P. 1
Zakat

Zakat

|Views: 2|Likes:
Published by Rizky Berkelana

More info:

Published by: Rizky Berkelana on May 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

SHOLAT Sholat berarti berdo’a, atau ucapan dan gerakan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan

salam. Sholat adalah ibadah yang sama antara agamaagama samawi, Islam menegaskan dalam pelaksanaannya, dan mewanti-wanti bagi yang meninggalkannya, ia adalah tiang agama dan kunci surga, juga ia sebaik-baik amal perbuatan, dan hal pertama yang akan dihisab pada Hari Kiamat. Dengan kedudukan ini, sholat adalah kewajiban pertama kaum muslimin dan muslimat -setelah mengikrarkan dua kalimat syahadat- dengan perintah langsung dari Rabbul ‘Alamin di langit kepada Rasul terakhir, dan Allah menegaskan dalam menjaganya/melaksanakannya baik dalam kondisi bermuqim, bepergian/safar, keadaan tenang, keadaan ketakutan, selagi perang, dalam kondisi sehat maupun sakit, Allah berfirman : “Peliharalah semua sholat dan sholat wustho(asar), dan laksanakan sholat karena Allah dengan khusyu’” (Q.S. Al Baqoroh : 238)

Dan ancaman yang menghinakan bagi siapa yang melupakan sholat hingga habis waktunya, firman Allah : “Maka celakalah orang yang sholat, (yaitu) orangorang yang lalai terhadap sholatnya” (Q.S. Al Maa’un : 45) Rasulullah menjadikan sholat sebagai bukti kuat keimanan seseorang, dan sebagai pemisah/pembeda antara orang muslim dan orang kafir, Beliau bersabda : “Ambang batas antara seseorang dengan syirik dan kekufuran adalah sholat” (Al Hadits) Sholat juga merupakan sifat yang kental bagi orangorang yang bertaqwa, (…petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan sholat..) (S. Al Baqoroh). Sedangkan pengaruh yang sangat efektif dari sholat adalah memerangi seluruh gejala dan tindakan kemungkaran dan keburukan, “sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan munkar” (Q.S. Al Ankabut : 45).

SHOLAT BERJAMA’AH Sholat berjama’ah sangat dianjurkan, karena Sahabat Nabi yang buta pun, tidak diberikan dispensasi oleh Rasul, jika ia masih mendengar panggilan/adzan. Ini adalah sebuah keutamaan, walau tetap sah jika dilakukan dengan sendirian. Tugas: Untuk mengevalusi diri dalam pelaksanaan sholat berjama’ah, silahkan buat lembar evaluasi dalam 1 pekan, sehingga jika sudah dirutinkan, sholat berjama’ah menjadi kebutuhan kita, bukan lagi menjadi beban. Pekerjaan yang sangat berat menjadi ringan, karena sudah terbiasa. SHOLAT-SHOLAT SUNNAH Selain sholat wajib 5 waktu, Islam menganjurkan kepada kaum muslimin untuk melengkapinya dengan sholat-sholat sunnah, sebagai pelengkap, dan penyempurna yang wajib, antara lain: Qobliah, ba’diah, Tahajjud, dhuha, witir, istikhoroh, taubat, istisqo, kusuf dan khusyuf (gerhana bulan dan matahari), tasbih, sunnah wudlu, tahiyyat masjid, sholat hajat, sholat 2 ‘ied, sholat syuruq. dll.

ZAKAT Kewajiban kedua setelah sholat. Dalam AL Qur’an, sholat dan zakat disejajarkan di belasan ayat, kadang menggunakan kata SHODAQOH, juga dengan kata INFAQ. “…dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk (Q.S. AL Baqoroh :43), “ Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdo’alah untuk mereka. Sesungguhnya do’amu itu (menumbuhkan) ketentraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui” (Q.S. At Taubah: 103) Zakat adalah salah satu wasiat Allah untuk para rasul-Nya, dan wasiat para rasul untuk umat mereka, contohnya Wasiat Nabi kepada Mu’adz bin Jabal ketika diutus untuk berda’wah di Yaman dengan tiga hal (Mengajak beribadah kepada Allah, mendirikan sholat, dan menunaikan zakat dari para orang kaya, untuk dibagikan kepada para fuqoro…) Termasuk perbuatan kufur jika menolak kewajiban zakat.

Abu Bakar As Shiddiq memerangi kaum muslimin yang enggan menunaikan zakat. “Demi Allah, Aku akan memerangi orang-orang yang memisahkan antara sholat dan zakat, karena haknya harta itu dikeluarkan zakatnya, Demi Allah jika mereka menahan tali yang dahulunya mereka serahkan kepada Rasulullah, Aku akan perangi mereka”. Islam telah menetapkan dan menentukan kadar/ukuran/jumlah zakat yang harus dikeluarkan, kapan waktunya dan mustahiqnya/penerima zakat. Adapun para mustahiqqin zakat adalah: fuqoro, masakin, amilin, muallaf, untuk memerdekakan hamba sahaya, untuk membebaskan yang berhutang, untuk jalan Allah, untuk orang-orang yang sedang dalam perjalanan.(Q.S. At Taubah :60) Zakat sebagai jaminan untuk keberlangsungan kaum muslimin hanya dengan mengeluarkan 2.5% dari perniagaan, 10% dari pertanian tanpa irigasi, 5% dengan irigasi.

Zakat merupakan jaminan keutuhan harta orang kaya, terbebas dari kedengkian orang-orang lemah, dan yang terpenting akan membersihkan jiwa para muzakki. Lembaga-lembaga Amil Zakat Pemerintah atau Non Pemerintah, memiliki andil dan tanggungjawab besar dalam mengentaskan kemiskinan. Diantara Badan Amil Zakat: BAZNAS, Dompet Dhu’afa Republika, Rumah Zakat, Al Azhar, dll Islam memberikan rangsangan kepada umatnya untuk gemar berinfaq, antara lain: a. Dilipatgandakan, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui” (Al Baqoroh : 261). Dalam Hadits dikatakan “Tidak akan berkurang, harta yang disedekahkan” H.R. Muslim. Juga Sabda Nabi dalam Hadits Qudsi; “Wahai Anak Adam, berinfaklah(memberi) anda, nanti anda akan diberi harta”

b. Dido’akan oleh Malaikat, “Ya Allah lipatgandakanlah harta yang diinfakkan” c. Menjadi orang yang beruntung karena terbebas dari sifat bakhil/kikir. “Jika anda menunaikan zakat dari harta anda, maka anda telah menghilangkan yang buruknya”. H.R. Al Hakim.
PERHITUNGAN ZAKAT SAPI

NO 1 2 3 4 5 6

7 1 tabi’ dan 2 musinnah 8 3 musinnah/4 tabi’ Ket. Tabi’ adalah sapi yang berumur satu tahun masuk ke thn 2 PERHITUNGAN ZAKAT KAMBING

JUMLAH YG DIMILIKI 30 40 60 70 80 90 110 120

ZAKAT 1 tabi’ 1 musinnah 2 tabi’ 1 tabi’ dan 1 musinnah 2 musinnah 3 tabi’

NO 1 2 3 4 5 6
7 8

JUMLAH YG DIMILIKI 40 121 201 400 500 600 700 800

ZAKAT 1 2 3 4 5 6
7 8

PUASA  Puasa dikenal sejak dahulu oleh agama-agama sebelum datangnya Islam.(Al Baqoroh : 183)  Puasa dalam Islam sangat berbeda dengan yang lain.  Kewajiban puasa di bulan Ramadhan (Al Baqoroh : 185).  Puasa adalah menahan makan dan minum, serta hubungan suami istri, dari terbit matahari sampai terbenam matahari, dengan niat mendekatkan diri kepada Allah, dan menjauhi larangan-Nya.  Rukun Puasa ada tiga: waktu, menahan dari yang membatalkan, dan niat (puasa wajib, niatnya di malam hari, sedangkan puasa sunnah bias diniatkan pada pagi hari)  Macam-macam puasa sunnah: Senin Kamis, Hari Arofah, Puasa Nabi Daud, di bulan Syawwal, tanggal 13, 14, 15 setiap bulan Hijriyah, dll HAJI Rukun Haji 1. IHRAM, 8 – 10 Dzulhijjah Larangan Dalam Masa Ihram untuk laki-laki:

a. Memakai Pakaian Berjahit b. Menutup Kepala c. Menutup Mata Kaki Khusus Untuk Wanita : Menutup Muka Laki-laki dan Wanita : a. Memakai Wewangian b. Memotong, Mencukur Rambut c. Memotong Kuku d. Memotong/Mencabut Pepohonan e. Berburu Binatang f. Mukaddimah Jima’ g. Berjima’ h. Melamar, Menikah, Menikahkan 2. WUKUF DI AROFAH, 9 Dzulhijjah a. Setelah matahari terbit, seluruh jama’ah berangkat menuju Arofah untuk melakukan Wukuf (H.R. Muslim) b. Selama di perjalanan menuju Arofah disunnahkan membaca talbiyah, tahlil dan takbir. (HR. Muslim)

c. Jika memungkinkan, sebelum masuk Arofah, berhenti dulu di masjid Namiroh menunggu datangnya waktu dzuhur (HR. Muslim) d. Setelah tiba di Arofah, seluruh jama’ah masuk ke tempat/tenda yang telah disiapkan untuk wukuf. e. Setelah masuk waktu dzuhur, seluruh jama’ah mendengarkan khutbah Arofah. Dilanjutkan dengan sholat dzuhur dan ashar dengan cara diqashar dan jama’ taqdim. Satu kali adzan dan dua kali iqomah. f. Amalan selanjutnya adalah memperbanyak dzikir, do’a, tilawah/membaca Al Qur’an, atau talbiyah sampai ghurub (terbenam matahari) g. Setelah matahari terbenam, seluruh jama’ah berangkat meninggalkan Arofah menuju Muzdalifah untuk melakukan mabit. h. Setelah sampai di Muzdalifah, jama’ah melakukan sholat maghrib dan isya dengan cara di-qashar dan jama’ ta’khir. i. Kemudian tidur sampai menjelang subuh dan dilanjutkan dengan sholat subuh berjama’ah tepat pada waktunya.

j. Selesai shalat shubuh dan berdzikir sebentar, jika memungkinkan, bergerak menuju masy’aril harom untuk melakukan do’a, takbir, dan itahmid dengan menghadap kiblat sampai menjelang matahari terbit. k. Kemudian mencari tujuh batu kerikil untuk melontar jumroh ‘aqobah. 3. THOWAF IFADHOH, 10 – sebelum pulang Sunnah-sunnah thowaf antara lain : a. Mendekat ke Ka’bah b. Sunnah Idhtiba’ yaitu menutud pundak kiri dengan kain ihram dan membuka pundak kanan c. Raml : lari-lari kecil pada tiga putaran d. Mengusap dan mencium hajar aswad e. Mengusap rukun yamani f. Memperbanyak dzikir dan do’a g. Membaca Al Qur’an dengan tidak mengganggu yang di sampingnya Yang dibolehkan dalam thawaf adalah berbicara halhal yang baik, namun lebih baik meninggalkan bicara yang tidak bermanfaat kecuali amar ma’ruf, nahi

munkar, mengajarkan ilmu, menjawab fatwa, atau apa saja yang dibutuhkan untuk bicara. Adapun hal-hal yang Makruh dalam Thawaf: menutup mulut dengan tangannya, mengeratkan jari-jarinya, menahan BAK/BAB/angin, menahan lapar. Thawaf untuk wanita yang berbeda dengan laki-laki: 1. Wanita tidak raml 2. Tidak Idhtiba’ 3. Tidak mendekat ke ka’bah jika kondisi ramai dengan laki-laki 4. Mengakhirkan thawaf ke malam hari 5. Tidak berdesakan untuk mengusap hajar aswad 4. SA’I, mengikuti thowaf 5. MENGGUNDUL/MEMENDEKKAN RAMBUT, setelah jumroh ‘aqobah/thowaf ifadhoh RUKUN UMRAH 1. Ihram 2. Thawaf 3. Sa’i 4. Mencukur Rambut

WAJIB HAJI 1. Ihram dari Miqot 2. Mabit di Muzdaalifah 3. Mabit di Mina 4. Melontar Jumroh ‘Aqobah 5. Melontar 3 tempat Jumroh WAJIB UMRAH : Ihram dari Miqot

DZIKIR      Al Ahzab, 35 dan 41 Do’a dan dzikir Dzikir lebih baik dari do’a Membaca Al Qur’an adalah sebaik-baik dzikir Di setiap gerakan kehidupan Seorang Muslim/Muslimah ada anjuran untuk berdzikir  Tugas: Carilah do’a-do’a berikut ini : 1. Keluar Masuk Masjid 2. Keluar Masuk Rumah 3. Keluar Masuk WC 4. Sebelum dan Sesudah Makan 5. Sebelum dan Sesudah Tidur

6. Naik Kendaraan 7. Sebelum memakai baju 8. Turun Hujan 9. Mendengar Guntur 10. Ketika Jalan Naik dan Turun 11. Ucapan Selamat Pernikahan 12. Ucapan Selamat Kelahiran 13. Awal Bulan Hijriyah/Ketika Melihat Hilal 14. Mendapatkan Musibah 15. Mendapatkan Nikmat 16. Melihat Yang Menakjubkan 17. Sebelum Belajar 18. Sapu Jagat

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->