CAESILIA CAROLINA | 101214142

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran Kelas/ Semester Alokasi Waktu Standar Kompetensi : Bahasa Inggris : VIII / I : 25’ : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. : 1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta dan meminta dan memberi pendapat. :

Kompetensi Dasar

Indikator

A. Kognitif Produk  Menjodohkan ungkapan meminta dan memberi pendapat.  Menjawab soal berdasarkan recording yang diperdengarkan tentang ungkapan meminta dan memberi pendapat. Proses  Menyebutkan ungkapan meminta dan memberi pendapat sesuai dengan tingkat kesopanan dalam konteks situasi tertentu.  Membedakan ungkapan meminta dan memberi pendapat.  Mengidentifikasi ungkapan meminta dan memberi pendapat yang terdapat dalam audio rekaman.  Menyimak audio rekaman mengenai meminta dan memberi pendapat dengan menjodohkan. B. Psikomotorik Produk  Mengucapkan kembali percakapan yang dikatakan oleh speakers dari audio rekaman. Proses  Melafalkan kata yang tepat. C. Afektif Produk  Meminta dan memberi pendapat dengan sopan sesuai dengan konteks. Proses  Memberi perhatian dengan seksama.  Mentaati aturan.  Menjawab pertanyaan guru dengan bahasa yang sesuai yang sesuai dan sopan.

1

 Siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengan ragam bahasa yang sesuai dan berterima.. In my opinion. 3.  Siswa mampu menentukan ungkapan meminta dan memberi pendapat dengan tingkat kesopanan dalam konteks situasi tertentu secara akurat.CAESILIA CAROLINA | 101214142 I. Psikomotorik Produk  Siswa mampu mengucapkan kembali percakapan yang dikatakan oleh speakers dari audio rekaman secara tepat dan akurat. Proses Siswa mampu memahami audio rekaman percakapan memberi.  Siswa mampu membedakan ungkapan meminta dan memberi pendapat dengan tingkat kesopanan dalam konteks situasi tertentu secara akurat. Proses  Siswa mampu memberi perhatian dengan seksama. Afektif Produk  Siswa mampu meminta dan memberi pendapat dengan konteks dan ragam bahasa yang sesuai dan berterima secara akurat. Materi ajar Meminta Pendapat What do you think if.? How if.  Siswa mampu mengidentifikasi ungkapan meminta dan memberi pendapat dengan tingkat kesopanan dalam konteks situasi tertentu secara akurat. Tujuan Pembelajaran 1.? How about...? Memberi Pendapat I think.. Kognitif Produk  Siswa mampu menyebutkan ungkapan meminta dan memberi pendapat dengan tingkat kesopanan dalam konteks situasi tertentu. Proses  Siswa mampu melafalkan kata dengan tepat.  II.. 2. meminta dan memberi pendapat dengan tingkat kesopanan dalam konteks situasi tertentu dengan cermat dan teliti.. 2 ...? Do you think.  Siswa mampu mentaati instruksi.....

Siswa hasil mendengarkan 2x yang tepat guru listening mengenai secara passage meminta 2 dan kemudian menjodohkan respon memberi pendapat sesuai yang mereka dengar. Siswa menggaris bawahi kalimat-kalimat dalam dialog yang menggunakan ungkapan meminta dan memberi pendapat berdasarkan dialog rekaman.  Konfirmasi: .Siswa sebanyak ungkapan . Orientasi: siswa mengetahui tujuan pembelajaran dan cakupan materi.CAESILIA CAROLINA | 101214142 III. Apersepsi: belajar   dipelajari.Siswa menjawab sesuai pertanyaan dengan isi diperdengarkan (true-false dari 2x question) passage 3 listening mengenai yang ungkapan dalam rekaman menunjukkan meminta dan memberi pendapat. 21 menit  Elaborasi: . Motivasi: siswa mengetahui manfaat dari mampu mengidentifikasi dan merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat dengan konteks Tanya jawab untuk memulai topik kegiatan akan mengajar mengenai yang Alokasi Waktu 2 menit Kegiatan  Inti Eksplorasi: Siswa mendengarkan rekaman listening passage 1 sebanyak 2x. Langkah-langkah Pembelajaran KEGIATAN Kegiatan  Awal  Siswa bertegur sapa dengan guru dikelas. Siswa secara terbuka membahas ungkapanungkapan yang telah mereka dengar dengan guru. bersama siswa singkat membahas menjodohkan ungkapan-ungkapan meminta dan memberi pendapat. 3 . Model dan Metode Pembelajaran  Menjawab pertanyaan dari rekaman  Model: PAIKEM IV.

CAESILIA CAROLINA | 101214142 . VI. V.Siswa menunjukkan jawaban dari pertanyaan mengenai ungkapan meminta dan memberi pendapat yang terdapat dalam dialog. Alat / Bahan / Sumber Belajar  Audio rekaman  Laptop  Handout  Penilaian Tipe : lisan dan tertulis Rubrik Penilaian  Kognitif nilai dari hasil Soal 1 1. 2 menit  Membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. Berperilaku sopan pendapat dalam menyampaikan 2 3 4 5 kerja siswa Skor dalam menjawab dialog Perolehan rumpang. . CLOSING  Siswa dan guru berdiskusi secara terbuka sejauh mana pemahaman siswa. Nama Mendengarkan teman menyampaikan pendapat 1. Penilaian: yang Aktif berperan serta dalam pembahasan.Siswa mengetahui jawaban yang tepat. No. Nama Siswa 4 . bilamana ada kesulitan untuk memahami dan merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat. … 35. Nilai = jumlah jawaban benar x 10  Afektif Lembar Observasi Sikap No. … 35.

CAESILIA CAROLINA | 101214142 A : Sangat baik B : Baik C : Cukup D : Kurang  No. … 35. Penilaian: A : Sangat baik B : Baik C : Cukup D : Kurang menjawab teks soal yang Mampu mendengarkan dengan audio dan rekaman tenang. Psikomotorik Nama Mampu dari 1. baik didengarkan 5 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful