P. 1
alat-ukur-listrik_1

alat-ukur-listrik_1

|Views: 49|Likes:
Published by Abd Rahman Hidayat
listrik
listrik

More info:

Published by: Abd Rahman Hidayat on May 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/20/2014

pdf

text

original

ARUS LISTRIK & ALAT UKUR LISTRIK

INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
1. Menggunakan Amperemeter dalam rangkaian 2. Menggunakan Voltemeter dalam rangkaian 3. Menggunakan Multimeter dalam rangkaian

Arus listrik mengalir dari kutub (+) ke kutub (-) . Arah arus listrik berlawanan dengan arah aliran elektron . Arus Listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir pada suatu rangkaian listrik tertutup tiap satu-satuan waktu. I = Q/t Dengan: I = Kuat arus listrik (Ampere). t = waktu (sekon) Satuan Ampere digunakan untuk menghormati fisikawan yang menemukan konsep arus listrik yang bernama Andre Marie Ampere Penyebab timbulnya arus listrik Karena perbedaan potensial. 4. 2.ARUS LISTRIK 1. 3. Q = Jumlah muatan listrik (Coulomb).Elektron mengalir dari kutub (-) ke kutub (+) Rapat arus listrik (J) adalah kuat arus listrik yang mengalir tiap luas penampang J = I/A .

dan hambatan listrik .ALAT UKUR LISTRIK ALAT UKUR LISTRIK AMPEREMETER VOLTMETER MULTIMETER • Amperemeter = alat ukur kuat arus listrik • Voltmeter = alat ukur beda tegangan listrik • Amperemeter dan voltmeter tersusun atas galvanometer dan hambatan shunt • Multimeter merupakan alat ukur listrik yang dapat mengukur nilai kuat arus. beda potensial.

AMPEREMETER Amperemeter dipasang seri pada rangkaian listrik Oooo ternyata amperemeter itu terdiri dari galvanometer/basicmeter yang sebetulnya sudah mampu mengukur adanya arus listrik tetapi dalam skala kecil Lalu. bagaimana caranya memperbesar batas ukur pada amperemeter???? Mau tau caranya??? Ikut’in aku .

Jika kita ingin menaikkan batas ukur amperemeter menjadi n kali.Memperbesar batas ukur pada Amperemeter Memperbesar batas ukur pada amperemeter dapat dilakukan dengan cara memasang shunt pada amperemeter/basicmeter. maka hambatan shunt yang mesti dipasang adalah: Rsh  RA n  1 atau ada pula yang menyebut Rsh  RG n  1 Dengan n adalah pelipatan batas ukur n I I atau ada pula yang menyebut n  IG IA .

VOLTMETER Voltmeter dipasang secara paralel pada rangkaian listrik Bagaimana yaaa caranya memperbesar batas ukur voltmeter??? .

Jika kita ingin menaikkan batas ukur voltmeter menjadi n kali.Memperbesar batas ukur pada Voltmeter Memperbesar batas ukur pada voltmeter dapat dilakukan dengan cara memasang shunt pada voltmeter tersebut/basicmeter. maka hambatan shunt yang mesti dipasang adalah: Rsh  n  1RV atau ada pula yang menyebut Rd  n  1RV Dengan n adalah pelipatan batas ukur n V V atau ada pula yang menyebut n  VV VG .

Membaca Skala pada Alat Ukur Listrik Nilai Ukur  Skala ditunjuk  Batas Ukur Skala Maks .

4 1k Ukur  0.4k  0.Membaca Skala pada Multimeter Nilai Ukur  Skala ditunjuk  Batas Ukur Skala Maks Perhatikan tombol pemilih. Nilai Nilai Nilai Nilai Nilai 4 Ukur  1k 10 4 Ukur  1k 10 Ukur  0. Karena tombol pemilih menunjukkan pengukuran hambatan maka gunakan skala pada pengukuran hambatan pula.4 1000 Ukur  400 . Tombol pemilih menyatakan besaran listrik yang mau diukur.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->