P. 1
Model Pembelajaran Dan Model Desain Pembelajaran

Model Pembelajaran Dan Model Desain Pembelajaran

|Views: 66|Likes:
Published by CiMeng Entop

More info:

Published by: CiMeng Entop on May 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

MODEL PEMBELAJARAN DAN MODEL DESAIN PEMBELAJARAN

Disusun dan diajukan guna memenuhi Tugas terstruktur Mata Kuliah Dosen pengampu : Desain Pembelajaran : Drs. Wahyu Budi Mulyono Oleh : Nama NIM Smt/Prodi Jurusan : Khikmatiar Juanita Abdilah : 1123305125 : 4/ PGMI C : Tarbiyah

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PURWOKERTO 2013

Dalam makalah ini akan dibahas sedikit tentang model pembelajaran terpadu dan model-model desain pembelajaran. Sedangkan Desain pembelajaran adalah praktek penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik. Model pembelajaran yaitu pada hakikatnya merupakan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari. Model pembelajaran berisi teori yang berkenaan dengan strategi pembelajaran. teknik pembelajaran dan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran sendiri artinya suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas.PENDAHULUAN Makalah ini merupakan sedikit kajian tentang model pembelajaran dan model desain pembelajaran. menggali dan menemukan konsep pembelajaran. 2 . metode pembelajaran.

Model pembelajaran terpadu merupakan salah satu model implementasi kurikulum yang yang dianjurkan untuk diaplikasikan pada semua jenjang pendidikan. dan materi dan sifatnya (kimia). Melalui pembelajaran terpadu peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung. menyimpan dan menerapkan konsep yang telah dipelajarinya. Model Pembelajaran Terpadu Model pembelajaran terpadu merupakan model yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan dalam suatu tema tertentu.Pd. jal. Misalnya dalam bidang kajian IPA tentang lingkungan dapat dibahas dari sudut makhluk hidup dan proses kehidupan (biologi). 6 3 . Bumi Aksara. M. 2012). Model Pembelajaran Terpadi. Sehingga penggunaan waktu untuk pembahasanya lebih 1 Trianto. Diaplikasikan terutama dijenjang Pendidikan Dasar. Dengan demikian peserta didik terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai konsep yang dipelajari secara menyeluruh. energy dan perubahannya (fisika). sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima. Dengan demikian melalui pembelajaran terpadu ini beberapa konsep yang relevan untuk dijadikan tema tidak perlu dibahas berulang kali dalam bidang kajian yang berbeda.1 Pembahasan terpadu dapat dikemas dengan TEMA atau TOPIK tentang suatu wacana yang dibahas dari berbagai sudut pandang atau disiplin ilmu yang mudah dipahami dan dikenal dari berbagai aspek bidang kajian.PEBAHASAN A. (Jakarta: PT. Pembahasan tema juga dimungkinkan hanya dari aspek tersebut diatas saja. Sehingga diharapkan siswa lebih memiliki kedalaman wawasan materi dengan tingkat ketrampilan dan pengetahuan yang beragam dan kompleks serta tidak terpecah-pecah. Mulai dari tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) maupun Sekolah Menengah Pertama bahkan tidak menutu kemungkinan untuk dikembangkan pada tingkat pendidikan Menengah Umum (SMA/MA).

Misalnya pada pembelajaran IPS masih terpecah-pecah dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar sosial.2 B.efisien dan pencapaian tujuan pembelajarannya juga diharapkan akan lebih efektif. Khususnya dalam mata pelajaran tertentu dimana tujuan kurikulum pembelajaran pada kurikulum agar dapat melahirkan suatu rancangan pembangunan. 2012). M. 7-8 4 . tanpa ada keterpaduan di dalamnya. Pada awal proses pembelajaran anak didik atau siswa dapat mengetahui dan mampu melakukan hal-hal yang berkaitan dengan materi pada akhir pembelajaran b. ekonomi. Penggunaan model ini dimaksudkan agar : a. Namun demikian pelaksanaannya di sekolah pembelajaran sebagian besar masih dilaksanakan secara terpisah. Hal ini disebabkan antara lain : 1. Terdapat kesulitan dalam pembagian tugas dan waktu pada asing-masing guru mata pelajaran untuk pembelajaran secara terpadu. Kurikulum itu sendiri tidak menggambarkan satu kesatuan yang terintegrasi melainkan masih terpisah-pisah antar bidang-bidang ilmu. (Jakarta : PT. Hal ini tentu saja menghambat ketercapaian tujuan itu sendiri yang dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena-fenomena kehidupan yang mewujudkan satu pendekatan interdisipliner dari aspek dan cabang-cabang ilmu. geografi. Pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran masih dilakukan sesuai dengan bidang kajian masing-masing. Model Pembelajaran Terpadu. Adanya pertautan antara tiap komponen khususnya strategi pembelajaran dan hasil pembelajaran yang dikehendaki 2 Trianto. Model Desain Pembelajaran 1. 2. hal. Bumi Aksara. sejarah. Model Dick and Carrex Merupakan model procedural yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran langkah ini sangat sesuai dengan kurikulum perguruan tinggi maupun sekolah menengah dan sekolah dasar.Pd.

fase desain. yaitu : a. Penggunaan media dan bahan e. b. Model Hanafin and Pick Model ini ialah model desain pembelajaran yang terdiri daripada tiga fase yaitu fase analisis kebutuhan. Penilaian dan revisi 3. Pemilihan metode. Analisis pelajar b.com/2011/12/model-model-desain-perencanaan. Fase implementasi/ pengembangan Implementasi yaitu pengujian dan penilaian. 4. Model Assure Merupakan suatu model sebuah formulasi untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) atau disebut juga model orientasi kelas. Fase analisis kebutuhan dibutuhkan untuk mengidentifikasi kebutuhankebutuhan dalam pengembangan suatu media pembelajaran termasuklah di dalamnya tujuan dan obyek media pembelajaran yang dibuat.3 2. dan fase pengembangan dan implementasi.html 5 .c. Menurut Heinich ef al (2005) model ini terdiri atas enam langkah kegiatan. Analisis yaitu mendefinisikan apa yang akan dipelajari oleh peserta belajar 3 Abdulrazak19. Mengatakan tujuan c. a. c. media dan bahan d.blogspot. Model Addie Model ini menggunakan 5 tahap pengembangan yaitu : a. Fase desain yaitu di dalam fase ini informasi dari fase analisis dipindahkan ke dalam bentuk dokumen yang akan menjadi tujuan pembuatan media pembelajaran. Partisipasi pelajar di dalam kelas f. Menerangkan hal-hal yang perlu dilakukan dalam melakukan perencanaan pembelajaran.

f. Menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan syarat dampaknya dapat dijadikan tolak ukur perilaku pelajar d. Menentukan tujuan dan daftar topic b. Mengevaluasi pembelajaran siswa dengan syarat mereka menyelesaikan pembelajaran serta melihat kesalahan-kesalahan. Mengkoordinasi dukungan pelayanan atau sarana penunjang yang meliputi personalia fasilitas perlengkapan dan jadwal untuk melaksanakan rencana pembelajaran. e.html 6 .b. Pengembangan yaitu proses mewujudkan desain menjadi kenyataan artinya jika dalam desain diperlukan suatu software berupa multimedia pembelajaran. Memilih aktifitas pembelajaran dan sumber pembelajaran yang menyenangkan g. d.com/2011/12/model-model-desain-perencanaan.4 4 Abdulrazak19.blogspot. h. 5. Desain yaitu membuat rancangan pembelajaran c. Model Kemp Model ini memiliki beberapa langkah dalam penyusunan sebuah bahan ajar yaitu : a. Implementer yaitu langkah nyata untuk menerapkan system pembelajaran yang sedang kita buat. Menentukan isi materi pelajaran yang dapat mendukung tiap tujuan e. Menganalisis karakteristik pelajar untuk siapa pembelajaran tersebut didesain c. Pengembangan pra-penilaian/ penilaian awal untuk menentukan latar belakang pelajar dan pemberian level pengetahuan terhadap suatu topic. Evaluasi yaitu proses melihat apakah system pembelajaran yang sedang dibangun berhasil atau tidak. Maka multimedia tersebut harus dikembangkan.

PENUTUP Berdasarkan uraian di atas model pembelajaran itu merupakan perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Adapun salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran terpadu. Model Addie 5. Desain pembelajaran adalah Praktek Penyusunan Media Teknologi Komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dengan peserta didik. Model Kemp 7 . Model Assure 3. Model Hanafin and Peck 4. Sedangkan ada juga model-model desain pembelajaran yaitu : 1. Model Dick and Carrex 2.

Model Pembelajaran Terpadu.html 8 .Pd. 2012..com/2011/12/model-model-desain-pembelajaran. Jakarta: PT.blogspor.M.DAFTAR PUSTAKA Trianto. Bumi Aksara Abdulrazak19.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->