan atau ke kiri (mengeraskan/mengendorkan). pilihlah bilah obeng ketok yang sesuai dengan ukuran dan bentuk sekrup atau bautnya. maka baut atau sekrup yang kencang dapat dikendorkan dengan mudah. Obeng Ketok Obeng ketok berfungsi untuk mengeraskan/mengendorkan baut kepala yang beralur atau sekrup yang momen pengencangannya relatif lebih tinggi. Obeng Ketok . Obeng ini terdiri dari tangkai dan bilah yang dapat dilepas. Obeng plus (+) dan obeng pipih (-) Gb. Dengan memutar blade obeng secara tiba-tiba.c. Posisi antara bilah obeng dengan sekrup atau baut diupayakan harus tetap tegak. Gb. Bila digunakan. begitu pula sebaliknya.

Untuk menaikkan dongkrak. Cara kerjanya: Dongkrak dioperasikan dengan memutar pegangan (handle) /baut dongkraknya.PERALATAN STANDAR DAN PERALATAN KERJA BANGKU DI BENGKEL OTOMOTIF A. Periksalah keaman dongkrak sebelum digunakan. Lakukan langkah-langkah berikut terhadap semua kendaraan: a. Periksalah beban maksimal yang diijinkan. 2. Pasang rem tangan b. Tempatkan kendaran di tempat yang datar. Tempatkan dongkrak pada posisi pengangkatan yang sesuai. 4. Putarlah pegangan/baut dongkrak dan pompalah sampai sadelnya naik. Periksalah bidang yang bersentuhan untuk memastikan sadelnya pada posisi . Periksalah sistem hidroliknya dan pastikan tidak ada kebocoran cairan. misalnya mengankat bagian mobil untuk mengganti bannya. 3. DONGKRAK (Jack) Dongkrak adalah alat yang dioperasikan secara hidrolik yang dapat mengangkat barang yang berat. 3. putarlah pegangannya atau baut dongkrak tersebut dengan kuat dan pompalah pegangan atau ungkitlah dengan pengungkit/tuas. Masing-masing jenis dongkrak mempunyai spesifikasi. misalnya beban maksimum yang diijinkan untuk mengangkat kendaraan bermotor/mobil itu. Penggunaan dongkrak: 1. Sadel dongkrak dapat berputar bebas. Roda-rodanya dapat berputar dengan bebas. Pemeriksaan dongkrak sebelum dioperasikan: 1. 2. dan bertahan pada posisinya pada saat mendongkrak beban. Posisikan transmisi ke persneling dan tempatkan transmisi otomatis pada posisi parkir. 4.

2. Sebelum kendaraan didongkrak. 2. Keamanan penggunaan dongkrak: 1. Putarlah perlahan-lahan pegangan/baut dongkrak ke arah luar dan rendahkan kendaraan ke tanah. Pemeliharaan dongkrak: 1. Pompalah pegangan/baut dongrak sampai kendaraan naik cukup tinggi untuk melepaskan penahan pengaman/safety stand. dan naikkan kendaraan pada ketinggian yang diinginkan. 3. Pastikan dongkrak mampu bekerja dengan baik.yang tepat. Tempatkan penahan pengaman/safety stand di bawah kendaraan sebelum bekerja. Lepaskan penahan dari kendaraan. 5. Posisikan pegangan dongkrak ke atas bila tidak memompa untuk mencegah kecelakaan pada saat mendongkrak. Jagalah kebersihan dongkrak dengan membersihkan oli/gemuk yang menempel pada dongkrak dan periksalah kebocoran cairan dongkak tersebut. Menurunkan dongkrak: 1. Pasang penahan yang aman di bawah kendaraan tersebut. 4. Simpanlah dongkrak tersebut di tempat yang aman. stabikan posisi kendaran terlebih dahulu. 2. 6. Catatan: . serta berilah cairan hidrolik sampai batas atas bila diperlukan. Putarlah keluar pegangan dongkrak untuk menurunkan kendaraan sampai berada penahan pengaman/safety stand yang aman. 3.

Dongkrak lantai . Dongkrak botol Gb.Penggunaan dongkrak selalu diikutsertakan oleh pemasangan penahan pengaman/ safety stand. Gb. Dongkrak botol Gb.

3 kg-1. seperti palu konde agar saat memukul dapat terhenti di tengah-tengah pada satu titik pukulan. dan tembaga. kepala blok silinder. seperti bulat. karet. a. Di bengkel otomotif. plastik. Penahan pengaman/dongkrak penyangga/safety stand B. Palu lunak Palu lunak terbuat dari bahan kayu. misalnya pada bearing. biasanya antara 0.Gb. Bagian muka palu dibuat dalam berbagai bentuk. Ukuran palu ditentukan oleh berat palu tersebut. rata.4 kg. Palu lunak digunakan untuk memasang dan membongkar komponen mesin yang tidak meninggalkan bekas pukulan pada benda kerja. poros komponen. Palu kepala bulat. PALU (Hammer) Palu merupakan alat yang dipakai sebagai pemukul untuk memasang dan melepaskan komponen-komponen mesin seperti pada pemasangan bearing. dan menyilang pada kedua ujungnya. melepas sambungan pada propeller shaft dan sebagainya. Palu keras/palu besi Kepala palu terbuat dari baja yang kedua ujungnya dikeraskan. b. palu dikategorikan menjadi 2 yaitu: palu keras dan palu lunak. .

kepala silinder, dan komponen lainnya.

Gbr. Macam-macam palu (palu keras dan palu lunak) C. TANG (Pliers) Tang digunakan untuk memotong, membengkokkan, memegang dan sebagainya. Macam-macam bentuk tang: 1. Diagonal cutting plier. Tang ini mempunyai dua sisi dan rahang yang keras, digunakan untuk memotong kawat baja.

Gbr. Diagonal cutting plier 2. End cutting plier. Digunakan untuk memotong kawat dengan rahang membuka paralel 90 derajat.

Gbr. End cutting plier. 3. Flat nose plier. Digunakan untuk memegang benda yang kecil dengan rahang segi empat yang tirus pada bagian ujung.

Gbr. Flat nose plier. 4. Long nose plier. Digunakan untuk memegang benda kecil dengan bentuk rahang bulat tirus. 5. Round nose plier. Digunakan untuk membengkokkan kawat dan pelat tipis.

Gbr. Round nose plier. 6. Combination plier. Digunakan untuk berbagai pekerjaan ringan menggunakan tangan.

Gbr. Combination plier. 7. Polygrip plier. Digunakan untuk memegang bahan, dan dilengkapi dengan rahang yang dapat diatur.

Gbr. Polygrip plier. D. GERGAJI (Hacksaws) Gergaji digunakan untuk memotong memotong benda kerja. Bagian-bagian gergaji; a. Bingkai/sengkang. Terbuat dari baja yang kuat dan kaku. Sengkang yang dapat diatur, dapat digunakan untuk bermacam-macam panjang dari daun gergaji. b. Daun gergaji. Daun gergaji terdiri dari dua macam letak gigi pemotong yaitu; gigi pemotong satu sisi (Single cut) dan gigi pemotong dua sisi

Berikut ukuran mata (gigi) gergaji yang ditandai dengan nomor urut 1 sampai dengan 3. 3. dan besi tuang. b. jumlah gigi/inch= 14 – 18 digunakan untuk bahan pejal. tembaga. 1. No. jumlah gigi/inch=22 – 24 digunakan untuk bahan dengan bentuk tebal dan baja karbon tinggi. GERINDA (Grinder) Gerinda adalah suatu alat yang digunakan untuk menghaluskan benda kerja atau untuk penajaman alat-alat perkakas. 2. kawat. c. No. Sedang bentuk gigi gergaji ada yang silang dan ada juga yang lurus. Daun gergaji E.(Double cut). dan pipa tipis. No. Gbr. Gergaji dan sengkangnya Gbr. pelat. pahat. Gerinda dibedakan menjadi 2 yaitu. . a. gerinda tangan dan mesin gerinda. jangka tusuk. jumlah gigi/inch= 28 – 32 digunakan untuk bahan dengan bentuk tipis. penggores. dan sebagainya. misalnya. mata bor.

Mesin gerinda F. RAGUM (Bench vise) Ragum adalah digunakan untuk menjepit benda kerja. seperti mengikir. Gerinda tangan Gbr. Ragum umumnya terbuat dari besi tuang atau tempa yang dipasang pada bangku kerja dengan kuat.Gbr. memahat. memotong dan sebagainya. .

bentuk. dan gigi pemotongnya. KIKIR (Files) Kikir terbuat dari baja karbon tinggi yang ditempa dan disesuaikan dengan ukuran panjang. jenis. Ragum G. Gbr. Kikir stengah bulat (Half round file). kikir dibedakan atas. 2. Kikir plat. . Kikir plat (Flat file). 1.Gbr. Menurut bentuknya.

Kikir bulat 4. Kikir bulat (Round file). Kikir setengah bulat 3. Gbr. . Kikir segi empat (Square file).Gbr.

Gbr. plastik maupun pada besi dan plat. misalnya pada kayu. Kikir pisau (Knife file). F. 6. Diameter ukuran mata bor biasanya berkisar antara 4 mm – 12 mm. BOR (Drills) Bor atau mata bor digunakan untuk membuat lubang yang rapi dan presisi pada benda kerja. Kikir segitiga. Kikir segiempat. 5. Kikir segitiga (Three square file). Gbr. Kikir pisau. tetapi harus mempertimbangkan ukuran lubang dan jenis bahan benda kerja yang akan dikerjakan. .Gbr. Banyak jenis dan ukuran lubang yang bisa dibuat dengan bor.

Macammacam bentuk mata bor. .Gbr.

* TAP adalah alat untuk membuat ulir dalam dengan tangan. SNEY DAN TAP (Dies and Taps) * SNEY (pengulir luar) adalah untuk memutar pada bagian luar atau batang baut dengan tangan. c. 2 (Tap antara). Tap no. Tap no. tap urutan pertama berbentuk tirus pada ujungnya untuk mempermudah pemotongan benda kerja. Dalam 1 set tap terdiri dari 3 buah yaitu. dipakai setelah tap no. b. Dan alat bantu untuk memutarkan snei adalah rumah senei atau tangkai senei. 1 (Tap konis). a. G.Gbr.3 (Tap rata). tap terakhir yang berbentuk orofil ulir penuh. Pada bagian ujung tirusnya sangat pendek. Bagianbagian mata bor. Bentuk ulir yang dihasilkan hanya 25 % dari bentuk ulir yang sesungguhnya. Tap no. sehingga dapat mencapai dasar untuk lubang yang tidak tembus pada benda kerja. .1 yang bentuk tirusnya lebih pendek.

2. untuk meratakan bidang dan memotong pelat logam. untuk membuat alur setengah bulat. Pahat setengah bulat. meratakan bidang. Pahat alur. mebuat alur. Macam-macam pahat: 1. dan membentuk sudut pada benda kerja. PAHAT (Chisels) Pahat (Chisel) digunakan untuk memotong. Tap dan Snei Gbr. 1 set tap F. untuk alur dan sponeng. 3. Pahat pelat. .Gbr.

Macam ukuran pahat .Gbr.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful