Sadjad, S. 1993. Dari Benih Kepada Benih. Grasindo, Jakarta.

• Fosfor merupakan unsur makro yang sangat penting untuk pertumbuhan dan produksi tanaman. Fosfor cenderung terkonsentrasi dalam biji dan titik tumbuh perkembangan akar serabut. Kekurangan unsur ini bagi tumbuhan dapat berakibat fatal yaitu tanaman umumnya pendek, berbunga lebih lambat, saat panen lambat, dan benih yang dihasilkan mempunyai status vigor yang rendah (Sadjad, 1993).

2002). Fungi mikoriza arbuskula membentuk hubungam simbiosis mutualistis yang saling menguntungkan dengan perakaran tanaman. 2002. Prinsip kerja dari FMA adalah menginfeksi sistem perakaran tanaman inang. • Pemberian fungi mikoriza arbuskula (FMA) merupakan alternatif yang tepat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tanah sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman. Appl.. K. Bothe. 68:1919-1924.Hildebrandt. memproduksi jalinan hifa secara intensif sehingga akar tanaman bermikoriza akan mampu meningkatkan luas zona eksploitasi hingga 20 kali (Hildebrant et al.. . U. H. Environ. Microbiol. Towards growth of arbuscular mycorrhizal fungi independent of a plant host. Janetta.

sedangkan dosis pemupukan yang optimal dalam meningkatkan hasil adalah 125 kg P2O5 ha-1. Inokulasi Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) dan Pemupukan P untuk Meningkatkan Hasil dan Mutu Benih Cabai (Capsicum annuumL. 2010. et al. produksi benih) dan inokulasi ini dipengaruhi oleh jenis genotipe cabai dan level pemupukan. K benih dipengaruhi oleh interaksi genotipe. FMA dan pemupukan P. indeks vigor dan kecepatan tumbuh relatif hanya dipengaruhi oleh faktor tunggal yaitu inokulasi FMA dan pemupukan P.224 • Inokulasi FMAmampu meningkatkan hasil (jumlah dan produksi buah. Indonesia 38 (3) : 218 .). J. Genotipe cabai Tegar menunjukkan respon yang lebih baik dibanding Laris. P. sedangkan untuk daya berkecambah. Agron. .Widi Agustin. • Kadar dan serapan N.

• Fosfor merupakan salah satu unsur hara makro yang penting dalam pertumbuhan akar. Pearce.B.Gardner. Jika energi tersedia dalam jumlah cukup maka semua proses metabolisme dapat berlangsung dengan baik. pertumbuhan bagian generatif (bunga. Mitcell. sehingga tanaman akan lebih mampu tumbuh dengan baik. Depok. buah) dan perkecambahan benih.P. Susilo. 1991. R.L. sebagai aktivator. F . UI-Press. kofaktor atau penyatu enzim dan berperan dalam proses fisiologis. R. . Terjemahan Harawati. Fisiologi Tanaman Budidaya. Selain itu fosfor merupakan molekul pentransfer energi ADP dan ATP (Gardner et al. 1991).. Unsur tersebut berfungsi sebagai penyusun metabolit dalam senyawa kompleks.

• Fungi mikoriza arbuskula (FMA) telah menunjukkan peran yang menguntungkan bagi tanaman yaitu kolonisasi mikoriza membantu tanaman dalam mengatas kondisi kering. Inokulasi dengan FMA adalah cara yang efisien untuk meningkatkan penyerapan fosfat yang ditransfer ke tanaman. . menghalangi patogen akar. Hal ini berhubungan dengan peningkatan penyerapan hara P oleh penyebaran hifa mikoriza dan lebih nyata pada tanah dengan kesuburan rendah. meningkatkan agregasi tanah dalam tanah tererosi.

Kajian Kemampuan Penyediaan Hara Pada Andisols Untuk Pertanaman Kentang Di Kabupaten Kerinci. 2005). Provinsi Jambi. 2005. Jurnal Agronomi 10(2): 109-112 • Andisol adalah tanah yang berkembang dari bahan abu vulkanik yang mempunyai potensi ke-suburan tanah yang tinggi. karena sebagian besar unsur hara makro berada dalam keadaan terfiksasi di dalam tanah (Yunus.Yunus. Potensi kesuburan ta-nah yang tinggi pada Andisol sering tidak berban-ding lurus dengan peningkatan produksi tanaman. .

berbanding terbalik dengan ketersediaan hara. Coleman.Gebhardt. Phosphate Adsorption. terutama fosfor. pp. . New York. 1984). nitrogen. H. sulfur dan klor. DalamK. 237-239. T. dan N. 1984. • Keberadaan mineral alofan di dalam tanah pada Andisol. Tan [ed. H.]. Von Nostrand Reinhold Company Inc. Kesemua unsur ini difiksasi dengan kuat oleh mi-neral liat alofan pada hal unsur ini sangat dibutuh-kan tanaman (Gebhardt dan Coleman. Anion Adsorption by Allophanic Tropical Soil: III.

2005).Yunus. Provinsi Jambi. Jurnal Agronomi 10(2): 109-112 • Fosfor tergolong unsur hara makro utama dan diserap tanaman umumnya dalam bentuk anion or-tofosfat (H2PO4-dan HPO42-). . Kajian Kemampuan Penyediaan Hara Pada Andisols Untuk Pertanaman Kentang Di Kabupaten Kerinci. dan bila terjadi kekurangan fosfor akan menghambat per-tumbuhan tanaman (Yunus. 2005. Andisol pada umum-nya kahat unsur fosfor karena Andisol memiliki kapasitas fiksasi fosfor yang sangat tinggi.