P. 1
Definisi Penyuluhan Berdasarkan Literatur Lainnya

Definisi Penyuluhan Berdasarkan Literatur Lainnya

|Views: 106|Likes:
Published by Diena Ardania

More info:

Published by: Diena Ardania on May 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2013

pdf

text

original

Definisi Penyuluhan Berdasarkan Literatur Lainnya - Menurut Van Den Ban, A.W. dan H.

S Hawkins (1999;25) mengartikan penyuluhan sebagai keterlibatan seseorang untuk melakukan komunikasi informasi secara sadar dengan tujuan membantu sesamanya memberikan pendapat sehingga bisa membuat keputusan yang benar. - Secara sistematis pengertian penyuluhan tersebut adalah proses yang : (1) membantu petani menganalisis situasi yang sedang dihadapi dan melakukan perkiraan ke depan, (2) membantu petani menyadarkan terhadap kemungkinan timbulnya masalah dari analisis tersebut, (3) Meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan wawasan terhadap suatu masalah, serta membantu menyusun kerangka berdasarkan pengetahuan yang dimikili petani, (4) membantu petani memperoleh pengetahuan yang khusus berkaitan dengan cara pemecahan masalah yang dihadapi serta akibat yang ditimbulkannya sehingga mereka mempunyai berbagai alternatif tindakan, (5) membantu petani memutuskan pilihan yang tepat yang menurut pendapat mereka sudah optimal, (6) meningkatkan motivasi petani untuk dapat menerapkan pilihannya, (7) membantu petani untuk mengevaluasi dan meningkatkan keterampilan mereka dalam membentuk pendapat dan mengambil keputusan. - Menurut Margono Slamet (2000), pengertian penyuluhan bukanlah sekedar penerapan tentang kebijakan penguasa, bukan hanya diseminasi teknologi, bukan program charity yang bersifat darurat, dan bukan program untuk mencapai tujuan yang tak merupakan kepentingan pokok kelompok sasaran. Tetapi adalah program pendidikan luar sekolah yang bertujuan memberdayakan sasaran, meningkatkan kesejahteraaan sasaran secara mandiri dan membangun masyarakat madani; sistem yang berfungsi secara berkelanjutlan dan tidak bersifat adhoc, serta

. .2). 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian . . keberdayaan. baik secara moril maupun materiil. kepemimpinan. Sehingga secara singkat penyuluhan dapat diartikan sebagai suatu pendidikan yang bersifat non formal yang bertujuan untuk membantu masyarakat/petani merubah perilakunya dalam hal pengetahuan. (2005). . Perikanan dan Kehutanan ( SP3K) Penyuluhan adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dalam mengakses informasi informasi pasar.Menurut Mardikanto (dalam Rejeki dan Herawati.Menurut Setiana. keterampilan dan sikap agar mereka dapat memecahkan masalah yang dihadapinya guna mencapai kehidupan yang lebih baik. melalui peningkatan motivasi.Menurut A. Ilmu penyuluhan pembangunan selalu menitikberatkan pada berbagai upaya untuk mewujudkan perbaikan kualitas kehidupan manusia. L.program yang menghasilkan perubahan perilaku dan tindakan sasaran yang menguntungkan sasaran dan masyarakatnya. 1999) penyuluhan pembangunan adalah proses penyebaran ide-ide baru kepada masyarakat dengan mengikut sertakan masyarakat itu sendiri melalui penambahan pengetahuan.Menurut Margono Slamet (2003. . van den Ban dkk.Menurut Undang-undang No. dan kualitas perilaku SDM (Sumberdaya Manusia). (1999) dituliskan bahwa penyuluhan merupakan keterlibatan seseorang untuk melakukan komunikasi informasi secara sadar dengan tujuan membantu sesamanya memberikan pendapat sehingga bisa membuat keputusan yang benar.W. keterampilan baru dan perubahan perilaku yang didapat karena ada kesadaran untuk mengubah diri pada kondisi yang lebih baik. ilmu social yang mempelajari system dan proses perubahan pada individu serta masyarakat agar dapat terwujud perubahan yang lebih baik sesuai dengan yang diharapkan. .

tetapi merupakan proses perubahan sosial. termasuk struktur. dll. . (Source: Ibrahim. . 2003:1.teknologi. permodalan dan sumber daya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas. Keterampilan dikatakan meningkat bila terjadi perubahan dari yang tidak mampu menjadi mampu melakukan suatu pekerjaan yang bermanfaat. pendapatan dan kesejahteraannya serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.al. bila terjadi perubahandari yang tidak mau menjadi mau memanfaatkan kesempatan-kesempatan yang diciptakan. Sikap dikatakan meningkat. dan pranata sosialnya. (1987) penyuluhan Sebagai Proses Komunikasi Pembangunan sebagai proses komunikasi pembangunan.Menurut SDC (1995) menyatakan bahwa. Dengan penyuluhan diharapkan terjadi peningkatan pengetahuan. termasuk politik dan ekonomi yang dalam jangka panjang secara bertahap mampu diandalkan menciptakan pilihan-pilihan baru untuk memper-baiki kehidupan masyarakatnya. keterampilan dan sikap. 2003:1-2). yang mencakup banyak aspek. efisiensi usaha. nilai-nilai. et. transparansi.Penyuluhan berasal dari kata “suluh” yang berarti “obor” atau “pelita” atau “yang memberi terang”.Menurut Mardikanto. .al. supremasi hukum. untuk menumbuh-kembangkan partisi-pasi masyarakat dalam pembangunan. seperti: demokratisasi. penyuluhan tidak sekadar merupa-kan proses perubahan perilaku pada diri seseorang.Menurut Ibrahim.Menurut Margono Slamet (2000) menegaskan bahwa inti dari kegiatan penyuluhan adalah untuk memberdayakan masyarakat. tidak saja perubahan (perilaku) yang berlangsung pada diri seseorang. et. tetapi yang lebih penting dari itu adalah. Yang dimaksud dengan perubahan sosial di sini adalah. . penyuluh-an tidak sekadar upaya untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan. tetapi juga perubahan-perubahan hubungan antar individu dalam masyara-kat. Memberdayakan berarti memberi daya kepada yang tidak berdaya dan atau mengem-bangkan daya yang . Pengetahuan dikatakan meningkat bila terjadi perubahan dari tidak tahu menjadi tahu dan yang sudah tahu menjadi lebih tahu.

.sudah dimiliki menjadi sesuatu yang lebih ber-manfaat bagi masyarakat yang bersangkutan. terkandung pema-haman bahwa pemberdayaan tersebut diarahkan terwujudnya masyarakat madani (yang beradab) dan mandiri dalam pengertian dapat mengambil keputusan (yang terbaik) bagi kesejahteraannya sendiri. ekonomi dan politik untuk memberdayakan dan memperkuat kemampuan semua “stakeholders” agribisnis melalui proses belajar bersama yang partisipatip. . Totok (1993) penyuluhan pembangunan adalah proses penyebaran ide-ide baru kepada masyarakat dengan mengikutsertakan masyarakat itu sendiri melalui penambahan pengetahuan. demi terwujudnya kehidupan yang baik. tahu dan dapat menyelesaikan masalah-masalah sendiri yang dihadapinya secara baik. Soekandar (1978) mengemukakan bahwa penyuluhan pertanian adalah sistem pendidikan luar sekolah untuk keluarga tani di pedesaan. .Wiriatmadja.Menurut Mardikanto (2003) proses perubahan sosial. dan semakin sejahtera secara berkelanjutan. dimana mereka belajar sambil berbuat agar menjadi mau. agar terjadi perubahan perilaku pada diri setiap individu dan masyarakatnya untuk mengelola kegiatan agribisnisnya yang semakin produktif dan efisien. Dalam konsep pember-dayaan tersebut. .Menurut Mardikanto. menguntungkan dan memuaskan. keterampilan baru dan perubahan perilaku yang didapat karena ada kesadaran untuk mengubah diri pada kondisi yang lebih baik.Menurut Ban (1999) menyatakan bahwa penyuluhan merupakan sebuah intervensi sosial yang melibatkan penggunaan komunikasi informasi secara sadar untuk membantu masyarakat membentuk pendapat mereka sendiri dan mengambil keputusan dengan baik.Adjid. Dudung Abdul (2001) menyatakan bahwa penyuluhan pertanian adalah suatu sistem pendidikan non formal untuk masyarakat perdesaan dengan implikasi . .

penyuluhan merupakan suatu proses pendidikan. serta mampu dan sanggup berswadaya untuk memperbaiki atau meningkatkan kesejahteraannya sendiri dan masyarakat . proses demokrasi dan proses yang terus menerus (kontinu). .Menurut Suhardiyono (1989). .Menurut Sudradjat dan Ida Yustina (2003) penyuluhan adalah suatu sistem pendidikan luar sekolah (pendidikan non formal) untuk petani dan keluarganya dengan tujuan agar mereka mampu dan sanggup memerankan dirinya sebagai warga negara yang baik sesuai dengan bidang profesinya. .pada perubahan perilaku yang didasarkan pada pengalaman belajar dengan tujuan peningkatan kesejahteraan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->