CAESILIA CAROLINA | 101214142

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran Kelas/ Semester Alokasi Waktu Standar Kompetensi : Bahasa Inggris : VIII / I : 25’ : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. : 1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta dan meminta dan memberi pendapat. :

Kompetensi Dasar

Indikator

A. Kognitif Produk  Menjodohkan ungkapan meminta dan memberi pendapat.  Menjawab soal berdasarkan recording yang diperdengarkan tentang ungkapan meminta dan memberi pendapat. Proses  Menyebutkan ungkapan meminta dan memberi pendapat sesuai dengan tingkat kesopanan dalam konteks situasi tertentu.  Membedakan ungkapan meminta dan memberi pendapat.  Mengidentifikasi ungkapan meminta dan memberi pendapat yang terdapat dalam audio rekaman.  Menyimak audio rekaman mengenai meminta dan memberi pendapat dengan menjodohkan. B. Psikomotorik Produk  Mengucapkan kembali percakapan yang dikatakan oleh speakers dari audio rekaman. Proses  Melafalkan kata yang tepat. C. Afektif Produk  Meminta dan memberi pendapat dengan sopan sesuai dengan konteks. Proses  Memberi perhatian dengan seksama.  Mentaati aturan.  Menjawab pertanyaan guru dengan bahasa yang sesuai yang sesuai dan sopan.

1

..  Siswa mampu mentaati instruksi..  Siswa mampu menjawab pertanyaan guru dengan ragam bahasa yang sesuai dan berterima. Proses  Siswa mampu memberi perhatian dengan seksama. Afektif Produk  Siswa mampu meminta dan memberi pendapat dengan konteks dan ragam bahasa yang sesuai dan berterima secara akurat.CAESILIA CAROLINA | 101214142 I.  Siswa mampu mengidentifikasi ungkapan meminta dan memberi pendapat dengan tingkat kesopanan dalam konteks situasi tertentu secara akurat. meminta dan memberi pendapat dengan tingkat kesopanan dalam konteks situasi tertentu dengan cermat dan teliti. 2.  Siswa mampu membedakan ungkapan meminta dan memberi pendapat dengan tingkat kesopanan dalam konteks situasi tertentu secara akurat..? How if. Kognitif Produk  Siswa mampu menyebutkan ungkapan meminta dan memberi pendapat dengan tingkat kesopanan dalam konteks situasi tertentu..? Do you think.  Siswa mampu menentukan ungkapan meminta dan memberi pendapat dengan tingkat kesopanan dalam konteks situasi tertentu secara akurat... Psikomotorik Produk  Siswa mampu mengucapkan kembali percakapan yang dikatakan oleh speakers dari audio rekaman secara tepat dan akurat.  II. Proses  Siswa mampu melafalkan kata dengan tepat.? Memberi Pendapat I think. 3... In my opinion. Tujuan Pembelajaran 1...? How about. Materi ajar Meminta Pendapat What do you think if. 2 .. Proses Siswa mampu memahami audio rekaman percakapan memberi.

Langkah-langkah Pembelajaran KEGIATAN Kegiatan  Awal  Siswa bertegur sapa dengan guru dikelas. Siswa secara terbuka membahas ungkapanungkapan yang telah mereka dengar dengan guru. 3 . Siswa menggaris bawahi kalimat-kalimat dalam dialog yang menggunakan ungkapan meminta dan memberi pendapat berdasarkan dialog rekaman.Siswa menjawab sesuai pertanyaan dengan isi diperdengarkan (true-false dari 2x question) passage 3 listening mengenai yang ungkapan dalam rekaman menunjukkan meminta dan memberi pendapat. Apersepsi: belajar   dipelajari.Siswa sebanyak ungkapan . Motivasi: siswa mengetahui manfaat dari mampu mengidentifikasi dan merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat dengan konteks Tanya jawab untuk memulai topik kegiatan akan mengajar mengenai yang Alokasi Waktu 2 menit Kegiatan  Inti Eksplorasi: Siswa mendengarkan rekaman listening passage 1 sebanyak 2x. Orientasi: siswa mengetahui tujuan pembelajaran dan cakupan materi. Model dan Metode Pembelajaran  Menjawab pertanyaan dari rekaman  Model: PAIKEM IV.Siswa hasil mendengarkan 2x yang tepat guru listening mengenai secara passage meminta 2 dan kemudian menjodohkan respon memberi pendapat sesuai yang mereka dengar. 21 menit  Elaborasi: . bersama siswa singkat membahas menjodohkan ungkapan-ungkapan meminta dan memberi pendapat.CAESILIA CAROLINA | 101214142 III.  Konfirmasi: .

No. bilamana ada kesulitan untuk memahami dan merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat. … 35. .Siswa mengetahui jawaban yang tepat. CLOSING  Siswa dan guru berdiskusi secara terbuka sejauh mana pemahaman siswa. Nilai = jumlah jawaban benar x 10  Afektif Lembar Observasi Sikap No. Penilaian: yang Aktif berperan serta dalam pembahasan. Nama Mendengarkan teman menyampaikan pendapat 1. 2 menit  Membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. V. Alat / Bahan / Sumber Belajar  Audio rekaman  Laptop  Handout  Penilaian Tipe : lisan dan tertulis Rubrik Penilaian  Kognitif nilai dari hasil Soal 1 1. VI. … 35. Nama Siswa 4 .CAESILIA CAROLINA | 101214142 . Berperilaku sopan pendapat dalam menyampaikan 2 3 4 5 kerja siswa Skor dalam menjawab dialog Perolehan rumpang.Siswa menunjukkan jawaban dari pertanyaan mengenai ungkapan meminta dan memberi pendapat yang terdapat dalam dialog.

Psikomotorik Nama Mampu dari 1. Penilaian: A : Sangat baik B : Baik C : Cukup D : Kurang menjawab teks soal yang Mampu mendengarkan dengan audio dan rekaman tenang. baik didengarkan 5 . … 35.CAESILIA CAROLINA | 101214142 A : Sangat baik B : Baik C : Cukup D : Kurang  No.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful