P. 1
Bab i Pendahuluan

Bab i Pendahuluan

|Views: 39|Likes:
Published by Tri Lika Jayanti

More info:

Published by: Tri Lika Jayanti on May 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN(fix) I.

1 Latar Belakang Bertambahnya penduduk Indonesia yang sangat signifikan dari tahun ke tahun karena tidak terbendungnya angka kelahiran menyebabkan kebutuhan akan sandang, pangan dan papan semakin meningkat. Hasil proyeksi menunjukkan bahwa jumlah penduduk Indonesia selama dua puluh lima tahun mendatang terus meningkat yaitu dari 205,1 juta pada tahun 2000 menjadi 273,2 juta pada tahun 2025 (Data Statistik, 2013). Lahan tanah yang semula merupakan persawahan, perkebunan, perhutanan, rawa dan sungai kini mulai menjadi areal perumahan dan perindustrian. Kebutuhan akan tempat tinggal sangatlah dibutuhkan untuk berlindung dari teriknya siang hari dan dinginnya malam hari untuk setiap orang. Semakin besar permintaan kebutuhan bahan bangunan seperti kayu membuat permasalahan tersendiri akan kelangsungan hidup masyarakat Indonesia. Pertumbuhan penduduk yang semakin pesat membuat kita semakin bergantung pada hasil alam dalam memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Kebutuhan primer yang harus selalu ada dalam hidup kita adalah papan atau rumah. Sebagian besar masyarakat membangun rumah nya dengan menggunakan kayu. Faktanya, kondisi hutan Indonesia menunjukkan produktivitas yang semakin menurun, padahal kebutuhan kayu semakin meningkat. Dengan perkembangan teknologi komposit ini kita dapat menggantikan posisi kayu dan memperlambat penghabisan kayu dalam waktu dekat sehingga kebutuhan papan masyarakat masih dapat terpenuhi dengan tanpa menebang kayu. Beberapa alternatif telah dikembangkan dalam rangka untuk mengatasi makin langkanya bahan baku kayu dari alam, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi telah diciptakan produk – produk turunan dari kayu seperti papan partikel, papan semen, papan serat, dan lain sebagainya. Papan turunan ini dibuat dengan menggunakan bahan penolong seperti perekat, akan membantu terbentuknya ikatan antar serat yang lebih kuat sehingga dihasilkan sifat papan non kayu yang baik. Maraknya penggunaan material biokomposit di era baru ini sangatlah berpengaruh untuk negara kita, Indonesia, yang mempunyai banyak serat alam, yaitu serat tumbuhan buah-buahan dan tanaman rerumputan. Teknologi komposit berpenguat serat alam jauh lebih ramah lingkungan, mempunyai rasio kekuatan yang tinggi, massa jenis yang ringan dan bernilai ekonomis.

rami.95 juta ton per tahun (BPS. sebagai komponen pakan ternak. Berdasarkan BPS diketahui bahwa produksi padi pada tahun 2012 sebesar 68. Salah satunya adalah jerami padi. Gambar jerami padi penelitian Tebu juga merupakan salah satu komoditi pertanian yang juga mengandung unsur lignoselulosa sehingga merupakan bahan baku potensial dalam pembuatan papan partikel.partikel kayu atau bahan. . sehingga peneliti berkeinginnan untuk mengolah limbah jerami padi yang sangat melimpah dan terbuang sia-sia tersebut untuk mempunyai nilai tambah sekaligus memberikan sedikit solusi akan permasalahan menurunnya produksi kayu. 2012).bahan berlignoselulosa lainnya. sedangkan ampasnya sekitar 35-40% dari berat tebu yang digiling hanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar industri atau mungkin dibuang sehingga menjadi limbah (Walker. Selama ini pemanfaatan tebu masih terbatas pada industri pengolahan gula dengan hanya mengambil airnya. Jerami padi belum banyak digunakan untuk membuat papan partikel serat karena kandungan selulosa nya yang lebih sedikit daripada serat tanaman lain seperti ampas tebu. Gambar papan partikel jerami Potensi Iimbah pertanian di Indonesia cukup besar. Dalam membuat papan partikel ini peneliti akan menghibridisasi atau mencampurkan serat lain yang diakui banyak mengandung serat dan sudah banyak kegunaannya yaitu ampas tebu. 1993). Pemanfaatan jerami padi secara konvensional terbatas untuk keperluan pembakaran.Papan partikel adalah salah satu jenis produk komposit/ panel kayu yang terbuat dari partikel. yang diikat dengan perekat sintetis atau bahan pengikat lain kemudian dikempa panas. sabut kelapa dan serat lainnya. hamparan ternak atau pemanfaat lain yang tidak memiliki nilai tambah.

Polivinil asetat mempunyai banyak keunggulan. Diharapkan dengan diketahui sifat fisik dan mekanis papan partikel berbasis jerami padi ini dapat mengungguli papan partikel lain ataupun papan komersial kayu. Batasan masalah tersebut meliputi : a) Papan serat biokomposit berbasis jerami padi dan ampas tebu sebagai objek yang diteliti. Dalam penelitian ini dipilih polyvinyl acetate sebagai bahan perekat. ampas tebu diharapkan memperkuat kelemahan.kelemahan yang ada pada jerami sehingga dapat meningkatkan kualitas dan mutu dari papan partikel tersebut. Dalam perlakuan alkali ini NaOH merupakan bahan kimia yang biasa digunakan oleh peneliti. sehingga terbentuk papan partikel yang memenuhi kualifikasi standard sama seperti papan kayu komersial berkerapatan sedang.2 Batasan Masalah Ruang lingkup dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kekuatan papan partikel yang terbuat dari jerami padi.Gambar ampas tebu penelitian Melalui pembuatan papan partikel berbasis jerami padi. Proses ini akan meningkatkan permukaan kontak dengan membuat meningkatkan kekasaran dari permukaan serat. b) Matriks perekat yang digunakan adalah PVAc c) Lima komposisi jerami padi . Jerami padi dan ampas tebu akan dijadikan serbuk dan diaduk dengan dengan polivinil asetat. dan sebagian kecil unsur lain dengan perlakuan alkali. perekat ini pun mempunyai harga yang terjangkau dan banyak tersedia. Penentuan konsentrasi NaOH dan waktu perendaman yang tepat dapat menghasilkan sifat mekanik komposit yang diinginkan. Gambar polivinil asetat dan penjelasan ilmiah I. Untuk mengatasi kelemahan dari serat alami diperlukan pemisahan serat dari hemicellulosa. Proses pengeringan dengan perekat ini tidak terlalu lama dan tidak menggunakan memerlukan suhu tinggi. lignin.

4 Metodologi Penelitian Dalam melakukan penelitian kali ini perlu dilakukan beberapa tahapan.d) Didapat nya komposisi jerami dengan uji tarik terbaik e) Lima komposisi ampas tebu bergantung terhadap komposisi jerami terbaik f) Analisis yang akan dilakukan : 1) Uji XRD sebelum dan sesudah perlakuan pada jerami padi dan ampas tebu 2) Uji SEM sebelum dan sesudah perlakuan pada jerami padi dan ampas tebu 3) Uji tarik serat tunggal jerami padi dan ampas tebu 4) Uji sifat mekanis papan serat jerami 5) Uji sifat fisis dan mekanis terhadap komposisi papan serat jerami berbasis ampas tebu 6) Uji SEM patahan papan serat jerami berbasis ampas tebu g) Pengujian fisis dan mekanis terhadap papan partikel : 1) Pengujian massa jenis 2) Pengujian kadar air dan penyerapan air 3) Uji tarik 4) Uji ketahanan api I. I. b) Untuk mengetahui komposisi filler tambahan berupa bagasse tebu untuk memperkuat papan serat jerami yang dihasilkan pada percobaan sebelumnya sesuai dengan standar SNI. yaitu : .3 Tujuan Penelitian Dalam perkembangan ilmu pengetahuan terutama di bidang teknologi dituntut mengetahui lebih lanjut untuk mengetahui baik secara teori maupun aplikasi pemakaian di lapangan sehingga tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah : a) Untuk mengetahui komposisi jerami padi yang terbaik pada papan serat berbasis jerami menggunakan PVAc dengan kualitas papan serat komersial bertaraf sedang (PSKS) sesuai dengan standar SNI.

5 Sistematika Penulisan . penulis mempelajari konsep dasar tentang jerami padi sebagai serat alam utama dan ampas tebu sebagai bahan tambahan dan mempelajari studi kasus mengenai komposit berbasis serat alam dari buku. Setelah itu kedua serat dikeringkan lalu dihancurkan menjadi serbuk dengan menggunakan mesin milling serat. Kedua kategori serat lalu dikarakterisasi dengan XRD dan SEM untuk mengetahui komposisi yang masih tinggal dan yang sudah berkurang dalam jerami padi dan ampas tebu. Pengambilan Data Sample Pada tahap pengambilan data. Jerami padi dan ampas tebu yang didapat diukur massa jenis nya. Dengan lima titik komposisi yang telah ditentukan untuk membuat papan partikel. Sample dibagi menjadi dua kategori yaitu serat dengan perlakuan kimia dan serat tanpa perlakuan kimia. skripsi. Dirgantara Indonesia.1. jerami padi yang dicampur dengan polivinil asetat dicetak lalu dilakukan uji tarik untuk mengetahui komposisi terbaik dari perpaduan antara jerami dan papan partikel. terakhir dilakukan karakterisasi SEM untuk mengetahui morfologi papan serat berbasis jerami dan ampas tebu tersebut. Studi pustaka Pada tahap studi pustaka. I. seberapa kuat sifat mekanis yang dihasilkan dan seberapa tahan sample terhadap uji ketahanan api Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kimia Industri Departemen Fisika Universitas Indonesia dan PT. Pengujian Sample Pada tahap pengujian sample dilakukan untuk mengetahui massa jenis papan serat. penulis menyiapkan alat dan bahan apa saja yang diperlukan agar dalam pengambilan data sampling berjalan lancar. Serat berkategori dengan perlakuan kimia lalu dilakukan perendaman dengan larutan alkali NaOH untuk mengurangi kandungan lignin dan hemiselulosa yang ada pada serat alam tersebut. paper dan diskusi dengan pembimbing. Diambil lima titik komposisi untuk tebu dan komposisi jerami terbaik lalu dicetak dan di uji sifat fisis dan mekanis nya.. 2. Dari komposisi terbaik tersebut peneliti kembali membuat papan partikel dengan menambahkan variable serat alam lain yaitu ampas tebu. 3.

lokasi dan prosedur penelitian. batasan masalah. karakteristik jerami padi.Sistematika penulisan dalam skripsi ini dilakukan dengan membagi tulisan menjadi lima bagian: BAB 1 PENDAHULUAN Menjelaskan latar belakang. diagram alur. BAB 3 METODOLOGI PENELTIAN Menjelaskan tentang bahan. dan sistematika penulisan. BAB 4 PEMBAHASAN Menjelaskan tentang hasil penelitian dan menganalisis hasil tersebut. ampas tebu dan polivinil asetat. tujuan penelitian. rumusan masalah. alat. BAB 5 KESIMPULAN Berisi tentang kesimpulan dari penelitian yang dilakukan. . BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA Berisi tinjauan pustaka yang menerangkan secara umum mengenai papan partikel yang menggunakan bahan serat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->