PENGENDALIAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN DENGAN METODE CRASH PROGRAM BAB IV PEKERJAAN ARSITEKTUR

PASAL 1 PEKERJAAN PASANGAN 1. Lingkup pekerjaan meliputi penyediaan bahan, pelaksanaan pekerjaan, perapiha n dan pekerjaan pasangan bata. 2. Persyaratan bahan Batu bata. : a. Batu bata yang akan digunakan harus baru, terbuat dari tanah yang baik s esuai dengan persyaratan persyaratan dalam SH 0285 84 dengan ukuran 24 x 10 x 4, 5 cm, berkualitas baik dan telah diperiksa/disetujui Direksi. b. Batu bata harus berkekuatan tekan /compressive strength sebesar 30 kg/cm 2, dan bisa menahan gaya horizontal/shear strength sebesar 1,7 kg/cm2. c. Batu bata harus matang, bila direndam air akan tetap utuh, tidak pecah a tau hancur¬ d. Batu bata yang pecah/retak tidak dibenarkan digunakan untuk dipasang, ke cuali untuk melengkapi, misalnya sudut. e. Sebelum dipasang batu bata. harus direndam air hingga jenuh air. f. Ukuran ukuran bata harus seragam dan dapat disesuaikan berdasarkan tebal dinding akhir yang disyaratkan dalam gambar kerja. Portland Cement a. Mutu/kwalitas harus sama dengan PC yang digunakan untuk konstruksl beton , tidak keras, tidak mengandung butiran dan tidak adanya gejala gejala membatu. b. Pemakaian semen di dalam satu adukan tidak dibenarkan lebih dari satu me rk. c. Untuk bahan bangunan ramuan adukan menggunakan semen (berdasarkan kwalit as yang ditetapkan dalam SKSNI 1991). d. Semen yang datang dl tempat pekerjaan/lapangan harus disimpan dalam guda ng yang lantainya kering dan minimum 30 cm lebih tinggi dari permukaan tanah sek itarnya. Pasir Pasang Pasir yang digunakan harus bersih, bebas dari segala macam kotoran, baik dari ba han organis dan alkalis maupun lumpur, tanah karang, garam./basa dan sebagainya sesuai dengan syarat syarat dalam PBI 1971. Jenis Adukan a. Adukan untuk pasangan kedap air adalah 1 bagian semen pc dan 2 bagian pa sir pasang (trasram) b. Adukan untuk pasangan dinding biasa (di atas trasram) adalah 1 bagian s emen pc dan 4 bagian pasir pasang.

atau dengan cara cara lain yang disetujui oleh Direksl. Batu bata 1 : 4. Daerah Plesteran Daerah plesteran antara lain pada bata trasram 1 : 2 . PASAL2 PEKERJAAN PLESTERAN 1. Air yang digunakan tersebut harus sesuai persyaratan yang sudah ditentuk an. Perlindungan Sesuai jam kerja.00 dan pada daerah yang disesuaikan dengan gambar. 15 cm. kolom praktis dan ringbalk dari beton dipasang untuk setiap luas dinding maksimun 6 m2 dan sesuai persyarat an pabrik pembuat batu bata atau yang disetujul Direksi. kolom be ton 1 : 3 diatas elevasi 0. Semen dan pasir (Iihat pasal 1) Air a. . Untuk dinding dinding yang sudah kering (berumur 6 jam keatas) ha rus disiram dengan air bersih setiap pagi. 2. tebal pasangan bata j adi max. setiap pemasangan tidak boleh lebih dari 1. Tebal plesteran harus berkisar setebal I s/d 2 cm. Rangka penguat berupa. Pelaksanaan Pasangan batu bata yang dilaksanakan harus rata. c. a. harus dit utup (dilindungi) dengan kertas semen. Semua siar permukaan dinding batu bata hendaknya dikerok sedalam kira ki ra 1 cm agar plesteran dapat lebih merata. Pada proses pemasangan dinding ba ta agar sudah diperhitungkan adanya fasilitas conduit/sparing yang harus tertana m didalam pasangan batu bata. Persyaratan bahan. atau sesuai dengan persyaratan. Sebelum dipasang batu bata haru s direndam dalam air/direndam terlebih dahuiu. 4. semen dan pasir harus dicampur dalam keadaan kering. tegak dan lajur penaikannya diu kur tepat dengan tiang lot. asam garam/basa dan bahan organis lainnya. 4. yan g kernudian diberi air sesuai persyaratan sampai didapat campuran yang baik. Air yang digunakan harus bersih dan bebas dari segala macam campuran ata u larutan minyak.00 m baru boleh dilanjutkan setelah betul betul mengeras. b. Adukan harus dibuat dengan menggunakan mesin pengaduk (molen) sesuai kap asitas yang dibutuhkan. Llngkup pekerjaan meliputi pekerjaan plesteran dan acian pada dinding ba ngunan (yang terdiri dari pasangan batu bata dan Beton). seluruh lajur pasangan batu bata yang belum selesai. Adukan vang sudah mongering/kering tidak boleh dicampur dengan adukan ya ng baru. 5. b. 3. Pelaksanaan Pekerjaan Plesteran.3. b. Sebelum pekerjaan plesteran dimulal terlebih dahulu permukaan pasangan b atu bata dan beton dibasahl atau disiram air terlebih dahulu. Pelaksanaan Pembuatan Adukan a. yang dinyatakan dalam g ambar.

maka semua contoh harus disertakan dan contoh extrusion tidak kurang dari 30 x 30 cm. Plesteran harus rata vertikal dan horizontal. 6. Bilamana Direksi mendapatkan bidang plesteran yang tidak memenuhi syarat misalnya tidak rata. Bagian bagian yang diperbalki harus dibobok secara teratur dan plesteran hasil perbalkan barus rata dengan sekitamya. d. . Contoh (Mock up) harus dengan ukuran 1 : 1. Contoh Kecuali ditentukan lain. Adukan Plesteran a.35 mm 4. t: Seluruh pekerjaan aluminium memiliki syarat syarat teknis sebagai beriku Kusen Aluminium warna hitam Ukuran profil 1. Sebelum Pemborong melanjutkan pekerjaan plesteran. a. Aluminium yang akan digunakan adalah produksi Super Bangunan Alcan. YKK atau setaraf produksi dalam negeri yang baik (sesual Sll extrusi 0695 82 dan SH jendela 0649 82). Dengan ketebalan seperti yang ditentukan untuk pr oyek tersebut. Anodizing terdiri. NIKK EI. tidak siku dan lain lain maka Pemborong harus. Setelah diplester selanjutnya permukaan plesteran tersebut diacl (semen dan air) hingga halus. b.5" x 3" Beban angin 100 kg/m2 Tebal profil minimal 1.5. dari Lapisan pertama anodic oxide film tebal 10 micron Lapisan kedua resin film tebal 12 micron 3. Ketebalan plesteran merupakan lapisan dengan permukaan kasar untuk menca pai bidang rata dan lebih teliti setelah itu baru pengacian. Perbaikan Bidang Plesteran. e. maka Pemborong diwaji bkan membuat contoh bidang plesteran. Semua jenis bahan plesteran harus diaduk sesuai persyaratan jenis campur an yang disetujul Direksi. Semua pekerjaan kusen pintu dan kusen jendela aluminium harus dikerjakan menurut instruksi pabrik/produsen dan standar standar antara lain: The Alumunium Association (AA) Architectural Aluminium Manufactures Association (AAMA) American Society for Testing Materials (ASTM) 2. b. Alloy 6063 T5/Billet yang digunakan harus aslinya (tid ak terbuat dari bahan scrap/sisa). memperbaiki pekerjaan tersebut. c. PASAL 3 PEKERJAAN KUSEN PINTU DAN JENDELA ALUMMIUM 1.

terhitung sejak selesainya masa perawatan Garansi bahan sebagai perlindungan kemungkinan terjadinya cacat pewarnaan akibat dari proses powder coating yang tidak sempurna dan lain lain. macam bentuk yang berada di bawah atap atau plat beton. atau laboratorium lain yang di setujul Direksi) Matenial Test (Test terhadap bahan. h. 7. sambungan sudut maupun s ilang. beban angin. pembuatan/penyetelan kosen alumunium har us dilakukan di pabrik secara masimal dan dilapangan tinggal pasang d. 6. Pekerjaan Pelaksanaan a. pemborong wajib melakukan pengetesan ulang hingga mencapai standar te st yang disyaratkan. Hubungan Dengan Material Lain Apabila aluminium berhubungan dengan besi. Peredam hawa panas. Sambungan sambungan vertical maupun horizontal. test koros. berat dan lain l ain) dilaksanakan di dalam negeri yang disetujui Direksi. Untuk mendapat ukuran yang tepat. dan garansi pemasangan selama 10 tahun. c. Untuk mendapat hasil yang baik. Kaca tidak boleh bergetar dan diberi tanda setelah terpasang. maka besi harus dilapis dengan zinc c hromate + bitumen. pemborong aluminium harus datang ke la pangan dan melakukan pengukuran c. 5 tahun. PASAL4 PEKERJAAN PLAFOND GYPSUM 1. b. Penutup segala. powder coating. Hasil test harus diserahkan secara lengkap kepada Direksi. Fixing accessoris seperti skrup assembling dan engsel engsel harus terbu at dari bahan bahan tahan karat. sedang garansi pe masangan sebagai perlindungan kemungkinan terjadinya kebocoran udara & air akiba t dari aplikasi yang tidak sempurna. rata dan bersih dari goresan serta c acat yang mempengaruhi permukaan aluminium f. Antara tembok/kolom/beton dan kusen aluminium harus diisi dengan sealen" yang elastis e. Pemasangan kaca pada kusen aluminium harus diisi karet gasket Semua detail pertemuan harus halus.5. b. Biaya pengetesan dan lain lain menjadi tanggungjawab pemborong. Pembatas ketinggian. Lingkup pekerjaan Yang dimaksud dengan pekerjaan plafond adalah sebuah pekerjaan di atas ruangan y ang berfungsi sebagal berikut a. Apabila hasil pengete san gagal. udara. kekedapan sua ra dan lain lain harus dilaksanakan di Australia. Pekerjaan pembuatan/penyetelan dan pemasangan kusen aluminium beserta ka ca harus dilaksanakan oleh pemborong alumunium yang ahli dalam bidangnya. . demikian juga pengkombinasian profil profil alumimum harus dipasang sempu rna g. 8. Garansi (Jaminan) Pemborong wajib memberikan garansi bahan selama. Pengetesan Pengetesan terdiri dari hal-hal sebagal berikut : Performance Test (Test terhadap kebocoran air.

7. cross tee. b. 5. bahan : : : : Lis pinggir : Finish : Kelembaban rangka : Gypsum Tile 9 mm Buatan dalam negeri merek Jayaboard atau yang setara Sesuai gambar dan ruangan Galvanized wired rod M5 drat + U clamp channel K4-TB. 2. Peralatan penunjang Perlu disiapkan alat untuk pelaksanaan pekerjaan plafon antara lain : a. 4. 2. c. 8. Bahan: 1. Benang. 9. wall trim 40 x 40 mm.C Main tee. 6.Pekerjaan ini meliputi pemasangan rangka penutup plafond dan penempatan lubang l ubang untuk titik lampu yang diperlukan. Alat Bantu steger. Jenis Bahan Ketebalan Mutu Bahan Pola Ukuran Penggantung Rangka : : Persyaratan. Waterpas. . rangka pembagi besi hollow 40 x 40 cm/ sesuai gambar LG 2020 meni Flat Joint Compound + textile tape Pelindung rangka dari bahan menie/cat Pengendalian seluruh pekerjaan ini harus memenuhi persyaratan pada NI 5 dan meme nuhi SII 0404/81. 3. 3.

Lingkup. langit langit harus rata.d.5 mm. Persyaratan Umum Sebelum pekerjaan finishing lantai dilakukan. Pekerjaan pemasangan keramik lantal 40/40 di pasang pada ruang kantor da nRuang Pantri. g. misal permukaan merupakan bidang m iring/tegak sesuai dengan yang ditunjukkan dalam gambar. 3. Syarat syarat pelaksanaan a. Pantry dan dinding wastafel. yang dilengkapi dengan mur dan klem. Jarak pemasangan antara unit unit penutup langit langit harus presisi da n tidak kelihatan atau sesuai yang ditunjukkan dalam gambar. Selanjutnya pasangan tulangan pembagi. e. keramik lantal 30/30 di pasang pada lantai selasar. d. 4. 5. Seluruh pertemuan antara permukaan langit langit dan dinding dipasang li st profil dari gypsum dengan bentuk dan ukuran sesuai gambar. PASAL5 PEKERJAAN KERAMIK LANTAI 1. keramik lanta i 20/20 dipasang pada lantai KM/WC dan lapis meja pantry. dinding atau rangka baja yang ada. Tentukan peil plafond pada dinding atau lisplank. harus dikerj . penggantung penggantung terikat kuat pada beton. Waterpaskan ketingglan tersebut pada seluruh batas pasangan plafond. d. Rangka langit langit dipasang setelah sisi bagian bawah diratakan. Tentukan arah tulangan pokok dan pasang tulangan pokok tiap 120 cm denga n rangka hollow e. g. Hasil pemasangan penutup. c. f. Gypsum yang sudah terpasang di compon dan dicat. c. keramik 20/25 di pasan g pada dinding KM/WC. penyediaan bahan. Rangka plafond yang sudah siap ditutup. 2. kecuali bila dinyatakan lain. Pemborong wajib mengadakan pengece kan kembali peil lantal dan kemiringannya disesuaikan dengan gambar krja dan per syaratan teknis yang sudah ditentukan. Pelaksanaan Pekerjaan Pemasangan. persia pan pemasangan. f. a. a. digantung dengan root atau hollo w dalam kondisl lurus dan waterpas. b. dan Plin t keramik 10/30 dipasang pada dinding sesual ukuran keramik lantai. yang terbuat dari rangka hollow d engan jarak tiap 60 cm. Bahan penutup langit langit adalah gypsum dengan mutu bahan seperti yang telah dipersyaratkan dengan pola pemasangan sesuai dengan yang ditunjukkan dala m gambar. pemas angan sesuai dengan pola yang ditunjukkan/disebutkan dalam gambar dengan memperl ihatkan modul pemasangan penutup langit langit yang dipasangnya. pembersihan lantai yang akan dikerjakan dan pelaksanaan pemasang an. b. Cara pelaksanaan Pada umumnya pemasangan plafond akan berhenti pada batas tertentu yang berupa di nding atau lisplank. Meteran. tidak cembung. kaku dan kuat. Pasang rangka plafond pada dinding atau lisplank dengan menggunakan baut . tidak melendut. pekerjaan meliputi semua tenaga kerja. Rangka langit langit hollow dengan penggantung galvanized wire rod diame ter 4. Bidang pemasangan bagian rangka langit langit harus rata. plint keramik 10/40.

serta didapatkan Nat Nat yang lurus dan tegak lurus. Khusus sebelum dipasang finishing lantai harus difloor terlebih dahulu d engan adukan 1 : 3 : 5 tebal 5 cm. Garis garis siar harus lurus dan saling tegak lurus. Hasil akhIr yang dapat diterima: a. Selesai pemasangan ruangan harus bebas dari beban berat serta kegiatan l ain. k. Didalam pemasangan harus menggunakan rentangan benang yang diukur dengan water pass dan dipindahkan pada setiap keramik. Pola pemasangan keramik bila tidak jelas terdapat pada gambar keria haru sditanyakan kepada Direksi untuk mendapat penjelasan. maka pelaksanaan pekerjaan ini harus segera dilaporkan kepada Direksi untuk dicarikan jalan keluarnya. jarak dinding as ke as. PASAL 6 PEKERJAAN KERAMIK DINDING Sebelum memulai pekerjaan keramik. f. c. a. Peil lantai yang diinginkan harus diperiksa betul betul bila terdapat ha l hal yang berbeda dengan rencana yang disetujui. 4. b. risalah lelang (aanwijzing). Direksi berhak untuk menolak bidang keramik yang telah terpasang apabila tidak memenuhi persyaratan di atas dan resiko penolakan adalah menjadi tanggung jawab Pemborong.akan secara presisi. rata. pelaksanaan harus lebih dahulu memahami bahwa semua kegiatan yang bersangkut paut dengan pekedaan keramik ini harus didasarka n pada : spesifikasi. Mempelajari Spesifikasi/Risalah Lelang Melengkapi sketsa di atas dengan data dari spesifikasi risalah lelang mengenai : . tebal finish dinding. dan mempunyai permukaan yang tidak berge lombang. Nat antara keramik dibuat sekecil mungkin dan diisi dengan semen berwarn a sama dengan dasar keramik yang dipakai. Pekerjaan finishing lantai baru dapat dimulai setelah seluruh pekerjaan g. Sedapat mungkin pemotongan dihindarkan jangan terjadi potongan lebih kec il dari setengah ukuran. b. i. e. d. b. PERSIAPAN Mempelajari Gambar Yang pertama tama dilakukan untuk secara cepat dapat memahaml gambar adalah deng an membuat sketsa denah bangunan keseluruhan dengan skala 1:100 yang menggambark an : posisl dinding yang akan dilapisi keramik. sesual dengan contoh yang sudah dise tujui Direksi. serta instruksi direksi harian. gamba r kerja (shop drawinng). Lantai keramik yang dipasang harus. l. Tidak diharusk an untuk membasahi lantai dengan air secara terus menerus selama satu minggu dan lantai ditutup dengan lembaran plastik untuk mendapatkan hasil yang sempurna. letak kuse n pintu/jendela. d. rapih. kecuali tercantum dalam gambar Potongan dilakukan tanpa bergerigi. Pemasangan keramik wajib memperhatikan nilai estetikanya. j. Keramik sebelum dipasang harus direndam dalam air hingga tidak muncul ge lembung gelembung udara kemudian ditiriskan sampai tidak ada lagi air yang menet es. m. plafond dan dinding selesai dikerjakan. h. 1. gambar bestek yang dicap untu k pelaksanaan yang sebelumnya sudah diperbandingkan dengan gambar kontrak. kuat. Pelaksanaan pemasangan keramik dilaksanakan dengan adukan I ps : 5psr. c. letak sparing spaning. Permukaan lantai harus rata dan tidak bergelombang.

cacat). alas penampung aduk an yang jatuh. ayakan pasir. penerangan kerja. Persiapan Pelaksanaan Langkah terakhir sebelum betul betul memulal pekerjaan plesteran adalah : penyor tiran bahan (menurut wama. fire/alat alatnya. waterpas. volume keramik. kapasitas dan mandays. alat pengaman. benang. serta jenis pengisi Nat. pahat. pembebasan lokasi. Membuat Perhitungan Berdasarkan gambar dan spesifikasi dihitung keperluan bahan. Mandays tukang pasang dihitung dengan rumus : mandays = volume Pasangan/kapasita s. plafond dengan pasangan keramik dinding. buatlah gambar pelengkap pelaks anaan yang menggambarkan: Denah ruangan Bukaan dinding ruangan lengkap dengan potongan potongan yang menunjukkan letak f inish dinding. 2. Jumlah kenek (untuk pasang dan aduk) di hitung berdasarkan kelompok tukang pasang. e. dan baban perekatnya (semen dan pasir. kampak. Tuliskan volume. Dijelaskan juga mengenai pola keramik. d. Dari pembuatan shop drawing didapat pola pemasang keramik. hubungan. ukuran. seleksi tukang. Jumlah tukang pasang dihitung berdasarkan mandays dibagi jumlah hari yang dir encanakan untuk menyelesaikan pekerjaan. jenis/dosis additiv e. lap/pel/majun/spon. tentukan durasi.ukuran dan wama keramik Spesifikasi bahan perekat. hitung jumlah k eperluan tenaga tukang per hari. Keperluan alat. sound system. securi ty system. bak aduk. Keperluan bahan. siku siku. drum air. menyediakan p enampung spesi yang jatuh. posisi kusen pintu/je ndela. lantai dengan dinding. serta volume bahan pengisi nat. dihitung berdasarkan kapasitas tukang pasang yang kita tentuka n dari pengalaman proyek proyek terdahulu yang sejenis. volume additive. f. unti ng unting. campuran. jidar. Tarik benang untuk ja . PELAKSANAAN Kerjakan plesteran kasar sesuai pedoman pelaksanaan. Membuat Bagian Kerjaa (schedule) harian Supaya pelaksanaan pekedaan tiap hari terarah dan dapat dimonitor hasilnya. Membuat Gambar Pelengkap Pelaksanaan Untuk mempermudah pelaksanaan di lapangan nanti. sparing. air keria. setebal batas garis finish dikurangi tebal keramik dan adukan perekatnya. bila berupa adukan semen dan pasir). meteran. Dengan analisa dipe roleh. hoist. dihitung berdasarkan luas pasangan keramik. dolak. kemudian tentukan waktu mulai dan waktu selesai . sekop/cangkul. gerobag. jenis. menyediakan bak sampah dan a lat pembersih. kape. lebar nat. dan tebal spesi. ember. steger/tangga ke rja. c. pisau potong keramik. perl u dibuat bagan kerja harian yang merupakan sasaran (target) yang akan dicapal pe r hari. molen kecil. Keperluan tenaga. kesiapan alat¬-alat kerja. pe meriksaan kebenaran sipatan yang ada. sedangkan jumlah kenek angkut berdasa rkan jarak dan kelompok tukang pasang. palu.Spesifikasi keramik jenis. Ad apun alat alat yang diperlukan antara lain. dihitung berdasarkan pengalaman dari proyek proyek terdahulu. pipa listrik/alat¬alatnya. posisi kaca muka. tenaga dan alat yan g akan diperlukan. sla ng plastik.

dari pekerjaan mek anikal plumbing 2. peralatan dan bahan bahan yang digunakan dan be rhubungan untuk pekerjaan sanitasi sesuai dengan gambar kerja dan RKS a. PASAL 7 PEKERJAAN PERLENGKAPAN SANITASI 1. Untuk bidang luar. stop kran dan perlengkapan sanitasi fixtur e lainnya. Bahan bahan a. pemasangan. sepanjang kurang lebih dari 1 m pada jalur keramik yang akan dipasang. Setelah pasangan keramik berumur tiga hari atau sesuai spek. Perlengkapan sanitasi diantaranya sebagai berikut : Floor drain pembuangan Clean out Cermin Fixtures TOTO closed 3. Lingkup Pekerjaan Meliputi semua pekerja. PEMANTAUAN (MONITORING) Catat hasil kerja dan jumlah tenaga. Sanitasi fixture harus. Pada saat pekerjaan plesteran dilaksanakan. Khusus untuk fitting fitting. pemasangan kepala arah vertikal horisontal disesuaikan dengan bata s masing masing lantai atau sesuai spek. Pemasangan keramik tiap tiap lapis agar mengikuti benang pertolongan dari kepala . Pasang jalur kepala keramik ke arah horizontal maupun vertikal dengan jarak maks imum 2 m atau kelipatan ukuran keramik mengikuti benang¬ benang pertolongan. dan arah horizontal 2 jalur se tinggi keramik yang merupakan tempat dimulainya pemasangan keramik berdasarkan p ola.lur kepala arah vertikal 2 jalur selebar keramik. Pengerokan nat sedalam tebal keramik dan bidang keramik langsung dibersihkan. pemborong harus memberikan contoh sesuai yang ditentukan dalam RKS un tuk disetujui Pemilik Proyek / pengawas b. Semua pemasangan dilakukan dengan terlebih dahulu melekatkan spesi penempel (5 8 mm). stop kran dan perlen gkapannya b. k emudian keramik satu persatu dilekatkan dengan menumbuk sehingga permukaan keram ik menjadi rata dengan tarikan benang. : SAN El dari bahan stainless steel dengan lobang yang garis tengahnya 10 cm : dari bahan stainless steel : tebal 5 mm (ukuran disesualkan gambar) : diethelm stainless steeI bowl jongkok/duduk warna putih Pekerjaan Persiapan a. kerja setiap hari. Hasil yang te lah disetujul harus dipakai sebagai pedoman untuk pelaksanaan selanjutnya 3. kernudian dievaluasi unt uk perencanaan hari berikutnya sesuai dengan formulir standar. licin dan mengkilap dari bahan keramik c. Pembersihan tempat kerja dilakukan setiap hari. Pernborong wajib memeriksa tempat tempat yang akan dipasang perlengkapan . dilaksanakan pengisian nat dengan pasta semen atau sesuai spek dan langsung dibe rsihkan. dibuat contoh cara p elaksanaan pada bidang tertentu dengan mengikuti prosedur di atas. pemborong harus menentukan l etak kelos kelos kayu untuk pemasangan kloset jongkok/duduk b. dilengkapi fitting fitting. Pekerjaan perlengkapan sanitasi tidak dapat terlepas. Barang yang dipakal adalah dari produksi TOTO atau setara dan mempunyai permukaan yang halus. Sebelum pelaksanaan plesteran secara serentak dilaksanakan.

memeriksa instalas i air yang akan dihubungkan dengan perlengkapan saniitasi. 2. Biaya pengujian. baut baut dan ungkitnya harus dari kuningan. untuk menda pat persetujuan dari Direksi. Pengerjaan Pengerjaan harus bertaraf kelas satu Semua bahan yang akan tampak bila memakai l as. harus s ama dalam finish dan wama dengan bahan yang diikatnya. Perlengkapan sanitasi yang ditanam kelantai harus dengan cara yang baik sambungan¬-sambungannya kokoh b. Lingkup Pekerjaan Meliputl semua pekerjaan. Semu a pengikat pengikat lain seperti clip keeling dan lain lain yang tampak. Bahan bahan a. Selesai pemasangan. Pemasangan perlengkapan sanitasi harus rapih.sanitasi dan memasang kelos kelos kayu yang belum terpasang. tidak miring d. perlengkapan sanitasi wajib dilaksanakan final test dan disaksikan pengawas/Manager Konstruksi e. peralatan dan bahan yang diperlukan untuk pekerjaan ku nci dan alat penggantung lengkap dengan accessoriesnya seperti tercanturn di dal am gambar. 4. Tiap kuncl harus mempunyai 3 anak kunci yang berselaput nikel dijadikan satu dengan ring dari kawat baja. harus diratakan dan. Pengendalian Pekerjaan Seluruh pekerjaan ini harus mengikuti dan sesuai dengan standar sebagai berikut : NI 3 1970 SH 0161 77 SIl 0193 78 BS 1387 Steel tubes 3. . 4. pemasangan bahan dan logam logam arsitek tur seperti yang dijelaskan dalam gambar dan atas petunjuk Direksi 2. PASAL 9 PEKERJAAN PENGGANTUNG DAN PENGUNCI 1. Lingkup Pekerjaan Pada bagian ini meliputi pengadaan dan.Lubang lubang untuk baut d an sekrup harus dibor atau dipuch. Sambungan harus dilaksanakan dengan baik tanpa kebocoran c. pemeriksaan dan kerusakan material adalah tanggung jawa b pemborong PASAL 8 PEKERJAAN LOGAM ARSITEKTUR 1. Pekerjaan Pelaksanaan a. difinish sehingga sama dengan permukaan sekitamya. Bahan bahan Pemborong harus menyerahkan contoh contoh bahan yang akan digunakan. Kunci 2 (dua) slag harus berkotak baja dengan finish akan ditentukan kem udian.

Type type kunci harus sesual dengan fungsi ruangannya c. Jenis Kunci Non master key system dipasang pada seluruh pintu. Lingkup pekerjaan Pengecatan dinding dilakukan. pada bagian luar dan dalam serta pada seluruh deta il yang disebutkan/ ditunjukkan dalam gambar. 2. jangan memukul se krup. engsel harus dilindungi dan dibungkus plastik atau tempat a slinya setelah dicoba. 3. Semua kunci tanam harus terpasang dengan kuat pada rangka daun pintu dip asang setinggi 90 cm dari lantal atau sesuai gambar. Sekrup sekrup harus cocok dengan barang yang dipasang. cara. jumlah engs el yang dipasang harus diperhitungkan menurut beban berat daun pintu. Pemborong bertanggung jawab. dicapai permukaan yang me¬rata & sama tebal b.b. semua lapis sehingga. Tiap engse l memikul beban maksimum 20 kg. b. Cat dinding luar/ exterior Vinilex : Primer Undercoat Cat akhir exterior : 1 lapis Vinilex Primer. Pelaksanaan a. in¬terval 2 jam. Normal key dipakai Sierra 4. Sifat sifat umum Tahan terhadap pengaruh cuaca Tahan terhadap gesekan dan mudah diberslhkan Mengurangi Pori Pori dan tembus uap air Tidak berbau Daya tutup tinggi c. pengokohan hanya diputar sampai ujung. sedangk an engsel ketiga dipasang di tengah tengah d. Sekrup yang rusak waktu dipas ang harus dicabut kembali dan diganti c. Pemasangan dilakukan setelah bangunan selesai dicat. Engsel untuk pintu kayu dipasang 30 cm dari tepi atas dan bawah. babwa warna dan bahan cat adalah tidak palsu dan sesual deng . Bahan bahan a. A 931 1050 interval 2 jam¬ : 1 lapis Acrylic Wall Filler A 931-49001 interval 2 jam : 2 lapis Vinilex A 918 setebal 2x30 micron. Cat yang digunakan berada. tidak pecah atau bocor dan mendapat persetujuan Pemilik Proye k atau Manager Konstruksi. dalam kaleng yang masih disegel dalam kemasan 5 kg: atau 25 kg. Engsel dipasang sekurang kurangnya 3 buah untuk setiap daun pintu dengan menggunakan sekrup kembang dengan warna yang sama dengan engselnya. PASAL 10 PEKERJAAN PENGECATAN 1. Pengiriman cat harus disertakan sertifikat dan agen/d istributor yang menyatakan bahwa cat yang dikirim dijamin keasliannya. Semua bahan cat yang digunakan adalah : Produk Lokal Merek Vinilex atau setara. semua kuncl.

d. bersihkan dari debu dan koto ran lainnya. Pemborong menyiapkan bahan dan bidang pengecatan untuk dijadikan contoh. Selanjutnya diadakan persiapan sebagai berikut Dinding atau bagian yang akan dicat telah selesai dan disetujui oleh Man ager Konstruksi Bagian yang retak retak. atas bi aya pemborong. f. diberi plamur lagi dan diamplas ha lus setelah kering Pengecatan logam dan baja ? Bersihkan debu. gemuk dan kotoran lainnya dengan white spirit at au solvent ? Untuk baja galvanise. minyak. e. Pencampuran wama atau pemesanan dan pembuatan warna khusus harus disiapkan dari pabrik dan memiliki sertifikat laboratorium untuk pembuatan dan p encampurannya. pemborong mengaj ukan daftar bahan pengecatan kepada Manager Konstruksi. pekerjaan langit langit dan lantai te lah selesai dikerjakan. terdapat urutan urutan yang tepat mulai dari pekerjaan dasar sampai dengan pengecatan akhir. Semua pekerjaan pengecatan harus menglkuti petunjuk dari pabrik pembuat cat ters ebut. sete lah permukaan tembok kering maka persiapan dilakukan dengan membersihkan permuka an tembok tersebut terhadap pengkristalan/pengapuran (efflorescene) yang biasany a terdapat pada tembok baru. Warna Selambat lambatnya 2 (dua) mInggu sebelum pekerjaan pengecatan. amplas dengan kertas amplas ukuran 360 sebelum dip rimer ? Oleskan 1 (satu) lapis Metal Primer Chromate A540 49020 produksi Vinile x atau setaraf ? Setelah primer kering (kurang lebih 6 jam). Pekerjaan Pengecatan Pengecatan tembok luar atau tembok dalam ? Tembok yang akan dicat harus mempunyal cukup waktu untuk mengering.an RKS. pecah atau kotoran kotoran yang menempel dibers ihkan Menunggu keringnya dinding atau baglan yang akan dicat karena masih basa h dan lembab Menyiapkan dan mengadakan pengecatan untuk contoh warna Pemborong harus mengatur waktu sedemikian rupa sehingga. dengan amplas kemudian dengan lap sampai benar bena r bersih. kemudian dimulal dengan cat dasar A543 101 produksi Vinilex atau s . ? Selanjutnya dilapis tipis dengan plamur ? Pada bagian bagian dimana banyak reaksi dengan alkali dan rembesan air h arus diberi lapisan wall sealer ? Setelah kering permukaan tersebut diamplas lagi sampai halus ? Kemudlan dicat dengan lapisan pertama ? Bagian bagian yang masih kurang baik. Pekerjaan Persiapan Sebelum pekerjaan pengecatan dilaksanakan.

te rdapat retak. Hindari celah hubungan ke samping. ASTM 828. teruskan dengan cat akhir A 365 produksl Vinilex atau setaraf ? Bahan bahan logam yang tertanam di dalam pasangan atau beton tidak diiji nkan untuk dimeni. motif dan warna disetujui dir eksi. Cara pelaksanaan Genteng harus terletak pada pasangan reng yang lurus dan waterpas. Genteng harus memiliki ukuran yang sama. Jenis genteng adalah genteng keramik Mutu. serta bagian bagi an yang dinyatakan dalam gambar. lantal KM. peralatan dan hal lain seperti transportasi yan g diperlukan untuk mendapatkan hasil yang baik. steger dan benang. Kemudian permukaan kayu yang telah diplamur dir atakan ? Permukaan kayu yang kecII harus diberi 2 lapisan plamur yang tIpIs ? Pekerjaan pengecatan dengan kwas untuk bidang kecil dan semprot untuk bi dang luas ? Hasil pengecatan harus mulus. b. ATME. tenaga keria. Lingkup pekerjaan Termasuk material. tidak menggelembung atau cacat cacat lainn ya PASAL I I PEKERJAAN PENUTUP ATAP GENTENG 1. c. celah atau lobang. 3. a.etaraf ? Setelah cat dasar kering (kurang lebih 6 jam). Presisi rapat hubungannya satu sama lain tidak melintir ke berbagal arah . 4. Lingkup pekerjaan Pekerjaan yang dimaksud meliputi dak beton. c. 2. Peralatan penunjang Alat Bantu. Pengecatan kayu ? Semua permukaan kayu yang berhubungan dengan plesteran diberi dasar meni ? Permukaan kayu yang akan dicat harus diamplas kemudian diplamur bila. 2. b. PASAL 12 PEKERJAAN WATERPROOFING 1. permukaannya licin u ntuk memperlancar mengalirnya air. Pasangan genteng harus lurus dengan kontrol dan tarik benang. ke atas dan ke bawah. TAPP 1 083 dan 407. . Persyaratan bahan a. Persyaratan bahan Bahan harus sesuai dengan standar yang ditentukan seperti NJ 3. kedap air.

b. Kontraktor harus melindungi dan melokalisir daerah yang sudah terpasang waterproofing ini. waterproofing harus dipasang mengikuti bentuk listp lank. Untuk cuaca buruk (hujan tidak termasuk dalam perhitungan wak tu pengeringan screed). debu serta tonjolan tonjolan tajam yang permanen dari t umpahan atau cipratan aduk dan dalam kondisi kering (baik dalam arti kata kering leveling screed maupun kering permukaan). arah kemiringannya (Arah kemiringan menuju ke lubang lubang t alang dan floordrain sebesar 1 derajat) Khusus lapisan screed pada bagian atap dan talang beton harus menggunakan tulang an susut finemesh yang terpasang di tengah ketebalan screed dan dipasang harus d idatarkan terlebih dahulu sehingga tidak melengkung. K edap air dan uap termasuk pada bagian yang overlap. Setelah lapisan screed kering. tinggi. Dalam kondisi setengah kering. Waterproofing yang sudah dipasang tidak boleh terinjak injak apalagi oleh sepatu . screed baru ini harus dilindungi dari kemungkinan pecah pecah rambut dengan jalan menutupi permukaan atasnya dengan go ni goni rami yang sudah dibasahi air terlebih dahulu dan dijaga kondisi basahnya . Dalam leveling screed digunakan campuran kedap air I PC:3PSR dibentuk menggunaka n benang waterpas. atau alas kaki yang tajam. Dan lebar 70 cm. Di atas sepanjang delatasi. Perlindungan terhadap waterp roofing menggunakan screed (perbandingan I PC:3 PSR). Persyaratan Pelaksanaan Persiapan Permukaan Permukaan plat beton yang akan diberi lapisan waterproofing harus benar benar be rsih. yait u menutup sepanjang sudut tersebut dengan aduk kedap air I PC:3 PSR atau seperti tercantum dalam gambar kerja. ditekan dengan roller s ecara menerus sehingga tidak terdapat gelembung udara. 3. kimiawi dan kepadatan yang merata serta konstan. Memiliki karakteristik fisik. Screed dipasang mengikuti pola pola yang sudah tertentu dan diratakan permukaann ya (dihaluskan) dengan menggunakan roskam. tidak boleh diaci. Pada daerah listplank beton. Pemasangan langsung dari gulungan dengan seksama merata. Setelah kering udara kurang lebih 24 jam. harus dilindungi dari sengatan matahari dengan me nggunakan tenda tenda. Roller mempunyal berat ki ra kira 35 kg. Pelaksanaan waterproofing ini. a. Kontraktor harus menghentikan pekerjaan apabila teriadi huian dan melanjutkan ke mball setelah lokasi benar benar kering. screed tadi langsung ditaburi semen sambil digoso k lagi dengan roskam besi sehingga merata. . Lapisan Waterproofing Lapisan Waterproofing harus dipasang mulai dari titik terendah ke arah titik ter Overlap antara lapisan minimum 65 mm dan/ atau sesuai spesifikasi pabrik.Jenis bahan yang digunakan Bituthene Sheet 2000 untuk talang plat atap dan plat atap. Semua pertemuan 90 derajat atau sudut yang lebih tajam harus dibuat tumpul. digosok sedemikian rupa dengan roskam tadi sehingga gelembung gelembung udara yang terperangkap di dalam adukan scree d dapat keluar. bebas dari minyak. pelapisan waterproof ing dua kali. Waktu yang diperlukan untuk keringnya screed ini minimal tujuh (7) hari dalam ko ndisi cuaca cerah.

Pembatas ruangan. Untuk plat atap yang m iring harus. c. Pekerjaan ini. Setelah semua pemasang lapisan waterproofing dan sebelum pelaksanaan lapisan pel indung. Biaya yang timbul untuk pekerjaan pe rbaikan ini adalah tanggung jawab kontraktor. kemungkinan pergeseran. bocor. Pola ukuran : Gypsum Board :12 mm. terhadap. dan permukaan harus kering betul. Untuk mengatur jarak/ tebal screed.5 in. maka. Beri tanda bagian bagian yang tidak sempurna atau.c. Perbaikan Lapisan Waterproofing Baglan darl lapisan waterproofing di atas kebocoran disobek secukupnya. Permukaan screed ini dihaluskan dengan roskam pada saat kondisi screed setengah kening dengan jalan menaburkan semen dan menggosongkan sehingga licin. dibagi menjadi beberapa segmen agar genangan air tidak terlalu ting gi di titik plat terendah. Mutu bahan 4. setiap jarak 0. : Buatan dalam negeri merek Jayaboard atau yang setara : Sesuai gambar Persyaratan bahan . 2. harus menggunakan beton decking setebal 1. lecet permukaan atau kerusakan lainnya. kontraktor melaksanakan. Ketebalan 3. Lapisan Pelindung Setelah waterproofing terpasang. Cara pengujian adalah dengan menuangkan air ke area yang ter tutup lapisan waterproofing hingga ketinggian air minimum 50 mm dan dibiarkan se lama 3 x 24 jam. di atas permukaan diberi pelindung screed (perbandingan I PC:3 PSR). Bahan: 1. meliputi pemasangan rangka penutup dinding sebagal sekat antar ruangan kerja. Lekatnya potongan lapisan waterproofing baru. d. Pekerjaan ini dilaksanakan setelah pengujian. maka kontraktor harus memperbaiki/ mengganti bagian yang rusak tersebut sam pai dinyatakan dapat diterima oleh Direksi. setebal 3 cm dengan menggunakan tulangan susut finem esh yang terletak di tengah tengah adukan screed. Lingkup pekerjaan Yang dimaksud dengan pekerjaan partisi adalah pekerjaan di dalam ruangan yang be rfungsi sebagai benikut : a. Peredam suara. pengujian kebocoran terutama untuk permukaan ho rizontal plat atap.5 cm. Jenis bahan 2. Kontraktor wajib mengadakan pengamanan dan pelindung terhadap pemasangan yang te lah dilakukan. Apabila terdapat kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian kontraktor baik pada w aktu pekerjaan ini dilakukan/ dilaksanakan maupun pada saat pekerjaan telah sele sai. PASAL 13 PEKERJAAN PARTISI 1. sejauh minimal 150 mm ke segala arah dihit ung dari celah/ sobekan. b Penutup ruangan.

e. Waterpas. 5. Rangka dinding partisl besi hollow 40x 40 mm yang dilengkapi dengan skru p. d. yang terbuat dari besi hollow denga n jarak sesual grid pada gambar rencana. Peralatan penunjang Perlu disiapkan alat untuk pelaksanaan pekerjaan plafon antara lain : a. Rangka partisl yang sudah slap ditutup dengan gypsum board. Seluruh pertemuan antara permukaan partisi dan dinding dipasang list pro fil dari gypsum dengan bentuk dan ukuran sesuai gambar. b. Bahan penutup partisi adalah gypsum dengan mutu bahan seperti yang telah dipersyaratkan dengan pola pemasangan sesuai yang ditunjukkan dalam gambar jara k pemasangan antara unit unit penutup langit langit harus presisi dan tidak keli hatan atau sesual yang ditunjukkan dalam gambar. c. NI 5 dan me menuhi SII 0404/81. pekeriaan ini harus memenuhi persyaratan pada. c. atau rangka lain. f. skrup rivet. Selanjutnya pasang tulangan pembagi. kecuall bila dinyatakan lain. tidak melendut. gypsum. klem. tidak cembung. d. kaku dan kuat.5. c. Tentukan arah tulangan pokok dan pasang tulangan pokok sesuai grid rangk a dengan besi hollow. Dinding partisi gypsum yang sudah rata dan kokoh. Pasang rangka dinding sesuai dengan yang dibutuhkan. b. 4. Hasil pemasangan penutup partisi harus rata. d. Pemasangan sesual dengan pola yang ditunjukkan/ disebutkan dalam gambar dengan memperlihatkan modul pemasangan. Kelembaban rangka : Besi Hollow 40x40 mm. di cat. Meteran. f. Syarat syarat pelaksanaan a. Bidang pemasangan bagian rangka partisi harus rata. a. Rangka 6. rangka pembagi besi hollow 40x40 mm atau sesuai gambar : Pelindung rangka dari bahan menie/cat Pengendalian seluruh. Alat Bantu steger. . Gypsum yang sudah terpasang di compon supaya mendapatkan permukaan yang rata¬ h. 3. Tentukan modul dan tinggi partisi. wama yang dis etujui oleh direksi. Cara pelaksanaan Pada umumnya pemasangan dinding partisti akan berhentl pada batas tertentu yang berupa dinding. misal permukaan merupakan bidang miring/ tegak sesual yang ditunjukkan dalam gambar. e. b. Waterpaskan ketegakan partisi tersebut pada pasangan dinding. g. Benang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful