MAKALAH TAKSONOMI HEWAN

MOLUSSCA

Dosen Pengampu : Dr. Afreni Hamidah, M.Si

Disusun oleh : Kelompok : 6 Nama Anggota : 1. Eka Merdeka Putra A1C411004 2. Tesha Sundari 4. Orin 5. Rauda Syafitri 6. Meri Lismayanti 7. Febrita Ayu 8. Morina Sari 9. Della Wirsal A1C411024 A1C411036 A1C411045 A1C411052 A1C411053 A1C411056 A1C411061

3. Marta.H.Sianipar A1C411029

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI

2013

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Dalam klasifikasi kingdom Animalia dibedakan menjadi 2, yaitu Avertebrata (Hewan tidak bertulang belaakang) dan Vebrata(Hewan bertulang belakang). Hewan yang tergolong dalam kelompok Avebrata memiliki persamaan ciri, yaitu tidak memiliki ruas-ruas tulang belakang, golongan hewan ini memiliki pola organisasi tubuh yang agak sederhana dibandingkan dengan kelompok vebrata. Dan salah satu yang akan kami bahas dalam makalah ini adalah Mollusca, yang tergolong triplobastik selomata, yaitu golongan hewan yang berkembang pada tiga tingkat lapisan (ectoderm, endoderm, dan mesoderm). Merupakan golongan hewan yang telah memiliki rongga tubuh, karena mesodermnya sudah dipisahkan oleh rongga tubuh yang terbentuk menjadi 2 lapisan, yakni dalam dan luar. Memang Mollusca merupakan hewan yang akrab dengan kehidupan manusia, karena jenis hewan ini dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang bergizi atau untuk barang perhiasan. Hewan ini hidup di darat, air tawar dan di laut. Mollusca memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan, terutama dalam kehidupan. Beberaa speies dari phylum ini menjadi sumber protein bagi manusia. Selain itu, Mollusca dapat menjadi hama bagi pertanian dan menjadi inang bagi beberapa cacing parasit yang sangat merugkan bag manusia. Berdasarkan uraian dalam latar belakang tersebut, maka dianggap perlu untuk menyusun suatu tulisan yang berisi uraian mengenai phylum Mollusca dari berbagai aspek, baik dari segi ciri, istem fisiologis, klasifikasi mauun peranannya dalam kehidupan. Hal ini dimaksudkan sebagai acuan dalam mempermudah pemahaman terhadap phylum ini.

B.

Rumusan Masalah 1. Apakah ciri-ciri umum filum Molussca 2. Apasajakah klasifikasi dari filum molussca? 3. Bagaimana struktur dan fungsi anatomi molussca ? 4. Bagaimanakah peran positif dan negatif molussca? 5. Apa sajakah hewan langka dan baru ditemukan?

C.

Tujuan Tujuan yang hendak dicapai dalam makalah ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui ciri-ciri umum filum Molussca 2. Untuk mengetahui klasifikasi dari filum molussca 3. Dapat mengetahui struktur dan fungsi anatomi molussca 4. Dapat mengetahui peran positif dan negatif molussca 5. Mengetahui apa sajakah hewan langka dan baru ditemukan

Mollusca hidup secara heterotrof dengan memakan ganggang. Mantel membentuk rongga mantel yang berisi cairan. Hewan ini tergolong triploblastik selomata. Ciri-ciri Mollusca: 1. 4.Cairan tersebut merupakan lubang insang. bentuk. molluscus = lunak) merupakan hewan yang bertubuh lunak.Selain itu. Namun ada yang dengan bentuk torpedo bersayap yang panjangnya lebih dari 18 m seperti cum-cumi raksasa. Misalnya siput yang panjangnya hanya beberapa milimeter dengan bentuk bulat telur.Pada beberapa molluska kakinya ada yang termodifikasi menjadi mantel yang berfungsi untuk menangkap mangsa. struktur. 2.Kaki berfungsi untuk bergerak merayap atau menggali.Tubuhnya lunak dilindungi oleh cangkang.Massa viseral merupakan kumpulansebagaian besar organ tubuh seperti pencernaan. Tubuh mollusca terdiri dari tiga bagian utama : Kaki merupakan penjulur bagian ventral tubuhnya yang berotot. Ukuran dan bentuk mollusca sangat bervariasi. dan reproduksi. ikan ataupun sisa-sisa organisme.BAB 2 PEMBAHASAN A. mantel dapat mensekresikan bahan penyusun cangkang pada mollusca bercangkang. 5. Tubuh terdiri dari kaki. udang. dan anus. Filum Molussca Mollusca (dalam bahasa latin. Memiliki sistem syaraf berupa cincin syaraf . massa viseral. di laut dan didarat. dan fungsi tubuh.Beberapa juga ada yang hidup sebagai parasit. meskipun ada juga yang tidak bercangkang. 6.Habitatnya di air tawar. Struktur tubuhnya simetri bilateral. lubang ekskresi. Ciri tubuh Mollusca meliputi ukuran. Merupakan hewan triploblastik selomata. dan mantel. Habitatnya di ait maupun darat 3. Massa viseral adalah bagian tubuh mollusca yang lunak. ekskresi. Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.

Pertukaran udara mollusca dilakukan di rongga mantel berpembuluh darah yang berfungsi sebagai paru-paru.. Memang Mollusca merupakan hewan yang akrab dengan kehidupan manusia..Habitat di air.. Lidah bergigi yang melengkung kebelakang disebut radula. 2 3b 3 b.... 4a 4b 5a . Dalam sistem klasifikasi modern.. Mollusca bereproduksi secara seksual dan masing-masing organ seksual saling terpisah pada individu lain. Hidup secara heterotrof 10.. Tubuh asimetris bilateral……………………………………………… 4. Telur berkembang menjadi larva dan berkembang lagi menjadi individu dewasa....... 3 3... Reproduksi secara seksual Sistem saraf mollusca terdiri dari cincin saraf yang nengelilingi esofagus dengan serabut saraf yang melebar. a..a. cephalooda.. Kunci Determinasi filum mollusca 1... b.... ……………………..7. Sistem pencernaan mollusca lengkap terdiri dari mulut.. Bivalvia. Mollusca dibedakan menjadi lima kelas.. Mollusca yang hidup di air bernapas dengan insang.. Hewan ini hidup di darat... Memiliki radula (lidah bergigi) 9.………………………………………………………......... Pembagian ini didasarkan pada ciri morfologi. Ada pula yang memiliki rahang dan lidah pada mollusca tertentu.. Organ ekskresi berupa nefridia 8.. Scaphopoda. usus. Tubuh simetris bilateral…………………………………………………..... dan Polyplacopora.. b..Hidup di air tawar……………………………….. air tawar dan di laut....... lambung... karena jenis hewan ini dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang bergizi atau untuk barang perhiasan.. esofagus. Masing-masing kelas tersebut memiliki ciri tersendiri yang sangat khas dan berbeda dengan kelas-kelas yang lain.…………………………………………………………. Fertilisasi dilakukan secara internal dan eksternal untuk menghasilkan telur. 2.a. Pernafasan menggunakan insang………. yakni Gastropoda. anatomi dan fisiologis dari hewan-hewan tersebut..Hidup di air laut………………………………………………………….Habitat di darat.. Radula berfungsi untuk melumat makanan.. dan anus.. Organ ekskresinya berupa seoasang nefridia yang berperan sebagai ginjal. Sedangkan yang hidup di darat tidak memiliki insang..a.

Beberapa tidak memiliki cangkang dan disebut siput telanjang. Perut yang digunakan untuk berjalan memiliki otot disebut kaki. STRUKTUR DAN FUNGSI MOLUSSCA 1. Tentakel pendek berfungsi sebagai indera peraba dan pembau. Di kepala terdapat sepasang tentakel panjang dan sepasang tentakel pendek. Pernafasan menggunakan pallium……………………………………. sedangkan Gastropoda darat bernapas menggunakan rongga mantel.Hewan ini memiliki ciri khas berkaki lebar dan pipih pada bagian ventrel tubuhnya. Pada tentakel panjang terdapat bintik mata (tidak disebut maka. 5b 5. Coba amati bintik mata bekicot. dan bekicot (Achatia fulica).. siput air (Lymnaea sp. Kaki bagian depan memiliki kelenjar untuk menghasilkan lendir guna mempermudah gerakan. Pada ujung tentakel panjang terdapat mata yang berfungsi untuk mengetahui gelap dan terang. Perut yang digunakan untuk berjalan berotot. Octopus sp b.a. Kepala terletak di depan.b. karena memang bukan mata seperti mata manusia) yang berfungsi untuk membedakan gelap dan terang. gaster = perut. Gastropoda bergerak lambat menggunakan kakinya. sedangkan dewasa mengalami pembelokan membentuk lingkaran.). Alat gerak berupa tentakel………………………………………….. disebut “kaki”. Sedangkan pada tentakel pendek berfungsi sebagai alat peraba dan pembau. di dalam mulut terdapat lidah perut (radula) untuk “memarut” tumbuhan. sisanya berputar kekiri (sinistral). akan meninggalkan bekas dari lendirnya yang mengering. Gastropoda darat terdiri dari sepasang tentakel panjang dan sepasang tentakel pendek. sebagian besar memiliki cangkok dan berbentuk kerucut terpilin (spiral) yang berputar kekanan (dekstral). Achatina fulica B. Sistem pencernaan dimulai dari mulut di bagian depan. Kelas Gastropoda Gastropoda (dalam bahasa latin. remis (Corbicula javanica). Kaki bagian depan memiliki kelenjar untuk menghasilkan lendir guna mempermudah gerakan. yang berbintik kehitaman. Jika hewan ini berjalan. Gastropoda akuatik bernapas dengan insang. laut dan darat.Alat gerak berupa kaki perut……………………………………. Bentuk tubuh moluska jika larva bilateral simetris.Misalnya. podos = kaki) adalah kelompok hewan yang menggunakan perut sebagai alat gerak atau kakinya. Selanjutnya terdapat . Habitat moluska terdapat di air tawar.

alat reproduksi. Di bagian bawah cangkang terdapat mantel. podos = kaki). sperma diaslurkan ke vas deferens kemudian dimasukkan ke vagina pasangannya dengan perantaraan penis yang dikeluarkannya. Di dekat lambung terdapat hati yang berwarna kecoklatan. Gastropoda bernapas menggunakan lapisan mantel yang berubah fungsi menjadi paru-paru sebagai tempat terjadinya pertukaran gas. organ peraba. statosit (alat keseimbangan). Pemasakan sperma dan ovum tidak dalam waktu yang bersamaan. Jadi ovarium (penghasil ovum) dan testis (penghasil sperma) menjadi satu. 2. Ovum yaang dihasilkan ovotestes keluar ke saluran telur (oviduk) untuk di buahi sperma hewan lain.kerongkongan (esofagus). yang terdiri atas jaringan khusus yang digunakan untuk membungkus alat-alat dalam. kemudian lambung (ventrikulus). Dari celah cangkangnya akan keluar kaki yang pipih seperti mata kapak sehingga hewan ini disebut juga Pelecypoda (pelecy = pipih. seperti alat pencernaan. Anus terletak di mantel berdekatan dengan kepalanya. Sistem pengeluaran (ekskresi) menggunakan alat pengeluaran cair yang disebut nephridia. Kelas Bivalvia Hewan ini disebut sebagai bivalvia karena tubuhnya dilindungi oleh cangkangnya yang setangkup. Maksudnya. Gastropoda umumnya herbivora (pemakan tumbuh-tumbuhan). . Gastropoda bersifaat hermafrodit tetapi melakukan perkawinan silang. saraf ataupun jantung. usus (intestinum) yang berbelok ke depan lagi dan berakhir di anus. Hewan golongan ini bernapas dengan insang yang berlapis-lapis yang berbentuk seperti lembaran sehingga disebut juga sebagai Lamelibranchiata (lamela = lembaran. Sel telur dan spermatozoa dihasilkan oleh satu organ yaitu ovotesis. Sistem peredaran darahnya terbuka. hewan ini melakukan perkawinan dengan hewan lain bukan dengan dirinya sendiri. memiliki tubuh simetri bilateral. Hati melingkar-lingkar menuju ke cangkang dan mengikuti belitan cangkang. Pada saat kopulasi. insang. Inderaanya berupa mata. branchia = insang). Salah satu contoh hewan yang termasuk dalam kelas ini adalah Maleagrina margaritivera (kerang mutiara). Sistem saraf terdiri dari tiga pasang ganglia yang dihubungkan oleh saraf. Di bagian belakang mantel ada sifon yang digunakan untuk jalan masuk dan keluarnya air. dan kemoreseptor (reseptor kimia).

pipih ventrolateral. Kepala tak nampak.Cangkang kerang terdiri atas 3 lapisan. Kelenjar pencerna disebut hati. sepasang dekat esophagus. masingmasing terletak disebelah sisi lambung. Ganglion itu dihubungkan satu . lalu diangkut ke ginjal. Kotoran itu kemudian dikeluarkan melalui sifon ekskuren (dorsal). sepasang dalam kaki. Sistem Respirasi larutan oksigen dalam air diambil oleh insang. masuk ke dalam ruang mantel. merupakan lapisan tengah yang tebal. merupakan lapisan paling luar dan tersusun atas zat tanduk. melewati salah satu dari dua aurikel. dan sepasang dekat ujung posterior massa visceral. Makanan berupa protozoa. Filamen-filamen insang itu mengandung kapiler-kapiler darah. merupakan organ berlobus dua. Contoh spesies yang lain adalah: Asaphis detlorata (remis). Tubuh pipih lateral. terbuka dari ruang mantel. merupakan lapisan paling dalam yang tersusun atas zat-zat kapur yang halus. terus ke lambung. dan terbuka pada anus yang terletak dekat sifon ekskuren. Dari ventrikel darah dipompa baik ke anterior maupun melalui 2 buah aorta menuju ke bagian-bagian tubuh. Sistem Saraf terdapat 3 ganglion. Perkembangan melalui larva. Sistem Sirkulasi dari insang memasuki jantung. intestinum panjuang dan sebagian melingkar dalam kaki. Sistem pencernaan mulut terdapat pada ujung anterior massa visceral. Lapisan ini disebut juga sebagai lapisan mutiara. terpaut di bagian dorsal. Kemudian darah berkumpul lagi dalam vena cava. Hidup dalam laut atau air tawar seperti kolam. rawa dan telaga. yaitu:Lapisan periostrakum. Jantung terbungkus dalam pericardium. Lapisan nakreas. Kelamin terpisah atau hermaprodit. baik yang airnya mengalir maupun tergenang. terdiri atas zat kapur. dan O2 dan CO2 diangkut dalam aliran darah. berguna untuk menggali lumpur atau pasir. Esophagus pendek. diatom dan sebagainya. Gas CO2 dilepaskan dari tubuh dengan jalan sebaliknya. terus ke insang dan kemabali lagi ke jantung. Sistem Ekskres ginjal dalam bentuk nefridia mengeluarkan ekskret. terus ke bagian dorsal dari ruang mantel.Lapisan prismatik. Kaki berotot. Pecten ostrea (tiram) dan Anadonta woodina (Kerang). kemudian melewati porus excretorius. Kerang tubuhnya tertutup di antara katup kanan dan katup kiri. Kaki juga berguna untuk merayap dengan jalan mengisi atau mengosongkan sinus-sinus dalam kaki itu dengan darah.

intestinum. Pada alat pencernaan terdapat kelenjar hati dan pankreas. berakhir di anus. pada cumi-cumi dan sotong mempunyai 8 tentakel pendek dan 2 tentakel yang panjang. Sistem Sensori sel-sel sensori.dengan yang lain dengan serabut-serabut longitudinal yang anterior juga oleh serabutserabut tranversal. rectum. Organ untuk mendeteksi gangguan keseimbangan. Sistem ekskresinya berupa nephridia yang berbentuk segitiga. kemudoin pharynk. Sebuah sifon yang menyedot air lewat insang terletak di bawah mantel. (cephale berarti kepala dan podos berarti kaki). yaitu mempunyai tentakel yang dilengkapi dengan alat pengisap. fertilisasi terjadi dalam ruang mantel. Gurita mempunyai 8 tentakel. mungkin peka terhadap sentuhan dan cahaya. Kecuali itu terdapat pula redula seperti halnya pada Gastropoda. Mereka mempunyai pandangan mata yang sanagt bagus. Sistem Pencernaan terdiri atas rongga mulut dengan kelenjar ludah. gurita (Octopus sp.). . menunjukan emosi. caecum. Di dalam pharynk terdapat rahang chitine seperti tang yang dapat digerakkan oleh otot. Alat ini terdapat pada kepala yang berguna untuk menangkap mangsa. Sistem Reproduksi Spermatozoa dibawa dari ruang mantel. Kelompok hewan ini berbadan lunak dan tidak mempunyai cangkang seperti kelas yang lain. Jika kita amati. hewan ini memiliki ciri khas. Kelas Chepalopoda Cephalopoda berarti hewan yang menggunakan kepalanya sebagai alat gerak/kakinya. membentuk kearah agak longgar pada bagian leher. terdapat disepanjang batas mantel. Misalnya. oesophagus. Nautilus mempunyai sekitar 60-90 tentakel. berenang dengan cepat. Contoh spesies hewan ini adalah cumi-cumi ( Loligo pealii).) dan sotong (Sepia sp. lambung. Mantelnya menyelimuti skeliling tubuh. Organ perasa kurang berkembang dibandingkan anggota Mollusca lainnya. yaitu kantung pengeraman. jantan melewati sifon ekskuren masuk ke dalam ruang mantel betina melalui sifon inkurener betina. berwarna putih terletak disebelah jantung branchialis. tubuhnya bilateral simetris sebuah kaki yang terbagi menjadi lengan-lengan yang dilengkapi alat penghisap dan sistem saraf yang berkembang baik terpusatkan dikepala. Kelenjar ludah terdapat dipermukaan sebelah dorsal pharynk. 3. Pada akhir pharynk terdapat hati.

Sistem Saraf Terdiri atas 7 buah ganglion yang terletak di dalam kepala. Anggota kelas ini dijumpai di laut. beberapa kelenjar oviduct dan kelenjar nidamental. optis. Contohnya Cryptochiton sp atau kiton. Darah arterial (darah mengandung O2) dipompa oleh jantung sistemik lewat 3 aorta. tubuh dilindungi oleh cangkok yang tersusun tumpang tindih seperti gunting. Sistem peredaran darahnya adalah ganda dengan saluran tertutup. Hewan ini bersifat hermafrodit (berkelamin dua). dan aorta genital.850 m. Kelas Scaphopoda Merupakan kelas dari filum Mollusca. saluran vasa diferensia. pedal dan visceral. . fertilisasi eksternal (pertemuan sel teur dan sperma terjadi di luar tubuh). Ruang mantel dengan permukaan dorsal. sedangkan permukaan lateral mengandung banyak insang. Alat reproduksi betina terdiri atas ovarium. beberapa spesies terdapat pada kedalaman 1. 4. dikenal dengan nama siput gading atau siput gigi.Tubuhnya bilateral simetri. Kelas Polyplacopora hidup merayap di dasar laut. uviduct. pada batu-batuan. Dentalium vulgare adalah salah satu contoh kelas Scaphopoda. yaitu terdiri atas ganglion cerebral. Hewan ini juga mempunyai fase larva trokoper. Dentalium vulgare adalah salah satu contoh kelas Scaphopoda. Karena biasanya hewan ini tumbuh di batu atau benda laut lainnya yang berbaris menyerupai taring. 5. cangkangnya yang tajam dapat menusuk telapak kaki dan menyebabkan luka. Pada prinsipnya ganglion tersebut sama halnya dengan Gastropoda. alat kopulasi (penis). yaitu aorta anterior. dengan kaki di bagian perut (ventral) memanjang. tepi di samping terdapat ganglion supra buccalis. tertutup oleh 8 papan berkapur. aorta posterior. alat reproduksi jantan terdiri atas testis. Jika Anda berjalan-jalan di pantai. Sistem reproduksi alat kelamin jantan terpisah dengan alat kelamin betina. Kelas Polyplacopora Hewan Mollusca kelas Amphineura ini hidup di laut dekat pantai atau di pantai. Disebut Dentalium karena bentuk cangkangnya menyerupai gigi-gigi (dentis). Apabila berjalan di pantai perlu hati-hati karena hewan ini tumbuh di batu atau benda laut lainnya yang berbaris menyerupai taring. hati-hati dengan cangkang jenis Scaphopoda ini. Hidup dan membenamkan diri pada substrat pasir atau lumpur yang bersih di laut dangkal. spermatopheri.

Sistem pencernaan terdiri atas mulut. Dentalium vulgare tidak memiliki kepala dan ingsang oleh karena itu Sistem pernapasannya di bantu oleh mantel. yaitu alat peraba. ganglion pleural. Alat ekskresi berupa ginjal yang dinamakan nefridium. dan anus. Gambar 33. Cairan tersebut merupakan lubang insang. (a) Dentalium vulgare. Sirkulasi air untuk pernafasan digerakkan oleh gerakan kaki dan silia. Pada mulut ditemukan lidah bergerigi atau radula. Hewan ini juga memiliki cangkok yang berbentuk silinder yang kedua ujungnya terbuka. .d 5 cm. lubang ekskresi. dan ganglion pedal. yaitu ganglion sarebral. Ketiganya dihubungkan dengan serabut-serabut saraf.Dentalium vulgare hidup di laut dalam pasir atau lumpur. Mantel membentuk rongga mantel yang berisi cairan. sementara itu pertukaran gas terjadi di mantel.5 s. Dekat mulut terdapat tentakel kontraktif bersilia. Fungsinya untuk menangkap mikroflora dan mikrofauna. (b) Struktur tubuh Dentalium sp. Hewan ini mempunyai kelamin terpisah. dan anus. usus. System sarafnya berupa tiga pasang simpul saraf (ganglion). lambung. Panjang tubuhnya sekitar 2. kerongkongan yang pendek. Salurannya memanjang dari mulut hingga anus.

dan pulmonata. Ophisobranchia. Nama Daerah: Lola Kingdom Phylum Class Family Subfamily Genus Species : Animalia : Mollusca : Gastropoda : Trochidae : Trochinae : Trochus : Trochus tiaratus Superfamily : Trochoidea 2. Kelas Gastropoda Kelas Gastropoda terbagi menjadi tiga ordo yaitu Prosabrancihia. Contoh klasifikasi: 1.C. Klasifikasi dari Filum Molussca 1. Nama Daerah: Batu Laga Kingdom Phylum Class Family Subfamily : Animalia : Mollusca : Gastropoda : Turbinidae : Turbininae Superfamily : Trochoidea .

Nama Daerah: Siput Murbai Kingdom Phylum Class Famili Genus Spesies : Animalia : Mollusca : Gastropoda : Ampullariidae : Pomacea : Pomacea canaliculata Superfamili : Ampullarioidea 2. Kelas Bivalvia Contoh kalsifikasi: .Genus Species : Turbo : Turbo marmoratus 3.

Kingdom : Animalia Filum : Molusca Class :Bivalvia Ordo : Eulamellibranchia Family : Veneridae Genus : Sunetta Species : Sunetta truncata . Kingdom Phylum Class Subclass Ordo Family Genus Species granosa : Animalia : Mollusca : Bivalvia :Pteriomorphia : Arcoida : Arcidae : Anadara : Anadara b. Kingdom :Animalia Filum : Molusca Class : Bivalvia Ordo : Eulamellibranchia Family : Cardidae Genus : Trachycardium Species :Trachycardium subrugosum c.a.

Kingdom Phylum Classis Ordo Familia Genus Species b.3. Kingdom Phylum Class Sub kelas Ordo Family Genus Spesies : Animalia : Mollusca : Cephalopoda : Teuthoidea : Loliginidae : Loligo : Loligo Pealii : Animalia : Mollusca : Chepalopoda : Coloidea : Decapoda : Loliginidae : Loligo : Loligo indica 4. Kelas Cephalopoda a. Kelas Amphineura .

seperti kuwuk. Bekicot merupakan sumber gizi hewani yang cukup tinggi.a. atau dibuat kancing. Sementara itu sumber data lain menunjukkan. bekicot atau keong dapat dipelihara di kolam. Dalam 100 gr daging bekicot kering antara lain terdiri atas leusin .Creswell dan Kopiang (1981) merinci komposisi kimia bekicot. Kingdom : Animalia Phylum : Mollusca Class : Amphineura Ordo : Cryptochiton Family : Chitonidae Genus : Chiton Species : Chiton sp D. Ada pula yang suka mengumpulkan berbagai macam cangkang Mollusca untuk koleksi atau perhiasan. protein yang terkandung sekitar 12 gram per 100 gram dagingnya. Fe 1. di samping rasanya enak. hidrat arang 2%. kerang. Kandungan lain adalah lemak 1%. cangkok hewan ini bisa dimanfaatkan untuk membuat hiasan dinding. ternyata dagingnya memang kaya protein. Bagaimana. pernahkah Anda memakannya? Jika pernah. Selain itu kandungan asam amino daging bekicot cukup menonjol. perhiasan wanita.7 mg serta vitamin B komplek terutama vitamin B2.Cangkang bekicot kaya kalsium. keong atau sotong? Alasannya cukup sederhana. Selain sebagai bahan makanan yang bergizi. ternyata hewan ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Bahkan ada cangkang Mollusca yang digunakan untuk bahan mainan. dan dalam daging tersebut masih terdapat banyak asam-asam amino. fospor 78 mg. kalsium 237 mg. bagaimana rasanya? Hewan ini juga bisa dibudidayakan dan Andapun bisa memelihara hewan ini seperti: tutut. bekicot. Peranan Moluska Mengapa banyak orang yang suka makan cumi-cumi.

darimana mutiara itu dihasilkan? Mutiara dihasilkan dari tiram mutiara seperti Pinctada margaritifera dan Pinctada mertensi dari kelas Pelecypoda (Bivalvia). Kalsium karbonat yang digunakan dalam pembentukan cangkang moluska pada akhirnya. dan adapula yang dibudidayakan. arginin 4. Misalnya keong mas adalah musuh para petani yang sering merusak tanaman padi. Ketika benda asing itu ada di tubuhnya. Caranya. ternyata ada beberapa jenis Mollusca yang merugikan. dan asam glutamat 8.500 ha.88 gr. Lendir ini akhirnya mengeras dan menjadi mutiara. pasir atau arang) dimasukkan diantara mantel dan cangkok tiram.98 gr. tiram berusaha mengeluarkan dengan cara membungkusnya dengan lendir. tanggal 3 Pebruari 1990 dengan luas 1. Begitu pula bekicot Achatina fulica merupakan hama tanaman yang sulit diberantas. Molussca yang Dilindungi Jenis-jenis moluska yang dilindungi menurut Kawasan Konservasi Laut Teluk Cedrawasih ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Alam Laut berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 58/Kpts-II/1990. lisin 4.453. Mutiara ini ada yang dihasilkan secara alami. Pernahkah Anda berpikir. cangkang ini berperanan penting dalam membentuk endapan dasar perairan. asam aspartat 5. benda asing (kerikil.16 gr. moluska memberikan sumbangan paling penting sebagai pembentuk kapur. E. dan Baru ditemukan 1. dan selanjutnya ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 472/Kpts-II/1993 tanggal 2 September 1993 . Sejak abad ke-17 mutiara merupakan barang perhiasan mewah yang diburu kaum jutawan dan harganya cukup mahal. setelah binatangnya mati. Di samping menguntungkan.62 gr. Menurut Welch (1952) di antara binatang penghuni perairan darat. Berdasarkan Surat Pernyataan Menteri Kehutanan Nomor 448/MenhutVI/1990 tanggal 24 Maret 1990 kawasan konservasi tersebut dinyatakan sebagai Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih. dan di perairan dangkal yang dihuni populasi besar kerang dan siput. Saat ini banyak orang yang membudidayakan tiram untuk menghasilkan mutiara. jatuh ke dasar perairan.4.35 gr. Spesies Molussca yang Langka (dilindungi) .

dari famili Cymatidae yaitu Triton trompet (Charonia tritonis). entah tidak. seharusnya para pakar melakukan kajian terhadap moluska karena hewan kecil ini banyak memberikan informasi ilmu pengetahuan. dan Kima lubang (Tridacna coreacea). Entah disadari. Kima besar (Tridacna maxima). Molussca purba Moluska terdiri atas kerang (berkatup dua) dan keong (berkatup satu). yakni masa sebelum manusia . dari famili Trochidae yaitu Lola (Trochus niloticus) dan dari famili Trubinidae yaitu Batu laga (Turbo marmoratus). Sayangnya. Padahal moluska sudah dikenal sejak zaman prasejarah. dari famili Cassidae yaitu Kima kepala kambing (Cassis cornuta). Kima tapak kuda (Hippopus hippopus).antara lain dari famili Tridacnidae yaitu Kima raksasa ( Tridacna gigas). Gambar: Kima raksasa (Tridacna gigas) Batu laga (Turbo marmoratus). belum banyak pakar melakukan penelitian terhadap moluska. Kima kepala kambing (Cassis cornuta 2.

tempat minum. Di Sumatera terdapat bukit kerang atau bukit remis. bersama si arwah yang dikubur disertakan perhiasan-perhiasan dari kulit kerang. H. Witkamp. Mungkin ini dimaksudkan sebagai penolak bala atau agar si arwah cepat mencapai “dunia sana”. Pada masa itu manusia purba banyak mengonsumsi kerang dan keong. yakni dagingnya dimakan lalu cangkangnya dibuat peralatan rumah tangga. Menurut penelitian H. Kerang dan keong merupakan hewan bertubuh lunak. seperti alat pemotong atau keperluan lain yang berhubungan dengan kelangsungan hidup dan sebagai bekal kubur. Mungkin ini merupakan cara pendayagunaan kerang yang optimal. van Stein Callenfels melakukan ekskavasi di sebuah bukit kerang dekat Medan. Bukit-bukit ini bergaris tengah sekitar 30 meter dengan tinggi tidak kurang dari 4. Tak dimungkiri kalau manusia purba.V. Dia menyimpulkan bahwa kerang tersebut pernah dipergunakan sebagai alat tiup. Ekskavasi Sisa-sisa cangkang moluska. Sulawesi Selatan.R. Hasilnya berupa kerang dan kapak genggam Sumatera. Beberapa jenis kerang dan keong dagingnya mengandung gizi tinggi. bukit kerang ini merupakan hasil suatu kegiatan manusia dulu kala. dan gayung air. ribuan tahun yang lalu. Eksploitasi laut mulai dikembangkan masyarakat purba sekitar tahun 20. van Heekeren pada 1930-an menjumpai lapisan kerang setebal 100 cm di Leang Karassa. terutama kerang. Kerang ini kemudian diteliti oleh van der Meer Mohr. sangat tergantung pada bahan-bahan makanan itu. Moluska purba banyak digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga. sebagaimana ditunjukkan tumpukan kulit kerang pada beberapa situs arkeologi (istilah kerang lebih populer daripada keong). Ada .mengenal sumber tertulis.000 SM dengan hidup sebagai nelayan atau pencari kerang. Selain kulit kerang di dalamnya terdapat tulang-tulang hewan. baik yang hidup di tepi pantai maupun di dalam gua. Penyelidikan van Heekeren selanjutnya di Pangkajene menghasilkan sejumlah besar alat dari kerang seperti penggaruk dan alat tusuk.50 meter. Dulu. Pada 1925 dan 1926 P. banyak ditemukan dalam berbagai ekskavasi arkeologi.

mengumpulkan makanan. Kerang pun menjadi hiasan perahu layar beberapa suku bangsa. Ada pula yang harus dipecah terlebih dulu. para pakar menyimpulkan bahwa kehidupan waktu itu berada dalam taraf berburu. Pada masa-masa selanjutnya para arkeolog menemukan kerang pada sejumlah situs yang terletak di pesisir. Pertama. merekonstruksi . tusukan. Kerang pernah berfungsi sebagai alat tukar (barter) dan mas kawin. terutama daerah pesisir. Cara memakannya.E.pula yang dipakai sebagai perhiasan dengan jalan melubangi kerang itu. Melihat konteksnya para pakar memerkirakan bahwa situs tersebut merupakan tempat permukiman penduduk pantai yang makanan pokok serta kehidupan sehari-harinya tergantung dari hasil laut. dan mencari makanan di laut. penggaruk. Diduga kapak genggam digunakan untuk memecah kulit kerang yang keras (Sejarah Nasional Indonesia. Ekskavasi di Banten. Sekelompok suku bangsa memerlakukan kerang sebagai unsur religius karena mereka menganggap kerang melindungi seluruh warga dari segala mara bahaya. Data arkeologi tersebut dipakai sebagai petunjuk hubungan penghuni purba suatu situs dengan daerah-daerah lain. I). dan sisa-sisa kerang. misalnya. dapat digunakan sebagai untuk bahan aplikasi studi data tentang iklim dan paleoantropologi. Sebagian lagi dijadikan alat-alat seperti penggaruk dan serut. Dengan mengetahui lingkungan hidup atau habitat berbagai jenis moluska. dapat disimpulkan apakah penghuni purba sudah pandai menyelam atau berlayar. Schurmann di Binjai. Selain itu terdapat jenis-jenis kerang yang dijadikan makanan. Dari penemuan kapak genggam. baru dikeluarkan isinya. Data Arkeologi Sisa-sisa moluska menjadi data arkeologi yang berguna bagi kelengkapan suatu penafsiran sejarah. kerang dipanaskan kemudian isinya diambil. Secara umum ada tiga manfaat studi terhadap moluska. Penelitian terhadap bukit kerang dilakukan pula oleh H. menghasilkan sejumlah besar kerang bersama pecahan periuk dan keramik.M. Kedua. Moluska juga merupakan petunjuk yang berguna dalam menentukan iklim atau cuaca dan vegetasi.

NTT. Dibandingkan hewan-hewan lain moluska termasuk jenis yang istimewa. sering kali dilubangi sekaligus dijalin dengan benang atau tali untuk dijadikan kalung. Dalam periode seratus tahun. gizi. Berkat kelebihan itu para pakar berhasil menafsirkan berbagai aspek ilmu pengetahuan. Hal ini sangat menguntungkan para peneliti. Kerang yang lebih besar dimanfaatkan untuk gelang dan merjan (manik-manik). masih memiliki beberapa pusaka unik. umpamanya gake ngadhu atau bangsawan. Di Belu juga terdapat benda-benda perlengkapan wanita yang biasa digunakan pada waktu melakukan tarian tradisional atau menyambut tamu-tamu agung. Kulitnya yang mengandung unsur kapur memungkinkan hewan itu hidup tahan lama dalam cuaca bagaimanapun. Demikian menurut Rokhus Due Awe. Pusaka berujud kain ini hanya digunakan pada upacara-upacara adat. Di mata para arkeolog. Banyak kerang berukuran kecil dipakai sebagai bahan makanan dan peralatan.lingkungan purba. Moluska kecil lain. Perlengkapan ini berupa tusuk konde yang diberi untaian manik-manik dari kulit kerang. ada pula yang besar. Ada yang bentuknya kecil. peneliti moluska purba dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional dan Kresno Yulianto. baik yang mempunyai dua katup maupun yang berbentuk spiral. dan Gilimanuk. Pusaka ini mengandung pola hias prasejarah. Sampai sekarang masyarakat Belu. misalnya. Begitu juga yang berada dalam konteks temuan atau pembuatan rumah adat suku yang baru dan hanya boleh dipakai oleh golongan . Ini karena perkembangan bentuk cangkang hewanhewan itu relatif sama dari masa ke masa. seperti halnya keramik atau mata uang. untuk studi mengenai sumber makanan. Anyer. Namun moluska masih sulit dijadikan pertanggalan. seperti permukiman. dosen arkeologi UI. dan perdagangan sejak zaman purba. temuan-temuan moluska yang memiliki tanda-tanda pemangkasan atau pengerjaan oleh manusia lebih mudah diidentifikasi. mata pencarian. menurut penelitian para zoolog bentuk Gastropoda (salah satu spesiesnya) tidak pernah berubah. Pola hias tersebut disusun atau disulam dari manik-manik dan dikelilingi bahan dari cangkang moluska. Perhiasan jenis ini telah dikenal sejak zaman Paleolitik Atas. Moluska banyak ditemukan pada situs-situs arkeologi di NTT. Ketiga.

tim ekspidisi tersebut menggunakan kapal selam robot yang disebut ROPOS yang dikendalikan dengan remote dan mampu menyelam di Newfoundland hingga kedalaman maksimum 9. yakni dulu kerang-kerang tersebut berfungsi sebagai bandul jaring. Karena penelitian dilakukan di laut dalam. Gambar Molussca purba: 3. Namun karena bentuk-bentuk seperti itu masih ditemukan di NTT (berfungsi sebagai bandul jaring) maka para arkeolog pun menganalogikan demikian. Molussca yang Baru ditemukan Sewaktu dilakukan ekspidisi laut dalam di Pantai Atlantic – Kanada.bersama sejumlah benda arkeologis. banyak ditemukan makhluk hidup bawah laut yang sangat diyakini termasuk spesies baru atau spesies yang belum diketahui. pernah ditemukan banyak kerang yang punggungnya dipangkas. misalnya. mungkin laut memang jenis spesies baru. Ditemukan di dalam Samudera Atlantik di wilayah Kanada. Di situs Gilimanuk. .000 meter (3 km). Semula temuan-temuan tersebut sulit diketahui fungsinya. Ekspedisi tersebut dilakukan oleh tim dari Kanada dan Spanyol selama 20 hari.800 feet atau sekitar 3. Gurita Ungu – spesies belum diketahui Gurita warna ungu ini sama sekali tidak dikenal.

Spesies ini menjadi anggota pertama Polychaeta Ninja Slug (Siput Ninja) Dengan ekor 3 kali lebih panjang daripada tubuhnya. sirip dan mempunyai berenang. di kepalanya. merupakan hewan anggota Mollusca (hewan lunak) Karang Cangkir (cup coral). menembakan kepada Siput ini spermanya pasangannya dari kelas dengan "panah cinta" yang . Dinamakan karena bentuknya mirip cangkir kebalik. Merupakan spesies aneh yang baru. Ditemukan di laut Sulawesi. Squid Worm (Cacing Cumi-Cumi) Tidak jelas apakah ini cacing mereka untuk tentakel atau cumi-cumi. siput ini hanya ditemukan di wilayah Malaysia yang ada di Kalimantan.New Bivalve – Bivalvia/Pelecypoda/Lamellib aranchiata spesies baru.

mereka sering diincar predator seperti burung. 4. Mollusca yang Langka Cumi-cumi kolosal . Kath Walker. Siput Albino yang diperkirakan usianya tahun. meski cangkang kuat di luar tubuh mereka memang tak satu warna.terbuat karbonat hormon. ini merupakana penampilan kedua siput Albino. dari dan kalsium dilumuri Siput Powelliphanta Temuan luar biasa ini kemudian dipublikasikan di berbagai situs di Selandia Baru. langka secara saja. mengaku takjub siput ini bisa hidup begitu lama. 10 Powelliphanta dikonservasi ditemukan ini khusus.Pakar Department of Conservation Powelliphanta.Di siput merupakan yang baru Selandia hewan Baru. Sebab. tubuh hewan ini seluruhnya berwarna hitam.Biasanya. Kabarnya.

Makhluk ini tertangkap pada tahun 2007. dan juga invertebrata terbesar yang pernah tercatat. Dimana terdapat sebuah spesimen cumi-cumi dengan panjang 10 m. Selandia Baru.Cumi-cumi kolosal dianggap sebagai Cephalopoda terberat. raksasa dapat dan keberadaan Sekarang cumi-cumi di beberapa spesimen dari cumidijumpai National Museum di Wellington. Studi pada spesimen tersebut tampaknya menunjukkan bahwa cumi-cumi pemburu menggunakan makan kolosal penyergap adalah yang bioluminescence untuk memikat ikan yang ia . Untuk waktu yang lama cerita cumi-cumi besar ada sebagai legenda laut yang tidak begitu dipercaya putri cumi kolosal seperti duyung. oleh nelayan di laut Antartika.

pernah dianggap kedalaman 200-1000 meter di bawah laut. petugas informas i dari Fife Coast and Countryside Trust .Bekicot ini sangat jarang di Skotlandia . siput tanah langka Siput yangmemilikicangkang kha s pembuka botol. bangsa mereka raksasa ular hidup ini di di sangat langka.Cumi. Alexa Tweedle.cumi Raksasa Langka Cumi-cumi sebagai samudera.5 meter. cumicumi itu ditangkap di teluk dekat New Zealand. terakhir tercatat ditemuka n di Barat Fifedekat Oakley padan tahun1901. mengatakan:"DI Fife hanya sekali data ditemukannya sipu ini yaitu di tahun 1901. Spesimen cumi-cumi raksasa yang utuh dan maha besar ini sangat jarang ditemui Bobot cumi cumi-cumi terbesar pada raksasa yang tahun ini dapat mencapai 1000 kg : cumipernah 1880 ditangkap panjangnya 18.

dikenal Dumbo dengan karena sirip yang kepala) Disney.Lidah Bekicot Flamingo Lidah (Cyphoma bekicot Gibbosumn) flamingo adalah binatang kecil. melainkan di lapisan jaringan pelindung terhubung mendorong menutupi insang ditarik. siput untuk Jaringan siput akan pelindung juga bekerja seperti diserang. Dumbo octopus. berwarna-warni. mahkluk ini memakai hatinya dalam pembentukan jiwa dan warna pada lengan atas. pada octopus termasuk dalam marga grimpoteuthis dumbo telinganya menonjol tokok yang octopus (seperti dari bagian Walt ektrim yang besar menyerupai karakter kartun sangat Makhluk ini hidup di kedalaman kedalaman 3. dan ada beberapa yang . seperti siput laut yang hidup di berbagai jenis karang lunak di Karibia. Mungkin ini Ketika anda hidup. pelindung dan warna mengatakan satu-satunya hewan laut yang bisa berubah menjadi pucat saat ketakutan.000 sampai 4. Secara harfiah. ikan. ke yang kakinya keluar kulitnya.000 meter. Warna cantik yang Anda lihat dalam gambar ini bukanlah sebuah kulit siput.

Cumi-cumi ini dapat ditemukan di kedalaman ini 600-1000 pertama tahun dikelirukan (octopus) cumi-cumi mereka 1903 m. dengan yang Makakan menggunakan menyerupai makhluk ini adalah hewan laut kecil dan cacing laut VAMPIRE SQUID Salah satu hewan laut dalam yg paling misterius adalah cumicumi vampir (vampire squid).9 Kg. dibawah Gurita ini merupakan jenis langka.000 permukaan meter laut. Nama cumi-cumi vampir dalam bahasa Latin adalah "Vampyroteuthis infernalis" yg kurang lebih berarti "cumi-cumi vampir dari neraka".8 m dan berat 5. Gurita terbesar yang tercatat memiliki panjang 1. berukuran 30 cm (cukup besar untuk ukuran cumi-cumi) dan memiliki warna merah terang.bisa bertahan hingga kedalaman 7. Gurita ini berenang sirip kuping. tidak . kali & Hewan ditemukan mulanya gurita aneh membuat sebagai vampir Penampilan terkenal di kalangan para ilmuwan. Cumicumi ini bertubuh tambun. Nama itu diberikan karena penampilannya yg sekilas aneh Cumi-cumi & ini menyeramkan.

Amphineura adalah kelompok hewan yang masuk dalam fillum Mollusca. oleh sehingga tampak Lengannya selaput jika seperti terhubung berdaging direntangkan corong berselimut. di atau laut di pantai. namun berguna kegelapan matanya karena nyaris ia tidak di Untuk hidup abadi. Hewan ini jarang terlihat karena hewan jenis Mollusca ini masih termasuk hewan primitif. Hewan kelas Amphineura ini hidup di dasar dekat perairan pantai lautan. Ia memiliki sepasang mata berwarna ungu. mendeteksi keadaan sekitarnya. Pada bagian ekornya menggelombang secara lambat. cumi-cumi ini memiliki sepasang benang kuning di sisi tubuhnya yg berfungsi sebagai organ & sensor terhadap musuh mangsanya. Di dekat sirinya juga terdapat sepasang organ bercahaya yg hanya dinyalakan utk kamuflase.seperti cumi-cumi lainnya yg bertubuh terdapat bentuknya bergerak runcing sepasang mirip seperti sirip kuping yg & torpedo. yang diperkirakan telah ada 450 .

namun ada pula yang merugikan.juta tahun yang lalu.) • . Merupakan hewan triploblastik selomata. massa viseral.). kerang hijau (Mytilus viridis). Tridacna sp. • Ciri-ciri Mollusca: Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang. Contohnya Cryptochiton s p atau Chilton dan Neopilina BAB 3 PENUTUP 1.. kerang (Anadara sp. Habitatnya di ait maupun darat.). yaitu: Kelas Gastropoda Kelas Chepalopoda Kelas Bivalvia atau Pelecypoda Kelas Amphineura Kelas Scaphopoda Umumnya mollusca menguntungkan bagi manusia. dan mantel. reproduksi secara seksual • Mollusca dibagi menjadi 5 kelas. tubuh terdiri dari kaki. Struktur tubuhnya simetri bilateral. Memiliki sistem syaraf berupa cincin syaraf Organ ekskresi berupa nefridiaMemiliki radula (lidah bergigi)dan hidup secara heterotrof. sotong (Sepia sp. SIMPULAN • Mollusca berasal dari bahasa latin yaitu molluscus yang artinya lunak. Jadi Filum Mollusca adalah kelompok hewan invretebrata yang memiliki tubuh lunak. Peran mollusca yang menguntungkan adalah sebagai berikut Sumber makanan berprotein tinggi. misalnya tiram batu ( Aemaea sp.

Sauders College Publishing: Philadelphia . dari famili Cymatidae yaitu Triton trompet (Charonia tritonis). • Jenis-jenis moluska yang dilindungi yaitu Kima raksasa (Tridacna gigas). R. The Invertebrata World. dan tiram mutiara.Kanisus: Yogyakarta Campbell.com/moluska-purba-dari-makanan-hingga- Kuntoro Budi.http://biologimediacentre.2012.). 1988. dan bekicot (Achatina fulica).E Broshears.Spesies Terbaru.cumi-cumi (Loligo sp. Perhiasan.H and R. Kima besar (Tridacna maxima). Kima tapak kuda (Hippopus hippopus).Penemuan Moluska Purba.indonesiakuno. 1982. misalnya bekicot dan keong sawah yang merupakan hama dari tanaman.2012.2008. remis (Corbicula javanica).http://doks. Penerbit PT. Hiasan dan kancing. DAFTAR PUSTAKA Djulianto bekal-kubur Putra Isani . dan Kima lubang (Tridacna coreacea).2009.Erlangga: Jakarta Dharma. Nautilus. Mollusca yang merugikan bagi manusia. dari famili Cassidae yaitu Kima kepala kambing ( Cassis cornuta). dari famili Trochidae yaitu Lola (Trochus niloticus) dan dari famili Trubinidae yaitu Batu laga (Turbo marmoratus).Akuarium Laut. B. Siput dan Kerang Indonesia.Bologi Edisi 8 Jilid 3.com/foto-fotospesies-baru/ Susantio. Sarana Graha: Jakarta Barth. misalnya dari cangkang tiram batu. misalnya tiram mutiara (Pinctada margaritifera).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful