1.Interferensi Aplikasi penggunaan interferensi cahaya ini dalam kehidupan sehari-hari adalah perpaduan duabuah gelombang.

Misalnya pada gelombang elektromagnetik yaitu gelombang radio, jika gelombang radio dan gelombang televisi bertemu maka akan terjadi perpaduan dua buahgelombang yang salah satunya aka nada yang menguat dan ada yang melemahkan yangdiakibatkan oleh frekuensi masing-masing. Warna-warni pelangi menunjukkan pada kita bahwa sinar matahari adalah gabungan gabungan dari berbagai macam warna dari spektrum kasat mata. Akan tetapi warna pada gelombang sabun,lapisan minyak, warna bulu burng merah dan burung kalibri bukan disebabkan oleh pembiasan.Tetapi karna terjadi interferensi konstruktif dan distruktif dari sinar yang dipantulkan oleh suatu lapisan tipis. Adanya gejala interferensi ini bukti yang paling menyakinkan bahwa cahaya ituadalah gelombang. 2. Difraksi · Efek dari difraksi sering terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Contoh yang paling

mencolok adalah mereka yang melibatkan difraksi cahaya, misalnya, trek berjarak dekat pada penggunaan CD atau DVD sebagai kisi difraksi untuk membentuk pola pelangi terlihat ketika melihat disk. hologram pada kartu kredit adalah sebuah contoh lainnya. Difraksi di atmosfer oleh partikel kecil dapat menyebabkan cincin terang akan terlihat di sekitar sumber cahaya terang seperti matahari atau bulan. Sebuah bayangan benda padat, menggunakan cahaya dari sumber yang kompak, menunjukkan pinggiran kecil di dekat ujungnya. Spekel pola yang teramati ketika laser cahaya jatuh pada permukaan yang kasar optik juga merupakan fenomena difraksi. Semua efek ini adalah konsekuensi dari kenyataan bahwa menyebarkan cahaya sebagai gelombang. Difraksi dapat terjadi dengan jenis gelombang laut. Gelombang laut lentur sekitar dermaga dan kendala lainnya. Gelombang suara dapat lentur sekitar benda, itulah sebabnya mengapa kita masih dapat mendengar seseorang memanggil bahkan ketika bersembunyi di balik pohon. Difraksi juga dapat menjadi perhatian dalam beberapa aplikasi teknis; difraksi juga digunakan untuk menetapkan batas mendasar untuk resolusi kamera, teleskop , atau mikroskop.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful