S1 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember

Indikator Belajar
Dapat menjelaskan pengertian persepsi  Dapat menjelaskan proses persepsi  Dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi  Dapat menjelaskan pengertian motivasi  Dapat menjelaskan proses-proses motivasi  Dapat menjelaskan keterkaitan persepsi dan motivasi dalam komunikasi efektif

PERSEPSI Merupakan proses mental yang mengatur dan menterjemahkan berbagai stimulus inderawi menjadi suatu pola yang bermakna  Pemaknaan terhadap objek-objek atau rangsang lingkungan dan dari dalam diri sendiri  .

Proses Persepsi STIMULUS SENSASI INDERAWI Penglihatan Pendengaran Taktil Pengecapan Pembauan Proprioseptif STIMULUS ATENSI SELEKTIF PERSEPSI STIMULUS STIMULUS .

kontras. ukuran. kebutuhan dan kebiasaan pengamat  Ketertarikan pada hal-hal yang dikenal vs yang baru dan asing  Persepsi berlangsung di otak  Merupakan proses pengujian hipotesis dan konstruksi pengetahuan yang aktif  Menggunakan skema kognitif dengan proses asimilasi-akomodasi .Persepsi sebagai Proses Kognitif  Atensi selektif tergantung pada:  Karakteristik stimulus (intensitas. gerakan)  Minat.

Faktor-faktor Persepsi  Faktor  Faktor penginderaan: personal: Kondisi organ indera dan sistem syaraf  Stimulasi selama periode kritis  Pengaruh psikologis dan budaya: pengetahuan. ingatan. kepercayaan. kebutuhan. pengalaman. emosi. harapan  Faktor objek Karakteristik objek dan lingkungan perseptual .

.

.

yang dimaknai secara tertentu oleh penerima pesan  Komunikasi efektif terjadi jika penyampai dan penerima pesan memiliki persepsi yang sama mengenai isi dan maksud pesan. serta penerima merespon secara tepat  .Peran Persepsi dalam Komunikasi Komunikasi adalah kegiatan menyampaikan pesan. baik verbal maupun non-verbal.

Kesalahan Persepsi yang Menghambat Komunikasi Efektif  Persepsi tiap individu terhadap isi dan maksud pesan dapat berbeda satu sama lain. budaya. dll . kepentingan. sehingga dapat terjadi kesalahpahaman dalam komunikasi  Kesalahan persepsi dapat terjadi terkait dengan :  Penyampaian pesan yang kurang jelas atau kurang lengkap sehingga ambigu (mendua arti)  Bias prasangka antara penyampai dan penerima  Perbedaan pemaknaan bahasa karena tingkat pendidikan. kebiasaan.

Psikologi edisi ke-9 jilid 1 dan 2. Diterjemahkan oleh B. Penerbit Erlangga  . Jakarta: Penerbit Erlangga  Baron & Byrne. Widyasinta dan Darma Juwono.Diolah dari Sumber Pustaka Wade. 2007. 2007. Carole & Carol Tavris. Psikologi Sosial Jilid 1 dan 2.

MOTIVASI  suatu proses yang menyebabkan sso bergerak menuju suatu tujuan  proses gerakan. tingkah laku yang ditimbulkan dan tujuan / akhir gerakan  Penyebab / alasan sso melakukan sesuatu . termasuk situasi yang mendorong.

SUMBER MOTIVASI Kebutuhan (needs) kondisi kekurangan sesuatu yang menuntut pemenuhan segera  Motif energi dasar yang terdapat dalam diri individu dan menentukan tujuan serta arah perilaku  Drive energi dasar yang bersumber dari kebutuhan fisik  .

teogenetis (spiritual)  Menurut Abraham Maslow ○ Deficit motives (pemenuhan kebutuhan fisiologis dan rasa aman).Kebutuhan dan Motif  Asal kebutuhan dan motif  Alami. sebagai dasar bagi kelangsungan hidup  Hasil belajar  Macam kebutuhan dan motif  Menurut Abu Ahmadi Motif biogenetis (kelangsungan hidup). aktualisasi diri) . harga diri. sosiogenetis (budaya). metaneeds (pemenuhan kebutuhan sosial.

Proses-proses Motivasi  Model Kebutuhan-Tujuan kebutuhan ditransformasikan ke dalam energi untuk berperilaku yang bertujuan memenuhi kebutuhan Misal: Kebutuhan --Lapar Perilaku Pendukung --Mengambil uang di ATM Pergi ke warung Memesan makanan Perilaku Tujuan --Makan .

yakni: 1. Harapan / kesempatan memperoleh hasl yang diharapkan . Nilai dari hasil yang diperoleh ketika menjalankan suatu perilaku 2. Model Harapan (expectancy-value model of motivation) Motivasi sso tergantung pada 2 hal.

Efektivitas usaha dipengaruhi oleh persepsi individu mengenai apa yang perlu dilakukan dan kemampuan untuk melakukan sst yang perlu 4. Tingkat pemuasan kebutuhan akan lebih tinggi jika hasil yang diperoleh dari perilaku tersebut dirasakan adil . Kebutuhan memunculkan perilaku ttt 2. Usaha yang dilakukan dipengaruhi oleh nilai hasl yang dapat diperoleh dan kemungkinan hasil yang diharapkan benar-benar didapat 3. Model Keadilan Motivasi sso berproses sbb: 1.

ingin menjadi ahli di bidang tertentu . penerimaan dan pengakuan orang lain  Motivasi Intrinsik  Dorongan untuk melakukan sesuatu yang didasarkan pada penghayatan akan suatu kebutuhan dan kepuasan yang terkait langsung dengan aktivitas itu sendiri  Misal: ingin tahu.Macam-macam Motivasi  Motivasi Ekstrinsik  Dorongan untuk melakukan sesuatu yang didasarkan pada kebutuhan dan kepuasan yang tidak terkait langsung dengan aktivitas itu sendiri (seringkali berupa imbalan)  Misalnya: hadiah.

Sebaliknya komunikasi yang negatif dapat menurunkan motivasi. mempersepsi dan menanggapi maksud pesan  Komunikasi yang positif dapat meningkatkan motivasi penerima pesan untuk merespon ssi yang diharapkan. cara berkomunikasi.  .Motivasi dalam Komunikasi Motivasi penyampai dan penerima pesan dapat mempengaruhi atensi selektif.

Jakarta: Penerbit Erlangga  Psikologi Keperawatan  .Diolah dari Sumber Pustaka Wade. 2007. Carole & Carol Tavris. Widyasinta dan Darma Juwono. Psikologi edisi ke-9 jilid 1 dan 2. Diterjemahkan oleh B.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful