P. 1
36930190-AnJab-Beban-Kerja

36930190-AnJab-Beban-Kerja

|Views: 19|Likes:
Published by soendjaja
Analisa Beban Kerja
Analisa Beban Kerja

More info:

Published by: soendjaja on May 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/18/2014

pdf

text

original

ANALISIS JABATAN & ANALISIS BEBAN KERJA

dr. Herqutanto MPH,MARS

96/97 thn 1989)  Adalah penyelidikan atau evaluasi yang sistematis tentang isi pekerjaan. menilai dan mengorganisasikan semua jenis pekerjaan yang terdapat dalam suatu organisasi (SK no.Pengertian Analisis Jabatan Adalah suatu usaha yang sistematis dalam mengumpulkan. lingkungan fisik dan non fisik yang melingkupi pegawai & kualitas yang dibutuhkan untuk menjalankan tanggung jawab jabatan (French 1986).  .

Tujuan Analisa Jabatan          Untuk mendapatkan jenis pegawai yang tepat Untuk menyusun program diklat Untuk mengadakan penilaian jabatan Sebagai dasar untuk pemberian kompensasi Sebagai dasar untuk mengadakan pemindahan dan promosi Untuk memperbaiki kondisi kerja Sebagai dasar untuk memberikan orientasi Untuk meningkatkan produktivitas pegawai Untuk mempermudah perencanaan organisasi .

Metode Analisis Jabatan      Metode buku catatan harian (employee logs) Metode daftar pertanyaan Metode wawancara Metode pengamatan (obsevasi) Panel of expert .

Uraian Jabatan Menurut Dale Yoder ada 4 macam informasi Tugas – tugas yang dilakukan dalam jabatan  Syarat – syarat perseorangan  Tanggung jawab jabatan  Kondisi – kondisi kerja  .

Data-data dalam uraian jabatan          Pengenal /nomenklatur/nama jabatan Ikhtisar Jabatan Kewajiban-kewajiban yang dilakukan Pengawasan yang diberikan dan yang diterima Hubungan antar jabatan Mesin-mesin. alat-alat dan bahan-bahan yang dipergunakan Kondisi-kondisi kerja Definisi-definisi mengenai istilah-istilah yang tidak lazim Komentar-komentar yang menambah dan menjelaskan hal-hal tersebut diatas .

Kegunaan Uraian Jabatan         Memberikan pedoman dalam pencarian calon pegawai dan penyaringan Memberikan garis besar mengenai kesempatan kerja Memberikan dasar untuk program-program pelatihan Memberikan saran-saran untuk penguraian jabatan Mengadakan penyerderhanaan kerja Penilaian jabatan dalam administrasi upah dan gaji Membantu memperbaiki semangat kerja pegawai dan pengawasan Program-program keselamatan kerja .

 Persyaratan jabatan diperoleh dari uaraian jabatan yang menitikberatkan pada syarat-syarat mengenai orangnya yang diperlukan oleh jabatan.Job Specification (Persyaratan Jabatan) Job specification (persyaratan jabatan) juga disebut job requirements.  . job qualifications atau minimum hiring requirements.

usia dan jenis kelamin.Persyaratan Jabatan Persyaratan jabatan dibuat berdasarkan uraian jabatan.  Syarat – syarat penting yang biasanya dicantumkan adalah pendidikan. tetapi dapat juga dibuat secara terpisah.  Persyaratan jabatan dapat merupakan bagian dari uraian jabatan. pengalaman.  .

Syarat-syarat yang dicantumkan dalam persyaratan jabatan         Jenis Kelamin Usia Kecakapan Pelatihan Pengalaman Syarat-syarat badaniah khusus Syarat-syarat rohaniah khusus Syarat-syarat perasaan khusus .

 Standar kerja (hasil kerja rata-rata tiap pegawai).Analisis Beban Kerja dan Studi beban kerja (banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan)  Beban kerja diperoleh melalui penyelidikan waktu (time study).  .

Menghitung beban kerja  Ada 3 cara :  Work Sampling  Time and Motion Study  Daily Log .

Work Sampling Teknik ini digunakan untuk melihat beban kerja yang dipangku oleh personel pada suatu unit. ataupun jenis tenaga tertentu.  Untuk mendapatkan informasi tersebut dilakukan survei terhadap personel tertentu misalnya: tenaga perawat. bidang.  .

perlu dilakukan pemilihan sampel sebagai subjek personel yang akan diamati.Langkah-langkah teknik work sampling      Membuat formulir daftar kegiatan perawat Bila jenis personel ini jumlahnya banyak. Tentukan jenis personel yang ingin kita teliti Pengamatan kegiatan perawat Melatih pelaksana penelitian tentang pelaksanaan penelitian .

Contoh:  Bila diamati kegiatan 5 perawat setiap shift.640 sampel pengamatan. . Dengan demikian jumlah pengamatan = 5 (perawat) x 60 (menit) / 5 (menit) x 24 (jam) x 6 (hari) = 8. dalam 6 hari kerja. pengamatan setiap 5 menit selama 24 jam (3 shift).

Langkah-langkah:  Tentukan sampel dari berdasarkan klasifikasi yang sudah ditentukan  Membuat formulir daftar kegiatan dan waktu yang digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut.Time and Motion Study  mengamati dan mengikuti dengan cermat tentang kegiatan yang dilakukan oleh personel yang sedang kita amati. .

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pengamatan Apa yang dilakukan  Bagaimana kuliatas pekerjaan tersebut dilakukan?  Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut?  .

. apa adanya menjadi kunci berhasilnya penelitian. waktu dan lamanya kegiatan. Kerjasama dan kesediaan informan untuk menuliskan secara jujur. perlu dilakukan penjelasan tentang tujuan dan cara pengisian Dipentingkan jenis kegiatan. sedangkan informasi personal tetap menjadi rahasia.Daily Log (Pencatatan Kegiatan Sendiri)       Daily log merupakan bentuk sederhana dari work sampling Penggunaan teknik sangat bergantung terhadap kerja sama dan kejujuran dari personel yang sedang diteliti Peneliti biasanya membuat pedoman dan formulir isian yang dapat dipelajari Sebelum penelitian.

Kasir RS bagian penerimaan uang 4. Dietitien RS/Ahli Gizi 11. Cleaning service 6.Tugas kelompok: Buat uraian jabatan dan persyaratan jabatan untuk pekerjaan di bawah ini: Bidan 2. Apoteker 12. Perawat UGD 10. Analis laboratorium 13. Dokter praktek umum 3. Satpam 5. Sekretaris dokter 9. . Asisten dosen 8. Fisioterapis 1. Dosen 7.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->