iLmu Sosial dan Budaya Dasar

Kelompok 1
 Rijalul fikri(090810301242)

 Lailatul Arofah (121810201002)
 Sri Indariyatul (121810201048)  Ernik Dwi S (121810201054) Samsiatun Hoiriyah (121810201068)  yusrina S (121810201070)  Farida Nurus S(121810201071)  Avkarina A (121810201074)

Peranan Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial .

Pembahasan: Pengertian Peranan Pengembangan .

Manusia sebagai makhluk individu  Faktor yang mempengaruhi 2.Pengertian: 1. Manusia sebagai makhluk sosial  Faktor yang mempengaruhi  Alasan  Ciri utama .

Setiap manusia memiliki perbedaan. watak. Jiwa dan raga inilah yang membentuk individu. keinginan dan cita-cita yang berbeda satu sama lainnya.Manusia sebagai Makhluk Individu: Manusia merupakan mahluk ciptaan Tuhan yang terdiri atas unsur jasmani (raga) dan rohani (jiwa) yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Dalam perkembangannya manusia sebagai mahluk individu akan menjadi pribadi yang khas dengan corak kepribadiannya termasuk kemampuan kecakapannya. .karena memiliki karakteristik sendiri yaitu sifat.

yang memberikan kepadanya suatu identitas sebagai individu yang khas. Kepribadian adalah susunan perbedan unsur-unsur tingkah laku atau tindakan tiap-tiap individu atau ciri-ciri watak seorang individu yang konsisten. Karakteristik yang khas dari seseorang dapat kita sebut dengan kepribadian.Kepribadian dipengaruhi oleh faktor genotif dan fenotif yang saling beritraksi terus menerus. ia merupakan faktor keturunan.Faktor yang mempengaruhi:  Faktor genotif Dibawa individu sejak lahir. .  Faktor fenotif Dipengaruhi oleh lingkungan.

Menurut kodratnya manusia adalah mahluk sosial atau makhluk bermasyarakat. manusia adalah mahluk yang pada dasarnya selalu ingin bergaul dan berkumpul dengan sesama manusia lainnya (zoon politicon yang artinya mahluk yang selalu hidup bermasyarakat). Menurut Aristoteles. mahluk hidup yang disebut manusia merupakan mahluk sosial dan mahluk yang senang bergaul/berkawan (animal society = hewan yang bernaluri untuk hidup bersama). Manusia saling membutuhkan dan harus bersosialisasi dengan manusia lainnya. .Manusia sebagai Makhluk Sosial: Plato mengatakan..

Faktor yang mempengaruhi:  Faktor alamiah atau kodrat Tuhan  Faktor saling memenuhi kebutuhan  Faktor saling ketergantungan .

. norma sosial.  Perilaku manusia mengharapkan suaru penuilaian.  Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup ditentan-tengah manusia.  Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain.Alasan: Alasan manusia dikatakn sebagai makhluk sosial. yaitu:  Manusia tunduk pada aturan.

. politik. sosial. Hidup berbudaya tersebut meliputi filsafat yang terdiri atas pandangan hidup.Ciri Utama:  Ciri utama mahluk sosial adalah hidup berbudaya. budaya dan keamanan. Dengan kata lain hidup menggunakan akal budi dalam suatu sistem nilai yang berlaku dalam kurun waktu tertentu. teknologi. komunikasi. ekonomi.

Peranan: 1. Kewajiban sebagai makhluk individu 2. 3. Kewajiban sebagai makhluk sosial Peranan manusia .

.  Kewajiban terhadap bernegara dan lingkungan.Kewajiban Manusia:  Kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa  Kewajiban kepada diri sendiri  Kewajiban terhadap sesama manusia.

 Manusia wajib menaati norma – norma dan aturan yang berlaku di dlama masyarakat. tenggang rasa kepada sesama makhluk ciptaan Tuhan yang lainya. menghargai. bekerja sama.Kewajiban manusia:  Manusia wajib menghormati. . tolong – menolong.

.  Menciptakan norma-norma sosial sebagai pengaturan tertib kehidupan kelompok.  Membentuk kelompok-kelompok sosial.Peranan Manusia:  Melakukan interaksi dengan manusia lain atau kelompok.

Faktor mempengaruhi .Pengembangan: 1.

keyakinan/cita-cita.  Adanya kenyataan bahwa manusia adalah serba tidak bisa atau sebagai makhluk lemah. nasib.karena itu ia selalu mendesak atau menarik kekutan bersama. .Faktor yang mendorong manusia Hidup bermasyarakat  Adanya dorongan seksual. dan lain-lain. yang terdapat dalam perserikatan dengan orang lain.  Adanya kesamaan keturunan. kesamaan territorial. Manusia bermasyarakat karena ia telah biasa mendapat bantuan yang berfaedah yang diterimanya sejak kecil dari lingkungannya. kebudayaan. yaitu dorongan manusia untuk mengembangkan keturunan atau jenisnya.  Karena terjadinya habit pada tiap-tiap diri manusia.

Thank’s for you’re attention .