GARIS BESAR PROGRAM KERJA WAKASEK BIDANG KESISWAAN SMK ISLAM PB.

SOEDIRMAN 1 TAHUN 2010/2011 LATAR BELAKANG Sistem Pendidikan yang berkualitas diharapkan mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan professional dibidangnya dan tidak saja unggul dalam penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi tetapi memiliki keunggulan dan ketahanan fisik, kekuatan mental (jujur, disiplin, sabar dan bertanggung-jawab) Sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan untuk menuju masyarakat Indonesia yang seutuhnya, maka Pendidikan Tingkat Menengah Kejuruan di SMK Islam PB. Soedirman 1 Cijantung Jakarta Timur berusaha untuk melakukan hal-hal yang konkrit, terencana, terarah dan terpadu serta terkoordinasi sesuai dengan Visi dan Misi SMK Islam PB. Soedirman 1, melalui program kerja wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Secara garis besar Program kerja wakil kesiswaan meluputi : 1. Penerimaan siswa baru SMK Islam PB. Soedirman 1 2. Promosi : Loketa, Turnamen Futsal, Seminar Debat Bahasa Inggris, Tryout SMP, Presentase ke SMP 3. Masa Orientasi Peserta Didik dan Pendidikan Pendalaman Al Islam 4. Kegiatan Pengembangan diri dan Ekstrakurikuler : 4.1. Pendidikan Kehidupan Berbangsa,bernegara dan Belanegara 1. 2. 3. 4. 5. Pelatihan Paskibra Pembentukan Team Pramuka Inti Reorganisasi Pengurus MPK/OSIS Latihan Dasar Kepemimpinan Keikut-sertaan dalam kegiatan Gugus Depan Pramuka

4.2. Pendidikan Kesegeran Jasmani dan Beladiri 1. Pelatihan Olah raga dan Kesegaran Jasmani(Senam Pagi, Futsal, Voli Putra, Basket dan Sepak Bola, Beladiri : Karate, Tapak Suci) 2. Pembentukan team olah raga sekolah 4.3. Pendidikan Jurnalistik dan Penerbitan 1. Pelatihan Penulisan dan Pembuatan laporan (Jurnalistik) 2. Peliputan dan Reportase kegiatan Jurnalis

4.5. Pendidikan Apresiasi dan Kreasi seni-budaya Pembentukan team kesenian (Marawis. Kegiatan Pembinaan Siswa "Membentuk Karakter BerBudaya"  1. 3. 7. Da’I. janazah. 2. 2. 2. waris Menghidupkan Majelis-majelis Zikir. 3. 6. Ancol Gelar Pentas Seni Islam SMK 1 (PENSIL SMK1) Pembuatan Seni Kaligrafi Islam 5. 5. zakat fitral. Kegiatan Hari-hari Besar Agama dan Nasional 1. 4. 4. 3. 2. Bilal. Nasyid. infaq. sodaqoh dan mal) Idul Adha (Baksos dan penyembelihan hewan qurban) Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Peringatan Isro Mi’raj Peringatan 1 Muharram (tahun baru hijriah) . Mua’zin. Pendidikan Apresiasi Seni dan Budaya 1. 4. Penerbitan Mading (Majalah Dinding). 8. 6. 5. Pendidikan Ke-Organisasi-an dan Ke-Pemimpin-an 1. Band) Pelatihan dan Pembinaan secara rutin Mengikuti lomba dan pentas seni di TMII.3. 4. Qori. Pelatihan Peningkatan Skill Ibadah: shalat khusyu. Kegiatan Pembinaan Kedisiplinan Siswa Pemetaan Siswa (Bermasalah dan Berprestasi) Razia kebersihan dan ketertiban kelas Razia ketertiban dan kedisiplinan Siswa Malam Bina Iman dan Taqwa (MBIT) The Challenge Wisata Rohani Outbond (Program Outdoor Activity) 6. Dhuha dan Muhasabah Pelatihan MC. 4. Pendidikan Penghayatan dan Pengamalan Ajaran Islam (PPPAI) 1.6. dan EO Pelatihan Hafal Al Qur’an 4. Karikatur. 3. Reorganisasi kepengurusan MPK dan OSIS Latihan Dasar Kepemimpinan Pelantikan Pengurus MPK dan OSIS Pembinaan dan Pengembangan Keorganisasian Pengurus OSIS 4. 3. 6. Cerpen 4. Pesantren Kilat Ramadhan Idul Fitri (Baksos. Penerbitan Majalah sebagai Media Informasi dan Komunikasi 4. Puisi. 5. 2.

Zafrita Moenir 2. S Pd 3. berinovasi dan menjadikan sekolah sebagai Wiyatamandala 3. Memotivasi semangat belajar mencapai prestasi belajar siswa 5. Drs. Milad Yayasan Masjid Panglima Besar Jendral Soedirman 11. Sebagai langkah persiapan dan perencanaan kerja wakil. Sebagai bahan pelaporan kepada kepala sekolah / Yayasan SASARAN dan TARGET yang ingin dicapai : 1. Peringatan 10 Muharram 8. Sebagai bahan evaluasi terhadap keberhasilan dan ketidak-berhasilan dalam pelaksanaan program 5. HUT RI Kemerdekaan Indonesia 9. Melaksanakan kegiatan yang diperintahkan Dinas Pendidikan Nasional TUJUAN Penyusunan Program Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiwaan ini bertujuan : 1. Mahruddin. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negative yang berasal dari dalam maupun dari luar sekolah 4. Drs. Sebagai bentuk pembagian kerja antara wakil kepala sekolah dengan stafstafnya dan para pembinanya 3. staf dan Pembina Kesiswaan 2. Sebagai pedoman dan control kegiatan bidang kesiswaan selama satu tahun pembelajaran 4. Mengembangkan kreatifitas siswa sesuai dengan bakat dan kemampuannya 2.7. Peringatan Hari Guru 10. Meningkatkan peranserta siswa dalam berkreasi. Menumbuhkan semangat Silaturrahmi dan Ukhuwah IslamiyahSUMBER DAYA MANUSIA SUMBER DAYA Untuk melaksanakan tugas/kerja Kepembinaan Siswa. Sarbani 6 (enam) orang gutu menjadi Pembina Siswa . kami melibatkan beberapa orang Guru dan Karyawan antara lain : 3 (tiga) orang guru menjadi Staf Wakil Bidang Kesiswaan 1.

6. Ruhaeny Rizky. Drs.1. S Ag Drs. S Si Drs. Mujianto Siti Nurhasanah. MPd 3 (tiga) orang guru BP 1. 2. S Psi 3. S Psi . Siti Nurhasanah. 5. H. Laely Arfah. S Psi 2. S Psi Novi Dwi Indarini. Agus Arifudin Gunawan. 4. 3. Berdikari.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful