panas diberikan oleh ujung saraf 3.Sensasi sentuhan. 5. dan radiasi ultra violet 2.1. kerusakan fisik.Perlindungan diberikan oleh kulit dari invasi biologi. melalui berkeringat dan pengaturan aliran darah yang melewati kulit Metabolisme vitamin D Ekskresi/pengeluaran garam dan sejumlah kecil zat sisa terjadi dalam proses berkeringat . rasa sakit.Termoregulasi (pengaturan suhu) ditunjang 4.

.

.

lapisan epidermis teratas terdiri dari 25 sampai 30 lapisan sisik tdk hidup yg diisi dgn keratin. dan sel baru didorong masuk ke lapisan berikutnya 1. Lapisan ini secara terus-menerus dilepaskan Stratum lusidum. 3.Ada lima lapisan yang membentuk epidermis: Stratum corneum (lapisan tanduk). mengandung dua sampai tiga lapisan sel tdk berinti. . 5. Lapisan ini biasanya hanya terlihat pd kulit yg tebal (telapak tangan dan tumit kaki) Stratum granulosum. 4. 2. adalah lapisan tunggal sel-sel yg melekat pada jaringan ikat dari lapisan kulit di bawahnya. dermis. Pembelahan sel yg cepat berlangsung di lapisan ini. disebut demikian karena sel-sel tersebut disatukan oleh tonjolan yang menyerupai spina Stratum basalis (germinativum). adalah lapisan sel spina atau tanduk. mengandung dua sampai empat lapisan sel yg disatukan oleh desmosom. Sel-sel ini mengandung granula keratohialin yg berpengaruh dlm pembentukan keratin Stratum spinosum.

.Lapisan kulit kedua. Lapisan ini mengandung banyak pembuluh darah yg memberi nutrisi pd epidermis di atasnya Lapisan retikular. terletak lebih dalam dr lapisan papilar. dermis. 2. Tersusun dr jaringan ikat. mengandung bermacam-macam jaringan ikat mengandung fibroblas dan makrofag di dalam matriks gelatin yg mengandung kolagen. Strukturnya memberikan kekuatan untuk memanjang dan elastisitas Terdiri dari dua lapisan: Lapisan papilar. kolagen dan serat elastik 1. dan retikulum. serat elastik.

Disebut juga panikulus adiposa yang berfungsi sebagai cadangan makanan Berfungsi juga sebagai bantalan antara kulit dan struktur internal seperti otot dan tulang. 3. 2. Sel lemak: Sel lemak dipisahkan oleh trabekula yang fibrosa Lapisan terdalam yang banyak mengandung sel liposit yang menghasilkan banyak lemak.Terdiri atas jaringan ikat longgar berisi sel-sel lemak di dalamnya. . pembuluh darah dan getah bening. Pada lapisan ini terdapat ujung-ujung saraf tepi. Sebagai mobilitas kulit. 1.Sebagai bantalan terhadap trauma. Tempat penumpukan energi. perubahan kontur tubuh dan penyekatan panas.

merupakan ujung saraf pada kulit yg peka terhadap rangsangan dingin Meisner. merupakan ujung saraf perasa nyeri Ruffini. terletak dekat permukaan kulit Paccini. merupakan ujung perasa sentuhan dan tekanan ringan. ujung saraf yang peka terhadap rangsangan berupa tekanan. 6. ujung saraf yang peka terhadap sentuhan Lempeng merkel. 5. merupakan ujung saraf pada kulit yg peka terhadap rangsangan panas Krause.RESEPTOR PADA KULIT Ada enam macam reseptor pada kulit: Ujung saraf tanpa selaput. 4. 2. 3. . letaknya di sekitar akar rambut 1.

.

.

. kelenjar apokrin 2.1. Diklasifikasikan menjadi 2 kategori: kelenjar Ekrin . Kelenjar sebasea Berfungsi mengontrol sekresi minyak ke dalam ruang antara folikel rambut dan batang rambut yang akan melumasi rambut sehingga menjadi halus lentur dan lunak. Kelenjar keringat (glandula sudorifera) Terdapat di lapisan dermis.

.

18 bulan. Pertumbuhan ratarata 1 mm / minggu. Pembaruan total kuku jari tangan : 170 hari dan kuku kaki: 12.Kuku jari tangan dan kuku jari kaki adalah lempeng pelindung yg berasal dari perpanjangan epidermis ke dalam . .

Lunula: merupakan bagian lempeng kuku yang berwarna 8. sering tertutup oleh kulit Eponikium (kutikula): merupakan dinding kuku bagian proksima. kulit ari dibawah kuku yang bebas (free edge) menebal .Dinding kuku (nail wall): merupakan lipatan-lipatan kulit yang menutupi bagian pinggir dan atas 3.Alur kuku (nail grove): merupakan celah antar dinding dan dasar kuku 5. kulit arinya menutupi bagian permukaan lempeng kuku Hiponikium: merupakan dasar kuku.Akar kuku (nail root): merupakan bagian proksimal kuku 6. putih didekat akar kuku berbentuk bulan sabit.Matriks kuku: merupakan pembentuk jaringan kuku yang baru 2.Lempeng kuku (nail plate): merupakan bagian tengah kuku yang dikelilingi dinding kuku 7.Dasar kuku (nail bed): merupakan bagian kulit yang ditutupi kuku 4. 9.1.

Terdapat 2 jenis rambut : a. bulu hidung (vibrissae) 2. menyaring udara. Rambut velus (pendek. indera peraba yang sensitive. . Fungsi rambut 1. Rambut terminal (dapat panjang dan pendek. 4. halus dan lembut). 3.) b. pengatur suhu.melindungi kulit dari pengaruh buruk:Alis mata melindungi mata dari keringat agar tidak mengalir ke mata. pendorong penguapan kerngat dan 5.

dan rongga udara. rambut velus tidak mempunyai medula . badan lemak.Rambut terdiri dari akar ( sel tanpa keratin) dan batang ( terdiri sel keratin ) Bagian dermis yang masuk dalam kandung rambut disebut papil. Korteks: terdiri atas serabut polipeptida yang memanjang dan saling berdekatan. lapisan ini mengandung pigmen 3. Penampang rambut terdiri atas: 1. Medula: terdiri atas 3-4 lapis sel kubus yang berisi keratohialin. Kutikula: terdiri atas lapisan keratin 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful