Kenali dulu istilahnya sebelum memesan kamar hotel

14/07/2009 by Toto | 20 Comments

Suatu saat saya mendapati tamu hotel bersitegang dengan petugas hotel atas kamar hotel yang ditempatinya. Sang tamu merasa seharusnya mendapatkan kamar dengan 2 tempat tidur, dan yang didapat adalah kamar dengan 1 tempat tidur besar. Petugas hotel merasa telah menyiapkan kamar sesuai dengan permintaan saat reservasi. Telisik-punya telisik, ternyata sebenarnya tamu menginginkan kamar dengan 2 tempat tidur tetapi salah sebut dengan menyebut double bed, padahal yang diinginkan adalah 2 tempat tidur. Double bed sendiri diartikan sebagai 1 tempat tidur besar, beberapa orang menyebut king-size. Gambar diatas adalah contoh kamar dengan doublebed All Seasons Hotel Bali. Salah sebut ini tidak akan menjadi masalah jika saat itu masih tersedia kamar dengan 2 bed untuk kelas kamar yang sama. Tapi bagaimana jika semua kamar terisi penuh? Nah, untuk menghindari kesalahan seperti itu, ada baiknya akan kenali dulu istilah-istilah yang lazim digunakan oleh hotel. 1. Jenis Kamar. Kamar hotel biasanya dibagi dalam beberapa jenis menurut ukuran ruangannya. Kamar paling kecil biasanya disebut standard-room, superior, deluxe, suite dan presidential. Tidak ada ukuran baku jenis kamar untuk tiap-tiap hotel, tapi biasanya ukuran kamar tidak jauh berbeda untuk kelas yang sama pada hotel dengan rating yang sama. Kamar superior di semua hotel bintang 5 memiliki ukuran yang hampir sama, tapi kamar superior di hotel bintang 3 bisa jadi memiliki ukuran yang lebih kecil. 2. Tempat tidur (bed). Biasanya dikenal sebagai double-bed dan twin bed. Double bed adalah 1 tempat tidur besar dapat dipakai berdua, biasa disebut juga king-size. Sedangkan pada kamar twin-bed akan terdapat 2 tempat tidur dengan ukuran lebih

kecil (cukup 1 orang).

Biasanya hanya berisi tempat tidur. jauh dari fasilitas hotel. High/Peak Season Surcharge. pengering rambut. 4. Check-in Time & Late Check-out Time. Superior Room. Breakfast. Kamar ROH biasanya ditawarkan dengan harga paling murah. Sedangkan + + berarti tarif tersebut masih harus ditambahkan pajak dan service yang besarnya untuk Indonesia adalah 21%. atau tahun baru. Bahkan beberapa hotel masih memberi kelonggaran late check-out hingga 3 sore. Untuk bintang di bawahnya hanya disediakan shower. Check-in time ini juga bervariasi dan sangat situasional. Kode R/O atau Room Only merupakan penanda bahwa harga kamar tidak termasuk sarapan. ada rack-rate/publish rate. 6. Kamar jenis ini memiliki view paling tidak menarik. Kamar ini berukuran di atas Standard Room. Run of House (ROH). artinya di saat banyak kamar kosong Anda masih dimungkinkan check-in jam 9 pagi. Jenis-jenis kamar yang biasanya digunakan di hotel : • • Standard Room. namun dalam praktiknya tarif yang diberlakukan di bawah publish rate. Sebaiknya ditanyakan juga apakah sudah nett atau ++. Untuk kondisi ramai tamu biasanya hotel mengenakan biaya tambahan sebesar nilai tertentu. • . Biasanya tersedia bath-tub atau shower. Tarif nett berarti Anda hanya membayar sejumlah tarif tersebut. Inilah jenis kamar dengan ukuran paling kecil dengan fasilitas terbatas. Adalah tamu-tamu yang langsung datang ke hotel tanpa reservasi sebelumnya. Tapi jika semua kamar sudah terpesan maka Anda harus segera bergegas check-out sesuai batas waktu. High season surcharge ini biasanya ditambahkan saat libur sekolah. 9. kamar mandi dengan shower.3. Block-out Date. Disamping fasilitas yang ada di kamar standar. meja rias. 7. Check-in Time adalah jam dimana tamu sudah diperbolehkan melakukan checkin. Sedangkan Peak season surcharge dikenakan saat libur lebaran. Walk-In guest. beberapa hotel masih menambahkan sofa. Jika Anda memesan kamar online istilah ini sering digunakan untuk menandakan tanggal-tanggal tertentu dimana kamar tidak bisa dipesan melalui online atau travel biro. Untuk hotel dengan rating bintang 4 & 5 bath-tub adalah keharusan. Kamar jenis ini bisa diartikan kamar terakhir yang tersedia. TV. dan bisa berbeda-beda untuk hotel di luar negeri. Rack Rate/publish rate adalah tarif resmi hotel. Rate. mesin pembuat kopi. Biasanya berkisar jam 11 a/s 12. Terdapat beberapa istilah rate hotel. check-out time juga situasional dan tergantung kebijakan masing-masing hotel. ada promo rate. 5. Check-out time adalah jam dimana Anda sudah harus meninggalkan hotel di hari terakhir menginap. 8. Seperti halnya check-in time. sepasang kursi dan meja kecil. dan meja rias kecil. Kamar mandi. Kamar mandi lebih luas dan biasanya sudah dilengkapi dengan bath-up. Check-in time rata-rata adalah antara jam mulai jam 1 atau 2 siang. Saat pemesanan kamar sebaiknya ditanyakan apakah harga termasuk dengan sarapan dan untuk berapa orang. Tarif kamar biasanya ditentukan 6 bulan atau 1 tahun sebelumnya.

Villa atau Cottage. Istilah ini masih kurang populer di Indonesia tetapi di luar negeri sudah banyak digunakan. Suite. Tidak semua hotel memiliki kamar jenis ini. Adalah hotel dengan fasilitas terbatas dan biasanya berada di tengah kota. Bed & Breakfast. bahkan untuk villa mewah disediakan petugas tersendiri untuk tiap-tiap unit villa. Business Suite atau Executive Suite. sesuai namanya tempat ini menyerupai rumah dengan beberapa kamar. Hotel sederhana yang biasanya digunakan tamu rombongan. Dibandingkan Superior Room.• • Deluxe Room. kamar jenis ini hanya sedikit lebih luas dan fasilitasnya cenderung sama dengan Superior Room. Merupakan penginapan sederhana dan terletak dipinggir kota atau tempat transit. Beberapa kamar disewakan dengan penggunaan bersama untuk dapur. Beberapa hotel menempatkan Presidential Suitenya dekat dengan fasilitas pendaratan helikopter (helipad) dan memiliki pemenadangan terbaik yang dimiliki hotel. Lokasinya biasanya tidak berada di kawasan padat. Secara fisik sebenarnya merupakan hotel dengan beberapa rumah dalam satu kawasan. Pada dasarnya ini masuk kategori Suite Room dengan luas dan fasilitas paling lengkap. Layanan kamar disediakan seperti halnya hotel. Beberapa hotel masih membagi lagi Suite Room menjadi Junior Suite. • • • • • Dengan mengenali istilah-istilahnya kejadian salah kamar bisa dihindarkan. ruang tamu dan ruang-ruang lainnya. itupun hanya beberapa unit saja. hanya hotel-hotel mewah bintang 5 yang menyediakannya. Ruangan lain ini seperti ruang tamu dengan beberapa kursi atau sofa. Kamar jenis ini hampir menyerupai rumah. Pemilik rumah ada juga yang tinggal disini. Inilah kamar terluas dibandingkan dengan jenis kamar lainnya. Adalah hotel dengan fasilitas hanyalah untuk tidur dan sarapan saja. Bangunan rumah terpisah dari unit lainnya. Homestay biasanya dimiliki pribadi. Fasilitasnya sederhana dengan kamar mandi biasanya di luar kamar. • Istilah-istilah hotel lainnya : • • Guest House. Yang membedakan kamar ini adalah adanya ruangan lain disamping kamar tidur dan kamar mandi. Homestay. Istilah-istilah itu juga biasa digunakan jika memesan kamar hotel melalui travel online. Budget Hotel. Presidential. Inn/Lodge. Tidak menyediakan banyak fasilitas. Sebenarnya mirip dengan guest-house hanya biasanya pemilik rumah tinggak bersama tamu. Happy Check-In. Nah karena ada ruang tambahan ini maka luas kamar lebih besar dibandingkan Superior/Deluxe Room. Biasnya menawarkan suasana yang lebih tenang. . Satu kamar bisa diisi 4 orang bahkan lebih. Hostel. Hostel ini yang biasanya digunakan untuk rombongan study-tour.