Dokumen Usulan Teknik

Perencanaan Pengadaan Sumber Air Bersih Dan Pipanisasi Desa Suka Damai Kecamatan Muara Badak

T TE EN NA AG GA AA AH HL LI ID DA AN NT TU UG GA AS S S SE ER RT TA AT TA AN NG GG GU UN NG GJ JA AW WA AB BN NY YA A

9.1. UMUM Dalam pelaksanaan pekerjaan Perencanaan Pengadaan Sumber Air Bersih Dan Pipanisasi Desa Suka Damai Kecamatan Muara Badak ini, diperlukan struktur organisasi pelaksanaan pekerjaan yang mantap, disertai pula dengan penempatan personil tenaga ahli yang berkualitas sesuai dengan spesialisasi masing-masing, disamping penyediaan sarana peralatan kerja dengan kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk mencapai target pekerjaan yang optimal, diperlukan pula pengaturan Jadual penugasan personil. Dalam paragraf berikut dapat diikuti secara lebih detail penjelasan masing-masing kebutuhan. 9.2. KLASIFIKASI DAN URAIAN TUGAS PERSONIL Secara rinci uraian tugas dan tanggung jawab personil dalam melaksanakan pekerjaan ini adalah : 9.2.1. Tenaga Ahli a. Team Leader / Tenaga Ahli Teknik Lingkungan Sebagai Ketua Tim dalam pekerjaan ini ditugaskan seorang Sarjana Teknik Lingkungan dengan pengalaman dalam pelaksanaan di bidang sipil sub bidang pengairan lebih dari 5 (lima) tahun dan dapat memenuhi segala persyaratan yang ditentukan dalam KAK. Sebagai Team Leader / Tenaga Ahli Teknik Lingkungan, yang bersangkutan adalah seorang ahli perencanaan desain dan konstruksi dari proyek yang berhubungan dengan bangunan air serta memiliki

Bagian I - 1

3). Tugas dan tanggung Tenaga Ahli Teknik Sipil meliputi : 1). Mengumpulkan dan mengevaluasi data-data geologi dan mekanika tanah dari hasil studi terdahulu. Merencanakan struktur bangunan intake dan jaringan ari bersih. Melakukan survey dan menganalisa data hidrologi. 9). 8). Mengkaji dampak sosial. Bersama tenaga ahli lain merencanakan gambar desain jaringan pipa air bersih di lokasi perencanaan. 4). 8).Dokumen Usulan Teknik Perencanaan Pengadaan Sumber Air Bersih Dan Pipanisasi Desa Suka Damai Kecamatan Muara Badak sertifikat keahlian pada bidang Sumber Daya Air (SDA) dengan kualifikasi Ahli Madya. menentukan rencana-rencana pengembangan sumber daya air dan mampu memimpin timnya untuk memadukan kerjasama dengan pihak terkait secara baik. Menyusun laporan-laporan secara periodik. Menghitung dan menganalisa biaya pelaksanaan fisik. mengatur. Tenaga Ahli Teknik Sipil Dalam pekerjaan ini ditugaskan seorang Sarjana Teknik Sipil dengan pengalaman kerja lebih dari 5 (lima) tahun dan telah memiliki SKA serta telah memenuhi semua persyaratan yang ditentukan dalam KAK.2 . 6). Memanajerial. Menyusun rencana kerja dan jadual kerja pelaksanaan. 3). ekonomi dan lingkungan terkait dengan studi. 4). Melakukan pengumpulan data primer dan sekunder. Memimpin diskusi dan asistensi dalam rangka pekerjaan ini. Tugas dan tanggung jawab Team Leader / Ahli Teknik Lingkungan meliputi : 1). 2). 2). 7). 5). Mengumpulkan dan mengkaji serta mengevaluasi data skunder maupun data primer. 7). 5). Membantu Team Leader dalam menyiapkan laporan yang berhubungan dengan bidangnya secara periodik. 6). Merencanakan bangunan intake dan jaringan air bersih. Mengidentifikasi dampak proyek terhadap lingkungan dan membuat rekomendasi metode antisipasinya serta sistem monitoring lingkungan. Menginterpretasikan peta geologi dan mekanika tanah. b. Menghadiri diskusi dan asistensi dalam rangka pekerjaan ini. Bagian I .

yang bersangkutan juga telah memiliki kemampuan menggunakan software Auto-CAD. Dalam pelaksanaan tugasnya surveyor topografi dibantu oleh tenaga lokal topografi. 9. Membuat perencanaan gambar-gambar desain jaringan pipa air bersih di lokasi perencanaan.2. Surveyor Topografi Dalam pekerjaan ini ditugaskan 2 orang surveyor dengan latar belakang pendidikan Sarjana Muda Tehnik Geodesi dan STM yang telah memiliki sertifikat pelatihan sebagai Surveyor Pengukuran dan Pemetaan Kadastral. 5). 4). Dalam hal pengolahan data ukur. Operator AutoCAD / Draftman Dalam pekerjaan ini untuk posisi Operator AutoCAD / Draftman ditugaskan seorang lulusan STM yang mempunyai pengalaman yang cukup dalam melakukan pekerjaan pengolahan data ukur dan penggambaran desain pada pekerjaan pertanian dan pengairan. 6). 2). Mengumpulkan dan mengevaluasi data-data geodetic dari hasil studi terdahulu.3 . Memimpin dan mengkoordinir seluruh pekerjaan team pengukuran. 3). Menghadiri diskusi dan asistensi dalam rangka pekerjaan ini. Tenaga Teknisi a. Secara umum tugas dan tanggung jawab seorang surveyor topografi adalah melaksanakan pengukuran dan pemetaan topografi. Membantu Team Leader dalam menyiapkan laporan yang berhubungan dengan bidangnya secara periodik.2.2. Yang bersangkutan telah memiliki berpengalaman sebagai seorang juru ukur topografi dan pemetaan kadastral.3. Melakukan pengumpulan data primer dan sekunder. Tenaga Penunjang Bagian I . Tenaga Ahli Geodesi / Pengukuran Dalam pekerjaan ini ditugaskan seorang Sarjana Teknik Geodesi dan telah memiliki SKA Insinyur Profesional Pratama Geodesi dengan pengalaman kerja lebih dari 5 (lima) tahun dan dapat memenuhi segala persyaratan yang ditentukan dalam KAK.Dokumen Usulan Teknik Perencanaan Pengadaan Sumber Air Bersih Dan Pipanisasi Desa Suka Damai Kecamatan Muara Badak c. b. 9. Tugas dan tanggung jawab Tenaga Ahli Geodesi meliputi : 1).

Surat Pernyataan Kesediaan Untuk Ditugaskan b. Sertifikat (seminar/kursus) d.Dokumen Usulan Teknik Perencanaan Pengadaan Sumber Air Bersih Dan Pipanisasi Desa Suka Damai Kecamatan Muara Badak Selain tenaga profesional dan sub professional (teknisi). e. disajikan Daftar Riwayat Hidup Tenaga Ahli yang dilampiri dengan : a. Sebagai referensi terhadap kualitas dan profesionalisme masing-masing tenaga ahli yang akan ditugaskan. akan dibantu dengan tenaga Operator Komputer (1 orang). Bagian I . Dokumen lain yang diperlukan. Ijasah Pendidikan Terakhir c. untuk menunjang kelancaran pelaksanaan pekerjaan baik di kantor / di lapangan. Administrasi dan Keuangan (1 orang).4 . Sementara untuk tenaga lokal terkait dengan pelaksanaan survey di lapangan akan memaksimalkan tenaga-tenaga lokal di lokasi studi. Referensi pengalaman kerja dari pengguna jasa.