Unsur-Unsur Golongan VA (Nitrogen

)

NITROGEN (N)

Nomer Atom Massa Atom Massa Jenis Titik Lebur Titik Didih Fase Kalor peleburan Kalor penguapan

:7 : 14,0067 gr/mol : 1.251 gr/L : 63,15 K : 77,36 K : Non Logam : 0.720 kJ/mol : 5.57 kJ/mol

Nitrogen terdapat dalam udara sekita 78% dari volum udara. Akan tetapi kelimpahan nitrogen dalam kulit bumi hanya sekitar 0,03 %. Nitrogen dan persenyawaannya sangatlah melimpah dialam. yaitu tersebar di atmosfer berupa molekul diatomiknya gas N2, terdapat dilapisan kerak bumi sebagai NaNO3 dan garam – garam serta oksidanya yang banyak larut di daerah perairan. Unsur nitrogen itu sendiri cenderung inert pada temperatur kamar, sehingga akan mempengaruhi keberadaannya pada atmosfer, lapisan kerak bumi maupun perairan. Yang mana di atmosfer terdapat sebagai gas N2 yang cukup stabil, pada perairan berupa persenyawaan ion – ion yang larut dan yang paling sedikit diantara ketiganya yaitu pada lapisan kerak bumi. Karena adanya efek pasangan inert, nitrogen sebagai anggota golongan VA yang seharusnya mempunyai valensi maksimum +5, hanya mempunyai valensi maksimum +3. Efek ini mempengaruhi pelepasan elektron pada orbital s pada nitrogen sehingga yang akan dilepaskan hanya elektron pada orbital p yang berjumlah 3 elektron. Fiksasi nitrogen merupakan suatu proses yang mana pada proses tersebut dilakukan konversi nitrogen dalam bentuk molekul diatomiknya menjadi persenyawaan nitrogen yang lebih berguna. Terdapat tiga proses fiksasi nitrogen yang paling banyak digunakan, yaitu proses haber-bosch, proses sianamida dan proses arc. Pada nitrogen karena hanya tersedia 4 orbital yang dapat digunakan untuk berikatan maka nitrogen tidak dapat menerima pasangan elektron lagi dari ligan,

8 0C dan membeku pad –210 0C 3. tidak berbau. Udara yang belum mencair di sirkulasikan. Udara bersih lalu dikompresikan yang menyebabkan suhu yang meningkat. Membuat atmosfer innert dalam berbagai proses yang terganggu oleh oksigen. Fiksasi nitrogen terjadi melalui 2 jalur. NO tersebut kemudian membentuk nirogen dioksida kemudian larut dalam air hujan membentuk asam nitrat. Petir dapat melangsungkan reaksi nitrogen dengan oksigen membentuk nitrogen oksida. Sebagai atmosfer inert dalam makanan kemasan untuk memperpanjang masa penggunaan. sehingga persenyawaan nitrogen ini dapat membentuk kompleks. yaitu sebagai ligan. Beberapa contoh pupuk nirogen adalah urea CO(NH2)2 . Pengolahan nirogen Pemisahan nitrogen dan oksigen dari udara dilakukan dengan cara distilasi bertingkat udara cair. dan tidak berasa. yaitu karena pengaruh petir dan bakteri. Kemudian dilakukan pendinginan. Pada tahap ini air dan karbondioksida sudah membeku dan dapat dipisahkan. Pada persenyawaan nitrogen misalnya NH3 tersedia PEB yang dapat didonorkan terhadap atom pusat. Daur nitrogen Nitrogen masuk ke dalam rantai makana melalui tumbuhan yang berupa tumbuhan polong-polongan yang hanya dapat menangkap nirogen dengan bantuan bakteri pengikat.sehingga kompleks nitrogen tidak akan terbentuk. 2. Untuk membuat Amoniak 2. Setelah melalui menara pendingin. dialirkan lagi ke dalam kompresor. Tidak berwarna. Penggunaan Nirtogen 1. 3. Nitrogen mengembun paad –195. Pupuk nitrogen. Mula-mula disaring untuk membersihkan dari debu. Nitrogen dalam tanah berasal dair fiksasi nitrogen atmosfer atau perombakan senyawa organik. Nitrogen cair sebagai pendingin. misalnya dalam industri elektronika. 4. Tergolong unsur yang sukar bereaksi dan hanya bereaksi pad suhu tinggi dengan bantuan katalisator. udara kemudian dialirkan ke menara yang lebih besar sehingga udara turun dan sebagian udara akan mecair. Sifat-sifat nitrogen : 1.

Nitrogen yang berasal dari udara merupakan komponen utama dalam pembuatan pupuk dan telah banyak membantu intensifikasi produksi bahan makanan di seluruh dunia. Kalium nitrat KNO3. ZA (zwafel amonium) (NH4)2SO4 mengandung 21% nitrogen. Amonium Nitrat NH4NO3.mengandung 46% nitrogen. sumber utama nitogen untuk keperluan pertanian hanyalah bahan limbah dan kotoran hewan. Salpeter Chili. hasil dekomposisi dari bahan-bahan tersebut serta amonium sulfat yang didapatkan dari hasil sampingan pembuatan kokas daribatubara. Amonia NH3. dan amonia yang dikumpulkan dari pembuatan kokas menjadi penting belakangan ini tetapi akhirnya disisihkan lagi oleh amonia sintetik dan nitrat. salpeter dari air kencing hewan dan manusia. Peranan Nitrogen Dalam Perindustrian Peranan nitrogen dalam perindustrian relatif besar dan industri yang menggunakan unsurdasar nitrogen sebagai bahan baku utamanya disebut pula sebagai industri nitrogen. Bahan-bahan seperti ini tidak mudah ditangani belum lagi jumlahnya yang tidak mencukupi semua kebutuhan yang diperlukan. . Amonia merupakan bahan dasar bagi pembuatan hampir semua jenis produk yang memakai nitrogen. Sebelum adanya proses fiksasi (pengikatan) nitrogen secara sintetik. Pengembangan proses fiksasi nitrogen telah berhasil memperjelas berbagai asas proses kimia dan proses tekanan tinggi serta telah menyumbang banyak perkembangan di bidang teknik kimia.

Ketidakmampuan unsur deret kedua untuk membentuk ikatan ganda pπ-pπ Kemungkinan pemanfaatan orbital 3d lebih rendah Secara umum fosforus membentuk padatan putih yang lengket yang memiliki bau yang tak enak tetapi ketika murni menjadi tak berwarna dan transparan. Fosfor didistilasi dan terkondensasi dibawah air sebagai P4.66 kJ/mol : 12. Nonlogam ini tidak larut dalam air. Fosforus putih juga dapat berada dalam keadaan alfa dan beta yang dipisahkan oleh suhu transisi -3. tetapi larut dalam karbon disulfida. Fosfor Putih merupakan padatan yang fosforesen putih dan seperti lilin.FOSFOR (P) Nomor Atom Massa Atom Massa Jenis Titik Lebur Titik Didih Fase Kalor peleburan Kalor penguapan : 15 : 30.3K : 550 K : padat : 0.dan Bi memperlihatkan suatu kenaikan kecenderungan sifat logam dan perilaku seperti kation.973761 gr/mol : 1. Yang paling umum adalah fosforus merah dan putih. Fosfor putih mempunyai molekul tetrahedral P4 dengan jarak P-P sebesar 2. Fosfor diperoleh melalui reaksi batuan fosfat deengan batu bara dan pasir dalam suatu pembakar listrik. keduanya mengelompok dalam empat atom yang berbentuk tetrahedral. mempunyai titik cair 44. 2. Fosfor terutama berada dalam mineral keluarga apatit Ca9(PO4)6. dan hitam (atau ungu). merah. yang merupakan batuan fosfat amorf. dimana jutaan ton pertahun diproses.8 °C.21 Å .4 kJ/mol Fosfor merupakan unsur keduabelas terbanyak dalam kerak bumi. Faktor-faktor prinsip yang berttanggung jawab bagi pembedaan antara kimiawi nitrogen dan fosfor adalah juga faktor yang bertanggung jawab bagi perbedaan C-Si yaitu: 1. X= F. Fosforus murni terbakar secara spontan di udara membentuk fosforus pentoksida.Sb.Cl atau OH. Fosfor benar-benar bukan bersifaaat logam dalam kimiawinya namun As.CaX2 . Bentuk Fosforus dapat berada dalam empat bentuk atau lebih alotrop: putih (atau kuning).823gr/L : 317.1oC menghasilkan cairan yang mendidih pada 287oC.

P4 larut dalam CS2. Fosfor di dalam tulang berada dalam perbandingan 1:2 dengan kalsium. fosfor merupakan komponen struktural dinding sel. Titik tripel fosfor merah adalah 590oC dan 43 atm. Kelimpahan Posfor Fosfor di alam terdapat di kulit bumi dalam senyawa yang pada umumnya senyawa fosfat.20Å. ia sangat beracun. Hidroksipatit memberi kekuatan dan kekakuan pada tulang. Sudut yang kecil ini mengandung energi tegangan yang sangat besar yang oleh pauling diduga sebesar 100 kJ per mol P4. Fosfor merupakan mineral kedua terbanyak di dalam tubuh. Fosfor hitam yang diperoleh dengan memanaskan fosfor putih dengan katalis Hg dibawah tekanan tiggi dan kristal benih fosfor hitam meropakan fosfor yang sangat stabil mempunyai struktur seperti dibawah ini: Gambar struktur molekul fosfor Putih Gambar struktur molekul fosfor Merah Gambar struktur molekul fosfor Hitam Setiap atom terikat pada tiga atom tetangganya melalui ikatan tunggal sebesar 2. . separuhnya di dalam otot dan di dalam cairan ekstraseluler. 2 Ca3(PO4)2(s) + 6 SiO2(s) +10 C(s) CO(g) 1500°C P4(g) + 6 CaSiO3(l) + 10 Bila dipanaskan sampai 400oCatau dibiarkan lama terkena udara maka fosfor putih berubah menjadi fosfor merah yang amorf.bersifat kurang reaktif.17 sampai 2. yaitu bagian dari kristal hidroksiapatit di dalam tulang dan gigi yang tidak dapat larut. Yang dianggap akibat terbukanya ikatan-ikatan tetrahedral P4 dan penggabungan frakmen-frakmen terssbut menjadi rantai panjang. Fosfor merupakan bagian dari asam nukleat DNA dan RNA yang terdapat dalam tiap inti sel dan sitoplasma tiap sel hidup. fosfor memegang peranan penting dalam reaksi yang berkaitan dengan penyimpanan atau pelepasan energi dalam bentuk Adenin Trifosfat (ATP). Sebagai fosfat organik. yaitu 1% dari berat badan. Kurang lebih 85% fosfor di dalam tubuh terdapat sebagai garam kalsium fosfat. Fosfor selebihnya terdapat di dalam semua sel tubuh. benzen dan pelarut organik yang mirip . P4 disimpan didalam air untuk melindunginya dari udara dimana ia akan menyala.dan sudut P-P-P sebesar 60o. P merah dan hitam stabil dalam udara namun akan terbakar pada pemanasan. Lapisan ganda yang terbentuk tertumpukdalam lapisan lapisan dengan jarak antar lapisan sebesar 3. Fosfor merah sebagai modifikasi padatan yang lebih stabil dari fosfor putih.87Å. Fosfor hitam bersifat semi konduktor. Sebagai fosfolipid. Jadi. Fosfor merah menyublim tanpa mencair(pada suhu sekitar 420oC).

Energi yang mengikat fosfat pada ADP dilepas untuk keperluan berbagai reaksi di dalam tubuh. sehingga lemak menjadi lebih larut. daging. Kelebihan P sebagian besar dibuang lewat kemih. Dalam bentuk fosfat. yang merombak asam fitat menjadi inositol dan asam fosfat. Fosfolipida adalah ikatan fosfat dengan molekul lemak. telur. Di dalam tubuh. posfor memiliki fungsi: 1.Sumber fosfor yang penting ialah susu. kira-kira sama dengan kalsium. Gandum mengandung enzim fitase. ikut membina eritrosit dan plasma darah. Lagi pula asam ini dapat menghalangi diabsorpsi Fe dan Ca. Proses ini dinamakan fosforilasi dan terjadi pada absorpsi di dalam saluran cerna. Manfaat fosfor dalam kehidupan •Mainan yang bercahaya dikegelapan •Sumber lampu radioaktif • LED warna putih • Cathode Ray Tubes • Lampu Fluorescent . Dalam darah sangat penting. 3. Mengatur pengalihan energi. lemak dan protein. Klasifikasi tulang dan gigi diawali dengan pengendapan fosfor pada matriks tulang. 2. ikan. Melaui proses fosforilasi fosfor mengaktifkan berbagai enzim dan vitamin B dalam pengalihan energi dan metabolisme karbohidrat. diangkut di dalam darah dalam bentuk fosfolipida. Glikogen yang dilepas dari simpanan hati atau otot berada di dalam darah terikat dengan fosfor. Bila satu gugus fosfat ditambahkan pada ADP (Adenin Difosfat) maka terbentuk ATP (Adenin Trifosfat) yang menyimpan energi dalam ikatannya. fosfor berperan sebagai alat angkut untuk membawa zat-zat gizi menyeberangi membran sel atau di dalam aliran darah. Absorpsi dan transportasi zat gizi. Lemak yang tidak larut dalam air. pelepasan zat gizi dari aliran darah ke dalam cairan interseluler dan pengalihannya ke dalam sel. Kegunaan Fosfor Pada umumnya jumlah fosfor yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak 0. sebagian kecil lewat tinja. keju. Klasifikasi tulang dan gigi. Dalam sereal unsur ini berada dalam asam fitat. Kekurangan fosfor menyebabkan peningkatan enzim fosfatase yang diperlukan untuk melepas fosfor dari jaringan tubuh ke dalam darah agar diperoleh perbandingan kalsium terhadap fosfor yang sesuai untuk pertumbuhan tulang. sereal. Dalam bentuk garam anorganik unsur ini mudah diabsorpsi dari usus. ATP diubah kembali menjadi ADP. dan sayur.7 g per orang dewasa per hari. Bila energi diperlukan. tetapi dalam bentuk ini sulit diabsorpsi.

P4O6 merupakan senyawa tidak berwarna dan mudah menguap yang terbentuk dengan hasil sekitar 50% bilamana P4 dibakar dalam keadaan kekurangan oksigen. Mempunyai paling sedikit tiga bentuk padatan. Oksida fosfor. P4S5. P4S7. serta meropakan katalisyang baik khususnya untuk polimerisasi ionik. Strukturnya sama dengan P4O10 kecuali bahwa keempat oksigen apikal tak berjembatan yang terdapat pada yang terakhir hilang. tidak memiliki keasaman lewis. Bereaksi dengan gas HI menghasilkan PH4Isebagai kristal tak berwarna yang tak stabil dan terhidrolisis sempurna dalam air. 3. 2. larut dalam pelarut organik seperti . Mudah bereaksi dengan oksigen memberikan OPCl3. merupakan suatu gas tidak berwarna dan beracun. Bereaksi dengan air membentuk campuran asam Fosfat. PH3 larut dalam asam yang sangat kuat seperti BF3. Fosfor pentafluorida. yang terpenting adalah P4S3. 6. dan juga dengan perubahan nyata dalam rumus OPCl3 dan okso halida yang lain.• Sabun cuci Senyawaan unsur Fosfor: 1. Membentuk kompleks dengan logam transisi serupa dengan kompleks yang dibentuk oleh karbon monoksida. P4S3 digunakan dalam korek api. dan basa lain demikian pula dengan F-. dibuat dengan interaksi PCl3 dengan CaF2 pada suhu 300-400oC. Oksida Fosfor yang lain adalah Ttioksida yang merupakan polimof(suatu bentuk yang mengandung molekul diskret P4O6). merupakan suatucairan yang bertitik didih rendah yang terhidrolisis kuat oleh air menghasilkan asam fosfit. Senyawa murni tidak menyala secara spontan. tetapi diserang secara cepat olek alkali. 5. dibuat dari fluorinasi PCl3. dimana fosforus menjadi terkoordinasi-6. dua adalah polimer namun yang satu adalah bahan kristal putih yang menyublim pada 360o dan 1atm. Sulfida. Fosfor pentoksida(P4O10) dibuat dengan pembakaran fosfor dalam oksigen berlebih. dan P4S10. namun seringkali menyala dengan adanya runutan uap P2H2 atau P4. eter.. fosfor dan sulfur bergabung langsung diatas 100oC memberikan beberapa sulfida. PH3 digunakan dalam industri untuk membuat senyawaan organofosfor. Merupakan asam lewis yang sangat kuat dan membentuk kompleks dengan amina. Kompleks organik ini kurang stabil dan terdekoposisi secara cepat oleh air dan alkohol. Setiap senyawa diperoleh dengan pemanasan sejumlah stokiometri fosfor merah dan sulfur. menghasilkan PH4+ dan hanya larut sebagian dalam air. PF3 dihidrolisis hanya secara lambat oleh air. Tidak seperti tri halida yang lain. Fosfor Triflorida. Fosfor triklorida. Fosfin(PH3). P4O10 merupakan salah satu zat pengering yang paling efektif yangg dikenal pada suhu dibawah 100oC. dibuat dengan penambahan asam pada seng florida. Kebanyakan dari reaksi ini adalah khas bagi senyawaan MX3 yang lain. 4.

misalnya [NP(OCH2CF3)2]n yang mirip polietilen. tetramer siklik dan oligomer atau polimer tinggi. Sangat mudah dioksidasi dan harus dilindungi dari udara. Ketiga jenis struktur utama adalah trimer siklik. Asam okso. yang dapat dipisahkan dengan kristalisasi. 7. .5. cukup reaktif terhadap logam yang mereduksinya dan akan menyerang kuarsa. P4S10 mempunyai struktur yang sama dengan P4O10. Asam murninya adalah padatan kristal tidak berwarna (titik leleh 42. misalnya P-R.. Ikatan R2N-P khususnya. Asam fosfat diperoleh dari hidrolisis PCl3 atau P4O6 didalam air. dan spesies polimer rendah linier. merupakan padatan tak berwarna yang mudah mencair di udara(titik leleh 70oC). namun mereka umumnya menjadi tidak berguna karena ketidak stabilan hidrolitik. Gambar molekul P4O10 P4S10 bereaksi dengan alkohol membentuk dialkil dan diaril ditriofosfat yang membentuk dasar dari banyak pelumas bertekanan ekstrim. merupakan kristal dan penolak air. Senyawaan Fosfor-Nitrogen. dan zat pengapung. adtif minyak. P-Ar dan P.karbon disulfida dan benzena. ekstraksi atau sublimasi. Asam fosfat merupakan salah satu senyawa fosfor yang paling penting dan dibuat dalm jumlah yang sangat besar biasanya 85% sebagai asam sirup. sangat stabil dan tidak mempunyai sifat pengoksidasi yang penting dibawah 350-400oC. Heksaklorosiklofosfszen (NPCl2)3 adalah suatu intermediet kunci dalam sintesis banyak fosfozen lain dan dibuat dipabrik dengan reaksi: nPCl5 + NH4Cl dlm C2H2Cl4 or C6H5Cl (NPCl2)n + 4n HCl Reaksi ini menghasilkan suatu campuran spesies (NPCl2)n dengan nilai n= 3. Polimer yang berguna mempunyai perfluoroalkoksi dan gugus sisi lain. Kondisi yang disukai memberian hasil 90% spesies dengan n= 3 atau 4. 8. Fosfozen polimer tinggi yang linier adalah bahan yang sangat berguna selama sifat-sifat fisik dan mekanik diperhatikan. Asam fosfit dioksodasi oleh klor atau zaat lain menjadi asam fosfat namun reaksinya lamban dan rumit..4. oleh reaksi langsung batuan dasar fosfat dan hidrasi terhadap P4O10. ..halogen. stabil dan terdapat secara luas dalam kombinasidengan ikatan pada gugus unuvalensilain.35oC). Pada suhu tinggi. Fosfazen merupakan senyawa siklis atau rantai yang mengandung atom fosfor dan nitrogen yang berselang selingdengan dua pensubstitusi pada setiap atom fosfor. Banyak senyawaan dikenal dengan ikatanikatan P-N dan P=N.

ARSEN (As) Nomer Atom Massa Atom Massa Jenis Titik Lebur Titik Didih Fase Kalor peleburan : 33 : 74.9216 gr/mol : 5.727 g/L : 1090 K : 887 K : Padatan : 24.44 kJ/mol .

Arsen dan lingkungan Beberapa tempat di bumi mengandung arsen yang cukup tinggi sehingga dapat merembes ke air tanah. Arsen membangkitkan penampilan pamor keris dengan mempertegas kontras pada pamor. dan sering dapat digunakan sebagai pengganti dalam berbagai reaksi biokimia dan juga beracun. arsenik sering digunakan di perunggu. Arsenik juga digosokkan di muka dan di lengan kaum perempuan untuk memutihkan kulit mereka. Warangan. WHO menetapkan ambang aman tertinggi arsen di air tanah sebesar 50 ppb (bagian per milyar). Zarnik dipinjam dalam bahasa Yunani sebagai arsenikon. Arsen dalam peradaban Kata arsenik dipinjam dari bahasa Persia ‫ ﺯﺭﻧﻴﺦ‬Zarnik yang berarti "orpimen kuning". dengan berat jenis 1. Arsenik dan beberapa senyawa arsenik juga dapat langsung tersublimasi. yang berbau seperti bau bawang putih. arsenik akan cepat teroksidasi menjadi oksida arsenik. arsenik dicampurkan dengan cuka dan kapur dan dimakan oleh kaum perempuan untuk meningkatkan penampilan wajah mereka. dan gejala keracunan arsenik sulit dijelaskan. dan Raja dari semua racun. hitam. insektisida. Selain itu. arsen juga meningkatkan daya bunuh senjata tikam itu. membuat kulit mereka lebih putih untuk menunjukkan bahwa mereka tidak bekerja di ladang. Namun ini sangat tidak dianjurkan sekarang. tes kimia sensitif untuk mengetes keberadaan arsenik. sampai ditemukannya tes Marsh. dan abu-abu. Arsenik dikenal dan digunakan di Persia dan dibanyak tempat lainnya sejak zaman dahulu. Arsenik dan senyawa arsenik digunakan sebagai pestisida. yang membuat campuran tersebut lebih keras. Ini adalah bahan metaloid yang terkenal beracun dan memiliki tiga bentuk alotropik. herbisida. Zat dasar arsenik ditemukan dalam dua bentuk padat yang berwarna kuning dan metalik. Pada tahun 1649 Johan Schroeder mempublikasi 2 cara menyiapkan arsenik. kuning. Karena sering digunakan oleh para penguasa untuk menyingkirkan lawan-lawannya dan karena daya bunuhnya yang luar biasa serta sulit dideteksi.Kalor penguapan : 34.73. dan dalam berbagai aloy. arsenik disebut Racun para raja. Lambang alkimia untuk arsenik tampak di sebelah. Bahan ini sering digunakan untuk membunuh. yang sering digunakan sebagai bahan pelapis permukaan keris.76 kJ/mol Arsenik secara kimiawi memiliki karakteristik yang serupa dengan Fosfor.97 dan 5. Ketika dipanaskan. mengandung bahan utama arsen. berubah dari padat menjadi gas tanpa menjadi cairan terlebih dahulu. Kebanyakan wilayah dengan . Pada zaman Ratu Victoria di Britania Raya. Albertus Magnus dipercaya sebagai orang pertama yang menemukan bagaimana mengisolasi elemen ini di tahun 1250. Dalam zaman Perunggu.

Berbagai macam senyawa: •Asam arsenat (H3AsO4) • Asam arsenit (H3AsO3) • Arsen trioksida (As2O3) • Arsin (Arsen Trihidrida AsH3) • Kadmium arsenida (Cd3As2) • Galium arsenida (GaAs) • Timbal biarsenat (PbHAsO4) Peringatan Arsenik dan sebagian besar senyawa arsenik adalah racun yang kuat. Arsenik dalam air tanah bersifat alami. namun gagal menemukan keberadaan arsenik dalam air tanah. Banyak negara lain di Asia. Kamboja. Kegunaan Timbal biarsenat telah digunakan di abad ke-20 sebagai insektisida untuk buah namun mengakibatkan kerusakan otak para pekerja yang menyemprotnya. dan Tibet.obatan tetapi kebanyakan sekarang telah digantikan dengan obat-obatan modern. dan dilepaskan dari sedimen ke dalam air tanah karena tidak adanya oksigen pada lapisan di bawah permukaan tanah. Diperkirakan sebagai keracunan masal terburuk dalam sejarah dan mungkin musibah lingkungan terparah dalam sejarah. yang menyebabkan .kandungan arsen tertinggi adalah daerah aluvial yang merupakan endapan lumpur sungai dan tanah dengan kaya bahan organik. Air tanah ini mulai dipergunakan setelah sejumlah LSM dari barat meneliti program air sumur besar-besaran pada akhir abad ke-20. Sirkuit dibuat menggunakan komponen ini lebih cepat tapi juga lebih mahal daripada terbuat dari silikon. Indonesia. diduga memiliki lingkungan geologi yang serupa dan kondusif untuk menghasilkan air tanah yang mengandung arsenik dalam kadar yang tinggi. Arsenik membunuh dengan cara merusak sistem pencernaan. senyawa arsen telah digunakan dalam bidang obat. Di Bangladesh terjadi epidemik keracunan masal disebabkan oleh arsenik. Diperkirakan sekitar 57 juta orang meminum air tanah yang terkontaminasi arsen berlebih. Kegunaan lain: •Berbagai macam insektisida dan racun •Galium arsenida adalah material semikonduktor penting dalam sirkuit terpadu. sehingga berpotensi meracun. Selama abad ke-19. seperti Vietnam.

Beberapa tokoh yang pernah keracunan arsen •Napoleon Bonaparte • Munir. Lihat artikel keracunan arsenik. SH • Huo Yuanjia .kematian oleh karena shock.

gejala akibat keracunan antimon hampir mirip dengan keracunan arsen. Zat ini menyublim (menguap dari fasa padat) pada suhu rendah. antimon menyerupai logam dari penampilan fisiknya tetapi secara kimia ia bereaksi berbeda dari logam sejati. Antimoni kuning dan hitam adalah logam tak stabil. Kegunaan-kegunaan lain adalah campuran antigores. gelas. Antimon merupakan metaloid dan mempunyai empatalotropi bentuk. Kegunaan Antimon dimanfaatkan dalam produksi industri semikonduktor dalam produksi dioda dan detektor infra merah. Antimon sulfida alami (stibnit) diketahui telah digunakan sebagai obat-obatan dan kosmetika dalam masa Bibel. Dalam dosis tinggi. antimon akan mengakibatkan kematian dalam beberapa hari. antimon menyebabkan sakit kepala dan depresi. . obat-obatan.79 kJ/mol : 193.53 gr/L : 903.760 gr/mol : 6. Manfaat yang paling penting dari antimon adalah sebagai penguat timbal untuk batere. Sebagai sebuah metaloid. berbentuk kristal padat yang rapuh. Oksida dan sulfida antimon. Dalam dosis rendah. dan cat.43 kJ/mol Antimon merupakan unsur dengan warna putih keperakan. sodium antimonat. Bentuk stabil antimon adalah logam biru-putih.78 K : 1860 K : padat : 19. keramik. dan pipa.Daya hantar listrik (konduktivitas) dan panasnya lemah. Secara klinis.Lambangnya diambil dari bahasa Latin Stibium. dan antimon triklorida digunakan dalam pembuatan senyawa tahan api. Sebagai sebuah campuran. Peringatan Antimon dan senyawa-senyawanya adalah toksik (meracun).STIBIUM /ANTIMON (Sb) Nomer Atom Massa Atom Massa Jenis Titik Lebur Titik Didih Fase Kalor peleburan Kalor penguapan : 51 : 121. logam semu ini meningkatkan kekuatan mekanik bahan. korek api.

Senyawa antimon •Antimon pentafluorida SbF5 • Antimon trioksida Sb2O3 • Antimon trihidrida SbH3 (stibina) •Indium antimonida (InSb) BISMUT (Bi) .

Bismut mempunyai tahanan listrik yang tinggi. Basilius akhirnya menjelaskan sebagian sifatnya ditahun 1450. Thallium. Claude Francois Geoffroy menunjukkan ditahun 1753 bahwa logam ini berbeda dengan timbal. dari bahasa Jerman Wismuth) Pada awalnya membingungkan dengan timah dan timbal dimana dia mempunyai kemiripan dengan elemen itu.Tidak ada material lain yang lebih natural diamakentik dibandingkan bismut. bismut terbakar dengan nyala yang berwarna biru.30 kJ/mol : 151 kJ/mol Bismut merupakan logam kristal trivalen yang memiliki sifat kimia mirip dengan arsen danantimoni.7 K : 1837 K : Padatan : 11.Di dalam kulit bumi. Sejarah Bismut (berasal dari bahasa latin bisemutun. unsur ini paling bersifat diamagnetik dan merupakan unsur kedua setelah raksa yang memiliki konduktivitas termal terendah. Dari semua jenis logam.and Antimon.Nomer Atom Massa Atom Massa Jenis Titik Lebur Titik Didih Fase Kalor peleburan Kalor penguapan : 83 : 208. tungsten dan campuran logam lainnya. • • Magnet permanen yang kuat bisa dibuat dari campuran bismanol (MnBi) Bismut digunakan dalam produksi besi lunak • Bismut sedang dikembangkan sebagai katalis dalam pembuatan acrilic fiber . bismut kira-kira 2 kali lebih berlimpah dari pada emas. 98 gr/mol : 9.78 gr/L : 544. tapi sekarang sekarang diketahui bahwa itu tidak benar. bismut juga diakui sebagai elemen dengan isotop yang stabil. Melainkan biasanya diproduksi sebagai sampingan pemrosesan biji logam lainnya misalnya timbal. bismut tidak berbahaya seperti unsur-unsur tetangganya seperti Timbal.Ketika terbakar dengan oksigen. Penggunaan Bismut • Bismut oxychloride digunakan dalam bidang kosmetik dan bismut subnitrate and subcarbonate digunakan dalam bidang obat-obatan.Dulunya. Biasanya tidak ekonomis bila menjadikannya sebagai tambang utama.

• Bismut telah digunakan dalam peyolderan. bismut rendah racun terutama untuk penyolderan dalam pemrosesan peralatan makanan • Sebagai bahan lapisan kaca keramik .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful