P. 1
Modul Fisika Kelas Xi

Modul Fisika Kelas Xi

|Views: 324|Likes:
Published by Ana Giana

More info:

Published by: Ana Giana on May 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2015

pdf

text

original

GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI

Standar Kompetensi: Menerapkan getaran, gelombang, dan bunyi Kompetensi dasar: 1. Menguasai hukum getaran, gelombang, dan bunyi 2. Membedakan getaran, gelombang, dan bunyi 3. Menghitung getaran, gelombang, dan bunyi

A. GETARAN
1. Definisi Getaran Getaran adalah gerak bolak-balik suatu objek di sekitar titik setimbang. Getaran dapat terjadi pada benda pegas yang bergetar, benda yang berayun-ayun, benda yang naik turun di permukaan air, dan lain-lain. Secara umum, besarnya periode (T) dan frekuensi (f) getaran yaitu: dan

hubungan frekuensi: 1

antara

periode

dan

f=

dan

T

T=

1 f

T = Periode (s) f = frekuensi (Hz) n = banyak getaran (getaran) t = waktu (s)

banyaknya 1 getaran atau 1 gelombang yaitu: Jika benda berayun mulai dari A, maka satu getaran atau satu gelombang adalah A, B, C, B, A. Jika benda mulai berayun dari B, maka satu getaran atau satu gelombang A B C adalah B, C, B, A, B.

2. Gaya Pemulih Suatu benda dapat bergetar atau berayun disebabkan karena adanya suatu gaya. Gaya tersebut dinamakan gaya pemulih. Gaya pemulih menyebabkan suatu benda yang bergerak, gerakannya menjadi melambat, kemudian bergerak berbalik arah.

dan gerakan tersebut teratur dan terus-menerus. Setelah itu beban akan kembali bergerak ke bawah menuju posisi X0.mula dari posisi X0. Dan seterusnya XB X0 XA Getaran tersebut dapat terjadi akibat adanya gaya pemulih yang besarnya yaitu: F = -k . Dalam keadaan ini benda (beban) tersebut dikatakan bergerak secara harmonis. Pada keadaan ini berlaku: T : periode (s) f : frekuensi (Hz) k : konstanta pegas (N/m) m : massa benda (kg) . kemudian direntangkan (ditarik) terhadap posisi setimbangnya. Pegas dapat menghasilkan getaran seperti berikut: Beban yang mengalami getaran tersebut misalkan bergerak mula.x F = gaya pemulih (N) k = konstanta gaya pemulih (N/m) x = jarak dari pusat setimbang (m) Tanda ( .1). Getaran harmonis pada pegas. lalu dilepaskan.) menyatakan arah gaya yang selalu menuju ke pusat getaran Pada suatu saat getaran beban pada pegas akan stabil. Maka akan terjadi gerakan naik turuk (bolak-balik) pada beban. gerakannya murni hanya dalam arah vertikal (sumbu Y). Jika sebuah benda pegas diberi beban dengan massa m. kemudian ke posisi XA. Gerakan bolak-balik ini bisa disebut juga sebagai osilasi atau getaran. a. lalu kembali melewati posisi X0 menuju XB. Getaran harmonis Getaran harmonis adalah gerak getaran yang membentuk pola yang berulang-ulang secara terus menerus tanpa henti.

Getaran pada bandul tersebut terjadi akibat adanya gaya pemulih yang besarnya sebagai berikut: m = massa bandul (kg) g = percepatan grafitasi (m/s ) θ = sudut simbangan tali bandul terhadap posisi setimbang 2 F = m .b. jika bandul tersebut dilepas. dapat dikatakan bahwa bandul tersebut telah berayun secara harmonis. maka akan bergerak menuju posisi semula dan berayun bolak-balik secara terus menerus.menerus. g sinθ Saat gerak ayunan bandul tersebut sudah stabil dalam arah yang tetap dan terus. Getaran harmonis pada bandul Suatu benda (bandul) yang digantung dengan sebuah tali kemudian disimpangkan dengan simpangan sudut sebesar Ө. Pada keadaan ini berlaku: T : periode (s) f : frekuensi (Hz) l : panjang tali bandul (m) g : percepatan grafitasi (m/s ) 2 .

amplitudo 4. waktu terjadinya getaran e.001 s 3. Besar periodenya adalah . 0. Frekuensi suatu gelombang adalah 100 Hz. getaran c. Sebuah bandul berayun 6000 kali tiap 2 menit. 10 s b. a. besarnya perubahan sudut tiap detik .LATIHAN GETARAN 1. 1 s c. a. Hz dan 50 s 50 1 c. 50 Hz dan s 50 1 b. . Besar frekuensi dan periode bandul tersebut adalah . 0.1 s d. . jumlah getaran tiap detik b. 0. 1 a. . gelombang e. rekuensi b. 12 Hz dan s 12 2. a. . waktu untuk melakukan satu getaran c. . . periode d. . Gerak bolak-balik melalui suatu titik yang sama dan berulang-ulang dengan pola yang sama dinamakan .01 s e. simpangan maksimum getaran d. Hz dan 30 s 30 1 e. 30 Hz dan s 30 1 d. yang dimaksud dengan frekuensi getaran adalah .

A – C – B – C – A e. 90 Hz d. A – B – C – B – C c. Sebuah bandul berayun dengan pola seperti pada gambar di samping. Frekuensi c. A – B – C – B – A b. Jika bandul mulai berayun dari A. 180 Hz e.5. 60 Hz c. Periode 7. 2 1 e. besar frekuensinya dirumuskan . 2 m 1 g b. A – B – C – B – A d. Kecepatan sudut d. a. Suatu mesin bergetar 1800 kali tiap menit. . maka urutan satu getaran atau satu ayunan yang benar adalah . . . A – B – A – C – A 6. Besar frekuensi getar mesin tersebut adalah . . k m l g m k . 2 l c. A B C a. 2 8. Amplitudo b. 2 d. . Waktu yang diperlukan untuk melakukan satu getaran dinamakan . a. . 360 Hz Suatu pegas bergetar harmonic. 1 k a. 30 Hz b. . Cepat rambat e.

1. dll 2) gelombang elektromagnetik gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambat contoh gelombang elektromagnetik: gelombang cahaya. .B. berdasarkan arah getarnya. gelombang dibagi menjadi: 1) Gelombang transfersal Gelombang transfersal adalah gelombang yang getarnya tegak lurus dengan arah rambat. arah 2). gelombang pada tali. Gelombang longitudinal Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarnya sejajar dengan arah rambat b. GELOMBANG Gelombang adalah getaran yang merambat. gelombang dibagi menjadi: 1) gelombang mekanik gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium untuk merambat contoh gelombang mekanik: gelombang pada air. gelombang bunyi. berdasarkan mediumnya. Jenis Gelombang a.

gelombang radiasi. dll .

Persamaan Gelombang a.2. artinya gelombang merambat ke kiri Jika bernilai -. Bentuk Persamaan Gelombang Y : simpangan gelombang A : amplitudo atau simpangan maksimum gelombang ω : kecepatan sudut gelombang t : waktu k : bilangan gelombang x : perpindahan gelombang ± : jika bernilai +. Cepat rambat gelombang : kecepatan merambat gelombang Kecepatan sudut : besarnya perubahan sudut suatu gelombang tiap satuan waktu b. Besaran-Besaran Pada Gelombang besaran-besaran yang perlu diketahui dari suatu gelombang yang merambat yaitu: simpangan : jarak suatu getar gelombang dari titik setimbangnya amplitudo : simpang terbesar gelombang frekuensi : jumlah gelombang tiap detik amplitudo : waktu untuk suatu gelombang merambat sejauh satu gelombang. artinya gelombang merambat ke kanan v : kecepatan rambat gelombang f : frekuensi getaran gelombang T : periode gelombang λ : panjang gelombang .

gelombang yang memerlukan medium untuk merambat 4. Yang dimaksud gelombang longitudinal adalah . amplitude d. gelombang elektromagnetik c. gelombang mekanik d. . . gelombang transfersal dan gelombang longitudinal e. gelombang mekanik dan gelombang tranfersal c. . gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambat e. a. gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat d. Berdasarkan arah getarnya. gelombang longitudinal . Gelombang yang arah getarnya sejajar arah rambatnya. gelombang elektromagnetik dan gelombang transfersal d. a. . disebut gelombang . . gelombang harmonic b. gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik b. gelombang yang memerlukan medium untuk merambat c. Simpangan maksimum gelombang disebut . gelombang dibagi menjadi . kecepatan sudut b. . periode c. gelombang elektromagnetik dan gelombang longitudinal 2. cepat rambat gelombang 5. a. . gelombang yang arah getarnya sejajar dengan arah rambat b. gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambat d.LATIHAN GELOMBANG 1. panjang gelombang e. gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat c. . a. a. gelombang transfersal e. . gelombang yang dihasilkan oleh mesin e. gelombang yang arah getarnya sejajar dengan arah rambat b. Gelombang mekanik adalah . gelombang yang dihasilkan oleh mesin 3.

b.6. Jelaskan perbedaan getaran dengan gelombang . . 75 m/s Frekuensi getar suatu mesin kendaraan adalah 40 Hz.4 s c. Sebutkan contoh gelombang yang termasuk gelombang elektromagnetik 11. Besar kecepatan sudut dan amplitudonya berturut-turut adalah . 9.025s Gelombang elektromagnetik adalah .. gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat c. 12 rad/s dan 18π m 12 rad/s dan 18 m 18 rad/s dan 12 m 18π rad/s dan 12 m 20π rad/s dan 12m 7. 12. 0. d. a. gelombang yang arah getarnya sejajar dengan arah rambat b. 4 s b. Suatu gelombang panjangnya 0. 50.5 m/s e. 0. 25.5 s d. Suatu gelombang merambat dengan persamaan: y 12 sin(18 t 20 x) m. .5 m/s c. a. . . e. 2.5 m/s b. 50 m/s d. maka besar cepat rambat gelombangnya adalah . c. a. . jika frekuensinya 25 Hz. a.. 0. 10. gelombang yang dihasilkan oleh mesin e. gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambat d.5 m. gelombang yang memerlukan medium untuk merambat 8. maka besar periode getarnya adalah .25 s e.

BUNYI 1. Panjang gelombang 13. E f f e k D o p p l e r Effek Doppler adalah peristiwa berubahnya harga frekwensi bunyi yang diterima oleh pendengar (P) dari frekwensi suatu sumber bunyi (S) apabila terjadi gerakan relatif antara P dan S. . tentukanlah: a. Kecepatan sudut gelombang c. maka panjang gelombangnya adalah . jika cepat rambatnya 125 m/s. tentukan: a. Diketahui persamaan gelombang berikut: y 15 sin(10 t 4 x ) . Jika frekuensi gelombang tersebut 25 Hz. Frekuensi suatu gelombang adalah 50 Hz. Suatu gelombang merambat dari titik A hingga titik F seperti pada gambar.12. Arah rambat gelombang b. 14. Cepat rambat gelombang C. . Frekuensi gelombang e. Amplitude gelombang d. Periode gelombang b. .

besarnya 10-12 watt/m .untuk vS dipakai bila sumber bunyi bergerak mendekati pendengar. I n t e n s i t a s B u n yi . Yang dimaksud dengan intensitas bunyi ialah : Besar energi bunyi tiap satuan waktu tiap satuan luas yang datang tegak lurus. vP adalah kecepatan pendengar.Oleh Doppler sebagai : dirumuskan fP adalah frekwensi yang didengar oleh pendengar. Tanda + untuk vS dipakai bila sumber bunyi bergerak menjauhi pendengar. 2 2 TI : taraf intensitas bunyi dalam (dB ) . Intensitas bunyi terkecil yang masih dapat didengar disebut harga ambang 2 pendengaran. Tanda . 3 . Dapat dirumuskan sebagai : atau I = Intensitas bunyi dalam watt/m atau watt/cm 2 2 A = Luas bidang bola dalam m atau cm R = Jarak dari sumber bunyi (m) P = Daya bunyi dalam J/det atau watt. vS adalah kecepatan sumber bunyi. v adalah kecepatan bunyi di udara. 2 .untuk vP dipakai bila pendengar bergerak menjauhi sumber bunyi. T a r a f I n t e n s i t a s B u n yi ( T I ) . fS adalah frekwensi yang dipancarkan oleh sumber bunyi. Logaritma perbandingan intensitas bunyi dengan harga ambang pendengaran disebut Taraf Intensitas Bunyi. Tanda + untuk vP dipakai bila pendengar bergerak mendekati sumber bunyi. Tanda .

Ari berada pada jarak 10 m dari suatu sumber bunyi. Io : intensitas ambang pendengaran = 10-12 watt/m a. . -10 . . maka pada jarak r2 taraf intensitasnya menjadi: TI1 = taraf intensitas bunyi pada jarak r1 dari sumber bunyi (dB) r1 = jarak pertama dari sumber bunyi TI2 = taraf intensitas bunyi pada jarak r2 dari sumber bunyi (dB) r2 = jarak kedua dari sumber bunyi LATIHAN SOAL –BUNYI1. 2 Taraf intensitas n sumber bunyi Jika n1 buah sumber menghasilkan taraf intensitas sebesar TI1 maka n2 buah sumber bunyi akan menghasilkan taraf intensitas bunyi sebesar: TI1 = taraf intensitas bunyi n1 buah sumber bunyi (dB) n1 = jumlah sumber bunyi pertama TI2 = taraf intensitas bunyi n2 buah sumber bunyi (dB) n2 = jumlah sumber bunyi kedua b. besarnya taraf intensitas bunyi tersebut adalah. Taraf Intensitas Pada Jarak r Dari Sumber Bunyi Jika terdapat suatu sumber bunyi pada jarak r1 menghasilkan taraf intensitas sebesar TI1. Saat itu -10 2 intensitas bunyi yang didengar Ari adalah 10 watt/m . 2. .I : intensitas bunyi. Jika Ari berpindah sejauh 5 meter mendekati sumber bunyi maka intensitas bunyi yang didengar oleh Ari menjadi sebesar . Sebuah mesin menghasilkan bunyi dengan intensitas sebesar 10 2 -12 2 watt/m . . Jika intensitas ambang pendengaran 10 watt/m .

70dB C. Bila sekaligus orang itu dilewati 10 sepeda motor seperti itu maka taraf intensitasnya adalah. maka menimbulkan taraf intensitas (TI) sebesar 80 dB. mobil tersebut bergerak mendekati andi dengan kecepatan 12 m/s.email: rudyjatmiko@yahoo. 5. . Jika terdapat 100 buah mesin. . Ivan berlari dengan laju 6 m/s menuju sebuah mesin yang bersuara dengan frekuensi sebesar 400 Hz. besar frekuensi bunyi yang didengar Ivan adalah . 8. Tutorial ini akan menunjukkan bagaimana menentukan taraf intensitas bunyi dari beberapa sumber bunyi yang identik. jika andi diam dan kecepatan suara di udara 340 m/s. .80dB D. 4. . intensitas bunyi yang didengar Ina adalah . Jika danu berpindah menjauhi sumber bunyi dan berdiri pada jarak 100 m dari sumber bunyi. .. . . Ina berdiri pada jarak 10 m dari suatu sumber bunyi. .. frekuensi suara yang didengar andi adalah . Jika daya sumber bunyi tersebut 44000 watt. 7.8dB B.800dB (Sumber soal: SIPENMARU 1984) PUSTAKA : Rudi Djatmiko. Perhatikan contoh berikut ini: Jika sebuah sepeda motor melewati seseorang.3. Sebuah mobil membunyikan sirine dengan frekuensi sebesar 600 Hz. Taraf intensitas sebuah mesin adalah 60 dB.S.. Danu berada pada jarak 10 m dari suatu sumber bunyi saat mendengan suatu bunyi dengan taraf intensitas sebesar 100 dB. . Jika cepat rambat bunyi di udara 300 m/s. 6. taraf intensitas bunyi yang didengar danu saat itu adalah .com .. A.90dB E. maka taraf intensitas seluruh mesin tersebut adalah . .Si .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->