Sejarah kosmetik sangat panjang, mengikuti waktu penggunaannya.

Kosmetika berasal dari kata kosmein (Yunani) yang berarti “berhias”. Kosmetika sudah dikenal orang sejak zaman dahulu kala. Di Mesir, 3500 tahun Sebelum Masehi telah digunakan berbagai bahan alami baik yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, hewan maupun bahan alam lain misalnya tanah liat, lumpur, arang, batubara bahkan api, air, embun, pasir atau sinar matahari. Penggunaan susu, akar, daun, kulit pohon, rempah, minyak bumi, minyak hewan, madu dan lainnya sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan masyarakat saat itu. Hal ini dapat diketahui melalui naskah-naskah kuno yang ditulis dalam papirus atau dipahat pada dinding piramida. Sejarah kosmetik tanggal kembali ke abad 6000 sebelum masehi. Bukti-bukti arkeologi menemukan menunjukkan bahwa Roma, Mesir dan Asia telah digunakan beberapa atau jenis lain itu. Cleopatra dikenal untuk mandi dalam susu dan air mawar untuk kulit bersinar ... Orang-orang di Afrika dan selatan India telah dikenal untuk menjadi yang pertama untuk menggunakan celak-yang terbuat dari jelaga di bawah mata dan henna untuk mewarnai rambut. Pada Timur Tengah, yang dulunya Persia, membuat dimasukkan dalam rangka untuk menyamarkan diri. Penggunaan kosmetik pada abad pertengahan  Penggunaan kosmetik jatuh drastic karena ajaran Kristen melarang penggunaan kosmetik karena mereka mengklaim bahwa sama dengan pelacuran  Namun pada Era Renaissance mulai menggunakan kosmetik lagi dalam upaya untuk menyamarkan penampilan agraria mereka. Dalam islam memakai kosmetik Boleh-boleh saja, asalkan bahannya bagus, tidak merusak, dan tidak berlebihan. Karena Nabi bersabda, “Segala yang berbahaya dan membahayakan adalah dilarang.” (HR. At-Tirmidzi, Al-Baihaqi dan lain-lain).

hingga kemudian ilmu kosmetik dan kosmetikologi di pisahkan dari ilmu kedokteran. pohon damar. Dewi Ratih dan roro Jongrang. 2. dan Eropa Timur kemudian pada masa itu ilmu kedokteran semakin bertambah luas. Eropa Barat. sejarawan percaya bahwa roh-roh pertama kali digunakan dalam ritual. minyak. dan dari berbagai tanaman menghasilkan parfum salep yang dioleskan ke kulit dimana bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang biasa digunakan dalam ritual. Pada jaman Renaissance banyak universitas didirikan di Inggris. Bagamana kosmetik yang dgunakan untuk ritual agama dan untuk apa? Jawab: Kosmetik dipakai sebagai ritual agama oleh bangsa Mesir dengan menggunakan parfum dari sari bunga lavender. 3. Apa yang menyebabkan kosmetik turun drastis pada abad pertengahan dan naik lagi pada era Renaissance? Penggunaan kosmetik jatuh drastis karena ajaran Kristen melarang penggunaan kosmetik karena mereka mengklaim bahwa sama dengan pelacuran.Perkembangan kosmetik di Indonesia berkembang melalui jalur komunikasi. mereka. Roh-roh ini berasal dari gusi. lili. Bagaimana orang cina merawat kuku dengan permen karet? . Sekarang kosmetika dibuat manusia tidak hanya dari bahan alami saja tetapi juga bahan buatan untuk maksud meningkatkan kecantikan Pertanyaan 1. menciptakan bau yang menyenangkan. mawar dan minyak zaitun. Tiga ribu tahun lalu di Mesir kuno. Eropa Utara. Dari cerita dan legenda Ken Dedes. sebagai bagian dari upacara keagamaan. dapat diperkirakan adanya usaha dan cara untuk meningkatkan kecantikan dengan kosmetik tradisional.

Umar (bin Khatab) memeriksa shaf shalat jamaah perempuan lalu beliau mencium bau harum dari kepala seorang perempuan. Keluarlah kalian dari rumah dengan tidak memakai wewangian”. Di tengah jalan. ‫اخرجن أن ىف هم ع ند ان رجال ق هىب وإن ما ري ح كن ان رجال ف يجد م تط ي ثات ت خرجن‬ ‫ت ف الت‬ “Kalian. gelatin. lilin lebah dan telur dari sekitar 3000 SM. kelas bawah dilarang memakai warna-warna cerah pada kuku mereka.Jawab: Orang cina merawat kuku mereka dengan permen karet arab. ‫ن ث ست خرجت ف إذا ن زوجها إحداك ن ن تط ية ون ف ع هت ن ف ع هت هي أي ت كن أع هم ن ى‬ ‫أطمار‬ ‫ون يدت ها‬ “Seandainya aku tahu siapa di antara kalian yang memakai wewangian niscaya aku akan melakukan tindakan demikian dan demikian. Setelah itu beliau berkata. Umar mencium bau harum dari perempuan tersebut maka Umar pun memukulinya dengan tongkat. dimana. “Di masa pemerintahan Umar bin Khatab ada seorang perempuan yang keluar rumah dengan memakai wewangian. “Aku mendapatkan kabar bahwa perempuan yang memakai . Hukum Islam tentang wanita yang memakai parfum Dari Yahya bin Ja‟dah. Jika keluar rumah hendaknya memakai kain jelek yang biasa dipakai oleh budak perempuan”. Warna yang digunakan mewakili kelas social. Ibrahim mengatakan. Hendaklah kalian memakai wewangian untuk suaminya. Abdurrazaq dalam al Mushannaf no 8107) Dari Ibrahim. (HR. 4. Beliau lantas berkata. para perempuan keluar rumah dengan memakai wewangian sehingga para laki-laki mencium bau harum kalian?! Sesungguhnya hati laki-laki itu ditentukan oleh bau yang dicium oleh hidungnya.

5. tidak diterima shalatnya hingga dia mandi.wewangian itu sampai ngompol karena takut (dengan Umar)”. Di Indonesia sendiri sejarah tentang kosmetologi telah dimulai jauh sebelum zaman penjajahan Belanda.Ibnu Majah kitabul fitan bab: fitnatun nisaa.” Dari Abu Hurairah. (HR. Muslim no. 444). buadaya. menjaga kehormatan dan tidak berwangi-wangian. Al-Baihaqi dalam sunan AlKubra (3/133). dan hendaknya mereka keluar dengan tafilaat.” (HR. Bagaimana penyebaran kosmetik di Indonesia? Jawab: Pengetahuan kosmetik tersebut kemudian menyebar keseluruh penjuru dunia melalui jalur komunikasi yang terjadi dalam kegitan perdagangan. Abdur Razaq no 8118). agama. dari hadits Abu Hurairah radhiallahu anhu. Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam bersabda: ‫ال ت م ن عىا إماء هللا م ساجد هللا ون يخرجن ت ف الت‬ “Jangan kalian mencegah hamba wanita Allah untuk mendatangi masjidmasjid Allah. . Dalam riwayat Ibnu Majah bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: ‫ ن م ت ق ثم ن ها ص الج ح‬،‫ت ى ت غ ت سمأي ما امرأج ت ط ي ثت ث م خرجت إن ى ان م سجد‬ “Siapa saja wanita yang menggunakan wangi-wangian. Abu Dawud kitab At-tarajjul bab: ma jaa fil mar‟ah tatathayyabu lil khuruj.ketentuan syariat dengan berhijab. namun sayang tidak ada catatan yang jelas mengenai hal tersebut yang dapat dijadikan pegangan. Nabi shallallahu „alaihi wa sallam bersabda. maka janganlah dia menghadiri shalat Isya‟ bersama kami” (HR. “Wanita mana saja yang memakai harum-haruman. politik dan militer. Lihat Silsilah Ashshahihah (1031) Yang wajib bagi seorang wanita jika dia keluar dari rumahnya karena ada kebutuhan agar keluar dengan menjaga ketentuan. lalu dia keluar menuju masjid.

Penggunaan susu. . tidak haram dan tidak najis Menurut kitab”AlFiqh Al-Muzahibil ar’baah ” dalam bab “An najasat juzu 1. melewati pasar-pasar. Apakah Bahan yang digunakan pada kosmetik dulu masih digunakan pada zaman sekarang? Penggunaan susu. daun. maka memakai kosmetika itu diharamkan. akar. Mesir dan Asia telah menggunakan bahan alam untuk merawat dan menghias diri. madu dan lainnya sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan masyarakat saat itu. dipakai khusus pada kelompok wanita atau untuk menyenangkan suaminya. minyak bumi. Apabila dipakai di luar rumah. Alkohol yang dimasukkan ke dalam minyak wangi untuk menahan minyak wangi agar tahan lama atau untuk menaikkan roti adalah boleh. kulit pohon. atau jalan-jalan yang terdapat kerumunan kaum lakilaki. Sekarang kosmetika dibuat manusia tidak hanya dari bahan alami saja tetapi juga bahan buatan untuk maksud meningkatkan kecantikan 6.Dari relief yang terdapat pada candi dI Indonesia membuktikan bahwa Raja dan ratu pada zaman dahulu telah merawat tubuh mereka. Hal ini dapat diketahui melalui naskah-naskah kuno yang ditulis dalam papirus atau dipahat pada dinding piramida. Peninggalan kosmetik Bukti-bukti arkeologi menemukan menunjukkan bahwa Roma. rempah. Rasulullah bersabda. 8. minyak hewan. kulit pohon. minyak bumi. daun. rempah. Penggunaan kosmetik yang mengandung alcohol Hukum menggunakan parfum kosmetik adalah boleh. madu dan lainnya yang digunakan pada masa dulu juga masih digunakan pada saat sekarang baik kosmetik tradisonal maupun modern 7. akar. minyak hewan.

‫ت هد معنا انع اء ا خرين أيما امرأج أصاتت تخىرا فال‬ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful