S1 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember

Indikator Belajar
Dapat menjelaskan pengertian persepsi  Dapat menjelaskan proses persepsi  Dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi  Dapat menjelaskan pengertian motivasi  Dapat menjelaskan proses-proses motivasi  Dapat menjelaskan keterkaitan persepsi dan motivasi dalam komunikasi efektif

PERSEPSI Merupakan proses mental yang mengatur dan menterjemahkan berbagai stimulus inderawi menjadi suatu pola yang bermakna  Pemaknaan terhadap objek-objek atau rangsang lingkungan dan dari dalam diri sendiri  .

Proses Persepsi STIMULUS SENSASI INDERAWI Penglihatan Pendengaran Taktil Pengecapan Pembauan Proprioseptif STIMULUS ATENSI SELEKTIF PERSEPSI STIMULUS STIMULUS .

ukuran. gerakan)  Minat.Persepsi sebagai Proses Kognitif  Atensi selektif tergantung pada:  Karakteristik stimulus (intensitas. kebutuhan dan kebiasaan pengamat  Ketertarikan pada hal-hal yang dikenal vs yang baru dan asing  Persepsi berlangsung di otak  Merupakan proses pengujian hipotesis dan konstruksi pengetahuan yang aktif  Menggunakan skema kognitif dengan proses asimilasi-akomodasi . kontras.

kepercayaan. kebutuhan. harapan  Faktor objek Karakteristik objek dan lingkungan perseptual .Faktor-faktor Persepsi  Faktor  Faktor penginderaan: personal: Kondisi organ indera dan sistem syaraf  Stimulasi selama periode kritis  Pengaruh psikologis dan budaya: pengetahuan. pengalaman. emosi. ingatan.

.

.

baik verbal maupun non-verbal. yang dimaknai secara tertentu oleh penerima pesan  Komunikasi efektif terjadi jika penyampai dan penerima pesan memiliki persepsi yang sama mengenai isi dan maksud pesan. serta penerima merespon secara tepat  .Peran Persepsi dalam Komunikasi Komunikasi adalah kegiatan menyampaikan pesan.

kepentingan. budaya. dll . sehingga dapat terjadi kesalahpahaman dalam komunikasi  Kesalahan persepsi dapat terjadi terkait dengan :  Penyampaian pesan yang kurang jelas atau kurang lengkap sehingga ambigu (mendua arti)  Bias prasangka antara penyampai dan penerima  Perbedaan pemaknaan bahasa karena tingkat pendidikan. kebiasaan.Kesalahan Persepsi yang Menghambat Komunikasi Efektif  Persepsi tiap individu terhadap isi dan maksud pesan dapat berbeda satu sama lain.

2007. Carole & Carol Tavris. Psikologi edisi ke-9 jilid 1 dan 2. Widyasinta dan Darma Juwono. 2007. Jakarta: Penerbit Erlangga  Baron & Byrne.Diolah dari Sumber Pustaka Wade. Penerbit Erlangga  . Diterjemahkan oleh B. Psikologi Sosial Jilid 1 dan 2.

tingkah laku yang ditimbulkan dan tujuan / akhir gerakan  Penyebab / alasan sso melakukan sesuatu .MOTIVASI  suatu proses yang menyebabkan sso bergerak menuju suatu tujuan  proses gerakan. termasuk situasi yang mendorong.

SUMBER MOTIVASI Kebutuhan (needs) kondisi kekurangan sesuatu yang menuntut pemenuhan segera  Motif energi dasar yang terdapat dalam diri individu dan menentukan tujuan serta arah perilaku  Drive energi dasar yang bersumber dari kebutuhan fisik  .

sebagai dasar bagi kelangsungan hidup  Hasil belajar  Macam kebutuhan dan motif  Menurut Abu Ahmadi Motif biogenetis (kelangsungan hidup). harga diri. aktualisasi diri) . sosiogenetis (budaya). teogenetis (spiritual)  Menurut Abraham Maslow ○ Deficit motives (pemenuhan kebutuhan fisiologis dan rasa aman). metaneeds (pemenuhan kebutuhan sosial.Kebutuhan dan Motif  Asal kebutuhan dan motif  Alami.

Proses-proses Motivasi  Model Kebutuhan-Tujuan kebutuhan ditransformasikan ke dalam energi untuk berperilaku yang bertujuan memenuhi kebutuhan Misal: Kebutuhan --Lapar Perilaku Pendukung --Mengambil uang di ATM Pergi ke warung Memesan makanan Perilaku Tujuan --Makan .

Harapan / kesempatan memperoleh hasl yang diharapkan . Nilai dari hasil yang diperoleh ketika menjalankan suatu perilaku 2. yakni: 1. Model Harapan (expectancy-value model of motivation) Motivasi sso tergantung pada 2 hal.

Tingkat pemuasan kebutuhan akan lebih tinggi jika hasil yang diperoleh dari perilaku tersebut dirasakan adil . Usaha yang dilakukan dipengaruhi oleh nilai hasl yang dapat diperoleh dan kemungkinan hasil yang diharapkan benar-benar didapat 3. Model Keadilan Motivasi sso berproses sbb: 1. Kebutuhan memunculkan perilaku ttt 2. Efektivitas usaha dipengaruhi oleh persepsi individu mengenai apa yang perlu dilakukan dan kemampuan untuk melakukan sst yang perlu 4.

ingin menjadi ahli di bidang tertentu . penerimaan dan pengakuan orang lain  Motivasi Intrinsik  Dorongan untuk melakukan sesuatu yang didasarkan pada penghayatan akan suatu kebutuhan dan kepuasan yang terkait langsung dengan aktivitas itu sendiri  Misal: ingin tahu.Macam-macam Motivasi  Motivasi Ekstrinsik  Dorongan untuk melakukan sesuatu yang didasarkan pada kebutuhan dan kepuasan yang tidak terkait langsung dengan aktivitas itu sendiri (seringkali berupa imbalan)  Misalnya: hadiah.

 . Sebaliknya komunikasi yang negatif dapat menurunkan motivasi. cara berkomunikasi.Motivasi dalam Komunikasi Motivasi penyampai dan penerima pesan dapat mempengaruhi atensi selektif. mempersepsi dan menanggapi maksud pesan  Komunikasi yang positif dapat meningkatkan motivasi penerima pesan untuk merespon ssi yang diharapkan.

Psikologi edisi ke-9 jilid 1 dan 2.Diolah dari Sumber Pustaka Wade. Widyasinta dan Darma Juwono. Jakarta: Penerbit Erlangga  Psikologi Keperawatan  . 2007. Carole & Carol Tavris. Diterjemahkan oleh B.