PADANGPANJANG, KOMPAS.

com - Pemerintah Kota Padangpanjang, Sumatera Barat akan menerapkan kurikulum 2013 pada sekolah dasar secara penuh atau 100 persen mulai tahun ini. "Kita tidak ingin ada pembedaan sistem pembelajaran di sekolah dasar dengan penerapan kurikulum 2013," kata Wali Kota Padangpanjang Suri Syam di Padangpanjang, Minggu (27/1/2013). Dia menegaskan hal tersebut menanggapi instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menerapkan 30 persen dari kurikulum 2013. "Tanggung menerapkan 30 persen, sehingga kita putuskan 100 persen," kata dia. Sebelum menerapkan 100 persen kurikulum 2013, tenaga pengajar yang di bumi Serambi Mekkah itu akan dilatih terlebih dahulu. "Kita akan menyiapkan jadwal dalam waktu dekat ini untuk pelatihan para guru itu agar pembelajaran bisa berjalan lancar," kata dia. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim di Padangpanjang menyebutkan, pemberlakukan kurikulum 2013 30 persen wilayah dan tidak tertutup kemungkinan lebih. "Kalau ada daerah yang bisa 100 persen seperti Padangpanjang ya silakan saja, karena penerapan 30 persen itu sifatnya minimal," kata dia. Dia menjelaskan, kurikulum 2013 sebelumnya juga sudah ada pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) . Dengan adanya perubahan kurikulum di dunia pendidikan juga akan merubah pola pikir anak dalam menimbah ilmu pengetahuan. "Kurikulum 2013 ini akan mendidik anak lebih kreatif dan tidak terlalu menitik beratkan pada aspek kognitif," kata dia. Kurikulum 2013 kata dia, juga tidak akan membuat guru menjadi sibuk dengan merancang silabus dan pola pembelajaran, sehingga efektivitas pembelajaran lebih maksimal.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menjelaskan mengenai Kurikulum 2013 saat berkunjung ke Kantor Redaksi Kompas, Jakarta, Jumat (21/12).

Kurikulum 2013 Tetap Diberlakukan
Jumat, 25 Januari 2013 | 02:25 WIB kompas

Mataram, Kompas - Kurikulum 2013 akan tetap diberlakukan mulai Juli 2013 meski masih banyak kalangan masyarakat yang mempertanyakan kesiapan implementasinya. Kurikulum baru ini pun tidak perlu diuji coba karena merupakan penyempurnaan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan hal itu, Kamis (24/1), di Mataram, Nusa Tenggara Barat. ”Persiapan akan dimatangkan. Masih ada lima bulan. Kebanyakan yang keberatan karena tidak memahami konsepnya secara utuh,” ujarnya. Konsep kurikulum berikut rencana implementasinya saat ini masih dibahas berbagai kalangan, termasuk Panitia Kerja Kurikulum di Komisi X DPR. Sikap panja akan diumumkan pekan depan dan akan ada rekomendasi-rekomendasi setelah selama sekitar dua pekan melakukan dengar pendapat dengan berbagai kalangan masyarakat. ”Rekomendasi dari siapa pun tetap akan kami terima dengan baik dan akan kami olah. Dalam dunia pendidikan banyak aliran atau pandangan berbeda. Jangan paksakan harus ikut aliran tertentu. Yang akan melaksanakan tetap pemerintah,” ungkap Nuh.

Mengkaji Pemajuan Ujian Nasional
Ki Supriyoko Seiring pemberlakuan Kurikulum 2013 pada tahun ajaran baru mendatang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana memajukan ujian nasional di SMA dan SMK. Ujian nasional (UN) yang biasanya diselenggarakan pada kelas XII akan dimajukan di kelas XI. Argumentasinya, agar siswa SMA lebih berkonsentrasi pada persiapan masuk perguruan tinggi, sedangkan siswa SMK lebih berkonsentrasi menyelesaikan pelajaran praktik yang menjadi ciri khas siswa kejuruan. Rencana ini menyulut kontroversi: ada yang sependapat dan ada yang menentang. Aneh tetapi nyata, beberapa pejabat pendidikan di daerah berani berpendapat berbeda. Para ahli dan praktisi pendidikan selama ini mengklasifikasi ujian menjadi dua jenis: ujian masuk atau ujian prediksi (prediction examination) serta ujian keluar atau ujian prestasi (achievement examination). Uji kandidat Disebut ujian masuk atau ujian prediksi karena biasa digunakan untuk menguji kandidat yang akan masuk pada program pendidikan tertentu. Soal ujiannya adalah materi yang akan dipelajari dalam program pendidikan tersebut. Ilustrasi konkretnya adalah seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur tertulis yang digunakan untuk menyeleksi para calon mahasiswa. Soal SNMPTN jalur tertulis adalah materi yang akan dipelajari kandidat pada PTN, bukan materi yang dipelajari siswa di SMA atau SMK. Jenis kedua disebut ujian keluar atau ujian prestasi, biasa digunakan untuk menguji kandidat yang akan keluar dari program pendidikan tertentu. Soal ujiannya adalah materi yang sudah dipelajari dalam program pendidikan tersebut. Ilustrasi konkretnya ialah UN pada SMA atau SMK yang digunakan untuk meluluskan siswa dari SMA atau SMK. Soal UN adalah materi yang sudah dipelajari siswa ketika mengikuti pembelajaran di SMA atau SMK, bukan materi yang akan dipelajari siswa di perguruan tinggi nantinya. Ujian tengah program Bagaimana dengan UN yang akan diselenggarakan di kelas XI SMA dan SMK? Ujian yang diselenggarakan di kelas XI bukan ujian masuk dan bukan ujian keluar. UN yang akan diselenggarakan di kelas XI adalah ujian di tengah program yang sama sekali tidak ada dalam referensi.

Dengan kesungguhan belajar yang rendah dapat dipastikan prestasi belajar siswa tidak maksimal. di Jakarta. Jenis ujian ini sama sekali tidak untuk menguji kandidat yang ingin keluar atau menyelesaikan program pendidikan tertentu sebagaimana UN di SMA dan SMK. dapat dipastikan kinerja pendidikan nasional juga tidak optimal.com — Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih terus mempertanyakan pelaksanan uji publik Kurikulum 2013 kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). KOMPAS. Dengan kondisi ini. Kalau prestasi belajar tidak maksimal. Dengan demikian. Herlini Amran. "Saya menilai." ujar anggota Komisi X DPR.Dalam Teori Evaluasi Pendidikan memang ada yang namanya ujian diagnostik yang digunakan untuk menjajaki sejauh mana penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran yang akan diberikan guru atau dosen. tidak mungkin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. aneh kalau UN akan diselenggarakan di kelas XI SMA dan SMK. pelaksanaan uji publik ini kurang ideal sehingga wajar saja jika ada pihak-pihak yang menganggap uji publik sekadar formalitas atau terkesan dipaksakan. ada yang mengeluhkan tidak adanya sesi tanya jawab. Salah satunya menyangkut kesungguhan belajar siswa yang berujung pada kualitas pendidikan nasional. Menurut dia. . Apabila UN SMA dan SMK diselenggarakan di kelas XI. siswa akan menganggap prestasi belajar di kelas XII tidak menentukan kelulusan dirinya. Minggu (13/1/2013). Tanpa lulus UN. Kesimpulannya. rencana menyelenggarakan ujian nasional dari kelas XII menjadi kelas XI di SMA dan SMK layak dikaji ulang. Ki Supriyoko Wakil Ketua Majelis Luhur Tamansiswa serta Doktor di Bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Uji Publik Kurikulum 2013 Terkesan Dipaksakan JAKARTA. ada yang merasa terlalu digiring pada power point paparan uji publik. Menyelenggarakan UN di tengah program bukan tanpa risiko. siswa berpotensi tidak bersungguh-sungguh melakukan pembelajaran. Apalagi mereka tahu konsekuensi tidak lulus UN: keluar dari sekolah dan bergabung dalam barisan drop out. Malah ada yang meragukan utilisasi masukan publik jika silabus atau modul atau bukunya sudah jadi dan lain sebagainya.

" ungkapnya. Akan tetapi. mengatakan. Karena itu. saat dihubungi terpisah. "Banyak yang tidak setuju terhadap pergantian kurikulum 2013 ini. Siswa memiliki kebebasan mengembangkan minatnya." tambahnya. Terus terang saya sukar mempercayai validasinya. Editor : Tjahja Gunawan Diredja Mendikbud: Kurikulum 2013 Tidak Bisa Ditunda . dalam hal ini guru. saya sangat takjub dengan hasil survei yang 'angka-angkanya' begitu mendukung implementasi Kurikulum 2013 dari pemaparan Mendikbud.(LUK) "Jangan sampai semua masukan itu ditabulasi saja. sementara konsepsi akhir kurikulum sudah dibuat duluan. ”Tidak ada lagi penjurusan. sementara konsepsi akhir kurikulum sudah dibuat duluan.Katanya. Penyerapan gagasan dan masukan pihak perguruan tinggi atau lembaga pendidikan terkait secara tertulis dinilai Herlini sangat strategis. pihaknya berharap Kemdikbud bisa memberikan penjelasan lebih detail kepada publik dan Panja Kurikulum 2013 di Komisi X DPR. S Hamid Hasan dari tim inti pengembangan Kurikulum 2013 yang juga Ketua Umum Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia. banyak dari masyarakat. dengan Kurikulum 2013. pengurus sekolah. Ia mempertanyakan pihak mana saja yang terlibat dan input apa saja yang sudah diterima Kemdikbud. Namun. saat melaksanakan reses bulan lalu dan melakukan serap aspirasi terkait perubahan kurikulum 2013 itu. ia memahami adanya kekhawatiran sejumlah kalangan pada tahap pelaksanaan." tambahnya. Indonesia akhirnya meninggalkan sistem persekolahan yang sudah tidak lagi dianut oleh sejumlah negara. tetapi peminatan. mempertanyakan persiapan pemerintah terkait pergantian kurikulum ini. dan orangtua murid. "Jangan sampai semua masukan itu ditabulasi saja.” kata Hamid.

"Kami minta pemerintah bisa menyiapkan secara serius. pelaksanaan kurikulum baru sudah tidak ada lagi tawar-menawar. di Semarang. keterampilan. pemerintah tetap melaksanakan kurikulum. "Kita harus bergerak. Ketua Komisi X DPR Agus Hermanto mengatakan. dan pengetahuan. Pelaksanaaan Kurikulum 2013 yang direncanakan pemerintah mulai tahun ajaran baru nanti tidak bisa ditunda.com — Meskipun masih banyak pro dan kontra. perubahan ke Kurikulum 2013 penting dalam proses peningkatan mutu pendidikan." ujar Agus. Jika kita menunda. Implementasinya secara bertahap tetap harus dimulai tahun ajaran nanti. taruhannya besar terhadap masa depan generasi bangsa. nanti pelatihan guru. Minggu (13/1/2013)." ujar Nuh. jangan menunda-nunda.com — Sosialisasi Kurikulum 2013 dilaksanakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Karena itu." kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam pengarahan tentang Kurikulum 2013 di kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah.SEMARANG. Generasi muda Indonesia perlu disipakan dalam kompetensi sikap. KOMPAS. Begitulah tekad pemerintah untuk melaksanakan kurikulum baru pada tahun ini. "Tidak bisa perubahan Kurikulum 2013 ditunda hingga tahun depan. Editor : Tjahja Gunawan Diredja Sosialisasi Kurikulum Digencarkan SEMARANG. Sekarang tahap sosialisasi. Sebab. . persoalan pendidikan Indonesia menghadapi masalah penting dan genting. Menurut Nuh. Perubahan kurikulum harus berkesinambungan dan terukur. KOMPAS. Indonesia mendapat berkah bonus demografi dalam kurun waktu 2010-2035.

fase sekarang sudah memasuki sosialisasi ke berbagai kalangan pemangku kepentingan pendidikan soal isi kurikulum dan strategi implementasi. Mendikbud dihadirkan sebagai pembicara kunci dalam forum silaturahim pendidikan se-Jawa Tengah di Semarang. "Sosialisasi dilakukan di tingkat provinsi sampai tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Mendikbud sejak awal Januari menghadiri sosialisasi di tingkat provinsi. Pelatihan Guru untuk Kurikulum Baru JAKARTA.com — Untuk mematangkan penerapan kurikulum baru yang akan berlangsung pada Juli mendatang. Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah Nur Hadi Amiyanto mengatakan. KOMPAS. Pertemuan dihadiri 350 orang dari beberapa pemangku kepentingan Jawa Tengah. hingga pengawas. Hadir pula Ketua Komisi X Agus Hermanto. pihaknya siap melaksanakan Kurikulum 2013. lembaga pendidikan tenaga kependidikan.Sosialisasi ini untuk meyakinkan pemangku kepentingan pendidikan bahwa pemerintah sudah siap dengan isi dan strategi implementasi Kurikulum 2013." kata Nuh. Dimulai di Jambi. akhir pekan ini sosialisasi dilaksanakan di Tangerang (Banten) dan Semarang (Jawa Tengah). Nuh mengatakan. Karena itu. Editor : Tjahja Gunawan Diredja Maret. "Tapi kesiapan melaksanakan Kurikulum 2013 belum mantap benar. Minggu (13/1/2013). lembaga penjaminan mutu pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan . kami meminta Mendikbud untuk bisa memberikan pengarahan kepada dinas pendidikan." kata Nur Hadi.

" kata Nuh dalam seminar nasional bertajuk "Strategi Mengimplementasikan Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional" di Kampus Universitas Terbuka. semua guru harus disiapkan menguasai konten Kurikulum 2013 sebelum tahun ajaran baru 2013/2014. Sabtu (12/1/2013). Tangerang. kepala sekolah. inovasi. dan pengawas pendidikan agar siap mengimplementasikan kurikulum pengganti dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Rencananya Kemdikbud akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan masing-masing daerah dan LPMP dalam penyelenggaraan pelatihan ini. Perubahan yang ditawarkan Kurikulum 2013 ini membuat generasi muda Indonesia kreatif. guru yang memegang kunci penting dari kurikulum ini akan dilatih dengan intensif. dan berkarakter. dan X. Guru sudah siap untuk menerapkan kurikulum ini. Tangerang.com ." kata Nuh. Pembelajaran menekankan pada kreativitas. Untuk itu. dan karakter. "Pelatihannya akan dilakukan pada bulan Maret.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meyakini Kurikulum 2013 akan mentransformasi pendidikan nasional.menyelenggarakan pelatihan guru pada bulan Maret mendatang. mengatakan. saat Sosialisasi Kurikulum di Universitas Terbuka. KOMPAS. baca : KURIKULUM 2013 Tak mau ketinggalan informasi seputar pendidikan dan beasiswa? Yuk follow Twitter@KompasEdu! Editor : Caroline Damanik Mendikbud : Kurikulum 2013 Pokoknya Top TANGERANG. pelatihan ini ditujukan bagi guru. VII. inovatif. Ia juga meyakinkan bahwa kurikulum baru ini akan mampu mengolah bonus demografi yang dimiliki Indonesia saat ini sehingga 30 tahun ke depan anak-anak usia produktif ini dapat menjadi modal pembangunan bangsa ke arah yang lebih baik. . Intinya." jelas Nuh. Sabtu (12/1/2013). IV. Mohammad Nuh. "Sebelum tahun ajaran baru dimulai. Berita terkait. Guru yang diprioritaskan guru kelas I. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. "Pokoknya top-lah Kurikulum 2013.

Sosialisasi Kurikulum 2013 masih sangat lemah sehingga banyak pihak. . takdir Indonesia ini kan sebagai negara multikultur. sebaiknya penerapan Kurikulum 2013 ditunda.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh Nuh memaparkan pada para guru dan dinas pendidikan se-Kota Tangerang Selatan bahwa pembelajaran yang ditawarkan dalam Kurikulum 2013 juga ada pengaruhya pada perilaku sosial. kata Nuh. sosialisasi harus terus ditingkatkan dan jika pada saatnya masih belum sesuai harapan. Menurut Nuh. dan karakter. "Guru merasa selalu benar sehingga tidak mau terbuka pada cara berpikir yang berbeda. siswa tidak kreatif dan tidak berani berbeda. Guru bisa membantu siswa memiliki toleransi yang dimulai dari pembelajaran di ruang kelas." kata Nuh." papar Nuh. Sikap toleran harus kita bangun." -. yang satu-satunya benar harus berubah. Akibatnya. Hal itu mengemuka dalam rapat kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Komisi X DPR tentang Kurikulum 2013. Pembelajaran menekankan pada kreativitas. yang belum tahu isi kurikulum baru. Mengubah pola pikir guru dan metode pembelajaran menjadi tematik integratif bukan hal mudah dan membutuhkan waktu paling tidak satu tahun. di Jakarta. selama ini para guru hanya membuka peluang satu jawaban. "Pendekatan dalam pembelajaran yang seragam harus berubah. inovasi. siswa akan belajar untuk menghargai perbedaan. Kompas . Kamis (10/1) malam."Pokoknya top-lah Kurikulum 2013. termasuk guru-guru. "Sebab." ujar Nuh. Karena itu. 12 Januari 2013 | 02:35 WIB Dibaca: 234 Komentar: - | Share: Jakarta. Dengan pembiasaan terbuka pada pikiran yang berbeda. Editor : Rusdi Amral Kurikulum Kurang Tersosialisasikan Sabtu.

com . secara umum pihaknya tak menolak upaya ataupun konsep pengembangan kurikulum oleh pemerintah. ”Bagaimana kesiapan guru? Mengubah pola pikir dan kebiasaan guru mengajar itu tidak mudah. Zulfadhli. Anggota Komisi X. kurikulum baru menuntut kreativitas guru dan proses tersebut tidak mudah. Menanggapi komentar senada yang datang dari mayoritas anggota Komisi X. Ferdiansyah.Anggota Komisi X. Kunci keberhasilan implementasi kurikulum terletak pada ketersediaan buku pegangan guru dan siswa. pihaknya telah memiliki perencanaan utuh kurikulum hingga teknis pelaksanaan. Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Sunaryo Kartadinata menekankan. Namun. Nuh mengatakan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh tetap optimistis kurikulum baru akan bisa diberlakukan mulai lima bulan mendatang. (LUK) Perubahan Kurikulum Harus Berjalan TANGERANG. Komisi X menerima masukan dari para rektor lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) negeri dan swasta serta Persatuan Guru Republik Indonesia. ada desakan untuk mengundurkan waktu pelaksanaannya semata-mata karena waktu persiapan yang terlalu sempit. menegaskan. Kamis pagi. Sebelumnya. mengusulkan paling tidak ada uji coba terlebih dahulu di beberapa sekolah melalui skema percontohan.Perubahan kurikulum 2013 yang disiapkan pemerintah untuk memenuhi standar kompetensi lulusan. ”Insya Allah akan bisa karena pelaksanaannya secara bertahap. buku pedoman penilaian.” kata Zulfadhli. dan kesiapan guru. KOMPAS. dan standar isi yang merupakan tiga dari . Para rektor mendesak pemerintah membuat grand design yang jelas agar konsepnya tidak ditangkap secara parsial atau malah disalahartikan.” kata Nuh. hanya lima bulan. Banyak yang pesimistis dapat terlaksana dalam waktu singkat. standar proses.

La Ose. dinas pendidikan di daerah pun tak berinisiatif segera menyosialisasikan kurikulum yang akan diterapkan mulai Juni nanti. Kabupaten Muna. Para guru juga akan diberi pendampingan. Sabtu (12/1/2013). Sulawesi Tenggara. Jumat (11/1/2013). "Kami mengikuti informasinya di media dan mengunduh dari internet. SOSIALISASI KURIKULUM BARU tak MERATA JAKARTA. "Ada perbaikan dalam pendidikan dan pelatihan guru soal kurikulum. Perubahan kurikulum ini merupakan upaya serius pemerintah meningkatkan mutu pendidikan nasional. Bahkan. mengatakan. Nuh yakin para guru dapat dididik dan dilatih dengan baik dengan adanya master teachers yang ditunjuk pemerintah. perubahan kurikulum harus berjalan tahun ini. pimpinan sekolah dan guru-guru di Muna sampai saat ini belum mendapat sosialisasi perubahan Kurikulum 2013 secara resmi dari dinas pendidikan. "Jadi perubahan kurikulum itu boleh dilakukan. . tetap belum memahami apa yang perlu disiapkan.com — Sosialisasi perubahan Kurikulum 2013 di kalangan guru tidak merata." kata Nuh. Kepala SMAN 1 Lawa. Tangerang. Karena itu." kata La Ose." kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam Seminar Nasional bertajuk "Strategi Mengimplementasikan Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional" di Kampus Universitas Terbuka. Guru-guru segera disiapkan untuk perubahan kurikulum supaya implementasinya sukses di sekolah-sekolah. sosialisasi perubahan kurikulum 2013 yang siap dilaksanakan Juni nanti digelar di seluruh Indonesia untuk menyiapkan pemangku kepentingan. KOMPAS. Adapun soal sorotan guru yang belum siap.delapan standar nasional pendidikan. Namun. Menurut Nuh. Pemerintah melihat perubahan kurikulum harus segera diterapkan untuk memperbaiki generasi muda bangsa.

Persiapan Guru dan Buku Dipertanyakan JAKARTA. di Jakarta. diklat dan pelatihan? Karena untuk kurikulum ini dikatakan bimbingan teknis kemudian ada lagi diklat. Kepala SMAN 3 Palu. Ini harus dijelaskan. hingga saat ini pemerintah tidak pernah menjelaskan secara jelas tentang konsep. Untuk persiapan gurunya akan menyusul." kata La Ose. "Bukan cuma didiklat beberapa minggu. KOMPAS.com . lanjutnya. Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar. Ferdiansyah. apalagi jika sampai saat ini belum ada sosialisasi. Sulawesi Tenggara. "Baru pada tahap itu saja. "Ini nanti pelatih nasionalnya diambil dari mana.Menurut La Ose. Pasalnya. Kemudian akan dicetak berapa banyak dengan estimasi anggarannya. Justru harus ada pendampingan. sebenarnya guru-guru belum siap. DPR Desak Kemdikbud Serahkan 'Grand Design' Kurikulum . Dalam bagan anggaran yang diberikan pada anggota legislatif. "Jadi tolong dijelaskan bedanya bimbingan teknis. Apakah pemerintah menyediakan pendampingan untuk guru supaya siap melaksanakan perubahan kurikulum. Hal ini penting karena wilayah ini. Jangan membuat bingung." kata Ferdiansyah. Kemdikbud tidak menyebutkan dengan pasti bentuk pelatihan guru sehingga dinilai menimbulkan kerancuan. rawan diselewengkan alokasi anggarannya. "Kami perlu tahu bagaimana buku untuk anak dan buku masternya.Pembahasan kurikulum masih terus dilakukan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). sudah ada sosialisasi soal pokok-pokok perubahan kurikulum ke sekolah-sekolah di daerah ini. Jumat (11/1/2013)." kata Arasy. mengatakan. proses dan alokasi anggaran untuk program ini. mengatakan bahwa pihaknya masih belum mendapat rincian yang jelas dari pemerintah berapa jumlah yang akan dibuat termasuk anggarn pencetakan dan penggandaannya. Kemudian program master teacher yang sedang disiapkan pemerintah ini juga dinilai tidak jelas. Tidak hanya itu. Lalu penyiapan pelatih nasionalnya bagaimana dan berapa satuan harganya. Sementara itu. masalah persiapan guru juga masih menjadi sorotan." ujar Ferdiansyah. Berbagai pertanyaan juga kerap muncul dari para anggota legislatif terkait dengan kurikulum baru ini termasuk masalah pengadaan buku dan persiapan guru. yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK Muna. Guru membutuhkan pendidikan dan pelatihan yang cukup. Mana yang benar. M Arasy." tandasnya.

Tapi yang menurut saya bagus ini. "Kami bukan tidak setuju. Menurutnya. Kalau grand design.com . mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan melalu perombakan kurikulum.00 tersebut hanya dihadiri segelintir anggota Komisi X. "Tapi jika memang butuh substansi yang sangat rinci ya kami akan berikan. KOMPAS. mengatakan akan segera memberikan rincian tentang kurikulum baru tersebut pada para anggota legislatif. muncul kekhawatiran pada implementasinya dengan persiapan yang singkat seperti saat ini. DPR RI. Para anggota komisi yang hadir diberi kesempatan bertanya dan mengeluarkan pendapatnya pada pihak kementerian terkait masalah kurikulum. paparan yang dilakukannya selama ini sudah cuku jelas.com ." kata Utut saat membacakan kesimpulan Rapat Kerja di ruang rapat Komisi X. Namun penerapannya sebaiknya ditunda dan persiapannya dimatangkan terlebih dahulu. Namun selama ini dokumen yang diserahkan pada legislatif dinilai belum lengkap.JAKARTA. KOMPAS. belum tentu bagus untuk masyarakat.00 hingga pukul 00. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Kamis (10/1/2013) malam. Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDIP. Utut Adianto. ya selama ini yang kami jelaskan itu grand design. Dijumpai usai Rapat Kerja." jelas Nuh. Pasalnya.Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) masih bersikeras agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menunda pelaksanaan kurikulum 2013 ini. Wayan Koster. Saya juga tertarik dengan tematik integratif dalam kurikulum baru ini. Anggota DPR: Tunda Kurikulum Baru Sampai 2014 JAKARTA.Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendesak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk menyerahkan dokumen resmi yang memuat rincian jelas dan grand design dari kurikulum 2013 yang akan segera diimplementasikan pada Juli mendatang." kata Koster saat . Ia mengatakan bahwa dokumen resmi dengaan substansi yang jelas ini penting sehingga Panitia Kerja (Panja) Kurikulum yang sudah dibentuk dapat segera bekerja dan merumuskan rekomendasi yang tepat bagi program pemerintah ini. "Dokumen resmi ini kami minta segera diserahkan agar kami juga bisa segera membahas. Rapat kerja yang berlangsung selama lima jam dari pukul 19. mengatakan bahwa pihaknya siap membantu pemerintah untuk meyakinkan masyarakat agar kurikulum baru ini dapat terlaksana dan diterima. Pimpinan Rapat Kerja Komisi X.

Menurutnya. maka sebaiknya dilakukan uji coba terlebih dahulu. "Saya rasa tepat jika dilakukan 2014. "Karena ini kalau sampai gagal. Seperti diketahui. sekolah yang ada tidak akan melahirkan generasi usang atau terlambat dalam hal penguasaan pengetahuan. Nanti semua bidang studi ini akan diintegrasikan. PPKn.Rapat Kerja di Ruang Rapat Komisi X. Tapi kalau berhasil pemerintah yang dipuji. bahasa Indonesia. DPR akan yang disalahkan karena dianggap tidak sampaikan aspirasi rakyat yang belum siap. Dengan demikian. Matematika. Misalnya saja. Ia juga menjelaskan bahwa perubahan kurikulum ini bertujuan agar siswa dapat bersaing sesuai tuntutan masa depan dan siap menjawab tantang global." jelas Nuh." kata Nuh saat Sosialisasi Kurikulum di Universitas Terbuka. guru diminta agar tidak resah dengan implementasi kurikulum 2013 ini. Sedangkan mata pelajaran TIK akan diintegrasikan dengan mata pelajaran lain. Mohammad Nuh. KOMPAS. DPR RI. Namun jika pemerintah tetap menginginkan pelaksanaan pada tahun ini. bahasa daerah. Baiknya uji coba saja dulu atau piloting. jadi nggak perlu dipolitisi. Sementara mata pelajaran Bahasa Inggris tetap diajarkan seperti biasa kecuali untuk jenjang SD yang tidak wajib. mengatakan bahwa perubahan kurikulum pada tahun ini dijamin tidak akan merugikan guru bidang studi apapun. "Perubahan kurikulum hanya kegiatan akademis murni. Kurikulum Baru.com . untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) minimal harus ada enam mata pelajaran yaitu Agama. Jadi implementasinya akan well running. Seni Budaya dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan." ungkap Koster. guru TIK tidak perlu khawatir. Sabtu (12/1/2013). "Jadi guru-guru bidang studi seperti guru bahasa Inggris. Hal senada juga disuarakan oleh Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional. Ia mengamini pendapat rekannya agar Kemdikbud mau menunda pelaksanaan kurikulum baru pada tahun 2014 dan mematangkan persiapan terlebih dahulu. Ia menambahkan bahwa kurikulum yang digagas saat ini hanya mengatur jumlah minimal muatan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Tangerang. mata pelajaran bahasa daerah ini akan masuk dalam mata pelajaran Muatan Lokal yang ada di tiap sekolah. Guru Tak Perlu Resah AKARTA. Guru juga tidak perlu khawatir. Sunartoyo." ujar Sunartoyo. Kamis (10/1/2013) malam. Untuk itu. penundaan pelaksanaan kurikulum baru hingga 2014 dinilai lebih bijak daripada memaksakan untuk diterapkan pada tahun ini. Jadi posisi kami sulit di sini. Perubahan Kurikulum Agar Dibarengi Kemampuan Guru .Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kita tidak perlu malu untuk meningkatkan kemampuan seluruh guru yang ada saat ini karena dengan adanya peningkatan kapasitas tenaga pendidikan inilah akan memaksimalkan program perubahan kurikulum 2013. KOMPAS." katanya. . namun perubahan itu tidak akan berjalan maksimal jika sarana prasarana pendukung tersebut tidak disiapkan. KOMPAS." katanya. untuk memaksimalkan perubahan kurikulum tersebut tidak cukup dengan sosialisasi tetapi perlu adanya pembenahan di berbagai sarana dan prasarana pendukung program itu.Guru mata pelajaran muatan lokal Bahasa Jawa di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah takut tidak mendapat jam pelajaran jika kurikulum baru mulai diterapkan 2013 mendatang." kata Dekan FKIP Unsyiah Yusuf Aziz di Banda Aceh. LPTK yang ada juga harus ikut serta mendukung perubahan kurikulum dengan menyesuaikan kurikulum yang ada untuk diajarkan kepada calon pendidik tersebut. jika prasarana pendukung program perubahan kurikulum itu dibenahi secara bersamaan maka berbagai materi yang termuat dalam kurikulum itu dapat diimplementasikan di masa mendatang. Dijelaskannya. Dalam kurikulum baru. untuk mendukung perubahan kurikulum tersebut dinas pendidikan tidak bisa bekerja sendiri tetapi perlu adanya ikut serta perguruan tinggi yang mencetak tenaga pendidik. "Jika sarana pendukung seperti guru tidak diberi pemahaman yang memadai terhadap kurikulum ini. Ia juga menambahkan. perubahan kurikulum harus dibarengi dengan peningkatan kemampuan tenaga pengajar dalam mengimplementasikan program tersebut di lapangan. maka implementasinya akan terjadi seperti kurikulum sebelumnya. Minggu (6/1/2012). "Kami mendukung adanya ide kreatif terhadap perubahan kurikulum dalam upaya peningkatan hasil pendidikan yang lebih baik. Karena itu ia menyarankan agar seluruh guru yang ada saat ini perlu dilakukan peningkatan kapasitas kembali sehingga berbagai materi yang ada dalam kurikulum itu dapat diimplemtasikan di lapangan. mata pelajabran bahasa daerah dihilangkan dan hanya diganti mata pelajaran prakarya.com . Yusuf Aziz optimistis. Guru Bahasa Jawa Takut Tidak Dapat Jam Pelajaran PURBALINGGA." katanya.Pengamat pendidikan dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh menyatakan.BANDA ACEH. "Artinya.com .

Ketua MGMP Bahasa Jawa SMP se-Kebumen. Sabtu (22/12/2012).com . Prasetyo. mengatakan. Mereka khawatir tidak dipakai lagi. Kongres Bahasa Jawa di Surabaya 2011 mengamanatkan seluruh SD. dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 lalu. Padahal.Sekretaris Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa se-Purbalingga. "Memang ada kemungkinan menampung bahasa jawa dalam prakarya. Pengamat pendidikan dari Perguruan Kanisius. selain bahasa jawa masih ada beberapa muatan lokal lain yang berbeda-beda di setiap sekolah. mengatakan bahwa pengurangan mata pelajaran ini dinilai lumrah tapi kemudian bobot mata pelajaran yang ada . Yang lebih dikhawatirkan." jelasnya. Romo Baskoro. Kompetensi dalam kurikulum baru ini dinilai tidak seimbang. Dengan penghapusan muatan lokal bahasa jawa. berharap Mendikbud dan Tim Perumus Kurikulum 2013 di pemerintah pusat bijaksana sebelum menetapkan kurikulum 2013. dan 50 persen di antaranya sebenarnya sudah bersertifikasi. Padahal. KOMPAS. karena harus berbagi dengan muatan lokal lain. seni ukir. Secara teknis mereka belum tahu apakah guru mapel bahasa jawa harus mengampu mata pelajaran lain. Ilustrasi: Eksistensi bahasa Jawa mendapat ancaman terberat karena kedudukannya sebagai bagian dari budaya lokal yang tradisional mulai tegeser. dalam kurikulum 2013 hanya ada satu muatan lokal yakni prakarya yang diajarkan empat jam seminggu. guru dan sekolah mendapat kebebasan mengelola kurikulum pengembangan dari standar isi. dan Yogyakarta wajib mengajarkan bahasa jawa. Menurut Prasetyo. Saat ini dari sekitar 90 guru bahasa jawa di Purbalingga. Dalam pengembangan tersebut masih dibatasi adanya muatan lokal yang wajib dilaksanakan. SMP dan SMA di Jawa Tengah. Jawa Timur. para guru bahasa jawa benar-benar kebingungan menyambut rencana kurikulum 2013. Seperti elektronika. syarat 28 jam pelajaran dalam sepakan untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi dipastikan sulit dipenuhi.Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengganti kurikulum terus menuai kritik tajam dan penolakan dari berbagai pihak. Tetapi jam pelajaran tentu akan berkurang. guru bahasa jawa umumnya hanya mampu mengampu mata pelajaran tersebut. Editor : Agus Mulyadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Tak Imbang JAKARTA. hingga membatik. Eko Wahyudi.

Ia yakin bahwa masyarakat yang menolak tersebut memiliki alasan yang jelas. Mata pelajaran ini akan ditambah bobotnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan alasan agar membentuk anak-anak berperilaku baik dan berbudi pekerti luhur dalam kehidupan sosialnya.com. Pelatihan dengan durasi waktu singkat ini dianggap tidak cukup bagi ratusan ribu guru yang disasar oleh pihak kementerian. orang rajin ke gereja belum tentu jadi orang baik lho. Jadi yang menolak itu bukan asal kritik ngawur. mengatakan bahwa tidak mungkin berefek baik jika pelatihan guru hanya dilakukan dalam waktu enam bulan saja." imbuhnya. Mereka punya alasan yang baik dan jelas. KOMPAS. Hal ini tidak dapat dilakukan tanpa alasan pedagogik yang jelas mengingat penyusunan kurikulum harus memiliki landasan pedagogik yang kuat." kata Baskoro pada Kompas. "Contohnya saja. Jadi pemerintah belajar mendengarlah. Ferdiansyah. Semestinya pelatihan untuk guru lebih dari enam bulan dan ada uji coba selama tiga tahun seperti saat dimulainya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Rabu (26/12/2012). . Harusnya tidak demikian. ia mengambil contoh satu mata pelajaran yaitu Agama. Esensinya bukan itu. "Banyak catatan yang muncul dan itu ada landasannya jelas. "Siapa yang jamin sekarang kalau mata pelajaran agama ditambah lalu anak-anak jadi baik.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan waktu pelatihan guru terkait strategi implementasi kurikulum baru dalam jangka waktu enam bulan. Nah ini hampir sama seperti itu. ia meminta pada pihak kementerian untuk mau mendengarkan pendapat dari elemen masyarakat yang menolak penerapan kurikulum baru pada 2013 mendatang. Karena tujuan dia ke gereja apa dulu dan ngapain saja. Selanjutnya.. Untuk itu.. Anggota Komisi X DPR RI. Latih Guru dalam 6 Bulan? Mustahil." tandasnya.com ." ujar Baskoro. Ada yang ke gereja hanya duduk saja misalnya. JAKARTA.ditambah begitu saja. "Ini saya lihat antara kompetensi inti dan kompetensi dasar itu jomplang.

"Pelatihan guru dalam tempo enam bulan untuk ribuan guru mana mungkin. Anggaran Kurikulum 2013 Capai Rp 684. benar-benar super ambisius. Ini keinginan Mendikbud yang super ambisius. Bahkan menurutnya pola penganggaran untuk pelatihan guru masih membingungkan lantaran pihak Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengaku tidak ada penganggaran untuk pelatihan guru dalam rangka persiapan kurikulum baru. KOMPAS. Itu saja sudah ambisius. "Jadi minimal sama seperti KTSP lah tiga tahun. anggota legislatif menyetujui proses lainnya seperti uji publik yang sedang berjalan saat ini. di Jakarta." ujar Ferdiansyah." kata Ferdiansyah di Jakarta. guru tersebut berkewajiban menyampaikan ilmunya pada guru lain. Ia juga mengungkapkan kekhawatirannya pada sistem master teacher dengan pola guru ahli melatih guru lainnya yang akan diberlakukan oleh pemerintah dalam mempersiapkan guru. turun lagi jadi 70 persen yang disampaikan dan begitu seterusnya. Ferdiansyah.Meski proses tahapan perubahan kurikulum terus berjalan. Itu menunggu hasil Panja Kurikulum. Setelah selesai. Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar." jelas Ferdiansyah. Rabu (19/12/2012). "Saya tahu kurikulum itu wewenang pemerintah. Dari guru A ke guru B. "Kami menyetujui yang lain kecuali anggaran pelatihan guru dan pengadaan buku. Politisi Golkar ini memberi contoh misalnya guru ahli diberi pelatihan oleh pihak kementerian. "Nah misal dari guru ahli ke guru A. Anggaran untuk pelaksanaan uji publik di berbagai kota yang ada di Indonesia pun tak ikut dipermasalahkan oleh Panja Kurikulum yang terbentuk pada awal 2012 lalu. Kendati demikian. metode ini justru rentan gagal karena transfer ilmu yang diharapkan biasanya tidak sampai secara utuh." kata Ferdiansyah. Tapi kalau sudah membuat resah masyarakat. Namun masalah perubahan kurikulum ini telah membuat resah masyarakat sehingga para anggota legislatif perlu turun tangan. ilmunya yang sampai hanya 90 persen. Namun saat penyampaiannya tersebut pasti ada sedikit yang terlewatkan sehingga bobot pelatihan tersebut tidak lagi utuh. Takutnya kan semakin turun semakin hilang ilmunya. anggaran yang hendak digunakan untuk pengadaan buku dan persiapan guru akan ditahan sementara oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) hingga hasil rekomendasi dari Panitia Kerja (Panja) Kurikulum selesai dirumuskan. mengatakan bahwa dirinya memahami bahwa kewenangan kurikulum berada di tangan pemerintah. DPR tentu tak ada salahnya turun." tandasnya.com . Menurutnya.4 M JAKARTA. Apalagi ini enam bulan dan langsung implementasi. Rabu (19/12/2012). .

Ini pola penganggarannya masih membingungkan.4 milyar Penyediaan buku siswa: Rp 84. Adapun rinciannya sebagai berikut : Direktorat PSD untuk kurikulum: Rp 269.1 milyar Direktorat PSMK untuk penyediaan buku pegangan guru: Rp 3.Masalah pendidikan di Indonesia tak ada habisnya. JAKARTA. Kompetensi dan kualitas para pendidik tidak merata."Tidak ada anggaran pelatihan katanya.com . Guru dinilai sebagai masalah utama pendidikan di Indonesia." jelas Ferdiansyah. anggaran kurikulum baru ini mencapai Rp 684. Program "Indonesia Mengajar" mendapat sambutan dari lulusan berbagai universitas ternama untuk mengajar di berbagai dusun terpencil. Selasa (27/3/2012).6 milyar Penyediaan buku pegangan guru: Rp 4.7 milyar Penyedin buku siswa (SMK): Rp 66.6 milyar.3 milyar Direktorat PSMP untuk kurikulum: 130. Berdasarkan data yang dipegang oleh Panja Kurikulum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adanya anggaran untuk bintek.4 milyar Total: Rp 513.1 milyar Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) untuk bimbingan teknis guru: Rp 114.4 milyar yang terbagi menjadi Rp 513.4 milyar Penyediaan buku silabus kurikulum: Rp 4.8 milyar dan Rp 170.7 milyar Penyediaan buku silabus kurikulum (SMK): Rp 3.8 milyar Direktorat PSMA: 3.7 milyar Total: Rp 170. .6 milyar. Pemerintah "Ogah-ogahan" Benahi Guru Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan yang juga penggagas program "Indonesia Mengajar" (kiri) bertemu dengan jajaran redaksi harian Kompas di Jakarta. KOMPAS.

namun tidak bisa menghadirkan inspirasi agar para siswanya bisa meraih sesuatu. pemerintah enggak mau. para guru yang terlibat dalam program Indonesia Mengajar yang digagas dan dijalankannya sampai saat ini bergerak dengan acuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).com. Editor : Caroline Damanik Kurikulum 2013. Pemerintah melalui kementeriannya sebagai penjamin kualitas gurulah yang harus bertanggung jawab. Tapi sayangnya. tapi enggak ada anak yang mengeluh berat karena gurunya menyenangkan. menurut Anies. jika kualitas guru yang menerapkannya tetap sama." tambahnya. Ketua Program Indonesia Mengajar itu mengatakan materi dan mekanisme penerapan kurikulum tidak jauh berbeda. kualitas guru tidak terlalu baik. "Problemnya bukan pada ubah kurikulum atau tidak tapi pada kompetensi (guru). Oleh karena itu. tapi pemerintah maunya jalan yang cepat saja. Anies mencontohkan. "Secara umum. pekan lalu. Upaya untuk membenahi kompetensi dan kualitas guru tentu membutuhkan daya dan dana yang sangat besar. Kita melihat (pemerintah) cenderungnya mau gampangnya saja. tak ada keluhan dari anak didik di daerah-daerah mitra." tuturnya kepadaKompas." tuturnya. maka mustahil mencapai kemajuan yang signifikan. Namun. "Pengajar Muda pakai kurikulum nasional. Meski datang dengan kemasan yang berbeda. Anies Baswedan menegaskan bahwa dirinya tidak menyalahkan guru. Jadi masalahnya pada materi atau orangnya?" tandasnya kemudian. waktu lama. "Usaha akan besar. Ini (mengubah kurikulum) seperti mencari obat yang minumnya paling enak. Anies mengatakan. ada lebih dari 200 ribu institusi sekolah di seluruh nusantara. bukan obat yang paling efektif menyembuhkan. Kalau kita membereskan guru. Rektor Universitas Paramadina.Sebagian besar guru-guru Indonesia saat ini dinilai hanya mengutamakan kewajiban untuk mengajar dan mendidik secara kognitif. Nama Baru Konsep "Jadul" . kita bisa selesaikan porsi terbesar masalah pendidikan. utak-atik kurikulum bukanlah jalan keluar untuk membenahi pendidikan Indonesia.

Sekretaris Jendral National Education Watch." ujar Jonner. tidak ada jaminan bahwa kurikulum baru akan berjalan lancar. Tak ada hasil riset kenapa kurikulum harus diubah. Kurikulum 2013 Ditunda Saja Dulu! JAKARTA. KOMPAS. Konsep kurikulum baru ini dinilai sudah pernah muncul dalam kurikulum yang dulu pernah digunakan.JAKARTA. Sebagian besar berharap agar pemerintah melakukan uji coba terlebih dahulu daripada terburu mengimplementasikan kurikulum baru ini. Sementara itu. Anggota Komisi X DPR dari Fraksi Golkar. Meski diberlakukan bertahap pada kelas tertentu untuk tahun pertama pelaksanaan. Semua yang coba digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini hanya mengulang kurikulum yang dulu pernah digunakan. yaitu selama enam tahun." kata Ferdiansyah di Jakarta. Ferdiansyah. "Memang pemerintah memberi alasan. Lalu apa yang baru? Ini ganti nama saja artinya. Lebih baik ditunda dulu daripada bernasib sama seperti KTSP. di Jakarta. Itu kan sama seperti CBSA. Namun. mengatakan hal senada bahwa konsep yang diusung pada kurikulum baru ini tidak ada yang baru. uji coba harus dalam waktu yang lebih lama." tandasnya. jika dipaksakan. tapi itu seperti hanya bohong-bohongan saja karena wujudnya opini. mengatakan bahwa konsep proses pembelajaran yang mendorong agar siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar ini sebenarnya sudah diterapkan pada puluhan tahun silam dengan nama Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). KOMPAS. "Itu sebenarnya kan sudah pernah ada dalam kurikulum 1975 kalau tidak salah. mendorong siswa untuk aktif. Ferdiansyah. jika berharap pelaksanaan kurikulum baru dapat optimal. Untuk 2013. saya kan hasil dari CBSA itu. "Tidak ada yang baru sebenarnya. Ia pun memberi usul agar pemerintah melakukan uji coba minimal selama tiga tahun. Namanya CBSA. Ia juga menambahkan bahwa alasan yang dikemukakan oleh pihak kementerian juga tidak memiliki landasan kuat. Rabu (19/12/2012). bahkan terkesan hanya opini. mengatakan bahwa implementasi langsung dengan waktu yang singkat ini dikhawatirkan berdampak tidak baik. Jonner Sipangkar. Tidak ada hasil riset tentang dampak dari KTSP yang membuatnya harus diganti. dampaknya ada pada anak didik ke depan. ada baiknya pemerintah .com — Perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum baru pada 2013 mendatang dianggap tidak membawa sesuatu yang baru. Rabu (19/12/2012). tentu menjadi pertanyaan bagi publik mengenai perubahan kurikulum ini.com — Penerapan kurikulum baru yang akan dilakukan pada pertengahan 2013 terus ditentang banyak elemen masyarakat. "Ini takutnya amburadul saat di lapangan. pakar pendidikan Darmaningtyas mengatakan bahwa penerapan kurikulum baru sebaiknya ditahan hingga 2015 mendatang. Pasalnya. Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar." kata Ferdiansyah.

uji coba terhadap kurikulum baru akan jauh lebih efektif daripada hanya mengandalkan uji publik dan pelatihan guru melalui seminar tanpa ada uji coba. "Kalau saya sebenarnya setuju dilakukan uji coba dulu. Bagaimana bisa. bukan dengan sekadar ikutworkshop naik sepeda. Jadi jangan langsung implementasi. Senin lalu. KOMPAS." tambahnya. Mierza Miranti.com — Dewan Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta menilai bahwa draf kurikulum 2013 memiliki banyak kelemahan. "Saat ini. salah seorang guru dari Sugar Group Lampung. Akan efektif kalau uji coba. Guru juga tidak pernah dilibatkan langsung dalam proses pengembangan kurikulum 2013. Uji publik saja tidak cukup. Menurut dia. mata pelajaran non-UN juga memberikan kontribusi besar untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Wuryadi juga menilai tak adanya keseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil dalam kurikulum 2013. Selain itu. Beberapa waktu lalu. kan." ungkap Mierza.mempertimbangkjan untuk melakukan uji coba agar guru dan siswa tidak kaget. kurikulum 2013 bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional karena penekanan pengembangan kurikulum hanya didasarkan pada orientasi pragmatis. kurikulum 2013 tidak didasarkan pada evaluasi dari pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 sehingga dalam pelaksanaannya bisa membingungkan guru dan pemangku pendidikan. Kelemahan lainnya. atau workshop bagi guru itu hanya 20 persen. kurikulum 2013 ditetapkan tanpa ada evaluasi dari pelaksanaan kurikulum sebelumnya. training. . Contohnya orang belajar sepeda. KTSP saja baru menuju uji coba dan ada beberapa sekolah yang belum melaksanakannya. ia akan lebih cepat bisa jika praktik. lanjut Wuryadi. "Efek dari seminar. Ketua Dewan Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Wuryadi mencatat sejumlah kelemahan dari isi kurikulum yang rencananya akan mulai diimplementasikan pada tahun ajaran mendatang itu. Keseimbangan sulit dicapai karena kebijakan ujian nasional (UN) masih diberlakukan. "UN hanya mendorong orientasi pendidikan pada hasil dan sama sekali tidak memperhatikan proses pembelajaran. juga mengungkapkan hal senada. Ini Kelemahan-kelemahan Kurikulum 2013 YOGYAKARTA. Hal ini berdampak pada dikesampingkannya mata pelajaran yang tidak diujikan dalam UN." ujar Darmaningtyas." katanya di Yogyakarta. Kelemahan pertama. Padahal. pemerintah seolah melihat semua guru dan siswa memiliki kapasitas yang sama dalam kurikulum 2013.

" kata Wakil Ketua I Dewan Pendidikan DIY Heri Dendi. Kemang. maka seharusnya kualitas pendidikan di tanah air bisa jauh lebih baik dari Singapura yang anggaran pendidikannya tidak . kurikulum dibiarkan berjalan paling tidak selama 10 tahun agar ada hasil yang diperoleh. Jakarta. Jonner Sipangkar." kata Jonner saat jumpa pers mengenai penolakan kurikulum 2013 di Reading Room. PISA dan TIMSS. mengatakan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang hanya berumur enam tahun masih belum dapat dilihat hasilnya secara signifikan.com . Selain itu. Umumnya. Sementara Indonesia justru jauh terpuruk di peringkat bawah terkait kualitas pendidikan. pengintegrasian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang pendidikan dasar.Kelemahan penting lainnya. Itu dari kurikulum tahun 2004 ke 2006. Dewan Pendidikan juga akan mengirimkan hasil kajian tersebut kepada pihak-pihak terkait. DPR RI. KOMPAS. Sekretaris Jendral National Education Watch. Kemang.Kontroversi yang membelit perubahan kurikulum ini tak kunjung berhenti. Idealnya. Padahal anggaran pendidikan di Indonesia mencapai 20 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Karena melihat kelemahan-kelemahan ini. Ia mengambil contoh negara tetangga yaitu Singapura yang menjalankan konsep kurikulum tidak berbeda dengan Indonesia mampu menempati posisi keempat berdasarkan hasil riset dari Pearson. Jika berkaca pada besarnya anggaran ini. "Desain ulang terhadap kurikulum 2013 ini perlu dilakukan dengan turut melibatkan guru karena guru menjadi unsur penting dalam kurikulum baru itu. Apa yang bisa dilihat? Dampaknya apa?. negara lain membiarkan satu kurikulum berjalan selama 10 hingga 15 tahun agar pemetaan hasilnya terlihat jelas. Rabu (19/12/2012). Rabu (19/12/2012). seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ganti Kurikulum Setelah 10 Tahun National Education Watch saat melakukan jumpa pers terkait dengan perubahan kurikulum di Readin Room. Dewan Pendidikan DIY meminta pemerintah melakukan desain ulang kurikulum 2013. Idealnya. JAKARTA. "Ini baru dua tahun diganti. serta Presiden dan Wakil Presiden RI. juga baru enam tahun. Banyak pihak menilai perubahan kurikulum tanpa kejelasan waktu ini justru berdampak negatif pada pengembangan kualitas pendidikan. Sekarang dari 2006 ke 2013. Dewan Pendidikan DIY menilai langkah ini tidak tepat karena rumpun ilmu mata pelajaran-mata pelajaran itu berbeda.

Tarik ulur masalah kurikulum baru antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) masih terjadi. Karena untuk perubahan kurikulum itu mereka biasanya menunggu 15 tahun. mengatakan bahwa pihaknya mau menanti hasil rekomendasi dari Panja Kurikulum DPR RI. Jadi tunggu selesai reses. Nusa Tenggara Barat. Tapi sifatnya adalah rekomendasi saja. Kurikulum 2013 Belum Diperlukan? JAKARTA. keputusan mengenai masalah perubahan kurikulum ini tetap ada di tangan pemerintah sepenuhnya.com .com . KOMPAS. Fokusnya hanya pada peningkatan kualitas guru. KOMPAS. Mohammad Nuh. Wewenang kurikulum tetap ada di pemerintah." tandasnya. Para anggota legislatif menuntut agar pihak kementerian mau menunggu hasil rekomendasi Panitia Kerja (Panja) kurikulum. "Kami tetap menghargai apa hasil rumusan dari Panja. . Menteri Pendidikan dan Kebudayaan." kata Nuh seusai mengunjungi Pondok Pesantren Nadhlatul Wathon di Pancor. anggota legislatif ini juga sudah memberikan rekomendasi terhadap kurikulum baru ini. Sementara masa reses DPR RI sendiri juga berakhir pada bulan yang sama sehingga diharap rekomendasinya dapat segera diberikan terkait kurikulum baru ini. "Tidak apa kalau mau menunggu. Minggu (16/12/2012). Namun ia tetap meminta agar Panja bergerak cepat sehingga saat kementerian merampungkan rumusan hasil uji publik." jelas Nuh. Ini juga belum waktunya tender." tandasnya. "Anggaran di Singapura memang tidak besar. Tapi saya minta Panja juga bergerak cepat. Indonesia harusnya melihat itu. Kami juga tetap tunggu hasil Panja seperti apa biar saling memperkuat. "Januari sudah selesai uji publik dan dirumuskan hasilnya. Kemendikbud Bersedia Tunggu Rekomendasi DPR NUSA TENGGARA BARAT. Meski pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mau menanti rekomendasi yang akan dikeluarkan Panja kurikulum DPR RI.sampai 20 persen dari anggaran nasional. Ia mengungkapkan bahwa hasil rumusan uji publik ditargetkan selesai pada Januari tahun depan.Sejumlah praktisi pendidikan berpendapat bahwa kurikulum 2013 belum diperlukan karena perlu pengkajian lebih lanjut serta sosialisasi secara luas kepada masyarakat agar dapat memahami perubahan kurikulum tersebut.

com . mengatakan bahwa kurikulum baru yang tengah menjalani fase uji publik ini bertujuan utama membangun kemampuan berpikir anak secara ilmiah. Perlu waktu untuk sosialisasi kepada masyarakat agar dapat mengerti serta memahaminya. berbahasa. Kurikulum 2013 Dorong Anak Berpikir Lebih Ilmiah MATARAM. kurikulum yang sedang berjalan saat ini pada dasarnya baik. Mohammad Nuh. Senada juga dikatakan oleh seorang praktisi pendidikan lainnya Subagya. Dia yakin bahwa ini akan berdampak baik mengingat banyaknya laboratorium alami yang dapat dieksplorasi oleh anak-anak. sosial (EQ)." kata seorang praktisi pendidikan.Meski banyak meraih prestasi gemilang di kancah dunia dalam berbagai olimpiade sains dan matematika. Di Jerman hanya empat pelajaran yakni berhitung. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. tetapi tidak secepat ini. Subagya menjelaskan soft skill atau pendidikan karakter tercakup dalam ketangguhan pribadi (IQ)." kata Subagya. Sebaiknya ambil saja materi yang relevan dan penambahan soft skill atau pendidikan karakter sehingga bekal kemampuan dan keterampilan dasar untuk kehidupan sesuai bagi perkembangan anak usia SD yang optimal. "Kita ini punya laboratorium terlalu banyak. Hal ini sempat dimunculkan lewat penelitian Trends in International Mathematics and Science Study 2007 (TIMSS). Suwardi dan Subagya sependapat bahwa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bagi SD belum perlu untuk tersendiri sebaiknya digabungkan saja dalam mata pelajaran Pengetahuan Umum. Jadi semestinya bisa kita dorong lagi anak-anak ini . Tekanan pelajaran masih pada aspek kognitif. Sementara itu. dosen. dan seni. Lebih lanjut Suwardi Edhytomo menambahkan pergantian kurikulum ini membuat masyarakat panik sehingga perubahan kurikulum perlu waktu untuk dikaji terlebih dahulu serta diikuti dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dan sosial masyarakat. beban materi untuk anak Sekolah Dasar (SD) terlalu banyak. Daniel Goleman seorang ilmuwan Amerika Serikat menegaskan keberhasilan hidup manusia ditentukan oleh 15 persen ketangguhan pribadi (IQ) dan 85 persen justru oleh soft skill atau pendidikan karakter. "Namun."Sebenarnya pergantian kurikulum baik. rata-rata kemampuan berpikir anak Indonesia secara ilmiah tetap dianggap masih rendah. sekaligus staf penerbit buku sekolah Suwardi Edhytomo kepada Antara di Jakarta. terutama bagi masyarakat yang berkecimpung di dunia pendidikan. KOMPAS. Jadi. Selasa (18/12/2012). kurikulum 2013 ini belum diperlukan. dan spiritual (SQ). olahraga. terutama dari segi proses belajar.

Anak diberi ruang." ujar Zein. Pasalnya. Transfer ilmu pun terjadi.agar mampu berpikir scientific. konsep kurikulum yang digagas saat ini hanya akan sia-sia. Sekarang kalau kurikulum nggak diubah ya nggak dapat apa-apa. Minggu (16/12/2012). maka jawaban mereka langsung disalahkan tanpa dilihat proses anak menjawab. Nusa Tenggara Barat. pendekatan berbasis tematik integratif yang ditawarkan tetap diapresiasi. Jumat (14/12/2012). Intinya jika anak menjawab tidak sesuai dengan guru. KOMPAS. guru tak akan bisa dengan bebas mengembangkan tema bahasan karena ada koridor yang harus diikuti agar anak-anak bisa mengerjakan UN dengan baik. Untuk itu. anak-anak malas mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya karena kemampuan berpikir mereka dibelenggu pada hal-hal yang sifatnya biner. UN Tak Cocok Jadi Alat Evaluasi Kurikulum 2013 AKARTA. Namun." kata Zein saat Focus Group Discussion Menyoal Kurikulum 2013 di Gedung Dakwah Muhammadiyah." kata Nuh. mereka dapat lebih yakin terhadap suatu hal. UN mestinya bukan lagi menjadi pilihan . seusai mengunjungi Pondok Pesantren Nadhlatul Wathon di Pancor. "Metode seperti ini tanpa batasan dan dinamis sehingga akan jadi persoalan jika ujian nasional (UN) masih dijadikan alat evaluasi. Kalau sudah begini.com — Meski muncul banyak kritikan terhadap kurikulum baru yang akan diterapkan pada pertengahan tahun 2013 mendatang. sejalan dengan perubahan kurikulum. Praktisi pendidikan dari Universitas Paramadina. Dia menambahkan bahwa dengan tingginya intensitas anak melakukan observasi langsung tentang fenomena alam di lapangan." tandasnya. Jakarta. mengatakan bahwa metode tematik integratif ini membuka peluang guru dan siswa untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang tema bahasannya." jelas Nuh. "UN itu sangat rigid. "Kurikulum baru ini nanti tidak boleh seperti itu. Abduh Zein. Selanjutnya akan muncul berbagai pertanyaan kritis dari rasa ingin tahu anak-anak ini terhadap fenomena alam yang sedang diobsevasi. Anak-anak juga bebas mengobservasi dan mencari tahu sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Selama ini. Kalau begini. dengan pola pendekatan pendidikan semacam ini. apa yang berubah. bentuk evaluasi kepada siswa semestinya juga tidak lagi ketat. "Ini aktivitas intelektual akan berjalan. Ia mengungkapkan bahwa jika tetap dipaksakan mengevaluasi siswa dengan sistem UN. Kisi-kisinya ada dan umumnya yang keluar soalnya seperti itu sehingga guru mau tidak mau ikuti saja. tinggal diajari untuk menalar sesuatu.

com . ketua yayasan. Dalam kaitan itu. karena kurikulum baru masih tahap awal dan pemberlakuannya juga bertahap. karena siswa kelas 1-3 memang ditangani seorang guru yang merupakan guru kelas. sistem evaluasinya akan ada tiga aspek. tapi ketiga-tiganya." katanya." katanya. ia mengatakan peleburan itu bukan menghilangkan IPA dan IPS secara substansial. ketua dewan pendidikan.pemerintah untuk melakukan evaluasi pendidikan bagi para siswa di tiap jenjang. afektif. dan psikomotorik. Menurut Guru Besar ITS dan anggota Majelis Wali Amanah Unair Surabaya itu. sistem evaluasi afektif dan psikomotorik itu akan ditentukan dengan metodologi pembelajaran kurikulum 2013. evaluasinya bukan kognitif saja. sistem evaluasi juga akan ditentukan. Minggu (9/12/2012). Nantinya akan ada evaluasi sesuai kompetensi itu. katanya. "Sistem evaluasinya menyangkut lima pola yakni observasi (mengamati). Di hadapan ratusan kepala sekolah." katanya kepadaAntara setelah berbicara dalam Uji Publik Kurikulum 2013 di Surabaya. ketrampilan. "Tapi." katanya. sebab kurikulum 2013 belum jalan dan jalannya pun bertahap. associating (menalar). UN juga akan dikaji untuk menyesuaikan dengan tiga sistem evaluasi itu. katanya. Ditanya tentang peleburan mata pelajaran IPA ke dalam Bahasa Indonesia dan IPS ke dalam Pancasila dan PKN. kepala dinas pendidikan se-Jatim. . questioning (bertanya)." katanya. "Untuk siswa kelas 1-3 SD memang akan diberi pola pembelajaran yang tematik integralistik. kami tidak akan mengkaji sekarang. "Jadi. Oleh karena itu. "Tapi. dan sikap. ia mengaku kurikulum 2013 memang akan memiliki sistem evaluasi." katanya. siapa yang bagian evaluasi kognitif. Nanti. karena Kurikulum 2013 juga ada tiga kompetensi yakni pengetahuan. Pemerintah harus mulai mempersiapkan formulasi baru untuk alat evaluasi siswa menyesuaikan dengan metode pembelajaran pada kurikulum baru. Mendikbud belum rencanakan ubah UN 2013 SURABAYA. exprerimenting (mencoba) dan networking (membentuk jejaring/keIndonesiaan). dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya. guru kelas itu yang mengintegralkan pelajaran IPA dan IPS. "UN 2013 tidak akan terpengaruh kurikulum 2013.Mendikbud Mohammad Nuh menyatakan pihaknya hingga kini belum merencanakan untuk mengubah ujian nasional (UN) 2013 terkait dengan kurikulum 2013. KOMPAS.

termasuk dalam evaluasi." katanya. seperti komisi kepala sekolah dan guru. status. di Jakarta. mengatakan. tekanan air. Dalam uji publik itu. Pada beberapa uji publik." katanya. Nanti kami kaji lagi bersama tim ahli untuk memperbaiki hal-hal yang kurang. Proses yang sekarang masih lemah kita perkuat lagi dalam evaluasinya. Sebab. KOMPAS. mata pelajaran tentang air yang bersifat mengalir. Ujian nasional dievaluasi JAKARTA." tutur Nuh. dan sebagainya. "Uji publik kurikulum baru ini untuk menerima masukan yang dapat menyempurnakan kurikulum yang disusun pemerintah. Pemerintah meyakini pelaksanaan UN sudah mengakomodasi penilaian yang memperhitungkan proses belajar siswa. nilai UN hanya salah satu penilaian. perubahan kurikulum 2013 tidak berdampak signifikan dalam perubahan pembelajaran di sekolah.Misalnya. sehingga materi IPA-nya tetap ada secara substansial. sejumlah pemangku kepentingan pendidikan mendesak pemerintah mengembalikan UN sebagai pemetaan pendidikan. Selama UN masih berfungsi seperti saat ini. Disdik Biak Masih Validasi Data Peserta UN 2013 . Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. dan sebagainya. ada tambahan penilaian dari sekolah. peserta dibagi dalam komisi sesuai dengan jabatannya. penilaian ditekankan pada dua hal sekaligus. "Materi IPA itu akan masuk dalam pelajaran Bahasa Indonesia. cara aliran. yaitu proses dan output. standar. komisi kepala dinas pendidikan.com — Implikasi perubahan ujian nasional (UN) pada perubahan kurikulum 2013 disorot. Pemerintah diminta mengevaluasi UN sebab sistem penilaian pun tidak semata dari tes. "Dua-duanya penting. yakni penentu kelulusan. Senin (3/12/2012). komisi ketua dewan pendidikan dan LPMP.

252 (Negeri 772 siswa dan swasta 480 siswa). untuk jenjang pendidikan SMA 1.com . Dia berharap.028 ( SD negeri 1. Sedangkan untuk tingkat pendidikan SMA terdiri Bahasa Indonesia. Senin mengakui.BIAK. Kepala Bidang Pendidikan dan Pengajaran Disdik Biak Numfor Drs Piet Havarubun dihubungi di Biak.706). Senin (26/11/2012). Berdasarkan data peserta UN 2012 Biak Numfor jenjang pendidikan SD 3." ujar Kabid Dikjar Disdik Piet. "Hingga sekarang Disdik belum memperoleh data jumlah siswa peserta UN 2013 karena masih berlangsung pengecekan nama siswa di setiap sekolah. IPS dan Bahasa. Bahasa Inngeris. SMK 556 siswa terdiri siswa negeri 141 orang dan swasta 415 siswa.Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Biak Numfor. Papua hingga akhir November 2012 masih memvalidasi data siswa peserta Ujian Nasional (UN) tahun 2013. Materi pelajaran yang diujikan dalam UN pada tahun ajaran 2012/2013 untuk SD bidang studi Bahasa Indonesia. KOMPAS. Matematika serta ditambah bidang studi sesuai jurusan IPA.322 dan swasta 1. SMP 2. . sistem validasi data peserta UN dilakukan secara online sehingga setiap kepala sekolah diminta memasukan data siswa tepat waktu.389 siswa. IPA dan Matematika. semua kepala sekolah berbagai jenjang pendidikan SD hingga SMA/SMK segera menuntaskan data siswa peserta UN sehingga tidak terhambat ientry data identitas setiap siswa. Sementara SMP empat mata pelajaran diantaranya Bahasa Indonesian Bahasa Inggeris dan IPA.

ia mengaku optimistis para peserta UN bakal tenang mengerjakan soalsoal karena 20 peserta dalam satu ruang akan mengerjakan 20 variasi soal sehingga peserta tidak mengalami gangguan dari temannya. kemungkinan.Mendikbud: Peningkatan Variasi Soal UN Tingkatkan Konsentrasi AMBON. kemungkinannya soal sulit akan ditambah menjadi 20 persen. belum ditetapkan apakah tetap di angka 5. dan soal sedang sebanyak 70 persen. . dan 10 persen soal sukar. Untuk UN 2013." kata Mendikbud. "Rancangannya sudah disiapkan dan berdasarkan kajian sementara akan strategis bagi peserta UNkarena mereka bisa lebih konsentrasi dalam mengerjakan lembaran-lembaran soal. Lebih dari itu. tingkat kesulitan dalam UN 2013 akan berubah. "Ini masih belum ditetapkan sehingga perlu dimatangkan lagi agar penerapannya benar-benar menjawab program meningkatkan kualitas SDM warga Indonesia. "Sasarannya yang lulus pelaksanaan UN harus berkualitas agar Indonesia memiliki sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan jujur. Di sela-sela pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Mahasiswa Tingkat Nasional XII di Ambon." ujarnya. akan dapat meningkatkan konsentrasi peserta ujian." katanya saat dikonfirmasi Antara di Ambon.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan. variasi soal pada Ujian Nasional (UN) 2013. Pertimbangannya. Mengenai standar kelulusan." tandas Mendikbud. ia mengatakan. KOMPAS. Namun. yang akan ditingkatkan jenisnya dibandingkan dengan UN 2012. lalu soal mudah sebanyak 10 persen. tingkat kesulitannya yaitu 10 persen soal mudah. pada UN 2012. Menurut dia. upaya yang dirancang itu juga akan mengantisipasi kemungkinan adanya kebocoran soal yang sering meresahkan para siswa.5 atau akan dinaikkan lagi pada UN 2013. 80 persen soal sedang. baik sejak persiapan hingga saat UN karena mempersiapkan diri seoptimal mungkin agar berhasil lulus. hal ini pun bisa meningkatkan kepercayaan diri peserta UN sehingga meningkatkan kualitas lulusan. Minggu (14/10/2012) malam. "Terpenting peserta UN lebih konsentrasi. katanya.

Siswa Dicurigai Curang JAKARTA. KOMPAS.20 Variasi Soal Ujian. memperbanyak variasi soal ini merupakan bentuk ketidakpercayaan pada anak-anak." jelas Aman. dengan 20 variasi soal UN ini. Kisi-kisi UN 2013 Disosialisasikan Pekan Depan .com . Langkah ini juga merupakan langkah preventif untuk meminimalisir kecurangan yang kerap dituduhkan terjadi pada saat penyelenggaraan UN." ujar Lody saat dihubungi di Jakarta. masalah ujian nasional bukan pada soal tapi pada penyelenggaraan UN. ini kan berarti pemerintah sudah mengganggap kalau anak-anak ini pasti akan berbuat curang. Aman Wirartakusumah. saat jumpa pers Penyelenggaraan UN 2013 di Gedung A Kemendikbud. Namun menurut pengamat pengamat pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Lody Paat. anak-anak akan lebih fokus untuk mengerjakan soalnya. Kamis (11/10/2012). Jadi enggak usah lagi tengok kanan kiri. "Dalam satu kelas semua soalnya berbeda.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuat 20 variasi soal Ujian Nasional (UN) untuk penyelenggaraan UN 2013 mendatang. Hal ini juga membuat motivasi anakanak untuk belajar keras muncul. satu anak soalnya akan beda-beda. Kemendikbud berasalan membuat 20 variasi soal Ujian Nasional (UN) untuk penyelenggaraan UN 2013 agar pelaksanaan UN berlangsung aman dan jujur. "Ini cara juga untuk mendorong anak untuk belajar bukan malah mencari kunci jawaban. walaupun ada beberapa. Tidak hanya itu. Sebelumnya. Padahal belum tentu. beberapa waktu lalu. Sementara itu. dugaan kebocoran soal juga akan hilang dengan variasi soal yang cukup banyak ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan. Menurut Lody. Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). "Dalam satu kelas." kata Nuh. Jakarta. lha soalnya aja beda semua. mengatakan bahwa variasi soal yang banyak ini memang bertujuan untuk mendorong anak-anak belajar keras guna menghadapi UN.

Pasalnya." tandasnya. Hari menuturkan bahwa tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi soal UN 2012.Seperti yang telah dijadwalkan. Tetapi dari tahun lalu tidak bergeser banyak. Tidak hanya itu. "November dipastikan akan selesai. Hari Setiadi." jelas Hari.com . Selanjutnya. Pembuatannya juga didasarkan dan dikembangkan pada kurikulum yang tengah diajarkan guru pada anak didiknya. KOMPAS. Jadi tidak perlu ada yang dikhawatirkan. pendalaman materi bagi anak didik sebenarnya dapat dilakukan tanpa menunggu kisi-kisi. Tahun lalu juga pada akhir November. Rencananya Badan Standarisasi Nasional Pendidikan bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan sosialisasi pada pekan depan. Metode yang akan ditempuh untuk sosialisasi kisi-kisi soal UN 2013 ini adalah dengan berkirim surat pada Dinas Pendidikan masing-masing daerah dan sekolah-sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Sosialisasi Kisi-kisi UN 2013 Mundur ke November JAKARTA. Nanti bisa diakses kisi-kisi itu lewat website.Kisi-kisi soal Ujian Nasional (UN) 2013 masih terus disempurnakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beserta Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kami inginkan secepatnya.JAKARTA. Rencana sosialisasi kisi-kisi UN 2013 yang ditargetkan dilakukan bulan ini diundur hingga bulan November. Selasa (13/11/2012). Aman Wirakartakusumah. Untuk itu. Untuk konten kisi-kisi soal UN. Selasa (16/10/2012).com . kisi-kisi untuk Ujian Nasional (UN) 2013 akan segera disosialisasikan pada November ini. sekolah juga bisa memanfaatkan hasil evaluasi dan kajian penyerapan . akan ada website juga yang dapat digunakan untuk mengakses kisi-kisi soal tersebut. KOMPAS. sudah akan disosialisasikan. mengatakan bahwa kisi-kisi untuk UN 2013 segera akan disosialisasikan. kisi-kisi ini ditargetkan selesai pada pekan kedua atau pekan ketiga bulan November untuk selanjutnya segera disosialisasikan ke sekolahsekolah sehingga para guru dapat fokus mempersiapkan anak didiknya. "Websitenya milik BSNP dan Balitbang. "Tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Dia mengungkapkan bahwa kisi-kisi UN 2013 ini telah dibuat sejak tahun 2012 ini. Paling tidak minggu depan sudah bisa sosialisasi.com. "Benar. dengan kisi-kisi yang ada ini dapat memberi acuan pada para guru untuk mengajarkan materi yang sesuai kepada siswanya. Ia jug meminta pada para guru agar tidak perlu khawatir dan sementara dapat menggunakan pedoman yang lama dalam mempersiapkan peserta didik menempuh UN 2013. Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud." kata Hari kepada Kompas." ujar Aman saat dihubungi. mengatakan. Ketua BSNP.

pelaksanaan UN pada tahun lalu. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. lebih cepat satu bulan dari sosialisasi kisi-kisi tahun lalu pada akhir November. Chairil mengatakan kementerian menargetkan melakukan sosialisasi pada bulan Oktober. diawali dengan penyusunan kisi-kisi supaya bisa segera disosialisasikan. "Jadi guru bisa langsung fokus mana yang dibenahi sehingga anak-anak dapat lancar saat UN. Meski variasi soal cukup banyak. digambarkan secara jelas penyerapan masing-masing mata pelajaran. kebijakan untuk menerapkan 20 paket soal pada UN mendatang menuntut pihaknya melakukan pesiapan yang lebih matang." tandasnya. Sementara itu. . bulan lalu. Chairil Anwar Notodiputro mengatakan. Dari evaluasi dan kajian tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful