CONTOH INSTRUMEN PENELITIAN

Instrumen untuk Mengukur Motivasi Berprestasi

1. Definisi Konseptual Motivasi berprestasi adalah kesungguhan atau daya dorong seseorang untuk berbuat lebih baik dari apa yang pernah dibuat atau diraih sebelumnya maupun yang dibuat atau diraih orang lain.

2. Definisi Operasional Motivasi berprestasi adalah kesungguhan atau daya dorong seseorang untuk berbuat lebih baik dari apa yang pernah dibuat atau diraih sebelumnya maupun yang dibuat atau diraih orang lain, yang dapat diukur melalui berusaha untuk unggul dalam kelompoknya, menyelesaikan tugas dengan baik, rasional dalam meraih keberhasilan, menyukai tantangan, menerima tanggung jawab pribadi untuk sukses, dan menyukai situasi pekerjaan dengan tanggung jawab pribadi, umpan balik, dan resiko tingkat menengah.

26. 32 + 3 3 3 3 4 Jumlah 5 1 1 3 4 ∑ 8 4 4 6 8 Motivasi Berprestasi A6 33. Kisi-kisi Penyusunan Instrumen Variabel Motivasi Berprestasi Variabel Indikator 1. 14.3. 31. 21 25. 34. Menyukai tantangan 5. 1. 28 12 18 22. 11 7. 6. 36 37. 38. 2. Menyelesaikan tugas dengan baik 3. Rasional dalam meraih keberhasilan 4. 15 19. umpan balik. 5. 3 10. 40 4 4 8 20 20 40 . 23. 9 13. Berusaha unggul 2. 8. 20. 30. 24 29. Menerima tanggung jawab pribadi untuk sukses 6. Menyukai situasi pekerjaan dengan tanggung jawab pribadi. 39. dan resiko tingkat menengah Jumlah Pernyataan Kode A1 A2 A3 A4 A5 Pernyataan Positif Negatif 4. 35. 27.

jarang e. tidak pernah 2) Saya berusaha mencapai sukses. agar sukses saya menjadi panutan teman-teman saya. jarang e. tidak pernah . a. sering c. tidak pernah 3) Saya bersaing dengan teman-teman pada setiap meraih keberhasilan. kadang-kadang d. sering c. 1) Saya bekerja keras agar prestasi saya lebih baik daripada teman-teman. selalu b. a. jarang e. kadang-kadang d. selalu b. jarang e. a. sering c. Instrumen Motivasi Berprestasi Berikut ini adalah contoh pernyataan-pernyataan untuk mengukur variabel motivasi berprestasi yang selanjutnya untuk didiskusikan dan dibahas oleh para pembaca buku ini sehingga diharapkan dapat lahir instrumen yang baik atau baku untuk mengukur variabel motivasi berprestasi. a. kadang-kadang d.4. tidak pernah 4) Saya menghindari upaya mengungguli prestasi teman-teman. selalu b. selalu b. kadang-kadang d. sering c.

jarang e. a. tidak pernah 6) Saya menghindar dari tugas sekalipun tugas itu akan menghantarkan saya berprestasi lebih baik. kadang-kadang d. jarang e. sering d. tidak pernah c. kadang-kadang d. kadang-kadang d. sering c. tidak pernah 7) Saya berusaha menyelesaikan tugas-tugas dengan sebaik-baiknya a. jarang e.5) Saya berusaha menghindar dari persaingan antar teman dalam mengejar prestasi. sering c. kadang-kadang d. selalu b. a. jarang e. sering c. a. selalu b. selalu b. selalu b. kadang-kadang . kadang-kadang d. jarang e. tidak pernah 8) Saya berusaha untuk mendapatkan cara pemecahan terbaik terhadap setiap masalah yang saya hadapi. sering c. sering c. jarang e. a. a. tidak pernah 9) Saya berusaha untuk memperbaiki kinerja saya pada masa lalu. tidak pernah 10)Saya menyelesaikan tugas dengan asal-asalan. selalu b. selalu b.

jarang e. kadang-kadang d. a. a. selalu b. selalu b. kadang-kadang d. selalu b. selalu b. tidak pernah 14)Saya menyusun rencana kegiatan sebelum saya melakukannya. jarang e. kadang-kadang d.11)Saya berusaha menghindar dari tugas. tidak pernah 13)Saya berusaha menetapkan tujuan yang akan saya capai secara rasional. jarang e. jarang e. sering c. sekalipun tugas itu merupakan pekerjaan ringan. sering c. sering c. tidak pernah 12)Saya mengabaikan tugas-tugas sebelum ada yang menegur. kadang-kadang d. selalu b. sering c. a. a. tidak pernah . kadang-kadang d. a. tidak pernah 15)Saya mempertimbangkan masa lalu sebagai pendorong meraih sukses. jarang e. tidak pernah 16)Saya menetapkan tujuan yang kurang jelas arah pencapaiannya. selalu b. a. kadang-kadang d. sering c. jarang e. sering c.

a. sering c. selalu b. jarang e. kadang-kadang d. tidak pernah 23)Saya merasa bosan dengan tugas-tugas yang lebih menantang. selalu b. tidak pernah 20)Saya merasa jenuh dengan tugas-tugas rutin.17)Saya mengerjakan pekerjaan menyimpang dari tujuan organisasi. tidak pernah c. sering c. jarang e. a. selalu b. jarang e. tidak pernah 22)Saya menolak mengerjakan tugas-tugas yang lebih menantang. sering c. tidak pernah 18)Saya menyampaikan ide-ide yang kurang masuk akal. selalu b. tidak pernah 19)Saya terdorong untuk menyelesaikan tugas-tugas yang lebih menantang. . kadang-kadang d. kadang-kadang d. kadang-kadang d. kadang-kadang 21)Saya berusaha sekuat tenaga untuk mengatasi setiap kendala yang saya hadapi. selalu b. sering c. a. sering c. a. sering d. selalu b. jarang e. kadang-kadang d. jarang e. jarang e. a. a.

sering c. jarang e. sering e. tidak pernah 27)Saya bertanggung jawab atas semua tindakan yang saya lakukan. kadang-kadang 24)Saya menghindar dari tugas-tugas yang menghantarkan saya pada kemajuan. tidak pernah 26)Saya berusaha untuk dapat memikul tanggung jawab pribadi. a. sering c. kadang-kadang . a. jarang b. selalu b. kadang-kadang d.a. kadang-kadang d. selalu d. sering c. a. sering c. jarang e. sering c. a. tidak pernah 25)Saya menikmati tugas-tugas yang sifatnya menuntut tanggung jawab pribadi. kadang-kadang d. jarang e. selalu b. tidak pernah 29)Saya berusaha untuk menghindari dari tanggung jawab. selalu b. jarang e. tidak pernah 28)Saya berusaha untuk mempertahankan setiap kepercayaan yang diberikan. sering c. selalu b. tidak pernah c. kadang-kadang d. kadang-kadang d. selalu b. selalu b. a. jarang e. a.

kadang-kadang d. di mana penilaian prestasi menjadi pendorong perbaikan kinerja. jarang e. jarang e. selalu b. sering c. a. jarang e. a. jarang e. tidak pernah 35)Saya berusaha mendapatkan tugas yang beresiko. kadang-kadang d. a. jarang e. tidak pernah 33)Saya berusaha mendapatkan tugas-tugas yang sifatnya menuntut tanggung jawab pribadi. tidak pernah 34)Saya menyukai situasi. sering c. kadang-kadang d. selalu b. sering c. jarang e. selalu b. kadang-kadang d. tidak pernah 30)Saya menghindari kegiatan-kegiatan di masa saya berperan di dalamnya. kadang-kadang . sering c. a. selalu b. kadang-kadang d. a. tidak pernah 31)Saya mengabaikan setiap tuntutan tugas yang dibebankan kepada saya. sering c. sepanjang resiko itu masih di bawah kendali saya. sering c.d. selalu b. selalu b. a. tidak pernah 32)Saya memanfaatkan kepercayaan yang diberikan untuk kepentingan pribadi.

d. selalu b. kadang-kadang d. selalu b. jarang e. sekalipun resiko itu dapat saya kendalikan. jarang e. sekalipun itu diperlukan untuk kesuksesan organisasi. sering c. tidak pernah 37)Saya menghindar dari peran yang bersifat pribadi. sering c. kadang-kadang d. sering c. tidak pernah 38)Akibat adanya penilaian kinerja (umpan-balik). jarang e. a. jarang e. selalu b. sering c. kadang-kadang d. kadang-kadang d. tidak pernah 36)Saya mempertimbangkan secara matang setiap tindakan yang akan saya ambil. kadang-kadang d. semangat kerja saya semakin menurun. sering c. a. tidak pernah 40)Saya melakukan tindakan-tindakan. tanpa mempertimbangkan akibatnya. a. jarang e. selalu b. jarang e. tidak pernah 39)Saya menghindari tugas-tugas yang beresiko. a. tidak pernah . selalu b. a.

maka bila skala yang digunakan adalah skala Likert (1 sampai 5). Maka kita dapat menetukan median-nya. skor 21 – 30 termasuk kurang berminat.Keterangan Skor Jawaban Skor Jawaban a b c d e Pernyataan positif 5 4 3 2 1 Pernyataan negatif 1 2 3 4 5 Teknik penskoran untuk penilaian ranah afektif dapat dilakukan secara sederhana. skor 32 – 40 berminat. maka skor 10 -20 termasuk tidak berminat. Contoh. berarti skor terendah yang mungkin diperoleh seorang siswa adalah 10 (dari 10 item x 1) dan skor paling tinggiyang mungkin diperoleh siswa adalah 50 (dari 10 item x 5). . pada instrumen penilaian minat siswa terhadap suatu materi pelajaran terdapat 10 item (berarti ada 10 indikator). yaitu (10 + 50)/2 atau sama dengan 30. Bila kita membaginya menjadi 4 kategori. dan skor 41 – 50 termasuk kategori sangat berminat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful