P. 1
Lap.Kodok

Lap.Kodok

|Views: 23|Likes:
Published by Mikhel Anderson
doc
doc

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Mikhel Anderson on May 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2013

pdf

text

original

LAPORAN LENGKAP PRAKTIKUM PERKEMBANGAN HEWAN

EMBRIOGENESIS PADA TELUR KATAK

Oleh : NAMA NIM KELOMPOK : KIMENI : ACD 107 047 : VIII A

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA 2009
I. TOPIK

ekornya menjadi pendek serta bernapas dengan paru-paru. Embrio akan berdiferensi sehingga terbentuk berbagai macam jaringan dan organ. katak betina dewasa akan bertelur. TUJUAN Untuk mengetahui tahap-tahap perubahan embrio pada telur katak III. kemudian telur tersebut akan menetas setelah 10 hari. Satu sel zigot akan tumbuh dan berkembang hingga terbentuk embrio. Gambar siklus hidup katak . telur katak tersebut menetas menjadi Berudu. Berudu mempunyai insang luar yang berbulu untuk bernapas. kaki depannya mulai berbentuk. Organ-organ akan menyatu dan bergabung menjadi individu. Setelah berumur 2 hari. Setelah pertumbuhan anggota badannya sempurna.Embriogenesis pada telur katak II. Menjelang umur 8 minggu. kaki belakang berudu akan terbentuk kemudian membesar ketika kaki depan mulai muncul. katak tersebut akan berubah menjadi katak dewasa. Metamorfosis Katak Pada awalnya. Setelah menetas. DASAR TEORI Pertumbuhan dan perkembangan hewan dimulai sejak terbentuknya zigot. Umur 12 minggu. Setelah berumur 3 minggu insang berudu akan tertutup oleh kulit.

ALAT DAN BAHAN .IV.

Setelah 10 jam mengamati lagi yaitu pada tahap gastrulasi. 2. Mencari dan mengambil telur katak yang telah dibuahi dari dalam air kolam sebanyak 10 butir. Setelah 5 jam mengamati lagi yaitu pada tahap blastula. 3. Pada hari ketiga mengamati lagi pada tahap organogenesis akhir yaitu setelah 20 jam. PROSEDUR KERJA 1. 3. 6.No. HASIL PENGAMATAN Embriogenesis pada telur katak . 5 Alat Cawan Petri Kaca Pembesar (Lup) Mikroskop cahaya Kuas Gelas Kimia Jumlah 1 buah 1 buah 1 buah 1 buah 1 buah No. 8. 1. Mengamati pada tahap morulla yaitu tahap awal perkembangan telur katak. 2. Mengambil telur katak menggunakan kuas dan memasukkkan ke dalam cawan petri dan mengamatinya telur katak dengan menggunakan lup (kaca pembesar) atau mikroskop. 4. Meletakkanya di dalam gelas kimia untuk sementara. Pada hari kedua setelah 15 jam mengamati pada tahap organogenesis awal. Bahan Telur Katak Air Kolam Jumlah 10 butir Secukupnya V. 1. VI. 2. 5. 4. 7.

00 WIB. 21 Okober 2009 Hasil pengamatan Gambar Pembanding . Tahap Morulla pada jam 09.1.

2. Tahap Blastula pada jam 14.00 WIB. 21 Oktober 2009 Hasil pengamatan Gambar pembanding .

22 Oktober 2009 .00 WIB.3. Tahap Gastrula pada jam 00. Tahap Organogenesis pada jam 15. 22 Oktober 2009 Hasil pengamatan Gambar pembanding 4.00 WIB.

23 Oktober 2009 Hasil pengamatan .Hasil pengamatan Gambar pembanding 5. Tahap Organogenesis pada jam 11.00 WIB.

PEMBAHASAN 1. Tahap morula (Proses morulasi) Morulla adalah sel bentuk bola kompak (16-32 sel).Gambar pembanding VI. Morula merupakan pembelahan sel yang terjadi setelah sel berjumlah 32 sel dan berakhir bila sel sudah menghasilkan .

Dicirikan 136 dua lapisan yang sangat nyata dari selsel datar membentuk blastocoel dan blastodisk berada di lubang vegetal berpindah menutupi sebagian besar kuning telur. belakang. Sel membelah secara melintang dan mulai membentuk formasi lapisan kedua secara samar pada kutup anima. Pada saat ini ukuran sel mulai beragam. syaraf. 3. mesoderm. Kelompok sel-sel yang terdiri dari jaringan embrio (blastodic) dan jaringan periblas. 2. Pertama kelompok selsel utama (blastoderm). dan endoderm. dan ke samping dari sumbu embrio dan akan membentuk epidermal. notochorda. Epiboli adalah proses pertumbuhan sel yang bergerak ke arah depan. epiderm. ektoderm. Stadia gastrula ini . reptil dan burung disebut cakram kecambah (germinal disc). mesodermal. Fungsinya melindungi dan menghubungi antara embrio dengan induk atau lingkungan luar. fungsinya membentuk tubuh embrio. Kedua adalah kelompok sel-sel pelengkap. Blastomer kemudian memadat menjadi blastodisk kecil membentuk dua lapis sel. epidermal. mesoderm dan endoderm. periblast. Stadia morula berakhir apabila pembelahan sel sudah menghasilkan blastomer. Tahap Gastrula (Proses gastrulasi) Gastrulasi adalah proses pembentukan 3 lapisan embrio yaitu ektoderm. Sel tersebut memadat untuk menjadi blastodik kecil yang membentuk dua lapisan sel.sejumlah blastomer yang berukuran sama akan tetapi ukurannya lebih kecil. dan auxilliary cells. di mana sel bakal organ yang telah terbentuk pada stadia blastula mengalami perkembangan lebih lanjut. pada ikan. Pada akhir blastulasi. Proses perkembangan sel bakal organ ada dua. dan endodermal yang merupakan bakal pembentuk organ-organ. sel-sel blastoderm akan terdiri dari neural. notochordal. Gastrulasi adalah proses perkembangan embrio. sedangkan emboli adalah proses pertumbuhan sel yang bergerak ke arah dalam terutama di ujung sumbu embrio. yang meliputi trophoblast. Tahap blastula (Proses blastulasi) Blastulasi adalah proses yang menghasilkan blastula yaitu campuran sel-sel blastoderm yang membentuk rongga penuh cairan sebagai blastocoel. yang meliputi sel-sel formatik atau gumpalan sel-sel dalam (inner mass cells). Pada blastula sudah terdapat daerah yang berdifferensiasi membentuk organ-organ tertentu seperti sel saluran pencernaan. Pada akhir pembelahan akan dihasilkan dua kelompok sel. yaitu epiboli dan emboli.

Pada proses gastrula ini terjadi perpindahan ektoderm.merupakan proses pembentukan ketiga daun kecambah yaitu ektoderm. VII. Tahap organogenesis Organogenesis (Morphogenesis) adalah proses pembentukan organ atau alat tubuh. Organogenesis meliputi:  Perpanjangan tubuh  Pembentukan ekor  Pemisahan tubuh menjadi bagian kepala dan badan  Perkembangan ekstremitas  Pemisahan tubuh embrio dari selaput ekstra embrional Pada periode organogenesis akhir yaitu penyelesaian bentuk definitif menjadi suatu bentuk individu. Penempatan bakal lapisan lembaga pada posisinya Membentuk lapisan-lapisan lembaga yang merupakan bahan baku dalam organogenesis. Tujuan gastrulasi: 1. mesoderm dan endoderm. mesoderm. Pada organogenesis awal (periode pertumbuhan antara) terjadi transformasi dan diferensiasi bagian-bagian tubuh embrio dari primitif sehingga menjadi bentuk yang definitif yang khas pada katak yaitu tahap tadpole. dan notochord menuju tempat yang definitif. Ciri –ciri umum proses gastrulasi:  Penataan kembali sel-sel embrio oleh gerakan morfogenetik  Ritme pembelahan sel di perlambat  Tidak terjadi tumbuh yang nyata 5. 2. KESIMPULAN Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam perkembangannya telur katak mengalami beberapa tahap yaitu: . endoderm.

Tahap morula yaitu pembelahan sel yang terjadi setelah sel berjumlah 32 sel dan berakhir bila sel sudah menghasilkan sejumlah blastomer yang berukuran sama akan tetapi ukurannya lebih kecil. 3. Daftar Pustaka Kimbal. 1999. Jakarta: Erlangga .1. di mana sel bakal organ yang telah terbentuk pada stadia blastula mengalami perkembangan lebih lanjut. Tahap gastrula yaitun proses perkembangan embrio. 4. Tahap organogenesis tediri atas organogenesis awal dan organogenesis akhir. Tahap balstula yaitu campuran sel-sel blastoderm yang membentuk rongga penuh cairan sebagai blastocoel. Biologi jilid 3. Tahap organogenesis (Morphogenesis) adalah proses pembentukan organ atau alat tubuh. 2.

com.google.com. Life sicle of a frog. Metamorfosis katak.google. .com. Http://www. Perkembangan hewan. Http://www.Http://www.google.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->